PDA

View Full Version : Boat Mancing Yang Ekonomis......



JackSparrow
10-12-2006, 09:19
Bunda......memang mengerti saya. Dijaman yang serba sulit ini dan harga bensin yang teruuuuuuusssss naik. Bunda memberikan solusi yang pas dan tepat. Boat suprafit, boat yang ekonomis dan hemat sekali. Dengan memakai boat suprafit, saya bebas masalah...Terimaksih Bunda.!!!:D :D :D

Itu memang iklan merk suatu kendaraan bermotor, yang namanya saya ganti menjadi "Bunda". Tapi message yang ingin saya sampaikan ialah saya pengin sekali punya boat mancing yang ekonomis dan bebas masalah.

Thread ini sebenarnya kelanjutan dari "Boat fiber vs Boat kayu", tapi rasanya kurang fokus dan saya masih bingung, oleh karena itu barangkali saya harus lebih fokus mengenai spec yang saya inginkan, agar para boat expert dapat memberikan saran/masukan yang lebih baik.

Inilah spec boat yang saya inginkan:

1) Mampu menampung minimal 7 orang, yaitu 1 kapten 2 skipper dan empat anglers.

2) Kecepatan rata2 20 knot perjam, dan bisa mencapai jarak 50 miles dari pantai dalam waktu 45 menit. Lokasi mancing karang setan,pengeboran CNOOC dan P.Pantara luar.

3) mesinnya super ekonomis dalam hal pemakaian bahan bakar apakah itu mesin bensin,mesin diesel dan mesin minyak tanah. Terserah apakah mesinnya mau inboard atau outboard, yang penting hemat energi, kalau ada yang kombinasi dengan solar system juga OK.

4) boat relatif stabil dalam keadaan stationary, terutama kalau lagi mancing dasar dan ngoncer. Tetap stabil pada saat gelombang mencapai antara1.5 s/d 2.5 m.

5) Ada WC dan sedikit tempat merebahkan badan kalau lagi ngantuk.

6) Biaya pemeliharaan sangat minimal dan bisa mooring lama tanpa menimbulkan masalah yang berarti.

Mohon pendapat para ahli boat yang sering bertandang di Fishy Forum.

Salam,
Adri:smt034 :smt034 :smt034 :smt034 :smt034

Sportfisherman
10-12-2006, 09:27
Adri ,

Charter saja , lebih murah n engga pusing ngurusin .

Jon .

JackSparrow
10-12-2006, 09:37
Adri ,

Charter saja , lebih murah n engga pusing ngurusin .

Jon .

Pak Jon,
Ini boat untuk club mancing di kantor. Mereka janji bisa beliin tapi nggak mau mengeluarkan biaya pemeliharaan plus minyak. Biaya2 tsb harus ditanggung anggota club. Kalo Charter, jangka pendek murah, jangka panjang jadi mahal, apalagi yang mau pake banyak........;) ;) ;) ;)

Salam,
Adri:p :p :p :p :p

Sportfisherman
10-12-2006, 09:56
Adri ,

Anda sudah pikirkan ongkos mooring , ABK , maintenance dan lain sebagainya ? Kalau charter , hanya bayar + enjoy !

Jon .

JackSparrow
10-12-2006, 10:06
Adri ,

Anda sudah pikirkan ongkos mooring , ABK , maintenance dan lain sebagainya ? Kalau charter , hanya bayar + enjoy !

Jon .

Ongkos mooring per bulan 150.000 di PLTU atau sewa lahan di sungai Marunda/Cilincing, ABK,.... cari yang freelance saja, maintenance?Bahan apa ya yang minim perawatan Om Jon?

Kalau charter boat ke Karang Setan berapa ya Om Jon??? Kalo pake kapal PLTU 1,4 juta perhari, tapi jam 2 siang udah pada pengin pulang hehehehe:p :p :p :p


Salam,
Adri;) ;) ;)

Sportfisherman
10-12-2006, 10:39
Adri ,

Kalau sudah mau punya kapal sendiri , masa mooring nya disana ? Wah , sayang kapal yang sudah ada tempat rebah , toilet n 4 stroke outboards
di mooring disana , nanti cepat rusak .

Anda harus pikirkan Accu , Steering hydraulic , Bilge pumps , Racor fuel filter , ..... , wah banyak dech . Kalau ABK nya tidak ngerti begituan , anda bisa pusing tujuh keliling !

Kalau nelayan nya mau pulang jam 2 , dikasih lebih saja dgn perjanjian pulang jam 5 , khan bisa atau cari yang lain charter yang mau kerja lebih keras dan jangan pakai yang malas .

