PDA

View Full Version : Harian Pengkukusan Umpan agar lebih Matang



bam_gdar
09-02-2009, 15:01
Salam Mancing buat rekan2 di Forum ini...!!:smt055

Sebenarnya hal seperti ini memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang pemacing dlm mengelola berbagai jenis umpan...!!baik umpan beraroma amiz or wangi or netral..!!disini ane mau memberikan beberapa info yg sekiranya bisa menjadi acuan or pengetahuan bagi rekan2 kita di forum agar bisa mengetahui, mempraktekan pembuatan umpan spt kawan2 kita di Forum dng menciptakan beberapa fariasi umpan yg kesemuanya adalah tuk membantu kawan2 kita di forum dlm mengelola umpan...agar dng membaca thread ane ini diharapkan lebih tahu and lebih bisa mengkreasikan umpan2 hasil ciptaan kawan2 kita di forum..seumpamanya kawan2 biasa mancreng menggunakan membeli umpan jadi, tiba2 umpan basi or segala jenis problem umpan pada dasarnya adalah bagaimana kita mengetahui cara pengkukusan umpan dng tehnik2 yg sekiranya ane tahu..!!

Hal yg harus kita ketahui dlm pembuatan umpan adalah pemilihan bahan2 dasar apa and aroma apa yg kita inginkan dlm umpan yg akan kita buat nanti...pemilihan bahan2 dasar umpan sangat menentukan umpan akan dimakan ikan or ngak..disamping itu takaran or volume umpan yg biasa kita pakai tidak melebihi kapasitas dr semestinya..selain itu pengkukusan yg menjadi penuntu umpan sudah siap or sudah matang...!!

Banyak kawan2 kita dlm pembuatan umpan sering meremehkan or melupakan pengkukusan adalah syarat umpan yg bagus and akan menghasilkan ikan banyak yg masuk ke korangan..!!

Tehnik pengkukusan disini ane jabarain dng mempergunakan 2 (dua) kali tehnik pengkukusan..adalah :
1. Pembentukan umpan dasar
2. Final umpan (umpan menjadi matang)

Ane jabarin satu persatu dibawah ini :
1. Pembentukan umpan dasar (proses pengkukusan 1)
Setelah kita menentukan baha2 dasar umpan...kita masukan ke dalam baskom plastik...pencampuran bahan2 spt : pak ikin, jagung, ubi, kentang, singkong dll yg merupakan bahan pertama yg akan kita proses...sebaiknya biasakan kita kukus dahulu dng penambahan sedikit item bahan dasar yg lain spt : keju parut 1/2 saja, telur (baik putihnya or kuningnya saja), susu dancow 1/2 dll...bahan2 tsb kita kukus dahulu selama kurun waktu sebentar saja bisa 5 or 10 menit saja dengan wadah alumunium foil or plastik kiloan...umpan dasar ini bila kita angkat and kita buka dr alumunium foil akan menghasilkan aroma wangi di umpan dikarenakan bahan2 tsb setelah kita bland menjadi satu and kita kukus akan menjadikan umpan wangi dr pencampuran bahan2 spt susu, keju, telur...!!setelah umpan dasar dibuat bisa kita dinginkan dahulu sebentar...baru kita memasuki proses menuju Final pembentukan umpan jadi..!!
2. Final Umpan (proses pengkukusan ke 2 )
Umpan dasar diatas setelah melalui proses pendinginan sebentar...bisa kita masukan kembali ke dalam baskom plastik...semua bahan2 tsb bisa kita tambahkan kembali dng sisa bahan yg lain..spt 1/2 potong keju parut, sisa susu dancow, putih or kuning telur sisa...!!bila kita menginngikan aroma umpan menjadi wangi..bisa ditambahkan dng essen sesuai takaran or pandan beberapa helai saja...bila kita menginginkan aroma umpan amis...bisa kita pergunakan daging ikan laut. Ada beberap jenis ikan laut yg sudah ane coba and beberapa ikan laut yg menghasilkan aroma amis bisa pekat or sedang saja...!!kita juga harus jeli dlm proses pemilihan ikan laut..bisa kita cium bagaimana amiznya ikan tsb..!!!setelah itu ikan laut yg kita dpt...seharusnya kita proses pengkukusan agar daging yg nanti kita ambil (daging putihnya) bisa kita hancurkan and akan menghasilkan amis yg tdnya pekat setelah melalui proses pengkukusan akan menghasilkan aroma amiz yg tidak menyengat..!!ambil daging ikan laut yg telah di kukus and campurkan dng bahan2 diatas dlm satu baskom plastik tsb..!!!maka proses final umpan agar lebih sempurna lagi dng mengkukus umpan tuk terakhir kalinya...pencampuran umpan dasar + campuran baha2 lain + daging ikan laut + kroto kukus..kita aduk2 sampai merata and masukan kembali ke dalam alumunium foil or plastik kiloan and kukus selama kurun waktu antara 20 menit s.d 30 menit saja..dikarenakan proses pengkukusan-1 sudah menghasilkan umpan dasar yg baik ditambah dng pengkukusan ke-2 agar umpan lebih sempurna and lebih matang lagi...!!

