PDA

View Full Version : Yang cocok 6D16 atau 6D22 atau...?



gudanggolf
25-11-2008, 15:14
mohon masukkan bagi para Fishyboat expert
kita ada beli kapal speedboad fiber bekas ukuran 14,5m dan lebar 3,4m
bobot kosong 4ton (kondisi kosongan/tanpa mesin)
sebelumnya kapal ini menggunakan Volvo Penta stern drive 350 x 2unit (inboard)
rencana kapal ini mau kita gunakan unt transfer penumpang dengan kecepatan 20 knot keatas
saya ada tanya2 orang mesin teknisi Diesel menganjurkan
pakai Mits 6D22 x 2 dng rasio 1:2 dengan harapan bisa dapat speed diatas 20knot,
ada juga teknisi kedua pakai 6D16 x 2 sudah cukup karena bobot mesin lebih ringan
sekarang kita ada alternatif 2, mungkin ada yang bisa menambahkan..
saya banyak dengar mesin truk ini mahal di depan tapi bandel dan murah biaya bbm dan perawatannya,
dibandingkan mesin tempel.
maklum saya masih awam di bidang ini.
thanks banget sebelumnya
laurenz

Sportfisherman
25-11-2008, 15:45
Bentuk hull untuk stern drive sangat mirip dgn bentuk hull untuk outboard sedangkan bentuk hull untuk inboard sangat berlainan dgn bentuk hull untuk stern drive , sebaiknya anda memilih menggunakan outboard saja daripada mesin inboard , apalagi type ex truk yang umumnya sangat berbeda dalam power rating nya .

HP ( horse power ) yang di rated untuk menggelinding ( truk , etc. ) bila digunakan di laut sangat tidak relevant , kalaupun mau menggunakan mesin darat yang cocok lebih baik menggunakan mesin bulldozer yang kerjanya mendorong .

Kecepatan minimum 20 knot untuk hull ukuran 14.5 m x 3.4 m dan berat hull nya 4T memerlukan Marine Engine dgn rating 500 hp ( Continuous ) x 2 dan kalau mau awet . Umumnya type " Stern Drive " tidak ada yang untuk penggunaan " continuous " rating .

Kalau hull nya sudah dibeli , sebaiknya di modify dulu bagian belakang nya dari type stern drive / outboard ke type inboard tetapi kalau belum beli hull ini , sebaiknya cari yang lain yang cocok untuk inboard application .

Jon .

gudanggolf
26-11-2008, 08:43
Pak Jon,
thanks infonya..emang orang teknisi yg saya temuin pertama juga bilang
kalo hull (bag belakang mesti dirombak dibuatin cekungan agar propeler dapat air hidup?)
atau ditambah panjangnya sek 2meter sehingga kemiringan shaft 12drajat max
kira2 dengan 6D22 (twin) dan 6D16 (twin juga) dng
kapal diatas bisa lari berapa knot ya?
misal jarak 60 seamiles kondisi baik menghitung waktu tempunya gmana?
ini ada gambar waktu masih running pake volvo penta dan setelah kondisi kosongan..
regards.. laurenz

gudanggolf
29-11-2008, 14:01
Terima kasih banyak Pak Jon dan Pak Richard "Albatross" atas masukkannya,
kesimpulannya daripada experimen pakai inboard terlalu banyak rombak body dan hasilnya belum tentu maksimal. belum lagi biaya gede..
kita akan pakai mesin O/B aja tinggal bikin Pangkonnya,
rencana mau pake yamaha saja 3unit 200/250 saja.
kalo ada yg mau jual seken bagus kabarin ya. beli baru rate US$ lagi selangit...
sempat cek di Surabaya 250HP 4 Stroke 190an Jt (barang kosong) muahal abiss$$
regards,
laurenz
08123805899
www.gudanggolf.com (http://www.gudanggolf.com)

Sportfisherman
09-12-2008, 23:11
Saya tidak terlalu yakin 3 X 250 HP tuh bisa mengalahkan 2 x300 HP dalam overall performance , kendati total HP nya banyak perbedaan ( 150 HP ) , alasan saya :

1. 2 x 300 HP lebih enteng dari 3 x 250 HP .
2. 2 legs lebih sedikit rintangan dari 3 legs .
3. 2 x 300 HP counter rotating , 3 x 250 HP counter rotating + yang ditengah jadi apa tuh ?
4. Fuel efficiency 2 x 300 HP pasti lebih efficient dari 3 x 250 HP , bensin dibawa lebih sedikit .
5. Transom nya cukup space atau tidak untuk 3 outboards , cavitation !
6. 2 x 300 HP lebih murah dari 3 x 250 HP .
7. DLL .

