PDA

View Full Version : tutorial membuat minnow



inug
27-05-2009, 20:31
Cara Mudah Membuat Minnow Sendiri

Minnow merupakan lure yang biasanya berbentuk menyerupai ikan yang cara penggunaannya biasa disebut casting.

Mungkin bagi yang sudah berpengalaman tulisan di bawah ini sudah biasa dan kurang sempurna, tapi bagi pemula yang ingin berkreasi dengan membuat minnow sendiri akan cukup membantu.
Dulu saya bertanya-tanya bagaimana cara kerja minnow dan bagaimana cara membuat minnow, setelah melakukan pencarian dari beberapa sumber dan melakukan beberapa eksperimen sendiri akhirnya munculah ide untuk berbagi dengan membuat tutorial ini. Bagi yang baru mencoba jangan pernah menyerah kalau hasilnya belum memuaskan, apalagi kalau ada orang lain yang menyindir hasil karya kita. Saya dulu juga pernah mengalaminya, banyak teman yang menyindir, ada yang bilang jelek, buang-buang waktu, habisin uang banyak, mendingan beli lebih bagus dan siap pakai.......dll, tapi dengan hasil karya sendiri ada kepuasan tersendiri apalagi kalau minnow telah memakan korban. Cukup sudah basa-basinya, sekarang saya akan membahas bagaimana cara membuatnya. Langkah-langkahnya adalah:


Menyiapkan bahan

1. Kayu, diusahakan jenis kayu yang ringan, mudah diserut dan berserat halus (kayu pinus, damar, randu, dll)

2. Kawat, pemilihan kawat harus disesuaikan dengan target dan tempat memancing, untuk amannya menggunakan kawat tahan karat, saya biasanya menggunakan kawat nikelin soft (tunggal bukan serabut).

3. Lem, gunakan lem yang kuat (lem alteco, lem “J”, lem epoxy, dll)

4. Cat, saya menggunakan cat akrilik(untuk melukis) dengan pengencer air karena saya hanya menggunakan kuas untuk memoles, kalau anda mempunyai alat airbush bisa menggunakan cat duco ataupun jenis cat yang lain.

5. Clear, bisa menggunakan clear+anti gores (campuran antara clear/urethane clear dan hardener), ataupun jenis clear lainnya, bisa juga jenis semprot (pilox).

6. plat plastik(lidah), usahakan yang cukup tebal (2-3mm), keras tapi lentur (tidak mudah pecah kalu menghantam karang/media keras lainnya, dan cukup transparan, saya menggunakan skat pada kotak peralatan pancing.




Menyiapkan alat

1. Gergaji besi, gunakan gergaji yang masih baru/tajam sehingga akan memudahkan pengerjaannya.

2. Cutter/pisau/tatah, untuk menyerut gunakan yang tajam, cutter adalah pilihan terbaik.

3. Kuas/alat airbrush, untuk yang menggunakan kuas pilihlah yang berbulu halus sehingga memudahkan dalam membuat gradasi, sediakan berbagai ukuran.

4. Amplas (kasar dan halus), sudah cukup jelas fungsinya yaitu meratakan permukaan.

5. Tang kecil (ujung lancip), membantu menekuk kawat dan juga untuk menjepit minnow saat pewarnaan.

6. Klem, digunakan untuk menjepit balok kayu disaat penggergajian, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Untuk jaga-jaga siapkan obat-obatan untuk penanganan pertama seandainya tangan kita terluka terkena benda tajam.

Cara pembuatan

1. Siapkan balok kayu yang akan dibuat menjadi minnow, kemudian gambar pada salah satu sisinya dengan bentuk dan ukuran (penampang sisi samping minnow) yang dikehendaki, gambar 1.
Buat juga garis (sebagai acuan pada waktu menggergaji) pada bagian bawahnya dari arah depan hingga belakang (untuk memasukkan kawat) dan pada bagian depan bawah yang diteruskan dari samping bawah menyerong ke atas (untuk tempat memasukkan lidah dari plastik) liha gambar 2, kemiringan garis sesuai selera disesuaikan dengan kedalaman minnow yang diinginkan ataupun tanpa menggunakan lidah jika mengingikan jenis minnow floating (hanya menyelam +- 10cm dari permukaan air).

