PDA

View Full Version : outboard 2tak vs 4tak



gudanggolf
12-08-2009, 16:41
mohon suhu - suhu perkapalan kasih inputan..
perbedaan keduanya dari performance and efficiency.
sekarang pake yamaha 200 2tak x 3pcs bbm ama oli nyedotnya kenceng ..
terima kasih banyak
lz :-D

Sportfisherman
12-08-2009, 17:13
mohon suhu - suhu perkapalan kasih inputan..
perbedaan keduanya dari performance and efficiency.
sekarang pake yamaha 200 2tak x 3pcs bbm ama oli nyedotnya kenceng ..
terima kasih banyak
lz :-D

Umumnya pada " cruising RPM " , outboard 4 stroke lebih irit 30~40% dan pada trolling speed bisa lebih irit 50% , tapi kalau pada " full throttle " , hanya lebih irit sekitar 15% bila dibandingkan dgn motor 2 stroke Yamaha 200 . Kalau dibandingkan dgn motor 2 stroke modern spt Evinrude E-Tec tentu lain lagi hasil nya .

Soal speed sih semua outboard ada characteristics nya masing masing , baru baru ini ada article di majalah FISHING WORLD ( Australia ) edisi June 2009 ; hasil nya antara Yamaha F200 / Evinrude E-TEC 200 / Suzuki DF200 :

RPM Yamaha Evinrude Suzuki
700 2.3 l - idle 0.7 l - idle 1.8 l - idle
1000 3.8 l - 4 kt 1.54 l - 3.6 kt 3.8 l - 4 kt
2000 9.7 l - 7 kt 10.1 l - 8.7 kt 9.0 l - 6.5 kt
3000 22.7 l - 12.6 kt 29.0 l - 18.5 kt 19.0 l - 16.0 kt
4000 30.5 l - 26.5 kt 44.0 l - 28.0 kt 26.0 l - 26.0 kt
5000 44.4 l - 32.6 kt 65.0 l - 36.0 kt 51.3 l - 34.0 kt
W.O.T. 65.0 l - 37 kt 79.0 l - 42 kt 70.0 l - 40 kt

Biar lebih jelas , cari dech majalah itu dan mungkin masih ada di bln Agustus ini , semua dijelaskan .

Jon .

Bunawan
05-09-2009, 15:39
Sy pakai 4 stroke 2x200 + 1 225, perjam habiskan lebih kurang 135 liter utk kapal 35feet.
4 stroke mempunyai torque yg lebih besar daripada 2 stroke.
dan suaranya luar biasa halus, kita bisa sambil bicara waktu cruising, beda dengan 2 stroke kalau mau ngobrol harus teriak2.
2 stroke juga karena pakai oli samping jadi waktu warm up , bau kemana-mana.
salam
bunawan

gudanggolf
05-09-2009, 16:03
Pak Bunawan,
thanks sharingnya boleh tahu pake 4 stroke suzuki atau yamaha?
mesin 3 jadi yang 225 di tengah dan 200 di kanan-kiri nya ya.
aneh kebanyakan orang di sini ngga refer ke 4 stroke.. ribet dll.
tapi banyak juga yang bilang ok dan hemat spt info dari pak.
kita baru ambil mesih AETL (ultra long unt mesih tengah),
apa betul ada yang kasih info kalo mesin 3 yang tengah paling
kerja keras?
mohon inputan nya
trims
lz

Surya P
05-09-2009, 18:18
Pak Laurenz,

Kalau Pak Bun punya ada 225 HP nya, kayaknya Yamaha set engine nya deh, sebab Suzuki di Indo setau saya tidak jual 225HP, biasanya 200 dan 250 .

Mesin tengah justru kerja nya lebih santai sedikit, sebab selalu dapat "air". Wing engine nya lebih sering problem di setting mesin 3 kalo nyetirnya ganas belok2 nya. Tergantung berapa dalam V ( deadrise angle ) lambung kapal nya sih. Sering slip propeller di wing engine kalo kita belok nya kayak stuntman, jika kapal terlalu deep V dan tripple engine.

Pilihan propeller yang penting Pak. Pastikan semua mesin bisa mencapai maksimum RPM yang di rekomendasi produsen saat beban 50%. Nanti saat 100% beban, turun nya kalo bisa 300 RPM jangan lebih untuk 2 tak.
Mesin yang overload umurnya pendek dan main ombak besar tidak enak sebab torsi bawahnya tidak akan dapat.