Bisa kita lihat di akhir pengkukusan umpan dng mencium aroma umpan dng membuka alumunium foil..bila kita menghendaki umpan wangi..aroma umpan akan kentara di umpan yg kita buat terakhir or sebaliknya umpan amiz akan kentara di final umpan kita..!!!

Semua info dr ane diatas adalah merupakan tehnik pengkukusan dengan 2 kali tehnik pengkukusan yg diharapkan bisa menghasilkan umpan yg lebih matang and bisa kita harapkan sampai sore..!! bila ada sisa umpan..bisa kita taruh ke dlm plastik kiloan or alumunium foil masukan frezer tuk acara mancreng besok...kl kita mau mancreng kembali...buka plastik kiloan and masukan umpan ke alumunium doil baru bisa kukus kembali selama 1 or 2 menit agar umpan menjadi panas...!!

Demikian tips and info dr ane mengenai tehnik pengkukusan umpan dengan cara 2x kukus...yg kita harapkan agar umpan menjadi lebih bagus and bisa menghasilkan ikan terangkat banyak ke korang..!!

Tehnik bikin umpan tanpa proses pengkukusan

Tehnik diatas itu semua memang mempergunakan tehnik pengkukusan...ada beberapa kawan kita yg menghendaki umpan tidak melalui proses pengkukusan ane bisa kasih infonya sedikit.
Umpan yg akan kita buat tanpa dikukus
1. Biasanya kita pakai pak ikin...kita ganti dng pelet halus, bisa pergunakan pelet merk ternama or pergunakan pelet djempol kang ito..!!
2. Pelet kita masukan ke dalam baskom and kita tambahkan or campurkan dng 1/2 or 1 gelas air panas..pelet kita aduk2 sampai merata...!!
3. Setelah pelet dihasilkan di baskom...dlm keadaan panas..parutkan keju...aduk kembali..!!
4. Bila kita mengendaki pemakaian telur (baik putih or kuning) pakai telur jng terlalu banyak..pergunakan maximum 2 telur saja..itupun dng syarat...keadaan pelet masih panas and langsung kita campurkan putih or kuning telur ke dalam baskom tsb.
5. Tuk pembentukan aroma : bila kita mengininkan aroma amis and bila ngak ada bahan lain tuk aroma amiz...ambil deho..buang minyaknya and masukan deho ke dalam plastik kiloan..daging deho kita hancurkan dng cara menumbuk or memblender...setelah itu kita masukan air panas...tunggu 1 or 2 menit..buang airnya and dinginkan..!!baru kita bisa pakai deho tsb tuk acuan aroma amiz umpan..!!Tuk aroma wangi...bisa kita pakai essen 1 tetes saja..or kl ngak mau riskan...masukan 1 or 2 helai daun pandan..kita tumbuk..akan menghasilkan air pandan yg hijau pekat..!!campurkan sedikit air panas di air pandang..!!baru kita masukian ke dalam baskom tsb..jng terlalu banyak..cukup 2 or 3 tetes saja..!!

Demikian info and penjelesan dr ane semoga tips ini bisa berguna buat kawan2 kita dlm mengetahui bagaimana tehnik pembuatan umpan agar bisa awet sampai sore and bisa menghasilkan umpan yg terbaik..mudah2an info ini berguna..kl ada kata2 ane yg salah mohon dimaafkan..dikarenakan ane cuma pemancing katro doank :D:D..!!!kl sekiranya kurang sepaham or kurang mengena di hati kawan2...jng dibaca..wong ini cuma tulisan and hasil pemikiran saja :D:D yg penting ane bisa membantu kawan2 kita walaupun cuma tulisan and info doank..yg diharpkan dr ane kawan2 bisa menghasilkan kreasi umpan sendiri dng pemilihan bahan2 yg bagus and tehnik yg benar...!!

