PDA

View Full Version : siang ikan malas makan



sofyan
23-04-2009, 12:58
Assalamu laikum wr wb

Rekan -rekan FF saya mau tanya neh, kenapa yah ikan mas ketika menjelang siang sehabis dzuhur dech udah malas makan gak serame waktu baru turun atau pagi pagi makannya cenderung malas makan umpan , apakah ada tambahan khusus umpan untuk di siang hari ??........... terima kasih jawaban teman teman FF, sedangkan umpan yang saya pake adalah sbb

1. jagung 6 bonggol
2. umpan tombro kuning super
3. telur bebek 3/4
4. target / perangsang
5. susu dancow 1 sachet
6. kroto
7. deho

semua di kukus kecuali kroto sama deho itu nanti deho di aduk di empang sama krotonya buat cocolan aja, pertanyaan nya apkah ada tambahan untuk umpan saya ini karena mengingat menjelang siang seringkali ikan gak mau makan umpan saya ini atas jawabannya terima kasih banyak kepada rekan rekan.

terimakasih Wasalamu aalikum wr wb.

Sofyan
(Pemancing kampung)

endy.cahyadi
23-04-2009, 13:42
Mas Sofyan kalau dilihat dari umpan anda sudah cukup bagus, memang karakteristik ikan mas hampir di setiap empang di jakarta ya seperti itu, kalau siang males makannya apalagi ditambah dengan empang yg terlalu dangkal. ini berdasarkan pengalaman saya aja loh, silakan para senior utk menambahkan.

dapp04
23-04-2009, 13:49
Wa'alaikum salam.wr.wb
mau coba bantu nih

Kemungkinan dari umpannya kang Rudi adalah Kroto yang basi, biasanya kroto mentah yang kena pegang tangan akan cepat basi, jadi lebih baik krotonya di kukus juga dengan umpan yg lain. sisakan sedikit untuk cocolan
Penggunaan deho lebih baik dagingnya saja, gak usah pake minyak/airnya (salahsatu penyebab umpan basi)
Smoga bermanfaat....

sofyan
23-04-2009, 13:57
kang Endy : terimakasih kang memang mungkin karena karakteristik ikannya mungkin.

kang Dapp: terimakasih kang saya menggunakan deho memang tidak dengan minyaknya kang, kemudian kroto Alhamdulillah di kampung saya masih banyak pohon jadi krotomah insya Alloh seger coz nyari sendiri.tapi saran kang Dapp saya mau coba krotonya di seduh terus di campur ke umpan n di kukus.

phaidein
23-04-2009, 14:58
ini tadi sempat sya tanyakan ke temen om, jawabnya...
ikan mas klo siang hari memang agak malas makannya kecuali umpan itu benar2 merangsang ikan makan. klo kondisi empangnya dangkal, ikan akan lebih malas untuk makan karena suhu airnya biasanya menjadi agak panas. dan biasanya ikan akan berhenti ditempat yg agak rindang. bila empang dangkal tapi sirkulasi airnya bagus, ikan biasanya masih mau makan juga meskipun siang hari.
begitu om kata temen sya tadi. klo salah mohon dimaafkan...

KOES HERMAWAN
23-04-2009, 15:28
MANCING MANIAC:smt023AKU MO NANYA NIH :confused:kalau mo mncing nila di danau umpan yang bagus apa ya :confused::confused:selain lumut:rolleyes::smt087

awaludin_arif_sujatmoko
23-04-2009, 15:42
walaikum salam wr. wb.

begini kang rudy... sory nih ane sebetulnya ga tau2 banget soal ikan mas dan juga bukan karena ane dapet banyak mulu (karena ane biasanya apes), tapi menurut pemikiran ane kalo siang ikan males makan ada beberapa sebab (mungkin yah tolong benerin kalo salah):