Jon .

babybaracuda
10-12-2006, 11:35
Om jon betul sebenarnya, memang saya liat juga punya kapal di Indonesia/jakarta agak repot, pertama sarana mooring yang kurang memadai( ga ada dry storage), jarangnya specialist marine engine, (biasanya para mechanic outboard itu asalnya dari bengkel motor dan mobil), udara yang humid yang mana bisa mempercepat ausnya fibre (jadi kuning2) dan mempercepat rust pada bahan metal lalu saya liat kalo mau pergi mancing biasanya yang punya kapal sendiri bawa ABK, yang mana akan menambah biaya.

Kalo mau punya kapal sendiri ya harus turun sendiri pak adrie, ga pake abk, ya abk nya ya pak adrie cs, harus ada yang ngerti mesin, apalagi kalo mau mooring waaah, pak, satu hal ya, punya boat itu kaya punya keranjang duit sampah alias buang duit. Pasti ada ini ada itu ntar deh. Beli ini beli itu, oh boat kurang bisa plain, beli trimtab, dues...abis 5 juta...oh canopy jebol, duit lagi...oh fuel filter kotor, duit lagi, plus kalo mooring hull pasti jadi ga karu2 an yang namanya barnacle pasti banyak yang nempel, musti dinaekin, nah apa di PLTU ada fasilitas lift??? Trus blom motornya, pak adrie tau gak kalo sehabis ngelaut sebaiknya outboard di flush pake air tawar pake muffler yang dihubungkan dengan selang air pam?? Kalo ga bisa karatan tuh mesin dalamnya, waterpump paling 3 bulan umurnya, jangan maen maen loh pa. Kalo mau ada fasilitas gitu harus di Ancol atau marina besar. Pokoknya jangan serahin orang deh kalo saya memang hobi dan cinta sama boating, saya semua urus sendiri, ya mancing sendiri kadang2, ya nyuci sendiri, ya maintenance sendiri (kalo regular ke bengkel tinggal towing doang), poles sendiri, kalo gelcoat gompal ya tambel sendiri, amplas sendiri, gitu lah.

Sudah siap??

Ok kalo memang sudah mantap, advise saya adalah

1) Mampu menampung minimal 7 orang, yaitu 1 kapten 2 skipper dan empat anglers.

Jawab: Pak skipper sama kapten itu podo wae hehehe, 2 skipper kebanyakan ntar berebut hehehe, maksudnya 2 abk 1 nahkoda/kapten? Kalo memang mau 7 orang, memang 7 meter yang paling bagus, kalau memang spec untuk mancing, centre console dengan bow rail setinggi pinggang is a must dengan undefloor cabin, 2 berths, wc porta porti alias wc portable cukup. Kalo jarang trolling ga perlu outrigger tapi perlu marlin board, kalo bisa lantai jangan kayu, di marine carpet aja, lebih murah. (lantai teak buat boat plesir). Harus ada minimum 6 rod holder, canopy dengan rocket launcher untuk rod storage. Untuk spec lain bisa di diskusikan dengan boat builder.

2) Kecepatan rata2 20 knot perjam, dan bisa mencapai jarak 50 miles dari pantai dalam waktu 45 menit. Lokasi mancing karang setan,pengeboran CNOOC dan P.Pantara luar.

Jawab: saya ga tau itu ada dimana tapi jangan terpaku dengan speed yang dimau speed mah tergantung tangan, kalo gatel ya full throttle aja, yang penting mesin ga underpower, 140 HP 4 stroke is minimum kalau mau murah lagi ya pake 2 stroke, cuma kalo keiritan bensin yang diutamakan, pakailah nanni, yanmar atau volvo penta diesel, sekitar 85 HP. Kalo mau diesel 85 hP cukup pak, kenapa? Karena torsi mesin diesel lebih besar. Pulling power lebih tinggi dari pada gasoline engine. Kalau mau irit, inboard sudah bukan pilihan.

3) mesinnya super ekonomis dalam hal pemakaian bahan bakar apakah itu mesin bensin,mesin diesel dan mesin minyak tanah. Terserah apakah mesinnya mau inboard atau outboard, yang penting hemat energi, kalau ada yang kombinasi dengan solar system juga OK.

Jawab: satu hal, iritnya marine engine masih jauh lebih boros dari car engine. Dan pilihannya terbatas, cuma 2, 4 stroke atau diesel. Saya ga tau tentang mesin pake minyak tanah karena disini ga ada jadi mungkin yang laen bisa jawab.

4) boat relatif stabil dalam keadaan stationary, terutama kalau lagi mancing dasar dan ngoncer. Tetap stabil pada saat gelombang mencapai antara1.5 s/d 2.5 m.

Jawab: mau stabil stationary? Jangan pake fibre, tapi pake alumunium masih dengan spec jawaban no 1. Tapi kalo masih mau pake fibre juga, beam kalo bisa lebih 2.5 meter. Deep V 60 degree hull.

5) Ada WC dan sedikit tempat merebahkan badan kalau lagi ngantuk.

