PDA

View Full Version : Twin Power 4000PG



kartono
11-02-2007, 11:37
Hi Om Jon ,
Saya punya Twin Power 4000PG spoolnya kalau diganti dengan yang 5000PG
apa bisa ? Untuk body diluar spool sepertinya sama ukurannya dan beda beratnya cuma sedikit, kalau tidak salah Om Jon juga punya khan yang 4000HG
tolong juga diceritakan kelebihan dan kelemahannya reel ini ( apa sudah AR-B ? krn di buku manualnya tidak tertulis ?! & apa benar dragnya bisa sampai 9 kg dgn body sekecil itu ? / Dragnya setara dengan Stella SW 4000PG !!! ) .
Rencananya reel ini mau saya pakai utk Light Jigging tapi belum ketemu pasangannya yang setara / seimbang untuk rod nya, apa Om Jon bisa kasih masukan untuk saya / mungkin ada rekan rekan forumer yang bantu kasih masukan ?
Thanks Sebelumnya . . . :)

Sportfisherman
11-02-2007, 12:07
Kartono ,

Twinpower 4000 bisa menggunakan #5000 spool , tapi dari type Twinpower juga krn kalau dari type lainnya spt. Biomaster , etc. , tidak akan cocok .

Twinpower 4000HG saya sih sudah AR-B , tidak tau anda punya keluaran tahun berapa tapi umumnya yang sudah punya " oil injection " port tuh sudah AR-B semua .

Kalau saya sih menggunakan benang Tufline XP 50 lbs dan cukup tuh drag nya dan pernah dapat YFT seberat 20+ kg di P.Ratu , kalau dibandingkan dgn Stella 4000FA tentu kalah gengsinya and that is all krn gear ratio nya sama dan bentuk body nya hampir sama .

Menurut saya kalau mau beli Stella , lebih baik beli yang #6000 keatas yang sudah mempunyai Twin Disk drag system , dibawah itu Twinpower sudah cukup .

Kalau rod saya tidak bisa komentar , sebaiknya anda bawa reel tsb. ketoko dan cobain dipasang di rod dan simulasi keadaan mancing , perhatikan sifat
" recovery " dari blank nya , kalau sesuai dgn teknik anda n cukup enteng , yah itulah rod yang cocok .

Semoga membantu .

Jon .

kartono
11-02-2007, 21:59
Om Jon . . .
Saya masih kurang paham tentang joran yang menggunakan ukuran PE tsb apa itu merupakan standard kekuatan dari rod tersebut ( mis : PE 3 kuat menahan beban max -/+ 15 kg ) , apa merupakan standard penggunaan benangnya itu sendiri, mohon penjelasannya Om .
Rencana saya untuk Reel Twin Power 4000PG akan saya pasangkan dengan Shimano Jigwrex PE 3 dengan menggunakan benang Power Pro PE 3 / 30 LB apa menurut Om Jon sudah cukup balance takle ?
Kalau melihat set dragnya bisa sampai 9 kg & ball bearing 10+1 apa bisa juga menggunakan Rod yang PE nya lebih besar ( mis : PE 5 / PE 6 ) ?
Lokasi mancing saya di Jepara dengan kedalaman air rata rata 50 m, ukuran berat ikan yang didapat bisa mencapai 15 kg untuk ikan Pelagis & 1 - 8 kg ikan Dimersal / ikan karang .
Thanks atas informasi & Pencerahannya dari Om Jon :)


Salam Pancinger
Kartono

Sportfisherman
11-02-2007, 23:24
Kartono ,

Kalau rod rating nya PE3 yah sebaiknya anda ikut dengan menggunakan benang PE 3 , kalau nanti anda pakai benang PE 5 dan drag setting nya
sampai 6 kg , rod nya bisa patah .

Di rod nya juga pasti ada " jig weight " , jadi kalau umpamanya nih jig weight nya 60 gr. ~ 150 gr. , jangan anda gunakan jig yang 250 gr. , nanti rod nya tidak ada " action " nya untuk menggoyang goyangkan jig .

Soal berat ikan tidak ada relasi nya dgn line class , ada yang bisa mencapai
20:1 , yaitu umpamanya menggunakan benang 6 lbs. tapi ikan yang didapat mencapai lebih dari 120 lbs dan ini krn kehandalan pemancing , captain + crew kapal .

Sebenarnya nih utk jigging , Lod lebih handal menjawab pertanyaan anda , saya tidak begitu suka jigging , tidak cukup tenaga !

Jon .

kartono
12-02-2007, 20:29
Thanks Om Jon atas pencerahannya . . . .
Om Loed ayo dong kasih masukan / pendapat juga untuk Jigging nya !
Apa sih yang dimaksud dengan rating power di rod ? bagaimana cara mengujinya ? apa kita sendiri bisa melakukannya ( mis : kasih bandul trus angkat jorannya ? )
Trus gaya / tehnik jigging untuk menggulung reel serta dibarengi dengan ayunan ayunan rod itu ada berapa style ya ? Kalo bisa juga sekalian diberi penjelasan caranya , Thanks semua atas masukannya .


Salam .

Lodewijk
12-02-2007, 22:36
:D
Kalau rod diberi rating dengan PE line class, misal PE 3.... bukan berarti rod tsb. kuat menahan beban sampai 30lbs atau 13.5kg. Tetapi lebih ditujukan untuk pemakaian kelas kenur 30lbs, yg biasanya drag hanya di-set 1/3 dari kekuatan kenur, jadi 30lbs/3 = 10lbs atau 4.5 kg...

Ada juga rod yg diberi rating Max. drag, misal max. drag=12kg (biasanya juga diberi keterangan tambahan pada sudut berapa, mis.45drajad). Kalau 90drajad maka max. dragnya lebih rendah lagi, misal =6kg. Oleh sebab itu, hati2 sewaktu menghajar ikan dng jangan terlalu tinggi mengangkat rod (high sticking), rod bisa patah.... :(

Disamping itu, semua yg tertulis di rod bisa saja over/under rating...... kalau rod yg kualitas bagus biasanya under rating. Mungkin untuk jaga nama yah ? Jadi ada sedikit 'safety factor'-nya gitu....

Mengenai jigging style......, bagaimana kalau langsung praktek aja ? Saya ingin nih nyoba jigging di Jepara, bagaimana ? ;)

kartono
13-02-2007, 12:36
Thanks Om Lod atas pencerahannya
Wah itu lebih bagus kapan kita bisa diberi praktek langsung soal jigging
Saya beberapa kali Jigging di Jepara belum pernah menghasilkan apa apa
cuma tangan pegel pegel aja koq , Nanti musim ikan ya Om datang ke Jepara
mancing bareng tapi ikan di sini nggak sebesar yang Om Lod pancing di wilayah
timur Indonesia apalagi yang di Australia itu !
Jadi harap maklum kalo dapetnya ikan kecil kecil :)
Apalagi sekarang setelah ada kapal senopati yang karam disini ikannya sudah 1 bulan ini nggak mau makan ! apa mungkin pada kenyang ya ?
Ok Thanks

Salam Pancinger

Kartono