Jon .

gudanggolf
12-12-2008, 10:11
Pak Jon,
thanks inputnya,
kapal sekarang sedang dalam proses modifikasi transom (hull belakang).
di potong agar bisa dipasangi mesin tempel.
kita rencana pakai mesin bekas yang ada dulu.
2 x 200HP Yamaha 2stroke (Standart long) buat bagian kanan dan kiri
1 x 200HP Yamaha 2stroke (Ultra/Extra long) buat ditengah
>>>sempat konsultasi ama orq yamaha outboard di surabaya bilang
agar hasil maksimal jarak hook mesin ke transom ideal 49cm
(sehingga transom mesin posisi di air 2,5cm dibawah hull dasar kapal,
jadi propeler dapat air bagus)
sedangkan jarak antar mesin 30-33cm maks.
??? minta inputan apa hal diatas keharusan karena model kapal kita (eks. inbard) kalau diharuskan 49cm takutnya setelah mesin terpasang dan di air bagian head mesin bisa-bisa terendam.
foto akan kami susulkan...
terima kasih
LZ

Sportfisherman
12-12-2008, 12:00
Tidak bisa comment kalau tidak lihat bentuk " V " / Dead Rise angle dari bagian belakang hull nya kapal tersebut , umumnya hull untuk stern drive bila mau di modifikasi menjadi outboard bisa diatasi dgn bracket spt buatan Gil Marine ;
Gil Marine - Gil Brackets and Hose Kits (http://www.corsaperf.com/gil_marine/products/gbracket/brackets.html)

Jon .

gudanggolf
13-12-2008, 15:42
Pak Jon,
in beberapa foto proses perombakan hull belakang
thanks
laurenz

Sportfisherman
13-12-2008, 22:48
Mungkin perlu Extra long outboard agar mesin tidak masuk ke air waktu laut ber-ombak , tentang Gil Marine bracket , bisa dibuat sendiri dari bahan stainless steel .

Good luck with the boat , mau di operasi kan dimana ?

Jon .

gudanggolf
15-12-2008, 10:24
Pak Jon,
mengenai Gil bracket apa masih diperlukan,
soalnya hull belakang sudah dirombak ke model tempel.
memang seharusnya pake yg ultra/extra long
tapi kita akan pakai mesin yg ada dulu.
sekarang lg ngedock di serangan - bali
rencana standby di jimbaran unt antar tamu ke pantai plengkung (banyuwangi).
thanks we need all the luck.. hehe :smt045
LZ

Sportfisherman
15-12-2008, 20:32
Hull yang datar dari kapal yang di design untuk stern drive kemungkinan mengakibatkan " cavitation " terhadap outboard motor , bracket memberikan jarak tambahan agar propeller nya outboard mendapat air yang tanpa cavitation , hasil nya power yang tidak hilang krn cavitation .

Jon .

gudanggolf
16-12-2008, 10:37
Pak Jon,
bisa kasih gambarab produk GIL ini
dipasangkan dimananya hull?
cek webynya tidak ada keterangan lokasi pemasangannya
apa kalau hull yg sekarang sudah direndahkan apa masih memerlukan
produk model GIL ini?
thanks
laurenz

Sportfisherman
16-12-2008, 11:39
Pak Jon,
bisa kasih gambarab produk GIL ini
dipasangkan dimananya hull?
cek webynya tidak ada keterangan lokasi pemasangannya
apa kalau hull yg sekarang sudah direndahkan apa masih memerlukan
produk model GIL ini?
thanks
laurenz

Gil bracket juga dipanggil " Pod " dan memang sih lebih baik digunakan tanpa merendahkan transom , gunanya agar posisi leg nya outboard tuh letak nya lebih jauh dari hull sehingga menyerupai " outdrive " nya stern drive system .

Sekarang anda sudah memotong transom untuk mengakomodasikan outboard jadi system bracket akan agak sulit dipasang , apa boleh buat anda hanya bisa mengharapkan tidak terjadi " cavitation " antara hull dgn propeller .

Good luck .