Pakai 4 tak, jika pemakaian mesin tinggi jam operasional nya, dalam beberapa tahun uang irit bensin nya kebayar selisih harga mesin 2 tak di banding 4 tak. Biasanya sebelum 1,000 jam bisa impas.

Soal mesin 4-tak lebih ribet itu hanya kebiasaan orang ajah, maksudnya sudah terbiasa dengan 2-tak yang lebih bisa di "jorokin".

Jika punya mesin 4 tak, kebiasaan buruk 2-tak tidak boleh di piara.
Banyak kapten dan kru yang kurang kompetent, maka takut sama 4-tak.
Lagipula 4-tak pakai electronic control di engine nya, jadi yang awam sama 4-tak jadi takut.

Kunci pakai 4-tak adalah bensin harus bersih, filter besar sebelum masuk ke engine harus. Baiknya 10 micron, maksimal 20 micron dengan coalescer yang bisa buang air. Racor ada jual model ini khusus untuk bensin. Lebih besar lebih baik dan ganti tiap 6 bulan kotor tak kotor pun sebab kaleng filter dari besi, sering karat...nanti bisa macet.

Jaga kondisi impeller ( pompa air laut ), pakai water pressure meter nya, sistim pendingin harus selalu prima sebab 4-tak lebih panas kerja nya dan toleransi terhadap overheat tidak sebandel 2-tak. Sebetulnya 2-tak menangnya cylinder head nya kan satuan, jadi kalo warp/bengkok dikit saat overheat masih bisa ke pake. Kao 4 tak V-6 , minimal 3 silinder head nya di casting jadi satu. Saat mekar dikit, gasket bisa tidak duduk di salah satu cylinder.

Kebiasaan kapal di parkir di pantai sampai sudah super dangkal mesin masih hidup, harus di cegah, impeller sering masuk pasir. Bisa cepat haus dan lemot nanti....overheat deh...bengkok deh cylinder head.

Wiring harus di jaga kering dan baik, kalo low voltage nanti mesin ngadat di ECM nya.

Oli mesin yah pake yang bagus lah, kan ini 4-tak sudah masuk mesin high performance karena ada VVti nya.

Kawan saya banyak pake 4tak suzuki, termasuk saya juga.

Kalo sampean hobby trolling 6-8 knot, 4tak enggak akan rewel kayak ditak di low speed berkepanjangan.

Happy shopping......

SP

Bunawan
07-09-2009, 07:30
Dear p Laurenz
yg sy memang Yamaha, di tengah 225.
Pertama sy pakai 2x200, kemudian ganti body sy tambahkan 225 ultra long ditengah.
Banyak orang tidak mau pakai karena 4tak harus pakai unleaded, mahal, dan lebih berat bodynya 20-30 persen banding 2tak, dan pada saat itu bodynya juga besar.
kapal saya dulu pakai 4x250 2 tak, tapi karena 4 stroke body besar, tidak muat, hanya 3 engine yg masuk. tetapi sekarang lihat yamah 350 4 stroke, bodynya sdh ramping, cuma harganya , he,...heee.....
jadi kalau ditempat bpk bensin sdh unleaded menurut sy tdk akan ada persoalan.
kelebihan waktu troling dan waktu keliling cari rumpon, suaranya halus sekali dan tdk ada asap abu2 yg bikin mabuk org. di lain sisi tetap juga 4 stroke menghasilkan asap yg tdk kelihatan yg tetap berbahaya buat kesehatan, he...he.... he....
4stroke suzuki mempunyai after sales yg luar biasa, maklum disupport ATPM.
mengenai kecanggihan, ya memang mesin ini tdk bisa sembarang diservice, kalau ngadat, sdh pakai komputer ngecek mesin, ya agak repot sedikit.
tetapi kalau beli dari dealer resmi mereka akan look after, makanya jangan beli 4 stroke dari luar negeri, maksudnya import sendiri. nanti kalau ada kerusakan kepala pusing.
kalau overheating , sy alami sama seperti 2 stroke, kalau kepanasan, alarm bunyi, rpm turun. ya kita berhenti mundur sebentar, beresss.
salam
bunawan

gudanggolf
08-09-2009, 16:41
pak Bun dan Pak Surya,
thanks infonya jadi lebih pede ama mesin 4tak
emang kalo jalan pake 2tak ngobrol mesti teriak2..
mau sih ganti ke 4tak tapi mesti nabung dulu.. ntar kapan kesampaiannya
masih blon tahu.. he he :-D
cheers
laurenz