PDA

View Full Version : Ask mohon bantuan.....(info rod 1 jt an yg bisa angkat ikan 10 kg)



queto29
21-09-2009, 17:25
mas-mas tolong info untuk modal 1jt dapat rod yang kuat angkat 10 kg keatas dapat rod apa ya?????

billy kuo
21-09-2009, 19:00
Dipakai dimana Pak? Air tawar atau laut? Mau pakai tehnik apa juga? Tolong yang lebih spesifik supaya rekan-rekan bisa bantu.......:D

queto29
22-09-2009, 22:14
Dipakai dimana Pak? Air tawar atau laut? Mau pakai tehnik apa juga? Tolong yang lebih spesifik supaya rekan-rekan bisa bantu.......:D

maaf pak info saya kurang lengkap....
klo lokasinya saya baru pemula di lokasi laut pak...
saya hendak menggunakan piranti tersebut di laut pak...
klo untuk tehniknya saya juga belum terlalu paham tentang teknik dalam memancing...
saya hendak memakai piranti ini untuk teknik jigging -popping....
saya tunggu infonya pak....
trims ya,.......

Rudy 007
22-09-2009, 23:42
@Nico
Judulnya saya edit agar lbh jelas, tlg next time buat judul thread yg lbh jelas dan spesifik.

Batasan suatu rod bisa mengangkat brp kg bukan di lihat dr hrg, tp di mana poundage class atau gampangnya kelas brp lb rod tsb. Contoh extreem, joran trolling 600an rb pasti kuat angkat ikan 10 kg, tp blm tentu dgn joran ultra light class berharga mahal yg memakai aksesoris fuji titanium misalnya.
Juga faktor medan pancing, skill pemancing dan bbrp faktor lain jg ikut menentukan bs tdk nya ikan besar di taklukan.
Oh ya 1 hal lg joran jigging dan popping akan sgt tdk nyaman kalo di paksakan pemakaiannya (bolak balik), krn faktor panjang dan beratnya.
Kalo u pemula saya sarankan lbh baik cr joran jigging dgn kelas pe 1-3, dgn pertimbangan msh nyaman di pakai buat mancing dasar jg.

Coba anda klik link di bwh signature saya, siapa tau dpt membantu jg.

kakapmerah
23-09-2009, 06:56
kalau berbicara merek, mungkin bisa dipertimbangkan pioneer tuna terror plus yang kelasnya PE 1-3. dipakai dasaran juga enak. Lalu, bisa juga pake maguro ekpresiion yang poundage nya maksimal 20 lbs. jorannya lentur dan enteng. cocok banget untuk light jingging. dengan kemampuang yang ok dan piranti yang mendukung, ikan 10 kg mestinya bukan masalah

hitokiri
24-09-2009, 15:10
Pak/Mas Niko, saya bicara berdasarkan pengalaman saya aja ya karena saya juga pemula, biasanya pemula mancing di laut sukanya tanya "ada gak joran yg bisa di pakai untuk semua teknik mancing", atau "saya mau joran, joran apakah yg dg budget sekian bisa untuk mancing dg semua teknik" atau "joran dengan budget sekian bisa untuk ngangkat ikan sekian kilo ke atas" dan pertanyaan2 sejenisnya.

Kalau menurut saya sih, sebaiknya anda pelajari dulu teknik-teknik mancing yang bisa di lakukan di laut, misalnya dasaran, ngoncer, jigging, popping, trolling dsb.. nah baru jika anda sudah terpikat dg salah satu teknik mancing laut itu, baru lah anda tentukan mau beli joran yg sesuai dg teknik mancing favorite anda. karena anda tinggal di denpasar bali, saran saya sih coba lihat2 video teknik mancing jigging karena kebanyak spot2 di bali cocok untuk teknik jigging, walupun popping juga bisa. nah setelah anda sreg dan cocok dg teknik tersebut barulah cari joran yg sesuai dg budget anda.

dulu saya pun seperti anda, ingin beli 1 joran bisa untuk jigging dan popping hihihi.. skrg kalo ingat2 kejadian itu pengen ketawa sendiri.. memang betul kata pak Rudy, joran jigging dan popping tidak nyaman jika di pakai bergantian satu sama lain. Jadi joran jigging ya joran jigging, joran popping ya joran popping. ;-)

billy kuo
24-09-2009, 15:17
Setuju ama Om Kenji, anda pelajari dulu dari video tehnik apa yang sesuai, kalau cocok baru ditekuni..... kalau jigging dan popping harus 2 rod tersendiri, karena pada prinsipnya beda popping butuh lempar jauh sedang jigging tidak perlu lempar jauh..... :D

art_blue
24-09-2009, 16:11
Setuju ama Om Kenji, anda pelajari dulu dari video tehnik apa yang sesuai, kalau cocok baru ditekuni..... kalau jigging dan popping harus 2 rod tersendiri, karena pada prinsipnya beda popping butuh lempar jauh sedang jigging tidak perlu lempar jauh..... :D

setubuh om bill...hehehe...kalo mau jigging bisa pake rod sependek mungkin biar lebih kuat dan mantabs...tapi kalo mau popping sepanjang mungkin biar lemparan nya jauh, kalo soal merk dan tipe kayaknya udah banyak dibahas di forum deh bro niko, coba aja ikuti saran om rudy coba liat-liat dulu, sebab rod 1 jutaan mah banyak banget dan gak terbatas buat ikan 10 kg saja.

tips dikit, coba jalan2 ke toko pancing dan coba pertimbangkan tipe-tipe ini :

- Pioneer Tuna terror Plus (+-450Rb)
- Eupro Hammer Jig II (+-500rb)
- Shimano Jigwrex (+- 2 jt)
- Daiwa Monster Mesh (+- 2 jt)
- Kamikaze (lupa tipenya) harga sekitar 1 jt
dll...masih banyak deh kayaknya kalo mau cari referensi dengan fasilitas search nya FF, hehehe...semoga membantu, thanks.

martinez
25-09-2009, 07:55
Klo popping pake aja
Maguro giant trevally dan
Maguro thurnus udah terbukti bukan ikan 10 kilo tapi sampe 30kg juga ga masalah