PDA

View Full Version : Ask Drag Daiwa Fream J dibawah standard



Windra
14-08-2009, 23:28
Dear rekan2x,

Mohon pencerahannya,
Saya mempunyai reel Daiwa Fream 4500J, reel ini baru dipakai 4 kali melaut. ikan terbesar yg pernah diangkat reel ini 5kg.
Terakhir kali reel ini digondol ikan, entah beratnya berapa, tetapi meskipun saya kencengin drag nya sampai locked up, benang PE masih keluar terus sampai leader terputus karang.
sesampainya dirumah saya test dragnya menggunakan Scale (timbangan), betapa kagetnya saya melihat bahwa locked up drag cuman menunjukan angka sekitar 4-5 kg :confused:....
padahal claim di website max drag fream j sampai 9 kg.

Pertanyaan saya, apakah ada yang salah pada drag fream nya, atau memang 9 kg itu cuman angka teoritis saja.
kalo emang ada yang salah di drag nya. adakah teman2x yang tau tempat reparasinya (saya berdomisili di surabaya)
sekedar info, saya tidak pernah mengutak utik drag reel ini.
untuk timbangannya juga lumayan akurat ( dicek menggunakan barbel :D)

Trims buat pencerahannya,
windra

billy kuo
15-08-2009, 06:16
Coba check kondisi drag bagaimana, biasanya kasus drag tidak mau ngerem karena salah perawatan after trip. Drag tidak boleh basah kena air waktu dibersihin, jadi waktu dibersihin mesti dikunci penuh dragnya. Bisa juga karena terkena pelumasan grease atau oli (terjadi pada salah satu teman, drag tidak mau berhenti). Pastikan punya posisi susunan drag sudah benar jika sudah pernah dibuka sebelumnya. Punya saya Freams sejauh ini no problem.

kakapmerah
15-08-2009, 06:53
Bro, coba di lihat manual bokok-nya, tipe kanvas dragnya apakah tipe basah apa kering. kalau tipe kering dan ternyata kena basahan oli atau air, bisa saja jadinya drag gak mau mngunci. ane juga punya freams j. so far so god deh

bonito
15-08-2009, 12:17
Bro, coba drag-nya dibongkar.
Di bersihkan sisa2 greasenya menggunakan tissue atau carburator cleaner lebih baik.
Stlh itu oleskan grease pd drag washernya, tipis2 saja. Pasang kembali.

Biasanya drag system terintrusi air shg kekuatan drag turun.

Atau bisa ganti dgn carbontex utk smooth drag.

bobbo
17-08-2009, 00:08
wah abis gini saya dapat warisan reel freams J dari pak Windra nih hehehe...siap nampung siap nampunggg... hahahhaa...

Mo beli Stella ya pak????

Soal drag mgkn bisa dicoba deh... sori kurang bisa mbantu karena kurang wawasan di reparasi reel... kalo saya di posisi bapak, tetep saya pake pak meski drag 4-5kg itu... untuk nambah drag, pegang spool pelan2 waktu strike... rem alami hehehe...
canda ya pak..

Windra
18-08-2009, 14:09
Hmm... jadi sebaiknya di check ya dengan membongkar dragnya... ok ok saya akan coba lakukan...

Saya juga tertarik dengan carbontex, saya sudah coba search tapi tidak menemukan dimana bisa membeli barang tsb, ada yang tau dimana saya bisa beli ga?

@ bobbo,
wkwkwkw...tiap kali melihat stella pasti tergiur untuk beli, tapi harganya itu loh yang bikin mundur..., hmmm rem tangan ya..ok ok kayaknya perlu latihan ini...ayo kapan mancing bareng


thx,
Windra

hitokiri
22-08-2009, 08:05
Teman-teman, maafkan pertanyaan saya yg masih OOT ini, maklum masih newbie. Sebetulnya cara mengetes drag yang benar itu dg cara di test langsung dari spool ke timbangan pegas, atau harus menggunakan joran dan ambil posisi fight kemudian tali di tarik oleh timbangan pegas sehingga joran melengkung dan baru kelihatan nilai drag power nya?

Kemudian apakah dengan posisi putaran setelan drag yg sama jika di test dengan 2 cara yang berbeda itu bisa menghasilkan nilai drag power yang berbeda? Atau sama saja?

Thanks atas jawaban nya.

billy kuo
22-08-2009, 08:34
@P Kenji:
Sama aja sebetulnya Pak, cuma kalau pakai rod dengan ditarik jaangan sampai posisi 45 hati-hati jika kekuatan rod < drag reel, bisa meledug patah rodnya. Karena terkadang kita stel drag 10kg ternyata drag maximal rod posisi 45 cuma 8kg dan meleduglah sebelum trip. Amannya pakai rod posisi sudut terendah semampunya. Posisi 45 adalah posisi kemampuan drag terkecil dari rod. :D

hitokiri
22-08-2009, 08:41
@billy kuo: I see, jadi dg demikian saya asumsikan paling aman memang tanpa rod sama sekali, dan juga tidak ribet mau stel drag aja harus pasang reel ke rod.. Thank you..

vanvirgan
22-08-2009, 08:50
Saya juga tertarik dengan carbontex, saya sudah coba search tapi tidak menemukan dimana bisa membeli barang tsb, ada yang tau dimana saya bisa beli ga?

Windra coba PM ke Jerry aka Bonito, siapa tau beliau tau dimana belinya ;)
Semua spool Freams J aku sdh pake Carbontex, dan freams J temen, aku pake narik GT >20 kiloan cepet naiknya.