Selamat membaca info ini and salam gentak selalu dr pemancing katro..!!:smt023:smt023

Baong
09-02-2009, 15:27
Nice info kang bams,,:smt023..:smt023..:smt023

di lanjut kang,,:smt055

mas dandi
09-02-2009, 15:49
salam kenal sebelumnya untuk semuanya:):):)

mas bams...

saya sering membaca ramuan ramuan umpan disini yang menggunakan deho tanpa minyaknya alias daginngnya saja...

saya mau nanya alasan kenapa minyak deho tidak digunakan... kan minyak deho amis juga.. ????

mohon pencerahan dari suhu suhu yang ada disini:smt023:smt023:smt023....
maklum baru belajar nieh.. :p

gentur_blacklotus
09-02-2009, 16:00
Ane cuma kasih pendapat mudah2an bener nich ... kenapa kalo kita pake deho hanya dagingnya aj sedangkan minyaknya di buang di karenakan minyak deho ini yang dapat membuat umpan cepet basi kang.
soalnya ane pernah coba buat umpan di kukus bareng sama deho beserta airnya hasilnya jam 2 an sudah basi tuch umpan padahal sudah di kukus bareng.:wink::wink:

mas dandi
09-02-2009, 16:24
oo gitu yaaa... bukannya aroma amisnya jadi kurang kalo dibuang minyaknya

dapp04
09-02-2009, 17:49
Kalo menurut saya minyak pada deho itu berfungsi untuk membuat daging tuna menjadi tetap awet, jadi kemungkinan terbesar dalam cairan tersebut ada bahan pengawetnya yg lebih baik tidak kita pakai.
Biasanya kalo saya pake deho minyaknya saya buang dan daging tunanya saya bilas lagi dengan air panas seblum dicampurkan dengan bahan2 yg lain.

DaPp________

kompeni
10-02-2009, 03:39
Kalo menurut saya minyak pada deho itu berfungsi untuk membuat daging tuna menjadi tetap awet, jadi kemungkinan terbesar dalam cairan tersebut ada bahan pengawetnya yg lebih baik tidak kita pakai.
Biasanya kalo saya pake deho minyaknya saya buang dan daging tunanya saya bilas lagi dengan air panas seblum dicampurkan dengan bahan2 yg lain.

DaPp________
Muantabbss neh pencerahan dari pakar yg satu ini...........
baru ngerti deh kenape Pemancing-ers pada kaga pake minyak deho melainkan ikannya doang...... thanks buat pencerahannya, jadi nambah aje neh pengetahuan didunia mancing.

salam,
http://i306.photobucket.com/albums/nn271/si-doel/MWSnap011.jpg (http://www.fishyforum.com/%5BIMG%5Dhttp://i306.photobucket.com/albums/nn271/si-doel/MWSnap011.jpg%5B/IMG%5D)

kompeni
10-02-2009, 04:07
1. Pembentukan umpan dasar (proses pengkukusan 1)
.................................................. .............
.................................................. .............
2. Final Umpan (proses pengkukusan ke 2 )

.................................................. ..............

.................................................. ..............
Kalo buat Ane yg cuma pake kayu bakar buat ngukus, kudu banyak kayu bakar yg diperluin dong kalo harus 2 kali pengukusan.....he he he he he.

salam,
http://i306.photobucket.com/albums/nn271/si-doel/MWSnap011.jpg (http://www.fishyforum.com/%5BIMG%5Dhttp://i306.photobucket.com/albums/nn271/si-doel/MWSnap011.jpg%5B/IMG%5D)

bam_gdar
10-02-2009, 10:01
Ane sependapat dng kang gentur and kang dhepi...maaf nih ane baru bisa ol lagi...dikarenakan kesibukan kekekek...!!!