2. Sebelum menyerut kayu gergajilah menggunakan gergaji besi pada garis yang dibuat sebelumnya, lihat gambar 3. (serbuk gergajian jangan dibuang, dapat dimanfaatkan untuk menutup/menambal bekas gergajian setelah kawat dimasukan).

3. Untuk memudahkan serutlah bagian luar gambar penampang terlebih dahulu (gambar 4) dengan menggunakan Cutter kemudian bentuk menjadi 3 dimensi pada bagian sisi tajamnya sehingga menjadi bentuk minnow yang dikehendaki, gambar 5.

4. Setelah penyerutan kayu selesai haluskan permukaan kayu menggunakan amplas kasar terlebih dahulu dan setelah dirasa cukup, baru menggunakan amplas halus.

5. Bentuklah kawat menjadi seperti pada gambar 6, panjang disesuaikan dengan panjang minnow dan banyaknya lengkungan juga disesuaikan dengan banyknya tribel yang nantinya dipakai, sedangkan jarak antara lengkungan sebaiknya diukur dengan panjang dua tribel yang sedikit dilebihkan (gambar 7), sehingga pada waktu tribel terpasang nanti tidak saling bersinggungan (ukuran tribel disesuaikan dengan ukuran minnow, tribel juga difungsikan sebagai pemberat sehingga pemilihan ukuran dan jarak pemasangan mempengaruhi keseimbangan serta gerak minnow).

6. Masukkan kawat kedalam irisan yang sebelumnya dibuat, kemudian oleskan sedikit lem ateco di dalamnya, tekan dan tunggu hingga kering kemudian tutup rongga dengan serbuk gergajian sampai tertutup rapat, bubuhkan kembali lem secukupnya sampai meresap (bisa juga menggunakan irisan kayu untuk menutup ronggganya).

7. Setelah lem mengering, rapikan kembali bagian penampang bawah dengan menggunakan cutter dan amplas.

8. Setelah seluruh bagian pemukaan benar-benar halus mulailah melakukan pengecatan dasar menggunakan warna putih sampai pori-pori kayu tertutup, biasanya 2-3 kali pengecatan dan tunggu sampai kering. Kemudian warnailah minnow sesuai selera (usahakan bagian atas lebih gelap, tengah cerah/muda, bawah sedikit kemerahan atau sedikit lebih gelap dari warna tengah), gambar 9.

9. Setelah pengecatan selesai berikan aksentuasi dengan motif dan mata (bisa menggunakan mata 3d dan dipasang setelah selesai finishing dengan clear). lihat gambar 10.

10. Langkah selanjutnya adalah melakukan finishing menggunakan clear dan keringkan di bawah sinar matahari (bisa dengan dicelupkan sampai beberapa kali/dirasa cukup).

11. Dan langkah terakhir memasang lidah dari plat plastik yang sebelumnya telah dibentuk seperti gambar 11/12, bisa juga gambar 13 seandainya lidah terhalang kawat dan direkatkan dengan lem supaya kuat, seandainya rongga kurang lebar bisa diperlebar menggunakan cutter atau amplas kasar (hati-hati dalam memperlebar karena jika arah sayatan tidak tegak lurus dengan posisi minnow akan mempengaruhi tarian di dalam air).

12. Minnow buatan anda siap diuji coba, selamat mencoba.


Catatan:

Penggunaan cat akrilik cukup sulit untuk menghasilkan efek gradasi yang maksimal, cat ini dibuat untuk pemukaan media yang cenderung kasar (kanvas).

Ukuran dan posisi kemiringan lidah sangat mempengaruhi gerakan minnow (terutama kedalaman menyelam). Saya sendiri menggunakan ukuran cukup lebar pada ujung lidah.