Jawab: lihat jawaban no 1

6) Biaya pemeliharaan sangat minimal dan bisa mooring lama tanpa menimbulkan masalah yang berarti.

jawab: minimal itu relative, tapi kalo yang namanya mooring udah pasti banyak pengeluaran, paling bagus kalo bisa dry storage pake trailer, tapi apa ada yang buat trailer untuk boat di Jakarta? Musti pesan dari Australia atau Amerika kayanya. Mooring=fibre rot, rust, money pit. Memang ada bahan cat untuk melindungi dari abrasi air laut untuk spray kalo ga salah disini bisa 800 dollar. Dan itu ga permanent alias berapa bulan sekali musti di respray yang berarti musti diangkat, balik lagi, apakah di PLTU ada fasilitas angkat angkat???

Seperti om jon bilang, punya boat bagus masa mooring di pLtu ya sayang atuh pak hehehe

ya udah gitu aja.Maaf ya pa adrie bukan mau menggurui tapi kita sebagai online friends merasa wajib untuk ngasih tau ini loh negative nya dari boating:

Sportfisherman
10-12-2006, 17:57
[QUOTE

2) Kecepatan rata2 20 knot perjam, dan bisa mencapai jarak 50 miles dari pantai dalam waktu 45 menit. Lokasi mancing karang setan,pengeboran CNOOC dan P.Pantara luar.

4) boat relatif stabil dalam keadaan stationary, terutama kalau lagi mancing dasar dan ngoncer. Tetap stabil pada saat gelombang mencapai antara1.5 s/d 2.5 m.

Jawab: mau stabil stationary? Jangan pake fibre, tapi pake alumunium masih dengan spec jawaban no 1. Tapi kalo masih mau pake fibre juga, beam kalo bisa lebih 2.5 meter. Deep V 60 degree hull.

[/QUOTE]

20 knot per jam berarti untuk 50 miles ditempuh dlm 2+ jam dong , kalau
mau 45 menit sampai , baiknya beli offshore racer saja yang bisa top speed 60 knots dan jangan bicara fuel economy etc. dech .

Itu Deep V 60 degree hull engga salah ? Biasanya outboard Deep V boat hanya 24 degree sedangkan inboard Deep V boat hanya 18 degree lho .

Jon .

babybaracuda
10-12-2006, 19:15
[QUOTE

2) Kecepatan rata2 20 knot perjam, dan bisa mencapai jarak 50 miles dari pantai dalam waktu 45 menit. Lokasi mancing karang setan,pengeboran CNOOC dan P.Pantara luar.

4) boat relatif stabil dalam keadaan stationary, terutama kalau lagi mancing dasar dan ngoncer. Tetap stabil pada saat gelombang mencapai antara1.5 s/d 2.5 m.

Jawab: mau stabil stationary? Jangan pake fibre, tapi pake alumunium masih dengan spec jawaban no 1. Tapi kalo masih mau pake fibre juga, beam kalo bisa lebih 2.5 meter. Deep V 60 degree hull.



20 knot per jam berarti untuk 50 miles ditempuh dlm 2+ jam dong , kalau
mau 45 menit sampai , baiknya beli offshore racer saja yang bisa top speed 60 knots dan jangan bicara fuel economy etc. dech .

Itu Deep V 60 degree hull engga salah ? Biasanya outboard Deep V boat hanya 24 degree sedangkan inboard Deep V boat hanya 18 degree lho .

Jon .[/QUOTE]

60 degree bagian belakang om maksudnya bukan depan sorry, maksud om dead rise yah? Saya pikir kalo deep v itu bukan hanya depan saja tapi di itung ke belakang juga. kalo depan memang sekian 20 derajat. Jadi dia di depan melengkung kebelakang melebar gitu maksudnya. Nih saya kasi liat contoh. Kalo 575 signature saya yang sekarang menurut spec dead risenya malah 22 derajat, kalau hunter patriot deadrise 18-20

http://www.acbs-bslol.com/Porthole/images/DeepV.html

Gambar dari kiri kekanan: my ex lover seafox tampak deep v design hull depan, seafox belakang 60 degree (atau sekitar segitu deh), haines hunter 680 patriot deep v design hull depan, haines hunter 650 deep v hull belakang.

My dream boat: haines hunter 680 patriot, wuaduh kepengen bener dahh

Sportfisherman
10-12-2006, 22:10
Saya tuh engga ngerti maksud dari Deep V 60 derajat , yang saya paham adalah " dead rise " dari hull , umumnya sekitar 23 Derajat utk Deep V outboard powered boat dan sekitar 18 Derajat untuk Deep V inboard shaft drive . Diluar Deep V malah ada yang dead rise nya hanya 3 Derajat untuk shaft drive boat yang umumnya pakai propeller " pocket " .