Jon .

gudanggolf
18-12-2008, 16:07
Pak Jon,
sekarang lagi proses pangkas "V" bawah ketinggian 10cm, dng panjang sek 25cm.
jadi tidak terlalu runcing, biar posisi transom mesin bagian tengah
dapat air lebih dalam.
kita akan update lagi fotonya minggu2 yad.
target bulan depan sudah turun ke air..
semoga berjalan sesuai yg dikehendaki.. :rolleyes:
rgds
LZ

Sportfisherman
18-12-2008, 16:28
Pak Laurenz ,

Good luck n pasang bilge pump yang besar kapasitas nya agar air laut yang masuk ke kapal melalui potongan transom bisa cepat dipompa keluar lagi , salah satu kegunaan " pod " adalah transom bekas stern drive tidak perlu dipotong sehingga air tidak bisa masuk .

Jon .

Uphex
22-12-2008, 21:32
Sebenarnya untuk mesin 6D22 X 2 bisa digunakan dan batas normal kecepatan bisa sampai 60-80 km perjam namun bila ingin menggunaka mesin sebaiknya tempratur ruangan mesin lebih besar dan sebaiknya gunakan standar kecepatan 50km perjam karena tekanan mesin agak besar karena berbody fiber..:eek::eek:. Tim kami juga memiliki kapal dengan type mesin begini yang penting kapal bermesin diesel kombinasi waterpump sangat harus diperhatikan ......... dan saran saya untuk alangkah bainya menggunakan mitsubisi 6D14 X 2 itu merupakan standar kapal berbody fiber....

Johan
23-12-2008, 12:29
60-80km/jam = 40-50mil/jam
Ga salah tuh bisa lari segitu?

Uphex
23-12-2008, 19:58
Keseimbangan pacu mesin bisa mebuat dinamis kadng rangkaian mesin yang tidak stabil antara satu dengan yang lain mebuat getaran kapal bukan makin cepat malah memperlambat kapal bila menggunakan 2 mesin type 6D22 sangat memungkukan dengan kecepatan standar 50-60km perjam dengan body fiber seperti yang kami miliki. Namun kecepatan sebuah kapal bukan terletak dari kondisi mesin yang besar dan seperti contoh kami memiliki jenis kapal 4 x 12 meter bermesin 6D14 X 2 mampu 80Km perjam jadi bahwa type mesin bukan cenderung haruslah besar tapi bentuk desain dasar kapal juga titik penentu kecepatan kapal......... semoga dapat bertukar informasi.....terima kasih.

Sportfisherman
23-12-2008, 21:02
Jadi kepingin lihat kapal buatan lokal yang bisa lari 80 km / jam dgn hanya menggunakan
2 x 6D22 , ada photo nya ?

Jon .

Uphex
25-12-2008, 14:03
Sorry om kapal untuk yang 6D22 sekaran berada diperairan Tarrakan sedasng operasional untuk perusahaan tempata saya bekerja mungkin rekan-rekan kerja juga mancing disana ntar bulan februari baru balik ntar saya ambil picturenya ......heheheheeheheh

fishy
26-12-2008, 06:38
Jujur aja gw sih gak percaya kalo ada kapal buatan lokal pake mesin truk bisa lari segitu. 6D14 ratingnya cuma 160HP, kalo pake Turbo jadi 195HP, kapal 4 x 12 meter dikasih mesin segitu bisa lari 20 knots aja udah bagus. Kapalnya Johan yg dimensinya kurang lebih sama, asli import dari Australia, mesinnya 2 x 450HP dalam keadaan baru aja maksimum masih dibawah 30 knots, ini bisa diatas 40 knots?

Demsy
27-12-2008, 09:59
Pada umumnya batas kecepatan maximium boat dengan inboard engine adalah 40knots, ini adalah keterbatasan dari design tersebut. Jadi kalau ada boat dengan inboard engine, apalagi dengan mesin otomotif, bisa menembus barriere itu, malah jadi pertanyaan besar.......

Sportfisherman
27-12-2008, 13:12
Kalau inboard menggunakan bracket + shaft n propeller memang susah lebih cepat dari 40 kt. tetapi kalau inboard dgn surface drive apt. Arneson atau merk lain nya , beberapa Offshore racer sudah bisa mendekati n kemungkinan mendekati 100 kt. sedangkan untuk penggunaan transportasi , sudah banyak yang menggunakan waterjet . ASDP punya beberapa fast ferry dgn water jet , saya pernah naik dari Bali ke Bima dan beberapa catamaran boat di Bali juga menggunakan waterjet , pada waktu itu kecepatan nya 38 knot .