Kalau kita membuat umpan dng bahan pencampuran tuk aroma amis...kadang kita menggunakan tambahan deho...dimana minyak yg dikandung di dalam deho memang sebagai bahan tuk supaya dagingnya tidak basi or kita sebut sebagai minyak pengawet...!!! dasar dr minyak di dalam deho bisa sebagai bahan pengawet daging juga sebagai bahan tuk supaya daging yg ada tidak cepat hancur or mungkin terjadi kebocoran di dalam kaleng makan minyak hanya berfungsi sebagai pelapis daging saja...!!!mungkin kadungan minyak yg berada di dlm kaleng deho terdapat unsur senyawa kimia lain yg berguna sebagai bahan pengawet daging...!!

Tonny-arexs'sby
10-02-2009, 10:37
DEHOooo...???:confused::confused::confused:.... wah no comment dah...karena ane ga pernah pake sih...hehehe...:p:p:p...tp jujur...klo analisa ane sih betul alias ga salah pendapat mas Bam & kang Dapp ttg minyak (jd inget wkt sekolah TK dulu ada pelajaran kimia nya...hiks..hiks..hiks...:smt055:smt055:smt055..)

mas Bam sory ane kemarin (minggu) jam 8 ru smpe rmh jadi ga bisa saksikan kehebatan umpan nya,tp karena masih ada umpan 1 rantang (sisa survey wkt di TA kemarin and tangan juga gatel...hihihi....) akhir nya ane turun juga di "BC II"
may be next time mas bisa mancing bareng yaa...
btw...congrats dah bisa mancing bareng teman2 FFers

@.Kang DAPP... congrats buat kang DAPP yg masih bisa gondol juara IV...(masih bisa menyelamatkan nama team...hehehe...pke umpan apaan ya..?


salam gentak..."AREX'S"

bam_gdar
10-02-2009, 10:54
Iya nich kang tonny...ane tungguin ngak mikut juga..!!tapi masih ada banyak hari and kegiatan lain..mungkin bisa ketemuan ma kita2 rekan2 di ff ini...!!nyang penting masih ada semangat tuk gentak and berusaha menjadi yg terbaik kekekek...sip kang..!!

Tuk bocoran umpan kang dhepi...!!
Umpan kang dhepi memang dahsyat sekali..sampai ane lihat and melirik ke kiri kekekke...kang dhepi ngak henti2nya gentak sampai2 tuch peralon kl diatas ada ikannya mungkin di embat juga umpan wakakak...!!!cuma yg disayangkan di umpan kang dhepi...kroto cocolannya lah yg membikin umpan menjadi mandek..kl ane di lapak kang dhepi ngak tahu dech...brapa ikan yg diangkat..wong lapak bagus banget...lapak ane cuma kebanyakan neter rokok doank..mana sebelah kiri ane si bugeng...ketawa mulu...becanda mulu..ampe crita pengalaman di Bali bukan begitu bugeng kekeke..!!pokoknya anggota GMC ngak peduli ma pemancing lokal...nyang penting ketawa...main cela2an...apalagi kang rusdy gentak yuyu..gerrr se isi empang wakakak...!!

tumbuh99
10-02-2009, 11:27
Kang Bam_qdar :

Saya mau tanya, kalau deho di rebus dahulu sebelum di campur ke umpan dasar, dgn tujuan agar minyaknya benar2 hilang, apakah mengurangi khasiat dari umpan tersebut, mohon penjelasannya

Terima kasih

bam_gdar
10-02-2009, 11:56
Kalau deho direbus...kanduungan aroma deho sedikit akan hilang 10%nya saja...tetapi khasiat umpan tidak akan hilang...umpan akan lebih merata aroma amiznya...!!! tetapi apabila deho langsung di campurkan ke umpan dasar and tanpa proses pengkukusan (tuk deho) umpan memang memiliki 100% aroma amiz..tetapi justru dng adanya deho mentaj yg langsung kita aduk di umpan dasar maka umpan akan berakibat cepat basi apalagi saat siang hari and banyak lalat...!!!

