PDA

View Full Version : Light Tackle Tuna Fishing



Ryoshi
14-02-2005, 10:15
:D Rekans,
Ini ada artikel menarik ttg fishing tuna. Mungkin sedikit beda tipe ikan,tapi pd dasarnya dari species n karakter yg sama dgn yg ada di perairan kita. Read carefully,anda mungkin akan menemukan good infos/tricks dari sini,..happy reading. 8)

Btw, utk yg tidak jomblo, Palentin nih yeeee.... :P :wink:

http://www.marinews.com/fishing/fishing/Fishing%20Articles/fa_lighttunafishing.html

Sportfisherman
14-02-2005, 11:10
:-D

Lod ,

Pakai light line terus yang lainnya disuruh nunggu-in anda naik-kan ikan itu ber jam-jam , bisa digunting tuh benang anda , minimum pakai PE5 dan maximum 10 menit dari strike sampai ikan diganco ! :twisted:

Kalau mancing sendiri boleh begitu , kalau rame rame wah yang lain engga kebagian mancing dong . :shock:

Sportfisherman . 8)

Ryoshi
15-02-2005, 00:21
:-D :-D P.Jon,
Sebenarnya sy berharap artikel itu dilihat pembaca dari sisi knowledge base-nya,bukan untuk chalenge :),saya sendiri blum punya cukup nyali utk menantang YFT 20kg-an dengan benang 6kg/12 lbs seperti diartikel tsb. Sayang klo putus mlulu,jadi mahal mancingnya :P .Tapi saya lihat di artikel tsb ada bbrapa trick/info yg mungkin berguna utk tambahan pengetahuan. Sayang skali para senior mancing kita sekarang sudah jarang/ga pernah lagi nulis2 artikel spt ini. Dulu pd jaman Formasi baru berdiri dan ramai2nya trolling billfish, banyak sekali fishing artikelnya di majalah, tabloid atw website. Tapi sekarang nyaris tak terdengar :oops:
A/way sebenarnya saya masih penasaran ttg casting/popping tuna ini misalnya knapa tunanya kadang menghilang padahal weather & water fine, and then kadang tunanya kelihatan bahkan berloncatan tapi ngga mau nyamber popper dll. Dan saya kadang jg tdk puas hanya dgn jawaban "Oo..mungkin baitfish-nya lagi banyak…". Saya cenderung berpikir mungkin teknik kita yg kurang tepat. Mungkin jatuhnya popper kurang pas,atw maybe action poppernya kurang natural,atw leader-nya scare the fish, atw mungkin kapalnya terlalu dekat sehingga suaranya menakutkan tuna dan puluhan alasan teknis lainnya Dari situ saya tertarik utk mengetahui karakter tuna,dan berusaha mencari info everywhere, dan yg saya share di posting itulah salah satunya, dgn harapan bisa bermanfaat atw bahkan mengundang tanggapan yg bisa menambah wawasan (for that,thanks P.Jon). Tuna/YFT is excellent fighter, good eating fish dan yg ga kalah seru …you don’t have to feel guilty when the fish join you onboard (in the coolbox that is..) :P :-D

Btw,P.Jon/rekans mungkin ada yg bisa bantu saya mengisi satuan benang PE (braided)ke lbs, thanks sebelomnya: 8)
PE 2 =……lbs
PE 3 =……lbs
PE 4 =……lbs
PE 5 =……lbs
PE 6 =……lbs
PE 7 =……lbs
PE 8 =……lbs
PE 9 =……lbs
PE 10 =……lbs

Sportfisherman
15-02-2005, 07:43
:-D

George ,

Sebenarnya ukuran itu berdasarkan unit GAUW yang menjadi dasar dari ukuran tebal benang sutra tradisional Jepang tapi ketika dijadikan benang pancing dgn menggunakan bahan PE , breaking strain nya menjadi 10x dalam lbs , umpamanya PE1 = 10 lbs dan seterusnya . Inipun tergantung technique braiding nya , kalau Varivas Avani GT , PE10 = 130 lbs . :shock:

Nah , kalau mono lain lagi , menurut ukuran yang sama , Mono 1 = 4 lbs dan seterusnya , jadi ukuran tsb. adalah tebal dari benang dan breaking strain nya bisa berubah rubah tergantung bahan / braiding technique . :x

Paham tidak ?
:lol:
Jon . 8)

fishy
15-02-2005, 09:12
Kalau yg fight tuna besar dengan benang kecil untuk rekor biasanya mancingnya di tempat dangkal (

Lodewijk
15-02-2005, 14:00
:D :-D