Arneson Surface Drives (http://www.arneson-industries.com/page.php?type=products&id=drives)
Rolls-Royce/KaMeWA excellence in propulsion (http://www.multicontrol.se/kamewa/kamewa.html)

Hanya saja hull design dari kapal cepat umumnya juga belum ada yang bisa bikin di Indonesia krn peggunaan bahan baku canggih spt. carbon fibre , aluminium composite , etc. dan umumnya pemilik kapal masih mikir short term .

Jon .

gudanggolf
08-01-2009, 12:02
Bravo buat Bapak2,
thankiu banget dah banyak yang kasih inputan,
bentar lg balik bali mau nengokin perbaikan transomnya,
dah sebulan di jawa ninggalin kapal Bluefin ini.
kata orangnya dah kelar ntar kita akan update fotonya.
oya kita ada mau jual kapal fiber dan aluminium (info di fishymart)
siapa tahu ada yang perlu :rolleyes:.
dijual buat tambahan dana unt rehap kapal Bluefin.
regards,
laurenz

Sportfisherman
08-01-2009, 20:37
Hi Laurenz ,

Saya akan ke Bali minggu depan , dimana kapal anda ini diperbaiki ? Kalau ada waktu mungkin mau mampir lihat .

Jon .

gudanggolf
08-01-2009, 23:24
Pak Jon,
posisi kapal sekarang di Pulau Serangan,
tempat diadakan ABG (Asian Beach Games) yg barusan.
besok saya sudah ada di Bali,
monggo mampir ya
regards,
laurenz

gudanggolf
10-01-2009, 22:53
Pak Jon,
ini foto update Bluefin hari ini,
setelah saya ukur tinggi transom kapal (ujung dari atas ke bawah)
untuk bagian tengah 57cm dan kanan-kiri 55cm
seingat saya dapat info dari orang yamaha seharusnya 49cm
agar transom mesin tepat dibawah body kapal.
apakah selisih ketinggian diatas akan ada kendala?
menurut yg orang perbaiki tujuannya biar air tidak masuk dari belakang.
regards,
laurenz

Sportfisherman
10-01-2009, 23:17
Sebaiknya anda minta teknisi Yamaha datang melihat tetapi umumnya kalau transom terlalu tinggi , propeller bisa tidak dapat air n terjadi " cavitation " , akibatnya kapal tidak bisa lari pada kecepatan tinggi . Yang memperbaiki transom tersebut tujuan nya baik tetapi dia tidak memperhitungkan tinggi nya transom akan mengakibatkan kapal anda tidak bisa lari kencang .

Memang sayapun merasa ada kemungkinan air masuk dari belakang kalau transom dibuat rendah untuk Long shaft outboard , seharusnya menggunakan Extra long shaft atau kalau saya sih akan menggunakan pod tetapi anda telah keburu memotong transom nya jadi sekarang ibaratnya nasi sudah menjadi bubur .

Jon .

gudanggolf
11-01-2009, 13:26
thanks inputnya Pak Jon,
ntar mau cari orang yamaha / ahli outboard unt
kasih solusi..:smt120
ini browsing2 ketemu link installing outboard, semoga ada mamfaatnya
installing an Outboard to the Boat Transom from Mercury Outboard Rigging technical manual 3rd edition (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html)
regards,
LZ


http://www.marinepartsman.com/Images/1x1TransSpacer.gif
http://www.marinepartsman.com/Images/MarinePartsManLogo_75.jpg (http://www.marinepartsman.com/)Installing an Outboard to the Boat Transom


http://www.marinepartsman.com/Images/1x1TransSpacer.gifhttp://www.marinepartsman.com/Images/1x1TransSpacer.gifhttp://www.marinepartsman.com/Images/1x1TransSpacer.gif

Installing an Outboard to the Boat Transom, and Motor Shaft Lengths from Mercury Outboard Rigging technical manual 3rd edition

Included sections on this page:

Determining the recommended outboard mounting height (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html#Determining the Recommended Outboard Mounting Height)
about motor shaft length (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html#About Motor Shaft Length)
real Mercury/Mariner motor shaft lengths (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html#Motor Shaft Lengths)
jet outboards (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html#Jet Outboards)
3.0 Litre Mounting Height Advisory Bulletin (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html#3.0 Litre Mounting Height Advisory Bulletin), includes changes in design for 2000 and up, locating centerline of boat transfom, laser alignment, and drilling outboard mounting holes, securing outboard to transom, and hardware parts numbers diagram.

