PDA

View Full Version : old outboard engine possible problems?



babybaracuda
08-12-2006, 17:59
Ok ini pertanyaan untuk yang ngerti mesin, mesin apa aja ga harus mesin outboard.

Kapal saya yang baru saya beli ini dah tua, 12 taon umurnya cuma mesinnya baru jalan 130 jam. Jaraaaaaang sekali dipake, sebelum saya beli itu kapal dah nongkrong di dalam garasi for more than 1 year. Cuma dipanasin doang itupun sekali2 kata ex ownernya. Maklum karena dia tinggal di canberra dan cuma mengandalkan liburan akhir taun untuk mancing ke laut di NSW

Apa karena terlalu jarang dipake malah bisa ada masalah nantinya? Waktu saya ambil ownernya bilang katanya waktu di mechanical check (keharusan disini) ada problm di karburatornya, katanya oli bisa merembes dia bilang katanya leaking oil was detected in carburettor, mesin susah start jadinya karena kebanyakan oli. Tapi katanya udah dibetulin. Dan memang pas saya tes sih ok.

Ok untuk jelasnya ini mesin taun 1995, 2 tak, pake oli samping tapi sudah direct oil injected bukan pake bensin campur jadi kaya motor bebek gitu.

Yang saya takut justru sebenernya water pumpnya karen lama ga dipake, takutnya korosi didalam meski dia bilang dia selalu flush dan setiap kali dipanasin toh dia pake selang air (muffler) dan water pump berjalan sempurna, thats what he said...memang waktu di test pun mesin kencing dengan sempurna.

Nah masalahnya ntar saya january mau mancing offshore, 30 km dari darat, kalau water pump mati bisa over heat celakalah beta.

Saya mau kebengkel cuma takutnya sama bengkel suruh ganti ini ganti itu ntar buntutnya malah ga jadi holiday duitnya dah kepake buat ganti ini ono.

So apa nih yang musti saya periksa lagi sebelum berangkat holiday? Soalnya mau saya pake nonstop 5 hari bolak balik darat laut. (sekitar 20 hours use deh selama seminggu itu belum termasuk trolling)

babybaracuda
10-12-2006, 11:46
wah rupanya di fishy forum ga ada montir hehe

Sportfisherman
10-12-2006, 18:00
Nanti cari spare-part nya kemana ? Old technology sih tidak ada problem di Indonesia , justru The Latest Technology yang repot ! Forget the idea !

Jon .

babybaracuda
10-12-2006, 18:57
hahaha, udah di halaman rumah tuh om, mau modalin beli 4 stroke?? heheh ayolahhh, ntar kalo kemari saya kasi pinjem keliling keliling deh. lagi di bongkar tuh mesinnya hari ini mumpung ga ada kerjaan, busi di bersihin, karburator di servis, di carbon clean istilahnya, respray antikarat dan re grease. Ntar dah saya fotoin pas lagi berantakan tuh hehehehe. Pengen tau dari mana sih ini leakingnya, ga banyak sih, musti panggil teman yang lebih ahli senen dia mau dateng liat katanya. Tadinya mau di rewiring sekalian, cuma saya liat masih rapi jadi ga usah deh. Old gps chart plotter ns10 (humminbird) lagi saya mau lepas juga, dah beli gantinya pake Lowrance 3600c internal antena chartplotter. Fishfinder dah bagus, dari sononya dah dikasi furuno 600 color.

matras, bangku saya bongkar semua, gosok geladak, etc, kerja bakti hari ini mana istri ga mau bantuin lagi, dah puaanas banget sempet 40 derajat hari ini. Crazy melbourne weather.

Water pump lagi pesen mau ganti baru aja ah buat peace of mind.