dapp04
10-02-2009, 15:29
Tuk bocoran umpan kang dhepi...!!
Umpan kang dhepi memang dahsyat sekali..sampai ane lihat and melirik ke kiri kekekke...kang dhepi ngak henti2nya gentak sampai2 tuch peralon kl diatas ada ikannya mungkin di embat juga umpan wakakak...!!!cuma yg disayangkan di umpan kang dhepi...kroto cocolannya lah yg membikin umpan menjadi mandek..kl ane di lapak kang dhepi ngak tahu dech...brapa ikan yg diangkat..wong lapak bagus banget...lapak ane cuma kebanyakan neter rokok doank..mana sebelah kiri ane si bugeng...ketawa mulu...becanda mulu..ampe crita pengalaman di Bali bukan begitu bugeng kekeke..!!pokoknya anggota GMC ngak peduli ma pemancing lokal...nyang penting ketawa...main cela2an...apalagi kang rusdy gentak yuyu..gerrr se isi empang wakakak...!!
Iya bener tuh mas Bam....
Gara2 pengen nyelametin kroto cocolan yg udah agak acem, ane seduh pake aer panas tapi trus dicampur langsung sm umpan. Jadinya malah ikan gak nafsu lagi.
Ehh malah kang Haji yang neter di sebelah ane, tapi sayang bgt mocelnya juga neter sampe 6x.....
@Mas Bam ane mau tanya nihh... Kalo kroto cocolan itu baiknya dikukus juga dr rumah ato di seduh aer panas aja udah cukup yah??? Biar gak kejadian lagi kaya kemaren....hhuuuuhhh....sebell
Thanks

DaPHie_______

bam_gdar
11-02-2009, 08:52
Kekekek...!!!iya kang dhep...ane padahal liat tuch umpan ente mantab banget...ane yakin campuran + semburan jampi2 dr sohib ente kang gentur masih berasa wakakaka...!!mangkanya kang...kl mau bawa kroto cocolan jng sampai di satukan di umpan..lain kali tuk yg pake kroto cocolan...sisihkan di pinggir umpan...kl kita lg memulun2 umpan menjadi bulet..sebelum di lempar..baru di pake kroto cocolan sedikit saja...kl sewaktu2 kroto cocolan basi...buang sebagian umpan yg berada di dekat umpan...!!

KangDora
10-03-2009, 13:00
Salam kenal Mas...
Maaf nech baru nimbrung coz baru gabung... terima kasih banyak atas infonya, sangat bermanfaat. Saya hanya mau tanya apakah keju, pewangi, susu dll diluar bahan dasar dikukusnya setengah dulu nanti setengah lagi pada saat umpan jadi, atau emang nanti dikukus pada saat umpan jadi.
Terima kasih juga sama teman2 lain soal cairan dalam kaleng yang membuat masukan kenapa kalau lewat jam 1 umpan berbeda baunya... selama ini dipikir emang karena ngukus ngak bener aja..... Bravo, semoga ilmu yang bermanfaat dapat dibalas.....amplop hehehehe

gentur_blacklotus
10-03-2009, 20:49
kalo menurut ane 15 menit pengukusan sudah bagus gak perlu lama2 ... irit gak ato minyak tanah,tapi yang harus diperhatikan cara pemakaian umpan aja.ane biasanya pake umpan 1/2 buat pagi lalu 1/2nya lagi buat siang tapi di usahakan pada saat pengambilan umpan jangan samapi umpan yang mau kita aduk kena tangan karena membuat umpan yang belum di aduk jadi basi ... :smt023:smt023:smt023:smt023

Didi Afandy
11-03-2009, 10:06
Deho Tuna Oil,
yg bikin basi tuh bukan minyaknya justru airnya,didalam kemasan kaleng deho lihat juga tgl kadaluarsanya,dicampuran deho tersebut terdapat kandungan air yg mengandung bumbu2
masak termasuk garam,nah..buanglah air berikut minyaknya,agar lebih sempurna,mengihilangkan kadar air serta minyaknya tetapi aroma amis tetap keluar,cobalah
daging tuna deho tsb setelah dibuang minyak dan airnya,masukan kedalam kantong plastik kiloan,lalu kukus selamat 45 menit..dijamin umpan gak bakalan basi.
umpan basi salah satu penyebabnya adalah:
-pengukusan kurang lama
-bahan umpan yg mudah basi(susu,santan,keju)perlu pengukusan yg lama min 45 menit
-umpan masih banyak mengandung air
-kroto(baiknya kroto diseduh dulu dan direndam selama 5-10 menit sambil dibersihkan
dari kotoran2 yg mengambang,selama ini ogut pakai proses ini)
-umpan dikrubungi lalat,ini yg paling sering penyebabnya.

