PDA

View Full Version : Mancing Galatama pakai kapas



adename
16-12-2008, 15:38
Bos-bos dan Rekan mania,saya mau sharing pengalaman mancing galatama di yogya.

Penasaran mancing di kolam galatama p.Kebo, Babarsari, minggu tgl 14/12 kemarin datang lagi kesana untuk ikut lomba galatama ala Yogya.
Sebelumnya hari Sabtu,cari joran bambu ala Yogya,dapat satu biji panjang 145 cm......pamor bambunya sedang2 saja tapi bambunya tua, stand 1 ujung graphite merk E........Y kekuatan 15 lb.
Karena harus merayu cucu,maka berangkat sdh jam 14.15 padahal mulainya jam 14.00............... Sampai dipemancingan lapak penuh,terpaksa nunggu ronde ke 2 dan jamnya ternyata maju 30 mn jam 16.30 - 19.30.
Atas saran seorang teman saya beli ikan mas 1,5 kg dikolam sebelah (milik P.Tolo) kakaknya pak Kebo,saya minta tolong stafnya p.Kebo untuk merebusnya. Karena pada saat mancing dimulai umpan daging ikan belum siap, maka saya beli satu bungkus pelet tabur dan nyomot kapas dipanitya.
Saya kaitkan kapas dipancing dan saya tabur pelet ke kolam dan mulai mancing.......tunggu sampai 15 mn kok engga narik......akhirnya teman bilang kapasnya kebesaran........saya ganti kapas hanya sebesar pelet....... kira2 lima menit strike dan ngangkat 1 ekor.........ternyata ngangkat ikan dengan tangan kiri sekaligus melepas kail dengan tangan kanan tidak semudah yang saya lihat seperti para mania yang mancing disitu.
Lempar lagi......... strike lagi.......terpaksa cari serok dan kena.....
Kira2 jam 18.00 umpan ikan sudah siap,dibantu oleh staf P.Kebo ikan dikupas kulitnya dan hanya diambil dagingnya,daging di remas/diaduk dan pancing disisirkan ke daging ikan yang dipegang antara jari telunjuk dengan ibu jari....... pertama lepas.....sampai kira2 6-7 kali belum berhasil.......lama2 tahu juga cara nyisirnya dan daging ikan terkait kuat dipancing (pancing hanya satu biji no. 7).
Siram dengan air yang berisi sisa daging,insang,kepala dll kedalam kolam dan lempar kail kespot tadi........ tidak lama strike........kembali kesulitan ngangkat ikan tanpa bantuan orang lain....he..he..kebiasaan di GT jkt. akhirnya 2- 4 kali senar putus pada waktu angkat ikan........maklum beli senar dia 0.16 mm harga 16 kilo.......ternyata engga kuat.
Akhirnya sampai akhir lomba ngangkat 6 ekor dan mocel/putus kira 4 ekor.........lumayan.
Untungnya teman saya dapat juara babon 1 dan 2 tapi total kalah sama P.Kebo yang ikutan mancing,padahal ngangkat terus ........ ternyata korang teman saya bolong sehingga banyak ikan yang lari masuk kembali kekolam.

Kata kuncinya mancing GT di kolam P.Kebo umpan sangat simple...... kuncinya pada umpan bom / tabur untuk mengumpulkan ikan, pakai kapas, sandal jepit, nasi, daging ikan,pelet,.......sama dapatnya tinggal teknik dan mungkin hokinya.........he...he....he......salam mancreng.

M-BEI
16-12-2008, 16:00
Wah mantap pak... jadi ada beberapa hal menarik mancing di jogja, selain pake bambu juga umpan kapas....

ariefaja
16-12-2008, 16:07
wah seru ya pak trip mancingnya di yogya...beda kolam beda umpan, beda daerah, beda lg cara mancingnya...sekali lg selamat ya pak!!







__________________________________________________ ____________
hmmm.....damainya hati bila bisa mancing tiap hari (IMHO):smt055:smt055

sigit_susilo
16-12-2008, 18:25
@adename:
Satu lagi keajaiban cara mancing.... :D itu kapas cuman di jatolin gitu ya ngga di tambahkan essen atau apa gitu...????

adename
17-12-2008, 14:55
@M-Bei
Yah sekedar obat penasaran saja, dulu pakai sandal jepit........ sekarang pakai kapas. Mancing pakai joran bambu tanpa reel........kata teman mania Yogja lebih cepet dari reel stella yang bearingnya 10.......ha....ha.... tapi tetap harus latihan juga karena nyetel drag pakai perasaan jadi lebih menyentuh kalbuuuuu.
Kang M-Bei, bener lho kang joran bambu itu ternyata bukan joran kere..... karena joran bambu itu seperti orang Yogya melihat keris...... kalau pamor bambunya bagus harganya bisa jeti2 an dan saya lihat sendiri itu......
Memang mania Yogya itu uniek dan antiek........he..he.. bravo mania Yogya.

