PDA

View Full Version : line shy



benaol-chaser
07-02-2005, 16:28
Saya baru di forum ini, sebelumnya saya lebih banyak aktif di Malaysian Fishing Net Forum. Maklum, baru ketemu site-nya sekarang, itupun dikasih tahu Pak David.
Sebagai orang baru, tentunya, saya akan banyak tanya. Apalagi saya kan pemancing pemula. Salah satunya adalah line shy. Kenapa ya waktu saya mancing sama nelayan, pancing mereka yang lebih banyak disambar ikan. Padahal, sepertinya, pancing saya lebih bagus...ha..ha..ha. Saya termasuk yang suka dengan light tackle, kelas antara 3.500 sampai 5000. Apakah warna kenur mempengaruhi keinginan ikan untuk menyantap umpan kita? Ukuran kenur yang paling pas untuk tenggiri 5 kiloan, berapa lbs ya?
Terimasih sebelumnya buat bapak-bapak yang sangat berpengalaman.

fishy
07-02-2005, 20:04
Saya tidak temasuk yang sangat berpengalaman pak, tapi saya coba jawab.

Kenapa pancing yang lain lebih sering disambar ikan? Penyebabnya bisa banyak, bisa dari rangkaian, apakah rangkaiannya sama? Lalu umpan, kalau umpan hidup kesegarannya, kalau umpan irisan bentuk irisannya, juga kesegaran umpan itu. Lalu soal teknik mancingnya, lalu posisi umpan anda sudah tepat belum, dll.

Untuk tenggiri 5 kg tergantung kesukaan pemancingnya. Kenur 12 lbs sudah cukup, kalau mau lebih menantang bisa pakai 8 lbs atau bahkan 6 lbs.

benaol-chaser
08-02-2005, 11:12
Terimakasih Pak Adrianus. Saya juga enggak tahu kenapa nelayan tradisional pintar sekali kalau mancing tenggiri. Saya biasannya pakai owner, tapi menurut mereka lebih baik pakai pancing biasa, kalau gak salah nomor sepuluh dan dibuat dengan rangkaian 2 pancing (double hook rig with single strand wire). Saya juga kadang-kadang menggunakan mustard karena bentuknya yang kokoh. Pancing ini memang agak jarang disambar ikan, tetapi sekali disambar pilihannya hanya putus atau naik ke perahu. Saya pernah diskusi denga pemancing dari negeri lain, mereka menggunakan spinner blade dan buzzbait blade. Apa yang dimaksud dengan 'barang' tersebut. Apakah ada jualnnya di toko-toko pancing di Jakarta? Kalau ada, kira-kira harganya berapa? Okeylah Bapak-bapak, mohon deh saya diberi penjelasan. Oh ya, gimana caranya dan syarat-syarat menjadi anggota FORMASI?

Sportfisherman
08-02-2005, 12:13
:-D

Yang dimaksud dari rangkaian 2 pancing biasanya disebut sebagai
" stinger hook " , sangat effective untuk ikan ikan yang makannya menyambar spt. tenggiri dan lain nya . Umumnya hook yang belakang sedikit lebih kecil dari yang didepan sehingga ikan tidak terhambat berenangnya . :?

Ada yang menggunakan stinger hook ini yang tidak ditancapkan ke badan ikan , ini tidak sesuai dgn peraturan IGFA tapi silahkan kalau mau mancing rekreasi . :x

Kalau spinner blade itu di Indonesia jarang ada yang menggunakan , maklum lure fishing masih jarang pengikutnya tapi saya adalah salah satu yang menekuni freshwater lure fishing disamping ada beberapa
lainnya , targetnya saat ini baru gabus , hampala , pacu dan lain sebagainya . Saya beli spinner blade diluar tapi untuk luring , bukan
hanya spinner blade saja tapi juga minnow sangat effective berikut
propeller lure . :wink:

Sportfisherman . 8)

benaol-chaser
08-02-2005, 12:27
Terimakasih Pak, tapi nih masih ada pertanyaan lain. Saya rencana ikut juga dalam turnamen mancing tenggiri. Apakah ada peraturan tentang hook? single, double atau barangkali bebas-bebas aja? Waduh Pak, saya pengen belajar banyak tentang teknik mancing. Maklum, dari pemancing kampung mau jadi pemancing modern..hua ha..ha..ha :oops: :oops:

Sportfisherman
08-02-2005, 13:07
:-D

Peraturan tournament sebaiknya anda tanyakan ke pakar seperti Sang Site Administrator , sdr. Kornelius ataupun Capt. Bobby Halim , saya tidak begitu mendalami peraturan IGFA dan tidak tau apa peraturan tsb. di gunakan untuk Tournament Lemax y.a.d. ini . :?

Sportfisherman . 8)

fishy
09-02-2005, 07:43
Pak,

untuk penggunaan umpan alami (ikan, cumi, dsb) baik hidup maupun mati hanya single hook yang diperbolehkan, double & treble dilarang. Jumlahnya maksimal 2 buat dan tidak boleh bersinggungan kalau ditarik lurus. Jarak kedua hook maksimal 45 cm, dan keduanya harus menancap atau terikat erat pada umpan.

Peraturan turnamen selengkapnya sudah saya upload, linknya bisa dilihat di fishytalk. Kalau ada yang kurang jelas silakan bertanya lagi.