Ogut ada pertanyaan sama Mas Bam neh,kalau semua bahan sampai 2 kali kukus
apa gak hilang tuh aromanya,karena dalam proses pengukusan terjadi proses penguapan,dimana aroma bahan2 tadi akan menguap terbawa bersama uap air tsb??

saya jadi ingat proses penyulingan,daun pandan direbus didalam ketel lalu uapnya
dialirkan ke pendingin air melalui pipa-pipa logam kecil,hasilnya...extrak pandan yg kita dapat,
silahkan yg mau coba.

thank's

kompeni
11-03-2009, 10:13
Pake Umpan comot aja.....
1. hemat gas / kompor.
2. hemat biaya...
3. bisa jadi juara juga..

ekobola
11-03-2009, 10:25
ilmu yang sangat bermanpaat suhu bam...:smt023......
skalian nanya nih...mengenai campuran telor...
ada beberapa artikel disini...ramuan dicampur kuningnya aja...
ada juga yang menyantumkan dicampur putihnya aja...
...jadi bingung ....gimana neh...mantepan yang mana...?:D
atau sama aja...

Hero Starlet
12-03-2009, 15:02
Maaf ikutan nimbrung sharing pengalaman.
Kalo boleh nambahin seperti pengalaman saya, umpan yang mau saya pakai besok pagi biasa saya buat malam/tengah malam (setelah anak2 pada bobok) trus saya masuki magic jar (magic jar bekas lumayan dari pada di buang).....paginya dikeluarin dinginkan.....gentak dech.
Ntar kalo udah selesai mancrengnya umpan masih sisa langsung masuk freeser...seminggu kemudian kalo mau dipakai masukin dulu ke magic jar lagi kira2 1/2 jam.....bisa langsung pakai atawa dicampur dg ramuan umpan baru....and selama ini cara ini masih saya pergunakan....dan tetep oke....baik siang maupun malam..........jadi selalu siap bila temen2 ngajak.......tongpis alias kantong tipis yang pengin kenurnya baseh terus.....Eh ya makasih Suhu-suhu FF atas umpannya......tapi maaf ramuan umpan Suhu-suhu FF saya modifikasi disesuaikan alam Purwakarta dan kocek saya.........tapi mantep trus.....sampai-sampai saya dijuluki si umpan internet yang jarang gagal di arena.

Didi Afandy
12-03-2009, 15:53
.....sampai-sampai saya dijuluki si umpan internet yang jarang gagal di arena.

sekali-sekali bikin reportnya dong bos,siapa tahu kalau ada rejeki saya bisa turun bareng dipurwakarta??

thank's

Hero Starlet
13-03-2009, 08:39
sekali-sekali bikin reportnya dong bos,siapa tahu kalau ada rejeki saya bisa turun bareng dipurwakarta??

thank's


Malu kalo mau bikin repot kang Didi.........saya cuman pemain kilo gebrus...yang sekali main cuman5 ataw 6 orang...eeh kadang2...kalo gatel nich tangan and temen2 nggak lagi ke jatiluhur... 2 orang jadi (face to face ) .....tapi yang keangkat ikannya lebih dari yang kita turunin:smt023.....udah pernah main belon face to face 2 kiloan balongnya sedang 15m X 15m...nah disini uji coba umpan....saling pamer keampuhan umpan.............Nah kalo lewat Purwakarta mampir ntar kita uji coba bareng ama temen2 saya disini.....apa mau coba jatiluhur ?

Didi Afandy
13-03-2009, 09:04
gak perlu malu Kang,di forum ini dari yg namanya mancing ikan sepat sampai marlin dari kilo gebrus sampai galatama menurut saya sama semua cuma beda tehniknya...judulnya sama "mancing"...he..he...he...he...bagi2 dong resep umpannya Kang,kalau boleh?

thank's

bam_gdar
13-03-2009, 09:35
ilmu yang sangat bermanpaat suhu bam...:smt023......
skalian nanya nih...mengenai campuran telor...
ada beberapa artikel disini...ramuan dicampur kuningnya aja...
ada juga yang menyantumkan dicampur putihnya aja...
...jadi bingung ....gimana neh...mantepan yang mana...?:D
atau sama aja...
Maaf nich kang eko..ane baru bisa jawab...!!!

Tuk tambahan pencampuran putih telur and kuning telur biasanya pemancing mengyesuaikan dng warna and aroma umpan nyang aka dibuat..!!!

Misalkan kita mau memakai umpan putih amiz...putih telur nyag di pakai dr pada kuning telurnya...dikarenakan perbedaan dr jenis kekentalan thp telur tersebut...!!!biasanya kuning telur dipakai tuk umpan nyang beraroma wangi and warna dasar umpan adalah kuning...!!

