PDA

View Full Version : Mancing di Karang



igo
15-10-2004, 06:09
Week end kemarin saya dan istri ke pulau Sepa. Kami mancing di sekitar jetty, kelihatan banyak karang. Saya mancing dengan menggunakan pemberat, dari 3 kali turun, 3 kali juga nyangkut di karang. Kemudian ganti pakai Yozuri popper, tapi gak dapat-dapat juga. Akhirnya nyewa perahu dan mancing dasar di tengah. Lumayan dapat kurisi beberapa puluh ekor. Pertanyaan:

1. Bagaimana rigging technique yang baik untuk mancing di karang, apakah bisa menggunakan pemberat? Umpan apa yang bagus dipergunakan

2. Bagaimana sebenarnya teknik popping yang benar? Kalau di karang, apakah bisa pakai minnow?

3. Apakah warna umpan/lure dipengaruhi oleh kondisi air. Saya pernah baca katanya untuk air keruh bagusnya menggunakan warna oranye, coklat dan hitam. Bagaimana dengan daerah berkarang?

Maaf yah banyak nanya, maklum pemula.

Thanks before,
/160

Sportfisherman
17-10-2004, 11:08
:-D

Jauh jauh dari Balikpapan koq mancing di P. Sepa , saya dengar di Derawan bagus sekali , saya malah kepimgin kesana !

OK , nih saya punya opini kalau mancing di karang ;

Umumnya ikan besar bukan ada di atas karang tapi ditubirannya ( drop off ) , jadi kalau mancing dikarang , posisikan kapal di " kepala arus " dan berjangkar di air dalam . Dgn posisi ini , anda bisa bottom fish di dareah yang dasarnya berpasir ( tidak merusak karang ) dan bisa ngoncer , pancingan jarang nyangkut .

Teknik popping adalah teknik casting dgn umpan popper yang kalau disentak sambil digulung , mengeluarkan suara " pop - pop " , jadi
namanya popping . Umpan popper tidak menyelam sebagai mana umpan minnow , menggunakan popper adalah yang terbaik utk topwater action dan ikannyapun umumnya species dari topwater , khusus diatas karang species yang kemungkinan dapat diperoleh adalah GT , Lencam , Kerapu , Tenggiri , Talang-talang , Rainbow runner dls nya . :o

Kalau mancing pakai minnow diatas karang , coba menggunakan minnow yang shallow swimming karena kalau pakai yang Deep diver , nyangkut dikarang . Juga yang floating , bukan yang sinking . :x

Umumnya action speak louder than color , tapi mungkin flashing juga effective , coba meniru warna ikan yang menjadi makanan ikan target anda , saya rasa ini adalah permulaan yang baik . Umumnya dikarang , warna nya biru / hijau / metallic mungkin baik . :lol:

Jon . 8)

igo
18-10-2004, 21:12
:-D

Jauh jauh dari Balikpapan koq mancing di P. Sepa , saya dengar di Derawan bagus sekali , saya malah kepimgin kesana !


Jon . 8)

thanks pak jon untuk advise-nya. kebetulan kemarin lagi cuti ke jakarta, sekalian ketemu keluarga sebelum masuk ramadhan. yah disempatinlah maen ke pulau.

di derawan bagus untuk diving, banyak penyu sisik raksasa. kalau mancing saya belum pernah. kalau mau ke sana bagusnya masuk dari tarakan, terus lanjut dengan boat ke derawan. kalo dari luar negri bagusnya jangan masuk dari jakarta, tapi dari tawau malaysia. kalo gak salah ada flight dari KL atau S'pore.

/160

babybaracuda
19-10-2004, 17:08
Halo Igo,

Cuma mau nambahin om Jon tadi sudah kasih pencerahan pake artificial bait (umpan tiruan). Kalo saya sering mancing dikarang pake float. Begini caranya: benang mainline dipasangi pencil float lalu sisakan kira2 3-5 cm lalu pasang swievel nah swivel disambung dengan benang leader kira2 kekuatannya 2 kali mainline sepanjang 40-50 cm (bisa disesuaikan menurut kebutuhan) Nah benang leader dipasangin pemberat atau kalau ada split shot sinker lebih bagus (berbentuk seperti peluru meriam kecil yang bisa dijepit dibenang). Nah tujuannya adalah supaya float bisa berdiri tegak diair. Kalo masih tiduran, tambahkan lagi pemeberat.

Lalu diujung leader diberi hook ukuran sedang tergantung jenis ikan apa yang di target. Bisa mulai dari hook yang kecil ukuran 2/0 kalo ada gigitan tapi gak terkait, coba lebih kecil lagi. Kalo ikan besar, pake hook lebih besar lagi.

Tehnik ini tidak bisa live baiting! Gambarnya kira2 sperti ini, sbisa saya hehehe

babybaracuda
19-10-2004, 17:21
Gambar satu lagi biar lebih jelas, kalo pake riging ini ditangung gak bakal nyangkut deh hehehe

igo
19-10-2004, 19:28
thank banget udah mau bercapek-capek bikin gambarnya. akan langsung dipraktekkan setelah lebaran nanti.

/160

babybaracuda
20-10-2004, 16:23
thank banget udah mau bercapek-capek bikin gambarnya. akan langsung dipraktekkan setelah lebaran nanti.

/160

Gak papa hehehe, kebetulan tangan lagi gatel hehehe :-D

Lagian seneng juga kan kalo bisa bantu. Kalo situ bisa dapat ikan gede pake rigging ini kan saya juga seneng hehehe.

Kalo boleh saya saranin lagi: Coba pakai hook yang kecil dulu 2/0 misalnya baru gradually naik sizenya. Karena hook kecil bisa mengail ikan besar tapi hook besar belum tentu bisa mengail ikan kecil, kan lebih mending dapat ikan dari pada nggak sama sekali. Kalo pake hook 2/0 misalnya sukses , coba naikin size hooknya siapa tau kalau dapat ikan lebih besar, juga kalo hook size naik, besarnya umpan harus ikut naik juga.