PDA

View Full Version : Mancing udang di Sungai



uhsirait
16-03-2005, 08:55
Buat bos-bos fishy forum ini terlebih dahulu saya ingin ngasih pendapat bahwa site ini cool banget. :D
saya ada sedikit pertanyaan nih:
1. Kalau mancing udang di sungai biasanya pakai rangkaian yang bagaimana yang cocok ya?
2. Trus umpannya apa yang muannteb buat udang.
3. Tanda-tanda kalo umpan di makan sama udang ini joran kita jadi gimana? trus cara nariknya gimana ya?

wah baru perkenalan sudah nanya banyak ya... :-D Terimakasih dulu deh sebelumnya.

alphonsus
16-03-2005, 10:56
:-D salam kenal om , are you sure mau mancing udang, setau saya udang itu di jaring bukan di pancing, atau anda pernah bisa mancing udang ceritain dong , kalau dulu waktu saya masih di denpasar saya hanya pernah nangkep lobster itupun dengan ditombak sambil nyelem :twisted: :twisted:

uhsirait
16-03-2005, 12:17
bener nih bos saya pernah lihat waktu di Palembang nelayannya mancing pake perahu di sungai. Cuma ngak sempet naya gimana caranya sama umpannya apa.

yellowfin
16-03-2005, 12:25
Wilkomen..

Mancing udang bisa :twisted: ! apalagi udang galah yang gede dan galak nariknya. Kalo udang sungai; sejak SD udah biasa tuh, mancing pake joran/walesan tegeg ukuran kecil, kenur lembut 1 lbs max, mata kail lembut no. lupa :roll: .. pokoknya yg paling kecil/untuk mancing ikan wader... umpannya cacing sawah/lur, rangkaian pancingnya single. Tanda-tanda umpan kita dimakan udang sama seperti halnya pada saat kita mancing ikan, tap..tap..tap ngaciiiir..... Nah kunci keberhasilan mancing udang itu terletak diteknik nariknya, karena mulut udang imut banget alhasil pada waktu doi gigit umpannya dan ngacir jangan kaget :!: dan reflek hentak joran, hook-up harus selembut mungkin dan tidak dihentak; udang akan nurut/nempel di umpan/cacing, kalau anda hentak pasti deh lepas :lol:

Kalo udangnya untuk umpan hidup, lebih baik pake jebakan, alatnya jaring/waring yg ada pegangan segi empat di atasnya, umpannya tulang sapi dibakar trus ditaruh di tengah waring/perangkap....diamkan 10 menit kemudian angkat, lakukan berulang-ulang sampai udang anda cukup untuk umpan hari itu...

Semoga membantu dan Terima Kasih kembali

Tony

uhsirait
16-03-2005, 12:30
Oooh jadi begitu ya cara mancingnya, kalo sudah hooks up pelan2 nariknya. Oke deh nanti kalo ada kesempatan mesti saya coba praktekkan. Trims atas informasinya. God I love this Site... keep up the good works

spongebob
16-03-2005, 12:42
Mas Untung :-D
cuma mo nabahin ...efektifnya mancing udang dgn menggunakan circle hook ukuran tergantung target undang :D

Budi_Armyn
16-03-2005, 17:40
Mau sharing sedikit mengenai mancing udang. Saya pernah lihat orang mancing udang galah di sungai di tepi jalan raya Serang-Pandeglang sekitar tahun 80-an. Umpannya memang cacing tanah. Di Palembang saya juga tahu ada kebiasaan mancing udang di sungai Musi.
Di Banjarmasin, umpan yang digunakan adalah telur kumbang/tawon yang seperti kroto makanan burung.
Kalau saya dengar dari mereka (saya sendiri belum pernah sich!), memang tidak boleh digentak, tapi harus perlahan-lahan.


