PDA

View Full Version : Tanya Ukuran Kail



roby
02-12-2008, 12:28
Setiap kali aku baca di thread tentang tip dan trik mancing ikan tertentu, terkadang disebutkan ukuran kail sebaiknya sekian. Misal ukuran kail untuk nila pake yg no. 6.

Nah, di toko-toko pancing banyak sekali jenis, merek dan ukuran kail, yg aku masih heran, ada merek yg berbeda, disitu tertulis sama-sama ukuran 2, tapi yg satu kecil banget dan yg satu gede banget, nah yg benar yg mana ya, trus urutannya sebenarnya bagaimana apakah angka yg kecil berarti kailnya kecil atau sebaliknya?

Mohon pencerahanya, terima kasih sebelumnya.

sigit_susilo
04-12-2008, 17:00
Memang kalo mo beli kail berdasarkan nomer... agak gampang2 sulit.
biasanya kalo saya beli milih sendiri... kira2 butuh yg sebesar apa.

untuk nomor kail memang ada dua. ukuran kecil dan ukuran besar.
ukuran kecil biasanya untuk ukuran ikan jenis kecil-kecil seperti ikan beunter/wader, sepat, nilem, mujaer dll

untuk nomer besar biasanya di gunakan untuk mancing Galatama dan mancing Laut.

jadi no. 6 kecil tidak sama dengan no. 6 besar.

Terus jenis hooknya pun banyak macam nya. Baik ketajaman maupun tebal tipisnya batang hook. hook ini pun ada yang mempunyai lobang ada juga yang tidak (biasanya ujungnya gepeng/pipih)

bahan pun bermacam, ada yg carbon, newcarbon, steeless dll

jadi sebaiknya pilih menurut target ikan yg akan di pancing.:cool:

abu_yoga
04-12-2008, 18:04
Kalo gak salah nih pak..memang masing2 merk ukurannya lain2, sebaiknya kalo mau ukuran sama mesti disebutin juga merknya apa (harus sama juga) no 6 merk A, ukurannya tidak sama dengan no 6 merk B, bisa lebih kecil atau sebaliknya...

Ambil contoh misalnya (bukan promosi lho...) maguro no 5... semakin no besar, ukuran kailnya juga besar... tp carbon plus no 12... semakin no besar, ukuran kailnya malahan kecil... jadi jelasnya mesti disebutin nomor dan merknya harus sama... mudah2an gak salah.

Salam-

roby
05-12-2008, 08:01
Terima kasih atas infonya, kalo gak salah saya juga pernah liat nomor kail 0/1, 0/2, 0/3 dst, ini maksudnya apa lagi ya?...