Determining the Recommended Outboard Mounting Height - 3.01 L OptiMax


http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_1.gif
NOTICE TO INSTALLER:
1. The outboard should be mounted high enough on the transom so that the exhaust relief hole will stay at least 1 in. (25.4 mm) above the water line when the engine is running at idle speed. This will prevent exhaust restriction.
2. The mounting height (e) of the outboard must not exceed 25in. (635 mm) for L models, 30 in. (762 mm) for XL models and 35 in. (889 mm) for XXL models. Mounting the outboard higher may cause damamge to the gear case components.

The solid line (a) in the diagram above is recommended to determine the outboard mounting height, Increasing the height of the outboard generally will provide the following: 1) Less steering torque, 2) more top speed, 3) greater boat stability, but 4) will cause more prop "break loose" which may be particularly noticeable when planing off or with a heavy load.
The broken line (b) in the diagram above represent the extremes of known successful outboard mounting height dimensions.
The broken line (c) in the diagram above may be preferred to determine outboard mounting height dimension if maximum speed is the only objective.
This broken line (d) in the above diagram may be preferred to determine outboard mounting height dimension for dual outboard installation.
Height measurements (e) in the diagram above represent outboard mounting height (height of outboard transom brackets from bottom of boat transom). For heights over 22 in. (560 mm), a propeller that is designed for surfacing operation is usually preferred.
The following are general rules for the mounting of large outboards on planing type boats, NOT for displacement type hulls. Rules are general in nature and may vary slightly for style/type of boat and application. Anti-ventilation plate even with the bottom of the boat will be referred to as standard engine height.

The engine can be raised 1 in. (25 mm) above standard, for every 10 MPH (17 km/h) above 40 MPH (64 km/h) that the boat can achieve, not to exceed 5 in. (127 mm) above standard.
For every 12 in. (305 mm) the outboard is behind the trnasom, or a notch in the transom, the engine can be raised 1 in. (25 mm) above standard.
Engines using standard production geare cases should NOT be mounted with the anti-ventilation plate higher than 5 in. (127 mm) above the bottom of the boat. Refer to the Operation and Installation Manuals.
Check and relocate hull attachments if they are the cause of air-ventilated water or if they deflect the supply of cooling water from the gear case. It is necessary to check for the problem in various degrees of turns as well as straight ahead.
Trimming the engine beyond the point where boat attitude (bow lift) permits the maximum, wide-open-throttle speed normally has no benefit, and can cause overheating of the engine and exhaust system. See the Operations and Maintenance Manula for proper power trim operation.
Raising the engine height may result in the following:



Increase the boat speed
Decrease in steering torque
Expose the lower unit water inlet holes to air causng engine overheating
Decrease bow lift
Increase time to plane boat.
Following are examples of outboard to boat mounting combinations. These, along with the genereal rules for mounting large outboards on planing type boat hulls, can be used as a guideline to assure adequate water supply to the engine and gearcase/powerhead durability.
Example #1 - Boat with 12-13 degree transom angle (typical of most boats) provides good bow lift when outboard is trimmed out and a top speed in the low 50 MPH (80 km/h) range. With this combination, the anti-ventilation plate runs parallel to the water line and can be mounted 1 in. (25 mm) above the boat bottom.

http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_Ex1.gif
Example #2 - Boat with notched transom provides good bow lift and is capable of runnng in the low 60 MPH (96 km/h) range. Boat speed, along with the notched transom, allows the engine to be mounted with the anti-ventilation plate 3 in. (75 mm) above the boat bottom.

http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_Ex2.gif
Example #3 - Boat using 12 in. (300 mm) set back plate, provides good bow lift and a top boat speed in the mid 70 MPH (113 km/h) range. In this application, the boat speed allows us to raise the engine 3 in. (75 mm). The 12 in. (300 mm) set back plate gives us another 1 additional in. (25 mm) for a total of 4 in. (100 mm) above standard height.