Gunakan penggaris siku untuk membuat garis bantu penggergajian




Sedikit Tambahan

membuat efek gilap(silver)

Dari dulu saya bertanya-tanya, bagaimanakah cara membuat efek gilap seakan sisik sisik ikan asli pada minnow buatan pabrikan yang banyak dijual di pasaran?
Pertanyaan ini selalu mengganggu saya, mungkin pertanyaan tersebut juga menjadi momok bagi yang sedang coba-coba bereksperimen membuat minnow sendiri, kemudian dari hasil kumpulan referensi saya munculah beberapa teori, sebagian telah saya coba walaupun kurang maksimal, maklum buatan tangan bukan pabrikan. Beberapa teori tersebut diantaranya:

1. Cara yang paling mudah ditemui dari beberapa tread yang saya baca adalah melapisi seluruh permukaan dengan stiker, baik itu perak/silver, pelangi (seperti silver tetapi kalau terkena cahaya muncul warna lain seperti pelangi), ataupun hologram. Tapi sayangnya jenis stiker di atas yang dijual di pasaran (umumnya stiker motor) cenderung kaku sehingga kurang bisa membentuk mengikuti lekukan permukaan minnow. Bagi yang mewarnainya menggunakan kuas akan sulit membuat efek gradasi warna dari silver ke warna solid kecuali menggunakan airbrush. Bisa juga menggunakan aluminium foil sebagai alternatif selain stiker.

2. Saya teringat waktu SD dulu ada pelajaran kesenian yang membuat lukisan dengan plastik kado ataupun jenis plastik serupa lainnya (kadang dibuat hiasan pada terompet kertas) yang lapisannya mudah terkelupas kalau dibuat kusut dan ditempelkan di media kertas yang terlebih dahulu dilumuri dengan lem. Mungkin cara ini bisa diaplikasikan ke minnow buatan anda. Jika anda menggunakan teknik ini gunakanlah lem yang proses pengeringannya tidak terlalu cepat,
misalkan menggunakan lem araladit (warna biru waktu pengeringan +- 2 jam) dan tunggu hingga hampir kering. Cara melapisinya hanya dengan menempelkan (orang jawa bilang menutul-nutul) permukaan plastic yang terdapat lapisannya.

3. Cara paling efektif walaupun kurang muncul efek gilapnya adalah dengan megecat menggunakan cat silver (cat duco yang biasanya untuk motor/mobil), sebagai cat dasar namun cara ini harus dilakukan menggunakan perangkat airbrush untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Cara yang paling ekstrim adalah dengan crom plastik, namun sebelum menggunakan cara ini minnow yang telah dibuat harus benar-benar mulus permukaannya, mungkin bisa dengan meng-clear terlebih dahulu, sayangnya harga crom plastik jauh lebih mahal daripada crom logam, itupun kalau berhasil.

5. Sebetulnya masih ada satu cara lagi yaitu menggunakan gliter, namun karna partikel gliter terlalu kasar maka cara ini harus menggunakan finishing dengan clear cukup tebal agar seluruh permukaan menjadi mulus “kinclong”. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan sedikit gliter pada permukaan (sebelumnya kasih perekat terlebih dahulu sehingga gliter mudah menempel pada permukaan minnow) setelah pewarnaan selesai sebagai nuansa saja, atau melumuri seluruhnya sebagai dasaran sebelum diwarnai. Untuk cara yang kedua usahakan proses pewarnaan (khususnya yang menggunakan kuas) dengan cat yang lebih encer sehingga warnanya transparan dan lakukan pemolesan berulang-ulang agar menjadi lebih solid terutama bagian atas minnow. Bisa juga mencampurkan sedikit gliter pada clear (dengan simtem celup) namun posisi gliter tidak bisa di sesuaikan dengan yang dikehendaki.

Cara-cara diatas sebagian belum diuji, hanya sebatas teori jadi kalau ada kesalahan mohon disempurnakan.


membuat efek glow (menyala di dalam gelap)

membuat efek glow sebenarnya cukup mudah, dan saya rasa dari semua pembaca pasti tahu caranya, saya coba tambahkan sekedar melengkapi saja.

Caranya adalah menambahkan bubuk fosfor kedalam cat yang akan digunakan, Sebaiknya pencampuran ini dilakukan pada cat clear saat finising, bisa menggunakan airbrush ataupun dengan sistem celup. Sehingga hasilnya akan lebih rata (tidak belang-belang/polang-poleng menurut orang jawa) daripada dicampurkan kedalam cat pada proses pewarnaan. Sebelum penggunaan minnow (yang telah dilumuri dengan fosfor) letakkan beberapa saat dibawah sumber cahaya, bisa berupa sinar matahari atau cahaya lampu senter diwaktu malam.

