PDA

View Full Version : Urgent! Need advise on antifouling



Jabricks
12-02-2009, 19:57
Thodoras lagi naik dok, hull banyak yang hancur kena disini orang bilang rutus, binatang ini masuk kedalam kayu dan menjadi besar di dalam kayu hingga berlubang, lobang diluar kecil di dalam kayu besar bukan main.

Untuk menanggulangi hal seperti ini saya perlu advise soal antifouling, karena beberapa orang dari tukang boat sampe toko cat dan toko peralatan boating semuanya ngasih jawaban yang berbeda2, pusing jadinya, sedangkan saya ga ngerti teknologi antifouling.

pertanyaannya adalah:

1. untuk permukaan kayu, bagaimana urutan lapis demi lapis yang harus di apply? epoxy? primer? antifouling primer? or what?

2. Apa antifouling paling bagus di pasaran saat ini? saya baca2 di internet dulu paling canggih adalah TBT, tapi sudah di ban penggunaannya sejak 2003 dan batas limit hull 2008.

3. bisa rekomendasi tipe dan merek?

thanks untuk yang bersedia sharing.

Oka_1010
12-02-2009, 20:20
om, pake antifouling merk humple aja dech
kalo mau yang ok ganti fiber aja om rebes dech lebih enteng :smt023:smt023:smt023tapi kantong gak enteng huakakakakaak
mau lapisin fiber dolow juga boleh tapi hepeng di buat cekak:smt120:smt120:smt120

Biccarix
12-02-2009, 21:05
om, coba aja tanya2 orang manado, ktnya sih pam boat disana pakai cat khusus dari filipina, jadi tahan air padahal dari tripleks lho, bisa berbulan-bulan di air tanpa harus cat ulang, biasanya setaun sekali baru cat.

Sportfisherman
12-02-2009, 21:37
Wied ,

Saya pakai Sigma Coating , nih check di website nya ; Sigmacoatings.com - Paint | Coating | Decorative | Protective |Industrial | Marine | Sigma | coatings (http://www.sigmacoatings.co.id) , kalau perlu info lebih , hubungi pak Alwin di SigmaKalon Indonesia .

Kalau primer nya untuk kayu saya tidak tau tetapi saya baru saja menyelesaikan anti fouling diatas fiberglass n aluminium ;

Sigma Prime 200 , Sigma Cover 525 n Sigma Ecofleet 290 ( anti fouling ) .

Jon .

Jabricks
12-02-2009, 21:53
@oka,
gw udah konsultasi sama tukang fiber, dilapis fiber menimbulkan masalah baru, kalo fibernya retak atau sambungan fiber sama kayu renggang, masuk air di sela2nya, jadi busuk kayunya. sialnya lagi, kita ga bisa deteksi dimana airnya masuk, tiba2 udah lapuk aja tuh... dah kejadian di beberapa tempat di body atas.

@ronald,
ini bukan masalah tahan airnya, tapi masalah menanggulangi tritip dan rutus supaya tidak mau nempel di kapal.

@pak jon,
nah itu yang jadi masalah pak jon, 1th lebih yang lalu, pernah naik dok, trus di antifouling pake jotun, tapi asal kuas aja tanpa tau dang ding dong nya, begitu trip 2 kali aja antifoulingnya rontok semua, makanya sekarang parah kayunya ancur dimakan teredo worm.

saya pikir memang paling penting adalah bagaimana primer ini melekat ke kayu, dan antifoulingnya mesti cocok sama primernya supaya ga rontok.

Sportfisherman
12-02-2009, 22:18
Wied ,

Primer - Barrier - Anti fouling coatings sebaiknya dari satu perusahaan jadi bisa bersenyawa n adhesion nya sempurna . Menurut saya lebih baik anda konsultasi dech ke produsen cat nya , nanti kejadian yang setahun yl terulang lagi .

Saya pernah ganti supplier n waktu itu , semua cat nya " strip " dgn menggunakan amplas n juga menggunakan paint stripper chemical sehingga sampai ke gelcoat yang dulu , baru mulai dari nol lagi .

Jon .

bobbo
13-02-2009, 01:13
bro Wiwied, saya ada sedikit sekali pengalaman bidang antifouling...
Dulu saya pernah diberitahu merek KAMOME (asal Jepang)...
Kemudian untuk yang dari Filipina, merek CORD...

Untuk Sigma, merupakan salah satu premium brand di bidang percat'an kapal... baik utk antifouling, maupun cat2nya... Selain Sigma ada merek International Paint ( orang biasa bilang IP )... ada orang bilang IP lebih ok dari Sigma... Mgkn seperti outboard Yamaha vs Suzuki... mana yang bagus??? yang pasti 2 merek itu salah 2 merek papan atas outboard... hehehe...

Oh ya, Kamome dari Jepang ada yg bener2 merekomendasikan ke saya utk anti fouling.. kata'nya bagus tenan utk antifouling...
Nanti saya cari'in info2 lagi...