regards,


budi armyn

darwinlin
17-03-2005, 09:08
kalau dikampung halaman saya sih banyak yg mancing udang di Tanjung Balai Asahan. sungainya sangat lebar dan panjang. kalau dulu mau mancing ikan tinggal buka pintu belakang rumah uda bisa mancing ikan. kalau mau cari udang kecil turun kesungai pakai serokan kadang2 pakai jala. dan kadang2 ada org yg mancing penyu.

javano
25-08-2006, 00:29
SALAM KENAL YA ABANG2...
Wah! Forum yang asyik punya, ne. Moga2 punya banyak waktu ngikutin. :roll:
Soal mancing udang, yah, temen2 dah pada betul2 pendapatnya. Joran yang lentur banget. Senar disesuaikan jenis udang. Semakin halus, semakin asyik. Mata kail khusus udang ada yang jual. Khusus krn gak pake mata kait. Jd kayak jarum untuk sunat :).
Stlh ada umpannya ya kita cemplungin aja ke air, sampai ke dasar. Tunggu bbrp menit, coba angkat pelan2 jorannya. Klo agak berat n ada tarikan ke belakang SEDUT SEDUT, nah itu udang yang makan. Gulung senar pelan2. Jgn disentak.
Aku pernah mancing udang di sungai musi. Sayang blm beruntung walau penduduk setempat dapatnya segede pergelangan tangan orang dewasa. Makan satu aja dah kenyang, kali. :) Ternyata aku salah posisi. Aku mancing dekat napal, jd klo udangnya makan, udangnya pegangan napal n gak bisa dikerek ke atas. :(
Tp saat mancing di yogya, sukses. Tp udangnya gak segede udang sungai musi. Paling gede sejempol tangan. Tp huenak banget rasa dagingnya dibanding ikan.

bonito
26-08-2006, 14:01
Hi Guys,
Kalau saya boleh tambahkan,


Joran: antenna/sambung 2 yg halus dgn ujung/tip sectionnya lentur agar sensitive kelas 2-6 lbs, panjang antara 1.3-1.8m

Reel : spinning utk kolam ukuran 2-8 lbs/100 m.

Kail : Kail khusus udang, ukuran 2-8 terbuat dari carbon dan barbless(tanpa kait diujungnya) biasanya berbentuk seperti circle hook.

Kenur: 2-8 lbs utk mainline pd reel dan leader ukuran 1-2 lbs

Timah: model telur/lonjong ukuran 5-20 gram tergantung kekuatan arus.

Rangkaian: glosor, 1 kail diikat ke leader ukuran 1-2lbs sepanjang 30-50cm lalu disambung ke main line menggunakan kili-kili/swivel.Tempatkan timah glosor(berlubang ditengahnya) di mainline sebelum kili-kili tanpa pelampung.

Umpan : Cacing Susu/cacing tanah.

Udang galah yang besar disebut cokong di daerah Tanggerang dan Bekasi.
Udang ini mempunyai cara makan yg unik dimana umpan akan diputar dgn menggunakan capitnya sehingga sejajar dgn panjang tubuhnya.
Selain itu udang akan menghenjut ke belakang dengan membengkokkan tubuhnya apabila terkena pancing, oleh sebab itu joran hendaknya diangkat perlahan-lahan sambil menggulung kenur utk menghindarkan udang terlepas dikarenakan sobek mulutnya.

Udang ini mempunyai 3 pola makan.


Apabila udang galah besar > 300gr maka umpan akan langsung dilarikan dan ujung joran akan langsung menukik.

Umumnya utk udang ukuran sedang sewaktu umpan dimakan leader akan dipegang dan ditarik-tarik menggunakan capitnya sehingga ujung joran akan terangguk-angguk seperti ikan kecil yg makan.

Utk udang yg berukuran kecil biasanya pola makannya hampir tdk terdeteksi oleh kita, utk itu kita harus sering mengecek dengan menaikkan ujung joran dan apabila terasa berat atau ada tarikan maka umpan sedang dimakan.

Mungkin dari teman-teman ada yg ingin menambahkan?