Demikian tutorial membuat minnow, dari beberapa sumber yang telah dikembangkan dan hasil eksperimen sendiri.


download versi pdf: Free File Hosting & Video Downloads, Free File Sharing, Online Friends Network - Ziddu (http://www.ziddu.com/download/4923855/tutorialmembuatminnow.pdf.html)


foto2 karya minnow yang dah jadi menyusul

little fish
27-05-2009, 20:54
mkasih bos.....:-D
jadi dapet pencerahan deh buat bikin lure / minnow....
ditel banget....saya coba deh....:D

thanks buat infonya....:smt023

opay7
27-05-2009, 20:54
mantap om...cuma susah juga ya bikinnya ya. he3... tapi klo bahan dan peralatannya ada mesti di coba tuh.

dino97i
27-05-2009, 21:00
Mantap mas Inung informasinya, dan sangat berguna bagi yang lagi belajar membuat minnow sendiri, kebetulan saya juga lagi seneng eksperimen buat lure sendiri, thank's.
Tanya mas,
1. adakah perbandingan antara panjang/ besar minnow dengan lebar dan sudut kemiringan lip.
2. untuk menentukan dalamnya selaman seberapa ukuran lip yang pas serta sudut kemiringannya.
3. kayu jenis apa yang baik untuk membuat minnow.

scallare
27-05-2009, 21:07
ikutan ahh...............................:smt064

mbenk
27-05-2009, 21:19
Top banget :smt023:smt023:smt023
thank's atas tutorialnya...mau coba bikin juga ah

inug
27-05-2009, 22:00
@ mas adie :
trims juga

@ ofi:
gampang-gampang susah, asalkan seneng yang susah jadi gampang

@ mazmur:
pertanyaan anda cukup susah juga ne....

saya biasanya tidak pernah mengukur seberapa besar, klo dilihat dah seimbang ya saya gunakan ukuran itu. yang penting seh bagian yang menempel pada badan minnow tidak lebih lebar daripada lebar diameter minnow itu sendiri, sedangkan yang menjulur keluar lebih lebar(saya cenderung suka tidak terlalu panjang tp sedikit membulat/melebar) klo soal sudut tak gambarin ja ya, susah njelasinnya...

soal kayu saya suka menggunakan yang berserat halus, kuat, dan ringan....biasanya kayu yang saya gunakan adalah pinus, saya biasa beli di tempat kayu BS yang kiloan, kayu buangan dari pabrik, dah ovenan.

ne mas link gambarnya: Free File Hosting & Video Downloads, Free File Sharing, Online Friends Network - Ziddu (http://www.ziddu.com/download/4925027/minnow.jpg.html)

@ dodi n @ baskoro makasi dah ikut nimbrung komentnya

cakjoel
27-05-2009, 22:49
thank's berat pak, pencerahan yang sangat bermanfaat buat kita semua. sekali lagi matur nuwun:smt064

Plojo
27-05-2009, 23:36
thx dah mo sharing ilu..
knp nggak make kayu ahoni aja boss?
dah teruji ni kayu kalo dibikin minnow..

inug
27-05-2009, 23:49
@ arif

susah mas nyarinya, di tempatku yang banyak ditemui cm kayu pinus ja, yang lainnya kayu keras smua, wong blinya ja di kayu buangan dari pabrik furnitur/mebel. tp trims atas masukannya, paling g dari pembaca yang lain bisa menggunakan kayu mahoni sebagai bahan utama selain kayu pinus

