PDA

View Full Version : Line untuk pancing..



Biccarix
15-01-2007, 22:00
Rekan-rekan angler minta pendapat dong tentang line untuk teknik mancing:
1.Untuk jigging
Bila mneggunakan line pe, kira-kira panjang leader yang digunakan berapa serta ukuran leader itu berapa kali uk line pe?

2.Untuk Popping
Mana yang lebih bagus, menggunakan mono atau pe, trus bila menggunakan line pe kira2 berapa panjang leader yang digunakan?

3.Untuk Trolling
Mana yang lebih bagus, menggunakan mono atau pe, trus bila menggunakan line pe kira2 berapa panjang topshot yang digunakan?

maaf nih banyak pertanyaan, ditunggu yah jawabannya...

yomi
15-01-2007, 23:34
Pak, ini mudah mudahan bisa membantu. Rekan - rekan yang lain mungkin bisa menambahkan:

1.Untuk jigging:
saya biasa pakai kira-kira panjang leader 2-5 m yang digunakan, tergantung berat ikan yang menjadi target. kalo ikan besar saya cenderung pakai yang lebih panjang sampai 5 meter. lagian lebih gampang buat ABK untuk bantuin naikin tuh ikan. ukuran leader biasanya saya pake 2 x ukuran PE

2.Untuk Popping:
saya biasa pakai PE, muatnya bisa banyak, ringan jadi lemparan bisa jauh, terus karena PE mulurnya kurang, bisa cepet tarik tuh ikan dari karang-karang. untuk popping saya biasa pakai leader panjang 3-4 meteran (karena biasanya targetnya ikan gede..hehe..)

3.Untuk Trolling:
nah tentang ini kayaknya pernah dibahas di thread yang dulu dulu. saya lebih senang pake mono buat trolling dan pake topshot 100 meteran (menuruti saran dari para pakar di forum ini dari thread terdahulu).

maaf bila ada kesalahan ya...

Yomi