http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_Ex3.gif
Example #4 - Boat with poor bow lift, in the full trim position, will alllow the anti-ventilation plate to be above and at an angle to the water line. The upper water inlets are likely to draw in air causing overheating of the power head and/or exhaust system. Options would be to lower the engine, add high speed pick-up plates, limit the use of the power trim, or, where possible, move weight in the boat further aft (moving boat center of gravity further aft) to aid bow lift.

http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_Ex4.gif
Example #5 - Boat has top speed in the low 50 MPH (80 km/h) range, with poor bow lift and low transom angle. Due to the low transom angle and poor bow lift, when the engine is fully trimmed out, the anti-ventilation plate is running above and at an extreme angle to the water line. The water inlet holes are almost completely out of the water. On this type of boat, even with the engine mounted all the way down on the transom,. the engine may not receive adequate cooling. Options would be to install the high speed pick-up plates, limit the use of the trim, or, where possible, move weight in the boat further aft (moving boat center of gravity further aft) to aid bow lift. In addition, a set-back plate or jack plate may aid in the hull "lift" by changing the boat's center of gravity.

http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_Ex5.gif
About Motor Shaft Length


Most fresh water boats to 125 hp use 20 inch shaft length engines.
Single V-6 bass boats use 20 inch engines.
Single outboatd salt water boats normally use 25 to 30 inch engines.
Most dual outboard salt water boats require 25 inch engines, extended transom models use 30 inch engines.
Boats designed for single or dual outboards need 30 inch engines when running a single engine.
Boats using three and four outboards usually have specific requirements involved and the motor manufacture should be involved during designs, rigging and testing. Bottom design, transom angles, and load placement all play roles here.

http://www.marinepartsman.com/Images/shaft_lengths.gif
Real Mercury/Mariner Motor Shaft Lengths


Mercury marine outboards are advertised as 15 inch (s), 20 inch (L), 22 1/2 inch (LL), 25 inch (XL), and 30 inch (XXL) shaft lengths, measured from the cavitiation plate to the transom bracket.
NOTE: There are sebveral models that are longer than the actual advertised dimension, they are:

Mercury/Mariner 6 - 15 and Sea Pro: 15 inch is 17 3/4 inches, 20 inch is 23 1/4 inches.
Mercury/Mariner 20 - 25 and Sea Pro: 15 inch is 17 inches, 20 inch is 22 inches.
Mercury/Mariner 40, Mercury Classic 20: 15 inch is 16 3/4 inches.
Mercury/Mariner 75 through 125: 20 inch (L) is 21 11/16 inches, 22 1/2 (LL) is 24 1/6 inches, 25 inch (XL) is 26 11/16 inches.
Jet Outboards


The height of the jet drive intake is very critical and must be mounted carefully as far as transom height for proper performance. As little as 1/8 inch can make a performance difference, especially on a non-trim model.
3.0 Litre Mounting Height Advisory Bulletin

Models Affected

Mercury/Mariner
225/250 HP Carb/EFI S/N 0G960500 and Above
200/225 HP Optimax S/N 0G960500 and Above
The 2000 model year 3.0 Litre product will have a new lower unit with dual water inlets. This new gear case will have water inlets on the front/leading end of the torpedo, in addition to the standard side water inlets. The new design will allow for better water flow to the engine when used on stepped bottom boats, which generally create a high amount of air-ventilated water.
The change in gear case design does NOT change the mounting height requirements for the engine. Mounting the engine above the recommended height could cause the engine to overheat, damage to the propeller shaft and bearing carrier, and premature product failure. Damage due to mounting heights above recommendations will NOT be covered under warranty. See engine installation manual for correct mounting height.

http://www.marinepartsman.com/Images/30L_outboard_mounting_1.gif
Locating Centerline of Boat Transom

NOTE: Some boat manufacturers make this a simple task by scribing a centerline in the boat mold. This scribed centerline is transferred to the hull as the boat's first layer is sprayed into the mold.
Locate (and mark with pencil) vertical centerline (a) of boat transom.

http://www.marinepartsman.com/Images/30L_outboard_mounting_2.gif

NOTE: Dimensions "A" & "B" and "C" & "D" are equal in length.
Laser Alignment

Laser alignment devices are similar to those used by building contractors to establish accurate measurements and guidelines for such things as ceiling installation, etc.
The system consists of a small portable laser unit that projects a red laser beam, which is used to find the exact center of the keel at the front of the boat, then to exact center of the pad and/or transom at the back of the boat in realtion to the keel. The beam pinpoints the exact location of the engine. Typically the steps are:

