PDA

View Full Version : Ask Long Boat eks kapal katir



amberjack_jg
01-04-2009, 21:26
Salam kenal oom...langsung aja ya..

1. Kalo mau renov Long boat dari kapal katir eks nelayan aspek apa saja yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yang efisien ?
2. Spek kapal 12 m x 1,8 m, pake katir, mesin 1 x 40 pk
3. Rencana penggunaan untuk popping
4. Apakah CC atau manual dari belakang seperti aslinya ? plus minusnya ?
5. Pengennya penggunaan katir ditiadakan, kira2 tekniknya gimana agar bisa tetap stabil dan aman digunakan, kalo emang nggak bisa apakah bisa didesain ulang katirnya agar tidak terlalu mengganggu (diperkecil ?)

Mohon infonya pak, buat temen2 FF yang punya ide atau masukannya sangat diharapkan....trims

Sportfisherman
02-04-2009, 00:59
Center Console akan memberikan kemudahan untuk 2 pemancing casting dari belakang n 2 lagi dari depan , kemungkinan bila katir nya diperpendek / tidak perlu sepanjang body perahu masih dapat mempertahankan keseimbangan dgn memperbesar diameter dari stabiliser dari katir nya , lihat contoh attachement sebagai idea .

Yans
02-04-2009, 03:31
[quote=amberjack_jg;318991]Salam kenal oom...langsung aja ya..

1. Kalo mau renov Long boat dari kapal katir eks nelayan aspek apa saja yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yang efisien ?

Salam kenal juga.
Saya juga ada rencana mau renovasi kapal sejenis itu pak sekarang kapalnya ada di Pangandaran belakangnya mau sedikit di lebarin supaya dapat masuk dua mesin 2 X 40.
Rencana mau di modifikasi seperti Trimaran supaya Kita dapat berdiri atau mancing diatas katir.
Ada beberapa Photo .

Sportfisherman
03-04-2009, 12:41
Terus terang saya sih tidak mengerti banyak tentang outrigger canoe tetapi semua kapal tuh perlu " buoyancy " yang tergantung dari " displaced water - Archimedes ? . Kalau katirnya panjang pasti mengganggu untuk popping jadi katirnya karus pendek tetapi lebar , minimum secara Archimedes theorem menyamai ataupun lebih .

Mengenai 2 x 40 HP , saya nih tidak mengerti kenapa harus 2 outboard yang cenderung sangat berat total bobot nya , makan bensin lebih boros n tidak se efficient dalam hal hydro dynamic nya bila dibandingkan dgn 1 x 70 HP . Kalau pun takut rusak , lebih baik beli 1 x 70 HP + 1 x 9.8 HP yang propeller nya disesuaikan , yang 1 x 70 HP untuk highspeed sedangkan yang 9.8 HP untuk low speed .

Kalau mau dibikin " trimaran " , sebaiknya bikin dari baru dech , akhir nya akan lebih mahal kalau hanya modifikasi .

Jon .

amberjack_jg
04-04-2009, 00:35
[quote=Sportfisherman;319202]Terus terang saya sih tidak mengerti banyak tentang outrigger canoe tetapi semua kapal tuh perlu " buoyancy " yang tergantung dari " displaced water - Archimedes ? . Kalau katirnya panjang pasti mengganggu untuk popping jadi katirnya karus pendek tetapi lebar , minimum secara Archimedes theorem menyamai ataupun lebih .

Sorry oom jadi pengen tau secara teori archimedes dan hubungannya dengan katir...seberapa lebarkah katirnya ? apakah ada rumus tertentu ?

Satu lagi oom, untuk speedboat ukuran 6 x 2,4 (ada kabinnya) kira2 berapa PK mesin yang optimal agar efisien dan hemat ? sebagai info saat ini kapalnya pake 1 mesin 40 PK dan larinya kurang kencang dan cenderung boros..(penumpang 6 orang), tapi kalo 3 orang larinya lumayan....

agar bisa stabil harus ditambahin apa ya oom karena kalo kita duduknya nggak seimbang kapal jadi miring2 gitu.....


Mohon pencerahan terbaiknya oom :D:D ....trims

Sportfisherman
04-04-2009, 01:09
[quote=Sportfisherman;319202]Terus terang saya sih tidak mengerti banyak tentang outrigger canoe tetapi semua kapal tuh perlu " buoyancy " yang tergantung dari " displaced water - Archimedes ? . Kalau katirnya panjang pasti mengganggu untuk popping jadi katirnya karus pendek tetapi lebar , minimum secara Archimedes theorem menyamai ataupun lebih .

Sorry oom jadi pengen tau secara teori archimedes dan hubungannya dengan katir...seberapa lebarkah katirnya ? apakah ada rumus tertentu ?

Satu lagi oom, untuk speedboat ukuran 6 x 2,4 (ada kabinnya) kira2 berapa PK mesin yang optimal agar efisien dan hemat ? sebagai info saat ini kapalnya pake 1 mesin 40 PK dan larinya kurang kencang dan cenderung boros..(penumpang 6 orang), tapi kalo 3 orang larinya lumayan....

agar bisa stabil harus ditambahin apa ya oom karena kalo kita duduknya nggak seimbang kapal jadi miring2 gitu.....


Mohon pencerahan terbaiknya oom :D:D ....trims

Wah , gimana nih yeh ? Saya bukan designer kapal tapi kira kira sih lebar katirnya jangan dirubah tetapi panjang " stabilizer " nya dikurangi agar pemancing di depan n di belakang leluasa untuk fight ikan nya , yang ditambah tuh besar nya " stabilizer " nya sehingga meng komponsasi pengurangan panjang .

Untuk speed boat 6 x 2.4 , agar bisa cepat mungkin perlu minimum 85 HP agar bisa cepat planning nya , kemungkinan penggunaan BBM sama dgn sekarang ( 40 HP ) tetapi speed nya jauh lebih cepat jadi mph/jam nya lebih efficient .

Anda menggunakan outboard 2 stroke atau 4 stroke ?

Jon .

amberjack_jg
10-04-2009, 09:17
Mesinnya pake yamaha model lama 40 pk 2 stroke oom, spuyernya akan diganti yang agak kecilan biar tidak terlalu boros, apakah pengaruh terhdap kinerja mesin ?

Emang menurut pemilik lama mesinnya pake yang 85 PK, tapi berhubung saya punya yang 40PK jadi dicoba dulu ternyata emang jadinya nggak seimbang...mungkin perlu dipikirkan lagi untuk ganti mesin oom...ancer2 harga berapa ya untuk mesin 85 PK second kondisi 80% keatas ?