PDA

View Full Version : ask (Cara make soft bait)



YU001
04-10-2009, 17:50
salam buat rekan semua

Saya kemarin pernah ditawari oleh sales di toko pancing softbait merk berkley gulf, menurut sales itu ni bait bisa dipakai untuk mancing laut. Nah yang ingin saya tanyakan
1. Tehnik apa yang cocok dipakai untuk jenis soft bait, terus rangkaiannya bagaimana ? terus tehnik mainin nya gimana ?
2. Apakah jenis softbait (Tipe/merk yang ada di indo) yang baik untuk mancing di laut dengan dasar terumbu karang ?

Makasih

silver_sanma
04-10-2009, 19:35
sebenarnya, tergantung jenis softbait-nya juga, Pak! Dan mengenai hal ini, sepertinya sudah banyak di bahas di fishylure. coba cari dulu. atau kalau memang mau kita bahas bareng, tentukan dulu jenis softbait nya seperti apa, jenis, type action dsb-dsb-nya.

terima kasih.

bandengkropok
06-10-2009, 18:01
salam
ikutan menyimak iyaah...
kebetulan saya jg pengen tau tentang pemakaian soft bait inih

trims...

YU001
08-10-2009, 17:38
Trim's atas tanggapannya pak moderator

Kemarin tu yang di tawarin ke saya Softbait dari berkley yakni :
1. Shrimp (Bentuk kayak udang)
2. Sandworm (Kayak binatang kakiseribu)
3. squid ( Cumi 2x).
Katanya si salesman sih tu softbait tahan berkali kali pakai. Makanya saya jadi interest dan ingin lebih tahu.

Mungkin demikian pak moderator. Tolong di share ilmunya.
Trims

Porobibi
08-10-2009, 19:01
Ini ada sedikit hasil gerilya, aku juga penasaran gimana cara maeninnya trus tackle bisa dapat dimana?

The Fishing Website (http://www.fishing.net.nz/index.cfm/PageID/25/view/yes/editorialID/563)

trus ada beberapa jenis kolesi plastic soft bait berkley

http://www.berkley-fishing.com/cat.php?k=298744&sk=298744

trus ini salah satu thread di FF

http://www.fishyforum.com/fishysalt/fishylure/fishycast/10824-belajar-salt-water-lure-fishing-beginners.html (http://www.fishyforum.com/fishycast/10824-belajar-salt-water-lure-fishing-beginners.html)


Kayaknya jarang ada yang jual, apalagi di Jayapura....

silver_sanma
09-10-2009, 10:37
Sebatas yang saya tahu, yang namanya artificial lure (lure tiruan) itu sebisa mungkin mendekati bentuk/gerakan/bau/warna dari makanan sehari-hari ikan target yang mau kita pancing, baik itu softbait maupun hard lure. softbait sendiri ada yang yang berbentuk ikan, udang, cacing atau pun yang lain.

Kalau saya cerita mengenai kebiasaan, tentunya kebiasaan yang saya lakukan / saya lihat di sini (Jepang), softbait shrimp (menurut saya lebih mirip lobster kecil) lebih banyak dipakai untuk target ikan Bass. Kalau yang bentuknya sandworm (yang anda katakan berkaki banyak), lebih sering dipakai untuk mancing ikan bojor / kaca piring. Dulu pernah ada teman dari Aussie yang bilang itu bagus juga untuk Bream (mirip Kakap). Sedangkan yang bentuknya cumi-cumi, sepertinya lebih sering dipakai untuk trolling, walaupun beberapa waktu yang lalu ada juga yang memperkenalkan soft lure tersebut untuk casting.

Setahu saya, model yang paling banyak dari softbait ini adalah baitfish dan worm. Mungkin jenisnya ada puluhan atau bahkan ratusan, dan saya sendiri tidak tahu pasti.

Dari segi ketahanan saat digigit ikan, memang mungkin cukup kenyal sehingga awet, tapi kadang dia lepas dari mata pancing saat ikan berontak sehingga hilang. Selain itu, untuk pemakainan yang berulang-ulang, sepertinya bisa menurunkan kekenyalan, bau dan warna dari softlure tersebut. Biasanya kalau saya, kalau mau dipakai lagi, saya masukan lagi ke wadah semula yang biasanya masih ada sisa cairan seperti minyak di dalamnya, jadi tidak kering/rusak.

Untuk pemakaiannya, ada yang dipakai begitu saja dengan mata pancing biasa (contoh mancing ikan bojor), atau dengan hook khusus softbait (mancing black bass) atau juga dengan jig head (Bream, Mebaru, Layur dsb).

Mengingat softlure ini biasanya cukup ringan, orang sering memakai timah rocket / jighead untuk membantu melemparkannya agar cukup jauh, atau juga dengan shinker untuk membantunya agar cepat tenggelam. Ada juga kombinasi jig head dengan shinker, jig head dengan floot dan lain sebagainya, yang pada intinya semua itu membantu kita sebisa mungkin menempatkan softlure tadi mendekati lokasi wilayah dan kedalaman ikan target berada.

Itu yang sebatas saya tahu. Terima kasih.

YU001
09-10-2009, 17:32
Thank's atas masukan dari pak moderator dan teman yang lainnya.

berarti posisi rangkaiannya Line + Leader (Trace) + Jighead + Soft bait.
nah. kalo begitu tambahan pertanyaan saya pak moderator

1. Di website itu ada menyebut tehnik dropshot. Bagaimana dengan tehnik ini pak moderator (Baik itu rangkaian, aplikasinya, tehnik macingnya)

Sekali lagi trim's atas masukan teman 2x.

silver_sanma
09-10-2009, 19:39
Drop shot...

sesuai dengan namanya, teknik ini emang sebuah shot dengan cara di drop :D biasanya untuk lokasi yang cukup dalam tapi dalam jarak pendek. mirip sekali dengan mancing dasaran / glosor pasiran.

rangkaiannya, main line - leader - mata pancing - sinker. Mata pancing dipasang di leader tanpa kumis dan dipasang dengan simpul palomar.. (semoga nggak salah nama)

umpannya mungkin lebih cocok pakai worm atau baitfish. Setelah di cast... dan sinker sampai ke dasar.... baru dihentak kecil-kecil agar lure yang terpasang di mata pancing "menari-nari" untuk menarik ikan.

YU001
10-10-2009, 07:29
Okdeh pak moderator.

saya jadi dapat pencerahan nich :D. Trim's pak moderator.
Saya emang rencana mo nabung dulu terus coba mancing dengan
softbait di laut seputaran legundi (Lamsel).
BTW ada teman 2x yang baru 2x ni pernah ke perairan legundi & Krakatau
ndak :confused:. Apa masih ada spot yang potensial diseputaran lampung selatan. (Maklum nelayan sini marak main petasan sich , jadinya rada sulit nyari spot yang masih potensial).

Trim's