Level the boat, using a floor jack under the trailer (to prevent getting one side of the mounting plate higher than the other).
Attach a string and weight to the front of the keep.
Measure the transom and pad to find the center line.
Turn on the laser alignment device and focus the beam on the string plumb at the front of the boat.
The red dot shows the exact center location at the rear.
Install the drilling fixture, clamp it to the transom, and mark/drill the motor bilt holes.
NOTE: Information provided by -- Bass and Walleye Boats, Dead Center, Lasers help fast boats keep on the straight and narrow (Spring 1994) by Monte Burch.
Drilling Outboard Mounting Holes

1. Attach (tape) engine mounting template (located with the installation manual) to boat transom.

http://www.marinepartsman.com/Images/30L_outboard_mounting_3.gif

IMPORTANT: If using "Transom Drilling Fixture" (part number 91-98234A2), use drill guide holes marked "A" when drilling outboard mounting holes.

2. Mark and drill four 17/32 in. (13.5 mm) mounting holes.

http://www.marinepartsman.com/Images/drill_outboard_mount_holes.gif

Securing the Outboard to Your Transom

1. Refer to "Determining Recommended Outboard Motor Mounting Height", preceding and install outboard to the nearest recommended mounting height.
2. Fasten outboard with provided mounting hardware shown.

http://www.marinepartsman.com/Images/secure_outboard_to_transom.gif


- 1/2 in. Diameter Bolts (4)
- Flat Washers (4)
- Locknuts (4)
- Flat Washers (4)
- Marine Sealer - Apply to Shanks of Bolts, Not Threads
NOTE: To provide a good engine ground on aluminum boats with electric trolling motors, check with the boat manufacturer for marine grade all weather plywood use in transom. If marine grade all weather plywood is used, do not seal (insulate) upper transom bolts.

Stainless steel bolts are provided with the outboard. (Use stainless steel washers and brass self-locking nuts to retain.
NOTE: Do not use impact wrenches to tighten bolts as they can crush a transom.

http://www.marinepartsman.com/Images/outboard_mounting_hardware_.gif





You can us this form to contact us (http://www.marinepartsman.com/contact.pl) or you can call us. For information, call 208-263-1468 (YOUR DIME, PLEASE.). To get help AND place an order, call us on OUR DIME on our toll free number, 1-866-247-1092.

MarinePartsMan Sells Up To 15% Below MSR and Guarantees You'll Get the Right Outboard Part!


PRIVACY GUARANTEE (https://secure.marinepartsman.com/privacy-guarantee.html)
TERMS & CONDITIONS OF SALE (https://secure.marinepartsman.com/MarinePartsMan_Terms-and-Conditions.html)


Copyright © 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008 Marine Services Corporation, Ellisport Bay Marine, Inc. All rights reserved.

Also visit NewAgeMarineParts.com (http://www.newagemarineparts.com/) for all your Mercury and Yamaha outboard motor needs - personalized attention to details. We get you the RIGHT part or your money back.* * NewAgeMarineParts.com Terms and Conditions of money-back guarantee (https://secure.marinepartsman.com/NewAgeMarineParts_terms-and-conditions.html%20TandC'))
http://counter.dreamhost.com/cgi-bin/Count.cgi?df=username-countername.dat&pad=F&ft=0&dd=E&istrip=T.http://counter.dreamhost.com/cgi-bin/Count.cgi?df=MPM05-outboard_mounting2.dat&pad=F&ft=0&dd=E&istrip=T
5 users online (http://www.marinepartsman.com/installing-an-outboard-on-your-boat.html#)

gudanggolf
16-01-2009, 11:43
Pak Jon,
setelah konsultasi ama orang yamaha,
akhirnya kita trimming lagi hull belakang kapal,
sekarang jadi kanan-kiri 51cm dan tengah 60cm
jarak antar as mesin 68cm satu dengan yang lainnya.
sementara ini lagi proses pengecatan ulang,
kalo selesai rencana kita mau test di air untuk ukur draft ketinggian air,
sebelum dipasangi mesin biar safe gitu.. :smt023
apa ada masukan yang perlu saya perhatikan disini..
cheers,
laurenz

gudanggolf
27-01-2009, 11:52
Pak Jon,
gimana recana ke bali-nya, jadi?
sekarang kapal Bluefin lagi proses pegecatan.
Pak minta input andaikata balance kapal
tidak bagus akibat perubahan dari mesin dalam ke outboard.
apa ada metode untuk merubah COG (centre of Graphity) Kapal.
orang fiber yg kerja kutanyain katanya misal berat belakang
tinggal diberi beban didepannya.. masuk akal juga sih
tapi apa ini cara yang bener?
minta masukannya dari para expert... thanks
LZ