Biccarix
13-02-2009, 04:45
Lha maksud saya juga gitu bos, tuh kapal dibiarin berbulan2 di air, tp gak bolong tuh tripleks di makan ama tuh cacing, padahal kan sama2 kayu juga. Apa mungkin karena tripleks itu pakai lem yah?

Jabricks
13-02-2009, 06:36
@ronald
wah... ga doyan kali sama triplek, lha tapi triplek kan rentan sama air, kalo dikit aja bocor langsung ngelupas2 lapisannya.

@darwan
gw kemarin juga dikasih liat kamome, tapi kamome yang diliatin ke gw itu warnanya item, dan kata mereka untuk dasaran sebelum di cat, bahannya mirip2 sama aspal/ter cair gitu trus bisa meresap ke kayu. katanya...

@pak jon,
thanks infonya, itu juga yang ada di pikiran saya, mesti satu merek kalo ga pasti chemical nya beda.

Sportfisherman
13-02-2009, 09:26
@ronald
wah... ga doyan kali sama triplek, lha tapi triplek kan rentan sama air, kalo dikit aja bocor langsung ngelupas2 lapisannya.



Wied ,

Plywood juga ada yang " marine grade " , tahan air krm lem nya khusus . Beberapa boat builder spt Merrit dari USA men khususkan diri menggunakan marine plywood tetapi protective coating nya juga canggih !

Jon .

Van$taal
13-02-2009, 13:43
sekedar sharing...
saya bukan ahli kayu (perkayuan)
tapi sering diceramahin ama tukang kayu
gini katanya:

untuk menghasilkan kayu yg awet (anti rayap)
kayunya harus direndam dalam cairan anti rayap
minimal 1 minggu (wah lama banget :( )
supaya obatnya masuk sampai ke pori2 kayu

tapi kalo untuk kasus om Jabrick
kayunya kan sudah terpasang...gimana mo ngerendemnya :smt120
trus...kerusakannya sudah terjadi, gimana ngakalinnya :confused:

gini katanya:
coba suntik pakai cairan (vernis kayu atau resin+katalis)
jika sudah mengering, kedua cairan tersebut akan mengeras dan menutup pori2 kayu yg bolong2 tadi...


mudah2an bisa membantu
:p

Jabricks
13-02-2009, 17:23
Wied ,

Plywood juga ada yang " marine grade " , tahan air krm lem nya khusus . Beberapa boat builder spt Merrit dari USA men khususkan diri menggunakan marine plywood tetapi protective coating nya juga canggih !

Jon .

oh ya itu saya tau pak jon, tapi benda itu disini jarang2 ada makanya aku ga yakin yang dipake sama temennya ronald itu marine playwood

@vanstaal
lha ini bukan rayap bro, tapi marine organism. trus kayu yang dipake kayu ulin/kayu besi yang menurut tukang kapal kayu ini ga tembus walaupun direndem2.

kalo mau tau apa itu rutus/teredo worm, lihat attachment deh:

Biccarix
13-02-2009, 17:39
Nama di kaimana itu tombelo. Ama orang disini, dimakan tuh. Katanya rasanya enak, gurih. Hehehehe
sampan gua juga berbolong-bolong, utg gak tembus. Rencana mau dikasih epoxy saja.

Van$taal
13-02-2009, 17:40
wah ternyata lebih sadis dari yg saya bayangkan :(

maaf om
ilmu saya memang cetek
:(

william
13-02-2009, 17:52
bos wid, coba tanya2 ama tukang kapal tuna deh... di sana pasti ada kan. dulu paman gw pake sejenis cat dari philipina tahan tritip. selama 6 bulan boleh di bilang belum ada tritipnya... tapi ane lupa dah lama.. maklum dah tua haha.

kapal mau bikin kapal dari kayu besi itu di kalimantan banyak bos. tapi saat ini kayu besi ato orang sini bilang jam su itu dah sudah. 1 batang 5x 8 aja mungkin mau kena 200leibh. terakhir tahun lalu gue pake buat kamar mandi aja sebatang kena 185rban kalo tidak salah. asli ini kayu tahan ama air. tapi takut ama pasir bisa bolong2 kayak kena rayap.bekas tonggak rumah sebanyak 15 btg panjang pendek aja laku 1,5jt. cuma info. kapal soal rawat kapal ga ngerti iya... maklum ga sanggup beli kapal. mancing aja susah.

Marlin Jablai
13-02-2009, 17:59
Popeye, bruto told U: tanya aja ama Mbah google, teredo/shipworm en hasilnya :smt120:smt120:smt120:smt120, abis banyak banget. tapi boleh dijajal Mbah bilang Theo dilapis copper plate ( asal tahaaaaan hepeng nya ) en laen-laen cara ( mana yg bener yaaaa ????, binun )

Jabricks
13-02-2009, 18:27
@vanstaal
no problem bro, gw juga cetek abis.. makanya nanya2 neh...

@kuyak
gw udah tanya orang2 sini, setiap orang jawabannya lain2 pusing gw... tanya ditoko, tiap toko lain2 juga tergantung dia jualnya apa... ngehek dah...