Perbedaan putih telur and kuning telur disini adalah :
- Putih telur : dipergunakan sebagai campuran umpan dlm pembentukan aroma, perekatan umpan and memberikan aroma amis krn kandungan putih telur banyak and putih telur juga sebagai perekat umpan..!!
- Kuning telur : dipergunakan sebagai campuran umpan dlm pembentukan aroma and bisa sebagai penambah wangi di umpan kita buat..!!!

Tapi itu semua tidak terlepas dr kita sendiri nyang mau bikin...sekiranya 2 fungsi telur tsb kita mau campurkan yah boleh2 saja...!!!pokoknya umpan nyang akan kita buat kita maximalkan umpan menjadi jalan and ikan mau makan umpan kita..!!:smt023

Begitu saja jawaban dr ane...!!:smt055 mudah2an puas and selalu sukses dlm memancing...!!:smt023

Hero Starlet
13-03-2009, 12:53
gak perlu malu Kang,di forum ini dari yg namanya mancing ikan sepat sampai marlin dari kilo gebrus sampai galatama menurut saya sama semua cuma beda tehniknya...judulnya sama "mancing"...he..he...he...he...bagi2 dong resep umpannya Kang,kalau boleh?

thank's

Oke Kang ntar saya coba buat reportnya:)..............Wah kalo masalah umpan sich saya ambil dari FF and ditambah ulasan-ulasan yang manarik dari Kang Bams idola suhu umpan.......jadi tuh ramuan baru....seperti kata Kang Bams jangan takut memodifikasi umpan.....makanya apa aja yang ada di dapur atau di kulkas..sikat..campur (yang paling penting Istri Ikhlas kalo persedian dapur berkurang).....tapi kemudian komposisinya jadi lupa:(:confused:.....yang penting ada amis ada wangi dan tak lupa petuah suhu umpan Kang Bams:smt023

bam_gdar
13-03-2009, 13:13
Hehehehhe...kang heru bisa saja nich...!!!ane bkn suhu kang...cuma pemancing katro doank kekekke...!!!nyang penting dr semua tehnik dasar bikin umpan adalah jng pernah putus asa dlm meramu umpan...kl sudah pas takaran and umpan dimakan ikan banyak...pergunakan lagi umpan tsb...!!!pokoknya dlm meramu umpan jng ragu and lebih banyak bereksperimen...olah dr bahan2 dasar nyang sekiranya lebih dijangkau...pergunakan bahan2 dng kualitas yang baik maka akan menghasilkan umpan nyang baik pula...!!met kreasikan umpan kang heru..selalu sukses dlm memancing..!!!

Didi Afandy
13-03-2009, 15:02
tak lupa petuah suhu umpan Kang Bams:smt023

wah baru tahu neh saya,berguru sama MasBam ya..saya juga ikutan ah berguru sama MasBam,terutama mo tanya beli keju kirongnya dimana ya,saya butuh banget neh buat campuran umpan saya?

thank's

timah
21-03-2009, 21:28
mas bam.....lam kenal, saya pemancing pemula dan sudah berkali kali melototin tipsnya, mengenai tipsnya kita bisa coba tapi formulanya apa? maksud saya bhan dasar itu apakah harus beraroma netral o..ya di temapat saya gak ada pelet atang ikin, jempol,kinoy yang ada hanya pelet halus stella, king size Tb 9, katulampa n pemakaian essen apa aja yang sip untuk aroma wangi/amis pada even galatama ikan mas, apa boleh dicampur essennya? kalau boleh campuaran n perbandinganya ya.... makasih mas bam kalau sudi bagi elmunya.....

timah
21-03-2009, 21:39
mas bam.....lam kenal, saya pemancing pemula dan sudah berkali kali melototin tipsnya, mengenai tipsnya kita bisa coba tapi formulanya apa? maksud saya bhan dasar itu apakah harus beraroma netral o..ya di temapat saya gak ada pelet atang ikin, jempol,kinoy yang ada hanya pelet halus stella, king size Tb 9, katulampa n pemakaian essen apa aja yang sip untuk aroma wangi/amis pada even galatama ikan mas, apa boleh dicampur essennya? kalau boleh campuaran n perbandinganya ya.... makasih mas bam kalau sudi bagi elmunya.....