Sportfisherman
27-01-2009, 12:05
Kalau kapal mengdongak waktu cruising , mungkin bisa tambah trimtab agar bagian bow nya bisa turun sehingga menambah " lift " dari hull dan hasilnya juga menambah kecepatan .

Soal draft nya , wah harus di isi sesuai dgn keadaan operasi , jadi berapa penumpang + ABK dan berat mesi + BBM .

Saya ke Bali tetapi tidak sempat ke P. Serangan , soalnya banyak acara dgn keluarga n teman teman di Bali .

Jon .

gudanggolf
09-02-2009, 16:54
Pak Jon,
punya contoh gambar trimtap unt kapal outboard?
setahu saya mesin outboard ada trimtapnya juga,
apakah fungsinya beda?
unt penambahan trimtap ini kira2 butuh biaya berapa ya
thanks banget
lz:D

Sportfisherman
09-02-2009, 16:58
Pak Jon,
punya contoh gambar trimtap unt kapal outboard?
setahu saya mesin outboard ada trimtapnya juga,
apakah fungsinya beda?
unt penambahan trimtap ini kira2 butuh biaya berapa ya
thanks banget
lz:D

Check this : Bennett Marine: The world leader in trim tab innovation, quality and service (http://www.bennetttrimtabs.com/)

Jon .

sudharmoboy
11-02-2009, 13:08
Iya Benar Pak Jhon , saya juga penasaran kalau kapal kayu dengan mesin Diesel type 6D bisa lari sampai 80 km (sekitar 50 mil) per jam !!!! baru dengar nih!!!! jadinya pengen cepat cepat lihat model kapalnya kayak apa ????????

Biccarix
11-02-2009, 15:59
Kayaknya saya pernah dengar nih kapal yg bisa ngacir segitu. Kalo gak salah dari manado tepatnya sangir. Kapal ini buatan orang filipina. disebut dengan nama pam boat. Bodinya dari tripleks marine, dengan menggunakan mesin fuso, pake paku kuningan dan juga menggunakan cat khusus yang didatangkan dari filipina. Modelnya mirip dengan jukung bali, dengan menggunakan semang/penyeimbang.

gudanggolf
11-02-2009, 22:33
hi semua,
mau update foto seminggu terakhir,
mesin kapal sudah datang dari surabaya,
lg disetting jaraknya
rencana dalam seminggu ini turun ke air..
excited n grogi.. hehe
rgds
lz:rolleyes:

gudanggolf
19-02-2009, 17:54
Alooo semua,
mau kasih refreshing update,
Bluefin >> Ganti nama menjadi >> "G-Land Explorer"
biar matching ama lokasi kami,
ini foto kemarin proses menurunkan dan hari ini sudah melaut di serangan.
masih banyak yang kurang dalam detailing,
railing (proses), navigasi, comm etc
barusan terima bildpump dari jasa marine pake rule 2000 automatic.
so far draft ketinggian air ok (tidak berat belakang spt yg dikwatirkan)
kita akan update lg next week
cheers :p
lz

Sportfisherman
20-02-2009, 09:23
Looks doing 20 kt standing still !

Jon .

gudanggolf
20-02-2009, 21:10
Hi Om Jon,
thanks complimentnya..
apa ada input unt asuransi kapal yg OK?
thanks
laurenz

gudanggolf
10-03-2009, 21:40
Om John,
G-Land Explorer udah sea trial 2x,
sambil kuras tandon (kotoran bekas solar lama),
berhubung blon ada alat ukur speednya.
mohon input dengan RPM 4000-4500
mesin 3x 200HP dapat speed berapa ya?
peralatan yang masih kurang kompas, radio, GPS, Depth sounder,
apa lagi yaa..
kalo members disini ada yang mu lepas seken kondisi baik harga miring kabarin ya..
thanks
laurenz