PDA

View Full Version : Boat kayu dilapisi fiberglass



KERAPU_2008
31-01-2009, 20:24
Sampai jumpa lagi bapak-bapak/para suhu/rekan-rakan semua....

Saya berada didaerah kepulauan, biasa mancing seputaran karang dangkal 10 -20 m.
Dengan menggunakan perahu jukung/jongkong bahasa setempat.

Saya mohon pencerahannya mengenai fiber ?
Jukung saya terbuat dari kayu, namun sayang tunggangan mancing saya tersebut kondisinya menguatirkan ‘’ bagian bawah jukung sudah menipis -/+ 1cm’’. Jujur aja setelah mengintip di Fforum ini timbulah ide untuk melapisi bagian dalam jukung kayu tersebut dengan fiberglass.

Sebelum dilapisi fiberglass ada baiknya bagian kayu tersebut di dempul agar permukaan lebih rata. Apakah fiberglass (Resin + Katalis) tersebut akan bersenyawa, menyatu/melekat dengan dempul ? sehingga hasilnya tetap efektif menyatu dengan kayu?

Resin+katalis dikuas merata pada permukaan kayu yang sudah bersih/kering kemudian tempelkan serat fiber dan dilapisi lagi resin+katalis.

Menurut saya seperti itu pengerjaan- nya, koreksi jika salah.

Saya pakai dempul kayu Nippon Paint atau Sanpolak klu ga salah tulisannya.

Penjelasan dari pakar-pakar sangat saya harapkan tentunya agar jukung yang sudah berjasa tersebut tetap abadi mancing forever.lumayan buat pemula mancing pakai jukung yang kapasitasnya cuma buat 2 orang.

Terimakasih……..

Salman…..

ekobola
31-01-2009, 22:39
saya bantu sedikit pak, mungkin bisa bermanfaat...
saya ambil intinya aja nih pak....
Untuk menambal permukaan kayu dengan lapisan resin dan serat fiberglass(kain met), sebaiknya jangan didempul menggunakan dempul kayu ataupun sanpolac,..walaupun sebenernya itu bisa untuk menutupi permukaan yang ngga rata...soalnya gini pak,...dempul tersebut lama kelamaan akan kalah melawan air...sebaiknya didempul dengan campuran resin juga akan lebih kuat...ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk dempul resin sebelum dikuas dan dilapisi met.
alternatif I.Campurkan Resin dan bubuk talk (sesuai yang diinginkan),apabila cuaca mendung bisa ditambahin beberapa tetes larutan kobal(warnanya seperti empedu),ini membantu proses pengeringan.setelah semua jadi baru ambil secukupnya dicampur catalist, serta oleskan ke permukaan yang akan di dempul.
alternatif II.Campurkan resin dan erosil.(campuran ini digunakan untuk melapisi permukaan dengan medan permukaan tegak berdiri sekalipun resin tidak akan meleleh)..
lakukan pendempulan ke permukaan yang udah steril debu atau minyak...
setelah proses pendempulan selesai...sebaiknya diratain dulu pakai gerinda dengan mata amplas atau pemotong porselen ...ini bermaksud agar proses pengolesan selanjutnya menjadi rata dan rapi serta tidak ada gelombang udara.
ok...permukaan dempul sudah ratakan?,...sekarang baru kita olesin pake resin yang udah dicampur catalist,...setelah rata timpa dengan kain met dan selanjutnya kita cocol lagi dengan resin menggunakan kuas...
Untuk menambah tebal permukaan serta kekuatan, pelapisan kain met ini bisa diulangi sampe 2 atau 3 kali.
demikian pak...semoga membantu...:smt023

oh..iya... pake kain metnya nomer 300...udah cukup.

KERAPU_2008
06-02-2009, 07:42
OK ...cukup jelas dan terimakasih pak atas respon nya.........