PDA

View Full Version : Ask Costom rod build



ED WU
13-07-2009, 14:15
sebelumnya saya minta maaf mungkin tread ini sudah pernah dimuat, tapi saya ndak ketemu di search, kalo ada rekan-rekan yang tau tolong dong minta link-nya. Nah kalo belum :
Mohon pencerahan dari rekan-rekan yang tahu buat rakit blank kosong untuk dijadikan joran costom, saya pengen belajar ngerakit costom rod dari blank kosong. sjauh ini ada beberapa pertanyaan yang ngeganjal di hati:
1. Ada cara lain ndak untuk menentukan backbone joran selain ujung joran ditekan tegak lurus pada posisi joran tegak, soalnya kalo pe 8 an, joran sudah sangat kaku.
2. Untuk nentuin jarak ring guide pada joran gimana, apa ada ukuran tetentu yang jadi patokan atau hanya dilihat dari lengkungan backbone joran
3. Jarak EVA antara reel seat dan batang joran dan real seat dengan butt untuk joran popping dan jigging berapa yah?
4. Benang yang digunakan untuk ngerangkai ikatan pada ring guide apa pe? atau nylon biasa?
5. Ukuran ring guide (popping) untuk spinning kan ada 2 jenis yang satu untuk reel yang sedang (30-25-20-16-12-12) sedangkan untuk yang bigger (40-25-20-16-12-12). Pertanyaan saya ukuran reel sedang itu berapa? sdangkan yang besar itu berapa?
6. Lanjutan no 5, bagaimana dengan rangkaian ring guide type spinning untuk keperluan jigging?
Sorry kalo tanyanya banyak... Atas infonya---- TENGKYU BUANYAK

yamamoto
14-07-2009, 13:58
Salam kenal Bro ED WU.
Maaf krn pk HP, jd ga bs kasih link'nya. Coba saja gunakan fasilitas Search dgn kata kunci :
"Rod jigging - Rebuild"
"Wrapping rod / joran"
Kl sudah ketemu, biasanya dibagian bawah ada thread2 lain yg berhubungan. Tinggal klik2 saja Bro. Smoga bs membantu.



ARINGATOO GOZAIMAS.

billy kuo
15-07-2009, 11:30
Saya coba bantu yang pernah saya lakukan:
1. Taruh blank pada posisi horintal, ujung bagian masuk butt dijepit, separuh blank usahakan tergantung bebas dan diberi beban. Putar 360 derajat berkali-kali sampai anda melihat perbedaan sudut lengkungan, tandai sudut lengkungan terkecil (anda menemukan posisi backbone). Disisi atas posisi terebut adalah peletakan guide untuk baitcasting, sisi bawah adalah peletakan guide untuk spinning.

2. Mesti melihat pola lengkungan joran, fast; medium; slow tapper. Semakin kaku bagian joran guidenya bisa berjauhan, semakin lentur guidenya berdekatan. Ini tidak berlaku untuk joran baitcasting, karena jarak guide dibuat pendek agar line tidak mengenai blank saat action/fight.

3. Panjang butt popping umumnya 80-90cm, jigging 70-80cm. Daru ujung butt ke reel seat popping 25-30cm, jigging 20-25cm. Sisanya buang ke bawah sampai posisi gimbal.

4. Pakai nylon aja murah segulung <5000, kalau pakai PE boleh-boleh aja cuma hati-hati gesekan PE waktu akhir dimana dibuat tarikan ke lilitan wrapping bisa memutuskan PE tersebut.

5. Light popping pakai guide bawah 30 masih oke, kalau kelas medium pakai size 40 aja. Ukuran medium menurut saya size shimano 6000, 8000 atau Daiwa 4000, 4500. Diatas itu kelas besar.

6. Untuk jigging hampir sama, malah lebih mudah. PE 8 keatas pakai guide bawah 40. Untuk rod custom paling tidak lebih mudah pakai blank jigging, untuk blank popping tingkat kesulitannya lebih tinggi. Paling mudah pakai rod kolam aja dulu untuk experimen.

Mungkin Om Lod yang lebih pantas kasih masukannya. :D Saya coba upload waktu custom rod jigging dan perlengkapannya.

ED WU
15-07-2009, 18:01
@ Billy Kuo: Thanx! Tapi... Cara ngasih bebannya bagaimana yah? soalnya joran kan belum dipasang guide ring... Apa ujung joran diikat pake pe lalu dicantol beban? Kemudian cara ngeliat type joran fast medium dan slow trapper bagaimana?

Thanx!

billy kuo
15-07-2009, 21:21
@Ed Wu:
Saya biasanya pasang tip top kalau ukurannya pas dan tidak longgar di ujung blank (tanpa dilem) dulu baru gantungin beban/dumbel/timah atau tekan pakai tangan aja sambil diputar kalau tip top belum pas alias mesti permak ujung rod.
Untuk tahu karakter blank menurut saya mesti lihat batas lengkungan joran waktu diberi tekanan dalam posisi tegak vertikal. Kalau tingkat lengkungan 1/4-1/3 batang blank masuk kategori fast tapper, 1/2 batang blank melengkung masuk medium, kalau hampir semua batang melengkung masuk slow tapper. (ini menurut saya lho ya, mohon dikoreksi oleh rekan-rekan lain kalau ada salah :D)

Biccarix
16-07-2009, 15:17
Saya punya dvd build rod, syg posisi jauh, kalo gak ente bs pinjam kopi. He5x

ED WU
16-07-2009, 17:20
Saya punya dvd build rod, syg posisi jauh, kalo gak ente bs pinjam kopi. He5x

Mau mau mau.... :D:D:D:D:D:D:D, gue ngasih alamat.. Ente copy... Ente ngasih nomor rekening, gue transfer ongkos kirim dan ongkos copy... bagaimana pace? mantap sampeeeeee...