Type kapal yang " dead rise " nya flat umumnya lebih cepat dari pada yang type Deep V , kalau lautnya lagi tenang tetapi begitu ada ombak , kapal ini akan terhuyung huyung seperti naik surfboard sedangkan yang Deep V bisa membelah ombak dan jalan lurus terus .

Jon .

JackSparrow
10-12-2006, 22:51
ya udah gitu aja.Maaf ya pa adrie bukan mau menggurui tapi kita sebagai online friends merasa wajib untuk ngasih tau ini loh negative nya dari boating:[/QUOTE]

Wah...saya justru sangat berterimakasih sekali. Penjelasan Pak Baby dan Om Jon, menambah wawasan saya tentang boating dan semakin meyakinkan saya untuk tidak membeli boat untuk pribadi, sebaiknya company yang beli, supaya tidak membuang uang pribadi kekeranjang sampah....:smt081 :smt081 :smt081

Kalau trailer, saya kira perusahaan boat domestik ada yang sudah bisa bikin. Saya lihat ada beberapa mobil yang menggandeng/menarik/towing boat dengan trailer yang khusus buat boat.

Fasilitas? Memang Pak Baby benar sekali. Fasilitas di Indonesia sangat minim dan kalaupun ada chargesnya diatas normal. Beda dengan yang ada di luar negeri. Memang hobi boating masih merupakan hal yang luxury di Indonesia:smt114 :smt114 :smt114

Memang kita agak ngiri juga melihat perkembangan boating di luar negeri yang begitu maju, apalagi kalau lihat iklan jualan boating bekas, rasanya pengin beli, karena kalau barang second di luar negeri, kadang2 harganya betul2 "bargain prices". Saya suka ikut "car booth" di luar negeri sewaktu bertugas disana, wah...betul-betul nikmat, yang namanya barang second, nilainya hampir tidak ada karena mereka betul2 mau cuci gudang alias tidak mau menyimpan lagi barang yang sudah tidak dipakai lagi.:smt081 :smt081 :smt081
Sedangkan disini barang loakan, kadang2 hampir menyamai barang baru....:D :D :D

Anyway, saya betul2 mendapatkan pencerahan dari Pak Baby dan Om Jon. Thanks a lot:p :p :p

Salam,
Adri;) ;) ;)

babybaracuda
11-12-2006, 13:14
Saya tuh engga ngerti maksud dari Deep V 60 derajat , yang saya paham adalah " dead rise " dari hull , umumnya sekitar 23 Derajat utk Deep V outboard powered boat dan sekitar 18 Derajat untuk Deep V inboard shaft drive . Diluar Deep V malah ada yang dead rise nya hanya 3 Derajat untuk shaft drive boat yang umumnya pakai propeller " pocket " .

Type kapal yang " dead rise " nya flat umumnya lebih cepat dari pada yang type Deep V , kalau lautnya lagi tenang tetapi begitu ada ombak , kapal ini akan terhuyung huyung seperti naik surfboard sedangkan yang Deep V bisa membelah ombak dan jalan lurus terus .

Jon .

Hahahaha sama om, saya juga ga ngerti bener2 teknisnya DEEP V itu, setau saya deep v itu adalah desain hull yang deadrise nya 20derajat belakan 60-66 derajat. Saya sih cuma denger2 aja waktu temen2 disini bule2 itu pada ngumpul (fishing club) mereka cerita2 soal deep v etc. Dan Deep V itu pun sendiri juga adalah BRAND kapal. Mungkin mereka yang nyiptain deep v design itu. Ada istilah bilang deep v 60 degree nah itu dia.

Maksudnya soft riding and stationary balance gitu loh.

Sportfisherman
11-12-2006, 14:06
Hahahaha sama om, saya juga ga ngerti bener2 teknisnya DEEP V itu, setau saya deep v itu adalah desain hull yang deadrise nya 20derajat belakan 60-66 derajat. Saya sih cuma denger2 aja waktu temen2 disini bule2 itu pada ngumpul (fishing club) mereka cerita2 soal deep v etc. Dan Deep V itu pun sendiri juga adalah BRAND kapal. Mungkin mereka yang nyiptain deep v design itu. Ada istilah bilang deep v 60 degree nah itu dia.

Maksudnya soft riding and stationary balance gitu loh.

Merk Deep Vee adalah ciptaan Black Watch , setelah Black Watch Australia tidak meneruskan licensing agreement nya dgn Little Harbour Yacht ( RI - USA ) , mereka merubah hull orisinil Black Watch 26 dan 30 ) menjadi lebih tinggi dan menyebutnya Deep Vee 26 , 30 n 34 . Kalau soal nama generik
Deep V , itu kreasi C. Raymond Hunt Naval Architect yang juga menjadi designer dari Bertram , Black Watch , Grady White dan lain sebagainya .

Jon .

babybaracuda
11-12-2006, 16:09
ooo gitu toh