Untuk jadi anggota Formasi tidak ada syaratnya, cuma bayar biaya pendaftaran Rp 100 ribu, dan Iuran tahunan Rp 150 ribu.

benaol-chaser
14-03-2005, 13:27
Rekan forumers, ada pertanyaan tentang kenur untuk mancing tenggiri. Apakah penggunaan PE menimbulkan line shy?

yellowfin
14-03-2005, 14:16
8) FYI

Kolega Sejawat,

Saya melihat ada beberapa set Spinner Blade di Pondok Indah Mall, di Sport section samping Gramedia, satu set (ada beberapa) harganya IDR. 29.000,- sizenya small (untuk Flounder sepertinya tapi bisa juga u/ target ikan yg lain), warna beragam, udah pake trebel hook dan beberapa terdapat Marabou skin-nya.

Happy Hunting

Peace - Tony

ps: sisain saya yah jangan diborong semua :( (blom sempet kesana lagi nih)

benaol-chaser
15-03-2005, 12:19
Pak, gua belon sempat ke PI Mall. Tapi, kalau gua ke sana gua sisain deh. Kayaknya itu efektif untuk mancing jeng riri.

yellowfin
15-03-2005, 13:33
8) lebih efektif Spoon kali pak Ben ...
ukuran dan gerakan spoon di air lebih mirip ikan umpan dibanding spinner bisa ditambahkan bulu ayam/marabou warna putih di bagian ekor spoon, ikan-ikanan/cacing/hoochie (cumi2an) dari karet (Berkley GULP, Storm, Grub dsb... gerakan lenggak-lenggok umpan tiruan plus kilatan-kilatan Spoon di air menurut saya merupakan kombinasi menakutkan untuk Jeng Riri..

-Tony-

benaol-chaser
15-03-2005, 13:55
Ini saya kutip dari forum lain Pak (tolong komentarin deh):

my rig for them spanish... 5 hooks might seem over kill for some but them tricky tenggiri can sometimes strip off kembung flesh without touching the hooks~! all on 20lb soft wire leaders with modified freshwater spinner blades and props... 5 hook rigs are rigged 1 in flesh 1 out alternate.. 3 hook rig is all in flesh... cast, let to sink and retrive slow to medium...

this is the rig many local fisherman in the northern state use..
dead bait is hook and using medium 6'6 or 7' rod with any spinning reel around 3500 or 4000 size is use to cast to a spot and let to sink..hence the weight... the buzz props are ment to churn water as the bait fall.. making it look like an injured bait fish... much like alaskan fisherman with cut herring trolls... as the bait hit bottom or wreck etc, use a start and stop retrive..as the bait moves upwards, the props churn water attracting attention... whole retrive may last 2-5 minutes...

cheers..
cheers..

fishy
15-03-2005, 15:48
itu sih garong namanya. Sekalian aja pakein treble hook atau malah pancing garong hehehe.

Reminder aja buat yang mau mancing 'by the book' peraturannya jumlah hook maksimum 2 single hook dan keduanya harus ditancapkan ke umpan.

Pertanyaannya sekarang kita mancing sebagai olah raga, rekreasi, atau nyari ikan? Kalo mancing sebagai olah raga kalo ngikutin peraturan kepuasannya pasti lebih banyak.

benaol-chaser
18-03-2005, 12:49
Pak, saya barangkali tergolong mancing untuk nyari ikan walaupun nantinya yang senengnya cuma tetangga..ha...ha..ha. Soalnya, kan keren pulang bawa ikan besar-besar, saya sendiri ambil paling cuma ambil satu. Itu pub bisa seminggu di kulkas (dan ini masalah, jadi alasan bini gue untuk jangan mancing dulu karena yang di kulkas juga belum diapa-apain). Saya suka mancing dengan 'fair' tehadap ikan. Saya pikir, hampir semua angler 'jealous' kalau yang disampingnya ditarik ikan melulu. Mungkin ini ego yang menyangkut pride. Rasanya kok goblok banget enggak kena melulu.
Tapi, okelah. Bagaimana cara megkait umpan hidup dengan dua single hook dalam satu rig? Dimulut dan di sirip punggung? Atau di mulut dan di sirip perut, atau dua-duanya di punggung? Mohon penjelasan Pak.

Sportfisherman
18-03-2005, 13:35
:-D

Kalau saya di hidung dgn stinger hook nya 3/4 way dari hook pertama , umpan hidup cenderung lebih leluasa berenang dan hidup lebih lama . :x

Stimger hook nya juga lebih kecil satu size dan dikaitkan dikulit ikan saja , tidak atau sedikit kena daging ikan . :P

So far , very successfull , kalau ikannya ada ! :oops:

Jon . 8)

benaol-chaser
18-03-2005, 14:28
Terimakasih Pak. Waktu saya mancing di utara, kapten kapalnya bilang satu dikaitkan dipunggung, yang satu dibiarkan bebas. Tapi, saya juga punya buku yang menyebutkan cara paling efektif, satu dikiatkan dibibir, satu lagi disirip bawah dekat perut. Hanya saja, yang menurut saya kurang pas dari teknik buku tersebut, umpan hidup itu menghadap ke main line. Rasanya, umpan kan enggak bisa bergerak bebas. Gimana ini.