@jablai
lain kali bikin kapal dari plat PCB aja kali ya? copper semua

kelai
13-02-2009, 20:33
sama berarti problemnya ama di sini, kapalnya teman juga baru berumur 1 tahun udah di hantam abis sama ini worm ( kalau disini di sebut kapang ), problemnya sama kalau ditanya sama toko untuk antifoulingnya semua jawabannya pada beda dan bikin pusing, terakhir bikin kapal baru solusinya ya di lapis sama fiber aja.

welie

ghostteam
13-02-2009, 21:39
wahhh serem banget ya binatangnya om wiwied.... ngeri ai liatnya kok bisa ampe sebanyak itu yee....

Jabricks
14-02-2009, 07:13
iya bro kelai, makanya pusieng... kalo di fiber pusieng juga... karena tukang fiber sini ala kadarnya teknologinya, makanya si tukang aja ga brani saranin, takutnya ada retak dikit malah jadi bencana.

tuh binatang enak dimakan emang... temen gw yang punya kapal itu malah makan tuh mentah2... enak katanya.... hahaha...

william
14-02-2009, 08:28
kalo pada paucieng mah mending kapal habis mancing di angkat dari air aja deh....:rolleyes:

koerga
14-02-2009, 09:04
wied,
gue sama sekali ga ngerti fouling.. tapi rasa gue ga ada jeleknya kalo lu tanya2 / diskusi sama kapten, secara dia kan punya pabrik kapal?..
ngliat kayu kayak gitu, pas ombak lagi gede, en kapal lagi ngebut pulang misalnya, apa ga bisa jebol tuh? serem euy..

Jabricks
15-02-2009, 06:36
@william
makanya banyak orang punya speedboat pake trailer, abis mancing ditarik ke darat, tapi..... di popsa... ada aturan baru, parkir di darat biayanya 10rb/meter2/hari, itung aja brapa sebulan.
tadinya banyak boat parkir di popsa sekarang bubar jalan.

@koerga
maka dari itu sekarang dibongkar semua kayu2 yang dimakan binatang jelek itu bro...
nah kapten kan juragan kapal fiber, ini kapal kayu beda teknologinya sama fiber.
mestinya gw tanya christopher columbus aja kali ya? dulu dia kliling dunia pake kapal kayu gimana ngerawatnya gitu?? hehe

lu inget ga di binu brapa kali kejadian kapal dihantam ombak pecah brantakan, skarang tau kan kenapa?

KERAPU_2008
15-02-2009, 20:22
Problem seperti itu mah pada umumnya terjadi di pompong2 kayu nelayan sini boss...dikuas keseluruh permukaan kayu pakai minyak kueng (bahasa sini) sy ga tau bahasa lainnya apa, setelah semua rata dan kering...baru proses pengecatan dilakukan.cara inipun cuma buat mengurangi napsu Kapang atau tiram atau tritip (bahasa tempatan) untuk nempel di kayu alias haiwan tersebut enggan tuh sama kayu jadinye..........................

Saran jika tidak ada jalan yang ampuh,perawan aja yang ditingkatkan......
nelayan sini rajin merawat pompong nya...min 1 mgg se x dibersihin, disapu abis tuh lumut bahkan kapang tadi supaya tidak larut hingga masuk kedalam kayu.......bleh...bleh.. dan bla...bla..bla......
ga tau lagi mo bilang apa...yang jelas kalo rajin ngecek and bersihin tuh pompong kita seperti nelayan disini pompong na awet mengkilat.....teruusssss...
trims

Salman
Kepri Anambas

KERAPU_2008
15-02-2009, 20:29
sory pada paragraf ke-2 tulisan sy diatas perawan di ganti dengan perawatan....hehe...ga sengaja....tiping errow......tks

Salman....

Jabricks
15-02-2009, 23:22
ya... setuju bro, memang betul intinya adalah perawatan rutin (bukan rutin nyari perawan lho.. hehehe).

masalahnya tuh kapal bobotnya 23GT kalo mo naik dok aja mesti setengah mati naikinnya... memang mesti cari akal nantinya supaya tanpa naik dok bisa bersihin tritip dibawah kapal...

Sportfisherman
16-02-2009, 00:21
Makanya dari dulu juga saya tidak pernah menganjurkan wooden hull , soalnya pembuatan nya itu lho yang tidak memikirkan penggunaan long term dgn minimal maintenance , kapal fiber masih jauh lebih baik dalam hal ini .

Wah Wied , you have got a problem tuh menggantikan kayu kayu untuk hull tersebut , I feel sorry for you man !

Jon .

benaol-chaser
16-02-2009, 00:30
3. bisa rekomendasi tipe dan merek?

Kawan, yang paling bagus sih gak ada merek, rendem aja di air tawar kapalnya setiap pulang mancing. Kalau gak ada sungai, ya tarok di bak mandi he...he....he, mandiin sekalian.
Becanda, jangan marah Sob.

Jabricks
01-03-2009, 09:19
makasih buat semua saran temen2, pilihan akhirnya jatuh pada International Paint. Primer pake Intertuf203, AF pake Interswift655

ini foto kapal setelah selesai pengerjaan bagian bawah dan siap2 meluncur kembali masuk ke air: