PDA

View Full Version : (ask) mesin tempel kerosene



waklabu
21-01-2007, 00:41
Saya punya mesin tempel dengan bahan bakar minyak tanah (kerosene), mengingat minyak tanah susah didapat saya ingin mengganti bahan bakarnya dengan bensin, yg mau saya tanyakan apakah akan ada problem dengan mesinnya jika dipakai bensin untuk pengoperasiannya mengingat standartnya minyak tanah....

Thanks,-

Biccarix
21-01-2007, 05:20
Kayaknya sih enggak pak, hanya mungkin tenaganya kurang besar. kalau mau ubah ke bensin bapak tinggal ganti aja karburatornya jadi deh motor tempel bensin.

Rudy 007
22-01-2007, 13:43
Kayaknya sih enggak pak, hanya mungkin tenaganya kurang besar. kalau mau ubah ke bensin bapak tinggal ganti aja karburatornya jadi deh motor tempel bensin.

Apa iya semudah itu pak? Sori saya sih ga paham mesin, tapi rasanya ga semudah itu. Saya pernah baca2 yg bisa di subtitusi dgn minyak tanah adalah mesin diesel itupun kalo terpaksa.

Biccarix
22-01-2007, 14:59
iya kayaknya gitu deh pak, bapak saya punya mesin kero suzuki 50 pk yang sekarang udah diubah gara-gara kero susah. Saya tanya katanya cuma diganti karburatornya komplit jd skrg cm pakai bensin.

Didi Afandy
23-01-2007, 11:40
Bukankah motor yg menggunakan minyak tanah/solar menggunakan sistem
kompresi/penekanan untuk menimbulkan ledakan didalam silender,sedangkan bensin dgn cara pengapian(dgn busi)wah saya jadi bingung kalau memang cukup hanya diganti karburatornya saja??

thank's

stevewirianto
23-01-2007, 13:47
Memang kalau mesin bensin 2 tak bisa dirubah dengan minyak tanah dengan mengganti kalburatornya saja. karena mesin minyak tanah juga harus menggunakan bensin untuk start awalnya setelah mesin panas bisa langgsung menggunakan minyak tanah. tapi kalau mesin bensin yang 4 tak saya ngga tau bisa diganti kalburatornya aja apa ngga.

Asie
24-01-2007, 20:58
Pak Waklabu di mesinnya pake/ada businya ngak?

waklabu
30-01-2007, 22:12
asie>>mesinya pake busi(pengapian)

Saya pernah membuka karburatornya mesin kerosene saya ternyata didalam karburatornya ada dua ruang yang satu untuk bensin dan satunya lagi untuk minyak tanah... thanks infonya, dan bagaimana kalo saya tetap mempertahankan karburator bawaanya hanya saja bahan bakarnya saja saya ganti dengan bensin, bermasalahkah..??? karna harga karburator bensin komplit untuk mesin tempel nurut saya juga gak murah...
Maksud saya apakah nantinya kalo bahan bakarnya diganti dengan bensin mesinya akan overheating (panas yg berlebih)?? mengingat oktane bensin kan lebih tinggi dr minyak tanah, saya juga gak tau apakah pembuat mesinnya membedakan antara blok mesin bensin dengan blok mesin kerosene...:confused: nurut saya seh sama alias gak masalah

Mesin saya mariner 40 pk

thanks for all atas masukannya..

regards,-

tomblos007
31-01-2007, 11:43
yang saya tahu biasanya untuk start awal mesin kero tetep harus pake bensin dicoba aja pak, kalo subsitusi bensin ke minyak tanah udah sering liat perbedaan tidak ada hanya saja dari bensin ke minyak tanah kompresi harus di turunkan ( 9 : 1) menjadi ( 5 : 1 ) karena kualitas (oktan) minyak tanah rendah kalo kompresi tinggi dia ngelitik . logikanya dari minyak tanah pindah ke bensin tidak ada masalah malah kompresi bisa dinaikan efeknya mesin tambah galak (bertenaga).

nb. dari bensin ke minyak tanah pada motor 2 dan 4 tak tetep start pertama pake bensin ( ada keran buka tutup bensin )

pendapat saya bensin gradenya lebih baik dibanding m.tanah jadi bisa menggantikan m.tanah hanya saja kemungkinan kerak dimesin lebih banyak karena bensin di gunakan untuk kompresi tinggi

Asie
20-02-2007, 15:37
Saya tanya2 malah jawabanya lebih simple lagi, kaga ada yg musti di rubah. Tinggal tangki yg isinya kerosene/minyak tanah di isi bensin. Udah begitu saja katanya.

Tapi kalau dari mesin bensin mau di bikin ke Minyak tanah malah tdk bisa karena bahan2 utk di mesin yg di pakai di minyak tanah lebih kuat dari bensin. Seperti klep, piston dll.

Silahkan mencobanya.

waklabu
20-02-2007, 23:29
Nurut saya juga gitu pak asie... dengan kata lain tidak ada masalah buat substitusi dari miyak tanah ke bensin karna oktane makin tinggi, kecuali kalo kebalikannya, ntar deh saya coba dulu kalo ada keluhan n masalah seputar substitusinya akan say report deh..
Thanks all...