Thanks

Didi Afandy
31-08-2006, 10:03
Om-Om Sekalian,
apakah masih ada saat ini Spot untuk mancing udang galah di jabotabek dan sekitarnya???kayaknya hanya tinggal kenangan deh,dulu th 80an,didaerah bekasi utara tepatnya di pondok soga,muara gembong,sungai nyamuk,tg.air,dan sekitarnya tempat saya nongkrong nyentak udang cokong,kini semuanya berubah airnya menjadi hitam,jadi sedih kalau mengingatnya hik...hik..hik...hik...
sampai saat ini saya masih simpan tuh mata kail khusus untuk udang galah waktu itu sih beli di toko Ronson,gak tau sekarang masih ada apa gak,sekalian saja buat Rekan yg mungkin tahu spot mc udang galah saat ini diinformasikan
dong terutama jabotabek dan sekitarnya...
alat yang dipakai adalah:
-dasaran dengan timah bolong tengah
-mata kail tunggal di paling bawah/dibawah timah kira2 20-25 cm
-joran yg ujungnya sangat lentur/bisa juga joran untuk mc ikan nila
-ukuran tali 4-6 lbs
cara mancing:
-cari lokasi yg banyak pohon/cangkrang yg tenggelam di sungai
udang lebih suka ditempat yg demikian
-kondisi air yg jernih dan arus tenang/cendrung berputar
-umpan cacing susu agar lebih awet
-lebih efisien kalau pakai perahu kecil/sampan
-lempar/turunkan pancing di posisi/celah dari cangkrang sampai dasar sungai kemudian tarik kira2 20-30 cm tali kita,diamkan
-jika umpan dimakan diamkan dulu baru kemudian perlahan2 tarik/gulung tali kita JANGAN DI HENTAK/GENTAK.
-jangan lupa siapkan spare/pancing cadangan yg agak banyak karena sering pancing kita dibawa nyangkut.
demikian pengalaman saya mc udang galah,selamat mencoba dan nikmati sensasi dan kelezatan Udang Galah ini.

thank's

hatuala
31-08-2006, 10:10
wah mas didi utk wilayah jabotabek kayaknya tinggal kenangan, apalagi kalo baca syarat2 lokasinya,:smt010, Gimana kalo alih ke kolam or laut aja.

Ichang
31-08-2006, 11:54
wah mas didi utk wilayah jabotabek kayaknya tinggal kenangan, apalagi kalo baca syarat2 lokasinya,:smt010, Gimana kalo alih ke kolam or laut aja.

Bos Didi,

Mancing udang pancet di tambak Muara Tawar / Muara Karat bisa/mau nggak? Kalo lagi mancing mujaer, liat orang2 tambak yang lagi "ngerogoh" udang pancet seukuran kepalan tangan, ngiler juga tuch........ Kali2 bisa dipancingin? Penasaran juga nich........ Ente kan termasuk udah "kapalan bin karatan" maen ke sana?

Salam,

Didi Afandy
01-09-2006, 09:13
Ha..ha..ha...
emangya mata kail yg kena air laut jadi karatan...
pernah saya coba hanya dapat beberapa ekor sebesar jembol tangan selanjutnya mujaer lagi mujaer lagi yg ngembat tuh cacing,memang dasar lagi mancing mujaer nyoba mancing udang yg ngembat ya mujaer lagi.tapi saya
pasti selalu bawa mata kail udang kalau lagi mc mujaer di m.tawar or ditempat lainnya.iya nih dah lama gak ke m.tawar terakhir saya kesana bulan mei kemarin perahu langganan saya Bang Ninim,Beliau tahu tambak mana yg mujaernya banyak dan besar2,kalau ketemu salam dari Didi/Pak Usup orang Cawang,sekarang saya lagi jatuh cinta sama Mba'Ronang di batrean tg.priok
besok minggu pagi 06.30(3/9/2006)mau ngapel lagi kesana he..he..he..he..
kapan2 kita trip bareng ke m.tawar biasanya saya bulan2 ber-ber(oktober,november,desember)

thank's
Didi.A