PDA

View Full Version : ikan mas dasar (lama)



sofyan
14-08-2009, 11:17
Assalamu alaikum wr wb

Salam Bahagia para master FF saya mau tanya kemarin saya lihat empang yang biasa saya mancing lomba di kuras sama yg mpunya empang karena banyak komplain dari para pemancing mujaernya dah banyak n gede gede dan sangat menganggu pemancing ......saya lihat sendiri ikan dasar/lama yang gak ke angkat waktu lomba masih banyak sekali mencapai 68 ekor dan ikan super 5 ekor tidak terangkat, setelah di kuras n di isi air lagi ...ikan lama tersebut di lepas berikut dengan ikan super nya..cukup fair lah si mpunya empang nya

pertanyaan nya : adakah cara/trik/tips...mungkin jenis umpan untuk mengakali ikan dasar/lama tersebut mengingat masih banyak juga sisa ikan nya ..??

terima kasih untuk para suhu FF

regards
Sofyan

sigit_susilo
14-08-2009, 11:43
@Sofyan:

Begini kang, memang agar empang itu bersih dan agar bisa makan bagus sebaiknya dilakukan nguras kolam berkala.

Terus ikan yg tersisa:
1. Kita tidak tahu apakah ikan itu betul2 ikan lama atau ikan yang 2 atau tiga hari lalu di ceburin. Karena ada kamungkinan ikan akan baru makan beberapa hari setelah ikan di ceburin apalagi kalo cara ceburin ikan pake di lempar, di jamin ikan masih stress dan kaget, jadi tidak akan langsung makan pada hari saat di ceburin.

2. Kalo betul itu ikan lama yg lebih dari seminggu tidak bisa kepancing... pastinya si ikan dah mulai "makan tanah" kolam... ini yang susah. Coba pake umpan Amis yg agak kuat tapi kalem (coba umpan cuwek salem steam kang kompeni) resep bisa di search.

3. Ikan yang sudah lama di kolam makannya tidak ngetrik (pelampung seperti mesin jahit), dan ikan makannya sangat halus. Biasanya ikan akan makan di tempat dan tidak kabur/bergerak. Coba gunakan rangkaian glosor atau kalo toh pake pelampung biarkan pelampung termakan dengan sempurna. Jangan terlalu bernafsu bila pelampung bergoyang... biarkan pelampung agak ngelem baru di tarik.

...Mungkin dari yg lain bisa menambahkan atau ada pendapat lain.....
Yo silahkan di sharing pengalamannya:-D:-D:-D

sofyan
14-08-2009, 13:38
aduh terimakasih kang Sigit insya Alloh besok saya mau coba mancing harian di sana mudah mudahan bisa ke angkat tuh ikan lama nya ...saya mau coba terapkan tips dari kang Sigit n umpan steaming nya kang kompeni si cue salem
regards
sofyan

Anto_313
15-08-2009, 19:20
Kang Sofyan tolong info kolamnya yg agak detail dikit, nama kolam & lokasinya,tiket harian & lomba brp ,ikan turun brp kg ??:confused:
Dari infonya sih ikan sisa cukup banyak ada babonnya lagi..;);)

Thanks
Anto 313

bmoer
29-08-2009, 23:04
2. Kalo betul itu ikan lama yg lebih dari seminggu tidak bisa kepancing... pastinya si ikan dah mulai "makan tanah" kolam... ini yang susah. Coba pake umpan Amis yg agak kuat tapi kalem (coba umpan cuwek salem steam kang kompeni) resep bisa di search.

Kang Sigit ikan udah mulai makan tanah kolam maksudnya apa ya...?, apa artinya dia sudah ngga mau makan umpan pelet lagi...?, bisa tolong di jelaskan...?

sigit_susilo
30-08-2009, 09:06
@bmoer:
Kang Bara, yg di maksud ikan dah makan tanah kolam adalah ikan sudah terlalu lama di dalam kolam dan tak terpancing... Biasanya mereka sudah mulai makan lumut2 dan sisa makanan basi yg ada di dasar kolam. karena kebiasaan makan lumut jadi makannya pun sangat halus dan hati2. Ikan ini akan sangat sulit di pancing. Kata orang sih ikannya udah pinter. Penggunaan umpan pelet atau sejenis harus benar2 menyerupai kedua bentuk makanan mereka di dasar kolam.:-D

opay7
30-08-2009, 11:30
nah ini nih masalah yg agak susah2 gampang. di tmpt saya ada empang ikan mas besar2 ikannya, tapi ikannya tidak pernah di kasih makan..dia sudah terbiasa makan lumut / tanah dasar empang tsb. saya coba pake bau amis,wangi,semua gagal. pernah waktu itu saya pake pelet 33 tanpa saya campur dengan yg lain (murni pelet) saya cantolin ke pancing kecil sekali (mata pancing tidak tertutup semua) niatnya sih mau mancing mujair. eeeh...ternyata yg makan ikan mas 7.5kg dan 3.5 kg. (semua di release).
klo untuk di empang kiloan/harian sih sy jugan yerah. om sigit tuh yg jago ngakalin ikan beginian.

#saran saya : pergunakan mata pancing 1 pcs saja dan menggunakan timah sobek, pelampungnya juga kecil. seujung jari kelingking.

bmoer
30-08-2009, 17:01
Terimakasih Kang sigit dan kang opay, tapi kasus seperti ini cuma terjadi sama ikan mas saja, atau bisa pada ikan kolam lainnya...?, misalnya ikan Nila babon, atau Lele/bawal di kolam pemancingan...?

opay7
30-08-2009, 22:40
Terimakasih Kang sigit dan kang opay, tapi kasus seperti ini cuma terjadi sama ikan mas saja, atau bisa pada ikan kolam lainnya...?, misalnya ikan Nila babon, atau Lele/bawal di kolam pemancingan...?

setahu saya bisa ikan apa aja. karena ..bener kata om sigit..si ikan sudah terbiasa makan lumut/tanah di dasar kolam. disini juga masih jadi PR buat saya cara mancing ikan nila babon, lele, patin, emas. udah pake umpan apa aja tetep tidak mau. pernah sih ada yg dapet nila babon ukuran 1kg up, itu aja pake umpan lumut. udah 1 bln ini belum ada lagi yg bisa naikin ikan babon.

bmoer
01-09-2009, 21:06
Pantes kang, saya pernah mancing di pemancingan daerah cinangka, pake pancing lumut dan umpan lumut malah dapat nila babon 1,4 kg dan ikan emas 1 kg up juga......pancing no. 0,8 , kenur dan pelampungnya halus banget. Terima kasih informasinya kang Opay.....

bawalrewel
01-09-2009, 21:34
wah ini seru ni...
ane paling suka yang beginian.........
kondisi airnya pagemane dulu?
kalo pengalaman ane sih mancing beginian enaknya pake pancing rangkaian glosor ndak usah pake pelampung...mata kail yang kecil aja dengan jumlah 3-5 jaraknya sekitar 7-10cm antar mata kail...
kalo umpan yang sesuai aja dengan kondisi air, mungkin dapat di search di fishy bait...
nah yang menentukan tu besarnya umpan..kalo bisa kecil aja, bentuknya kayak (maaf) e'e' kambing...:D:D:D trus ditancepin aja di kail...
dulu sih kalo ketemu ikan begianian ati-ati..joran ente bisa nyebur!!!
tapi itu pengalaman dulu...sekarang sih dah gak pernah lagi mancing beginian soalnya disekitar daerah ane udah gak ada kolam yang beginian...:-D:-D:-D