@Kang Arief
Bener kang Arief, seru juga tuh mancing disana.......sekali-kali nyobain deh..... kalau perlu tak temenin....... siap bos.

@Kang Sigit
Pertama-tama mohon maaf Kang Mod,waktu itu sayah melanggar rule nulis pakai capital font.....maap....maap.
Betul Kang Sigit, itu kapas betul2 cuma kapas doang tanpa dikasih ape2, mania di Yogya kayanya tidak suka essen2 an...... dan lagi kapasnya cuma segede butiran pelet yang kecil. Kapas dikaitkan 1-3 kali dikail dan kalau didalam air mengembang seperti butiran pelet warna putih. Umpan daging ikan mas juga sama hanya segede pelet ......warna dan bentuknya juga kaya pelet warna putih....... kesimpulannya ikan mas di tempat p.Kebo bisa dipancing pakai lure dan caranya rada2 di-casting gitu........ umpan tabur dikasih air..... bisa pelet tabur,bisa sisa daging ikan, bisa super mi,bisa nasi dll terus disirampan dispot tertentu selanjutnya kail dilempar kespot tadi...... kalau belum disamber ikan ya diulang lagi......begitu dst.
Kolam P.Kebo ukurannya kurang lebih 12 X 8 m, menurut yang punya diisi ikan kira2 6 kw, tapi ikannya udah jadi.......artinya walaupun udah kepancing dironde pertama dironde kedua masih mau makan lagi.....he...he....he.....Anehnya ikan2 tsb waktu masih didalam air ya tetap ngelawan....... tapi begitu diangkat diatas air tuh ikan tenang sekali......mania di yk dengan santainya ngangkat tu ikan dibagian perutnya dengan tangan kiri sementara tangan kanan melepas kail dari mulut ikan ........tapi ternyata itu tidak mudah dan perlu latihan................jadi sering2lah mancing biar jadi jawara kaya bos2 FF......selamat mancreng.

sigit_susilo
17-12-2008, 16:49
ok bro...., ;) Jadi gitu cara main pake umpan kapas ya mas...:D info yg bagus

jumper maker
26-12-2008, 16:29
setahu saya kenapa joran bambu made in jogja itu mahal ya itu yang ga kuat yang ada di sambungan atasnya kisaran harganya mulai dari yang paling murah 500ribuan ampe yang paling mahal bisa mencapai diatas 2,5 jt,dan memang benar joran bambu lebih cepat dari reel kalo narik ikan ga sanggup ngelawannya percaya ga percaya percayalah he he he he

Kang Ito
28-12-2008, 20:39
Ini kolam jaraknya nggak sampai 1 kilo dari rumahku di jogja...., setiap pulang saya selalu mampir kesana...., pernah beberapa kali ikut mancing disana....bingung nggak bisa narik pakai joran model jogja:confused::confused:....akhirnya pakai joran dan reel diketawaian orang satu empang..hik..hik..hik......, di bilang memang mancing dilaut??????????? ........

gentur_blacklotus
28-12-2008, 20:50
Ini kolam jaraknya nggak sampai 1 kilo dari rumahku di jogja...., setiap pulang saya selalu mampir kesana...., pernah beberapa kali ikut mancing disana....bingung nggak bisa narik pakai joran model jogja:confused::confused:....akhirnya pakai joran dan reel diketawaian orang satu empang..hik..hik..hik......, di bilang memang mancing dilaut??????????? ........

Gak pa2 kang yang penting kan narik ikannya bukan jorannya ..... :D:D:D:D:D

b4zz
13-01-2009, 12:33
meski agak telat tapi pengen nimbrung juga......kadang2 malah bukam cuma kapas tapi saput bedak punya istri juga jadi korban ...caranya saput bedak yg terbuat dari busa itu digunting menyerupai pelet lalu di kaitkan di mata kail.....umpannya awet jadi tidak perlu ganti2...tiap kali kotor bisa dibersihkan dgn cara dikibaskan di air........