Rudy 007
22-08-2009, 10:43
@billy kuo: I see, jadi dg demikian saya asumsikan paling aman memang tanpa rod sama sekali, dan juga tidak ribet mau stel drag aja harus pasang reel ke rod.. Thank you..
Berhubung saya ga punya rod high end, biasanya saya setting drag 1/4 nya kekuatan rod. Misal popping rod PE8 = 80 lbs menjadi 20 lbs sekitar 9-10 kg.

Tapi kadang waktu fight saya mengusahakan agar sudut angkat nya ga terlalu tinggi, agak kuatir juga takut patah :-D . Yah kadang memang mencapai 60 derajat juga tapi ga lama atau saat memompa. Pernah 1x GT PoP pe 8 saya set drag 11 kg, saat fight ikan lumayan gd, sdh masa bodo mau patah yah sdh. Ga mikir derajat apa kek :smt064, masa bodo eh tapi ternyata yah ga apa2 :-D

Rudy 007
22-08-2009, 10:48
@billy kuo: I see, jadi dg demikian saya asumsikan paling aman memang tanpa rod sama sekali, dan juga tidak ribet mau stel drag aja harus pasang reel ke rod.. Thank you..
Berhubung saya ga punya rod high end, biasanya saya setting drag 1/4 nya kekuatan rod. Misal popping rod PE8 = 80 lbs menjadi 20 lbs sekitar 9-10 kg.

Tapi kadang waktu fight saya mengusahakan agar sudut angkat nya ga terlalu tinggi, agak kuatir juga takut patah :-D . Yah kadang memang mencapai 60 derajat juga tapi ga lama atau saat memompa. Pernah 1x GT PoP pe 8 saya set drag 11 kg, saat fight ikan lumayan gd, sdh masa bodo mau patah yah sdh. Ga mikir derajat apa kek :smt064, line out nya jg lumayan, masa bodo lah eh tapi ternyata yah ga apa2 :-D

Ada bbrp rod yg di body nya mencantumkan tulisan max drag sekian kg, ini juga harus hati2 memperhatikan sudut angkat joran. Soalnya ga di tulis sekian kg itu berapa derajat. Di bbrp website, ada menulis joran merk "A", max drg misal 8 kg @ 45 D dan 5 kg @ 60 D. Nah kalo sdh begini ambil amannya setel aja di 5 kg. Pls CMIIW.

hitokiri
22-08-2009, 10:57
@Rudy 007: ok pak Rudy thanks, rod saya tertulis max drag: 11 kg, kalau seandainya drag reel saya set 7kg masih aman ya pak?

billy kuo
22-08-2009, 11:53
@P Kenji:
Angka load max atau drag max biasanya diambil dari sudut terendah, sudut tertinggi batasan drag max.nya bisa turun sampai 50%.
Drag 11kg biasanya sekelas Daiwa Monster Mesh PE3-6. Dah cukup mumpuni buat medium class, palingan kita set reel average 7kgan.
Yang pasti settingan kita harus disesuaikan lokasi, kadang setiap lokasi tidak bisa disamakan settingan dragnya meskipun target ikannya sama. Biasanya struktur karang atau struktur dasar memaksa kita pakai settingan drag tinggi sehingga kita harus narik sekuatnya. Saya pribadi prefer line class rod > main line, misal kita pakai line kelas 60lbs saya pakai rod 70- 80lbs, karena kita bisa tidak terlalu khawatir rod overload. Kita masih spare kekuatan rod yang mumpuni untuk tarikan kasar. :D

hitokiri
22-08-2009, 12:15
@Pak Billy: iya rod saya kelas PE 3 - 6, merek sea hawk red scorpion, max drag 11 kg. Wah berarti kalau saya pakai PE 4 dg breaking strain yg lebih tinggi hingga 64lbs seperti yg anda sarankan di PM, berarti idealnya pakai rod 80-an lbs ya? kudu beli rod lagi nih.. ;-)

billy kuo
22-08-2009, 12:22
Break max line di 64lbs, namun anda khan bisa atur supaya drag tidak lebih dari yang disaranin di rod. Hematnya tidak perlu ganti rod, cukup setting drag aja. Style tiap orang beda khan Pak, tidak perlu ikutin saya, mana yang cocok untuk anda yang lebih tahu anda sendiri.....:D

hitokiri
22-08-2009, 12:27
I see. Maaf saya masih ada pertanyaan lagi, dan maaf bukan bermaksud untuk membajak thread orang lain ;-) tapi sudah terlanjur membahas masalah max drag pada rod nih ;-), pertanyaan saya adalah, jika max drag rod saya 11kg, kemudian saya set drag reel saya 7kg, nah jika nanti terjadi benang PE saya di tarik ikan hingga habis setengah spool, artinya drag menjadi 7kg x 2 = 14kg yang artinya sudah melampaui kekuatan max drag nya rod, itu kira-kira apa yang terjadi pak Billy? thanks atas jawabannya.. maaf banyak tanya. :p

billy kuo
22-08-2009, 12:31
pertanyaan saya adalah, jika max drag rod saya 11kg, kemudian saya set drag reel saya 7kg, nah jika nanti terjadi benang PE saya di tarik ikan hingga habis setengah spool, artinya drag menjadi 7kg x 2 = 14kg yang artinya sudah melampaui kekuatan max drag nya rod, itu kira-kira apa yang terjadi pak Billy? thanks atas jawabannya.. maaf banyak tanya. :p

Kurangi settingan drag saat itu atau rod meledug.......:D

hitokiri
22-08-2009, 13:09
Oh begitu, saya pikir (juga yg saya baca di thread2 lama ttg drag di forum ini), setelah kita stel drag sblm mancing dg setelan 1/3 atau 1/4 maksimal breaking strain PE kita tidak boleh merubah2 lagi setelan drag nya... :-D ternyata saya yg salah pengertian? thanks.