Plojo
28-05-2009, 00:05
saya prnh bbrp kali bikin popper,,saya bawa ke tukang bubut biar gampang.
kata tukang bubut,,kayu mahoni tuh gampang dibentuk
kalo kayu randu yg spt bpk sebutin,,kayanya terlalu ringan n rapuh.
digigit ikan bergigi tajam,,bisa langsung jebol tuh.
Di daerah gombong,,semua lure make kayu mahoni sbg bahan dasar (baik lure yg dah mass production atau pemancing yg bikin lure buat mancing sendiri)..usahain mahoni yg tua..mahoni muda biasanya nggak kepake

inug
28-05-2009, 00:32
makasih ya pak masukannya, sangat berguna

inug
28-05-2009, 00:38
makasih ya pak masukannya, sangat berguna

inug
28-05-2009, 00:42
wat @ MazMur

1. adakah perbandingan antara panjang/ besar minnow dengan lebar dan sudut kemiringan lip.
2. untuk menentukan dalamnya selaman seberapa ukuran lip yang pas serta sudut kemiringannya.


ne mas contoh gambarnya

damardimaz
28-05-2009, 10:08
Mantapp, om Nugraha...
langsung dipraktekkan...

Apakah ada yang pernah nyoba memakai kayu 'jati belanda' yang banyak dijual di lapak2 pinggir jalan itu?

dino97i
28-05-2009, 10:21
@inung: justru yang pingin saya tahu itu perbandingannya itu, kalau ada. Saya biasanya buat lipnya agak panjang, sambil dicune dipotong dikit2 untuk mencari ukuran yang ideal.

@ mas yunus: saya justru menggunakan kayu jati belanda karena sangat halus dan mudah dibenuk.

phaidein
28-05-2009, 10:25
@ mas yunus: saya justru menggunakan kayu jati belanda karena sangat halus dan mudah dibenuk.
saya biasa pake bahan kayu jati belanda juga, cuman yg bikin paklik dino, sya tinggal pake..... :D

damardimaz
28-05-2009, 10:33
@inung: justru yang pingin saya tahu itu perbandingannya itu, kalau ada. Saya biasanya buat lipnya agak panjang, sambil dicune dipotong dikit2 untuk mencari ukuran yang ideal.

@ mas yunus: saya justru menggunakan kayu jati belanda karena sangat halus dan mudah dibenuk.

Wah, cocok kalau begitu.... langsung dipraktekkan...:D:D
Terima kasih, mas Nugroho... untuk pencerahannya....

damardimaz
28-05-2009, 10:38
saya biasa pake bahan kayu jati belanda juga, cuman yg bikin paklik dino, sya tinggal pake..... :D

Wah, kalau yang ini dijamin tidak luntur.....:D:D

boahaya
28-05-2009, 10:57
Wah makin banyak artis lure ff nih. Kapan2 FF bisa bikin kompetisi buat minnow/popper nih...
Ntar dipilih mana yang paling inovatif dan effektif menipu ikan dinobatkan jadi lure of the month

boli
28-05-2009, 11:02
siiiiiip matur nuwun...

HardiDidiDito
28-05-2009, 11:23
oh iya untuk mendapatkan jenis2 kayu tersebut bisa dicari dmn ya ?
soalnya saya udah coba buat dari kayu bekas gagang joran
tapi bahannya agak keras jadi susah dalam pembuatannya(entah bahannya keras..entah saya yang ga bisa jg ya..hehe)
trimss hehee

damardimaz
28-05-2009, 11:42
oh iya untuk mendapatkan jenis2 kayu tersebut bisa dicari dmn ya ?
soalnya saya udah coba buat dari kayu bekas gagang joran
tapi bahannya agak keras jadi susah dalam pembuatannya(entah bahannya keras..entah saya yang ga bisa jg ya..hehe)
trimss hehee

Kalau jati belanda, bisa dicari di lapak2 penjual kayu dipinggir jalan, Om.
Kayu ini bekas peti kemas yang dibongkar terus disortir berdasarkan panjang dan tebalnya. Harga per lembarnya mulai 20 rb s/d 75 rb, panjang 2 mt - 3 mt dengan tebal 1,5 - 3 cm (wah, 1 lembar bisa jadi berapa minnow, ya? :D:D )

Kayu ini mudah dibentuk , berserat halus, cukup liat dan teksturnya bagus...

sorko_ho
28-05-2009, 12:42
Wah wah waah dapet ilmu baru lagi nih...pengen nyoba bikin pake kayu jati belanda nih...

qidhaz
28-05-2009, 13:57
Pakai kayu me