Umpan sudah tidak segar lagi, ini bisa di siasati dengan membuat umpannya jangan banyak2 (2 kali, pagi dan siang), untuk beberapa jenis umpan yang memakai santan atau kelapa cenderung cepat basi, hal ini bisa disiasati dengan merebus/mengukus umpan dengan waktu yang lama (lebih dari 1 jam) namun untuk penggunaan umpan putih (bahan dasar putih telur hal ini tidak dianjurkan karena bisa membuat umpan jadi pera.
atau karena umpan yang kita lepas di dasar kolam, terlalu banyak dan biasanya ini umpan jadi bau... karena kecampur ama kotoran air empang jadi bikin ikan males nyamperin umpan kita
Ikan sudah kenyang karena makan umpan yang di lepas ama pemancing di dasar kolam.
kemungkinan lain adalah air kolam dan lumpur di dasar kolam yang sudah bercampur dengan bermacam2 umpan membuat kolam tidak nyaman lagi untuk ikan, hal ini membuat ikan-ikan yang baru dilepas dari keramba yang terpisah dari kolam waktu pertama kali di masukin kolam kondisinya masih segar dan akan segera makan umpan, namun lama kelamaan karena kandungan oksigen air kolam yang sudah tidak bagus membuat ikan lama kelamaan menjadi malas makan (ikan tidak seagresif pertama kali) atau ikan jadi mabok, hal ini bisa disiasati dengan melempar umpan ke dekat pancuran air/masuk air.
terakhir mungkin juga memang Ikannnya sudah habis (kalo yang ini sih susah untuk mensiasatinya mendingan pulang deh).

mungkin ini yang bisa saya sampaikan... ane ga tau apakah ini emang bener atau salah, ini hanya berdasarkan pemikiran ane aje.. mudah2an ada tambahan lagi.

dapp04
23-04-2009, 15:43
Setahu saya umpan ikan nila danau yg paling bagus cuma lumut bro....
Tapi bisa juga pake cara mancing Lobang.... di danau cipondoh ikan nila 5jari ke atas, biasa di dpt pake mancing lobang

ady_the495
23-04-2009, 16:56
walaikum salam wr. wb.
newbie nich cuman mau ngungkapin isi hati aja....
kebiasaan mancing kalo ditangerang,kalo ikan dah siang dan ga makan biasanya suka dilepas jatah lagi biar ikan yang ga mau makan mau ikutan makan umpan lagi...
tapi itu kalo yang mancing punya duit lebih sichh...
hehehe.....peace

sigit_susilo
24-04-2009, 10:12
MANCING MANIAC:smt023AKU MO NANYA NIH :confused:kalau mo mncing nila di danau umpan yang bagus apa ya :confused::confused:selain lumut:rolleyes::smt087

Pak Koes..... mohon untuk tidak membajak thread orang lain..!
Buatlah pertanyaan yg relevan dengan judul dan isi yang membuat thread.
Bila anda ingin menanyakan sesuatu yang tidak ada hubungan dengan judul atau isi thread ybs.... harap membuat/posting thread baru dengan judul anda sendiri. (topik asli adalah umpan ikan siang hari di kolam harian).

Ini agar tidak menjadi carut-marut atau bercampur baur topiknya.

perhatikan juka forum rules.... silahkan baca di FishyForum - Forum Rules (http://www.fishyforum.com/misc.php?do=cfrules)

Anda melanggar point m :
Masukkan posting anda di ruangan yang benar. Dilarang memposting suatu informasi lebih dari satu kali atau mepostingnya di lebih dari satu ruangan. Jangan membajak thread orang lain. Jika isi posting anda sudah melenceng dari judul thread bukalah thread baru. Jika anda ragu ragu anda dapat menghubungi moderator.

Maaf pak Koes.....:cool:

suparman
29-04-2009, 14:50
Memang tidak bisa dipungkiri, ikan mas kalau dah siang gak makan, pertama ikan yang ada dikolam sudah berkurang, trus banyaknya umapan yang sudah disebar di empang, dan ikan2 dah pada kenyang, coba aja lihat kalau ada yang strike pasti perut ikannya gendut2. TApi kalau dilepas ikan baru lagi ( ikan siraman) pasti ikan makan lagi.
Mudah2an pengalaman saya ini bisa bermanfaat :smt023

kebot 736
30-04-2009, 14:03
bro...ane mo tanya nih...kalo ditempat ane itu kalo mulai jam 12 an sampe jam 4 sore itu ada lomba...ikan ditambah baru setiap org dilepasin 1 kg ....tapi tetep aja ga makan....kalo ada yg punya resep umpan siang ....bagi2 donk...biar bisa juara hehehe.....

salam gentak,

kebot 736