PDA

View Full Version : Ask Fuji alconite vs fuji SiC



codot
06-10-2009, 04:33
Mohon bantuan teman2 yg bisa mereview.. Kelebihan dan kekurangan guide alconite dan SiC, thanx..

ALFIANDI
06-10-2009, 07:54
Coba aja dicari pake search engine di atas OM..InsyaAllah ketemu..:D
banyak koq yang udah menjelaskan ttg apa & kenapa dng Fuji alconite maupun Fuji SIC..
salah satunya, adalah bahan Fuji SIC lebih kuat menahan gesekan Braided Line dr pd Fuji Alconite..kedua2x sama2 kuat tp lebih kuat SIC..
atau..
Tackle dng materi FUji SIC tentu harga lebih mahal dr pd Fuji ALconite.. dsb..dsb..dsb..
Ment searching ya Om..:-D

billy kuo
06-10-2009, 08:23
Alconite sudah oke buat segala kondisi baik untuk PE kelas kecil maupun PE besar masih oke punya, dari perbandingan harga yang bisa 2/3 SiC bisa anda simpulkan sendiri kualitas perbandingan awetnya. Yang pasti cincin Alconite lebih berat daripada SiC namun tidak terlalu berpengaruh. Alconite bisa dikatakan "generik" SiC. :D

pandejon
06-10-2009, 09:59
Harga memang tidak bisa bohong.

Untuk pemancing yang memakai tali PE pemakaian SiC guide adalah investasi awal yang disarankan, jika dibandingkan harga tali PE itu sendiri yang cukup lumayan

codot
06-10-2009, 15:30
Thanx pencerahanya.. Jd udah jaminan y kalo fuji SiC.. Soalny ngeri juga,saya baru beli PE yg lumyan hargany,trz coba masukin reel pake joran biasa ngeri bgt dengar gesekan di ringnya.. Apa alconite ad kemungkinan rusak juga? Berapa lama ketahananya dengan frekuensi mancing 1bulan 2x. Mhon pencerahanya, salam strike..

billy kuo
06-10-2009, 15:45
Kalau ring joran bukan hard ceramic / aluminium oxide dipastikan ring anda akan kalah oleh gesekan PE dan akhirnya malah mencederai PE baru yang anda masukan.

Alconite maupun SiC sama-sama akan rusaklah, tergantung frekuensi tarikan monster yang didapat dan perawatan guide; cincin after trip serta pelumasan PE. Kalau dibawa trip 100x setahun tapi tidak dapat ikan besar ya tidak akan rusak, hehehehehe........ Yang pasti SiC lebih baik karena harganya 1,5x Alconite, namun jika adanya rod berguide Alconite ya tidak apa-apa.

Anda bisa ganti SiC pada ujung tip top kalau merasa Alconite tidak mumpuni. Karena ujung tip top penerima beban terbesar dari tarikan PE. Guide lainnya tidak perlu. Mungkin habis 150-200rb termasuk ongkos bongkar pasang tip top.
Kalau ganti full SiC siapkan dana 500-700rb untuk 6 guide 1 tip top, belum termasuk ongkos pasang. :D

eriko susanto
06-10-2009, 15:47
kutipan dari fuji official site ring Types

"A" (Alconite) Ring

Fuji has developed a new material fro their Guides and Tips called the Alconite Ring. This ring has been adapted to the Fuji New Guide Concept Frame and has the following features:
Bright black polished surface.
Improved heat conductivity
Thinner
Strength - 1.8 times harder than Hardloy.

SILICON CARBIDE (SiC) Rings

Here is some information on the Fuji Silicon Carbide (SiC) rings for Fuji Guides.
GREAT HEAT DISSIPATING ABILITY

This is especially important when fighting that big fish. That's why FUJI boat and trolling rod guides and tops are designed with the SiC rings mounted directly to the brass frame. This allows the heat to dissipate rapidly from the ring to the frame. So the next time you build or purchase a rod make sure you get genuine 100% FUJI SiC guides and tops.
SUPER HARDNESS
For the guide surface to remain smooth it must be made of a super hard material.
:p SIC rings are 12 times harder than stainless steel and nearly :-D twice as hard as aluminium oxide

SUPER LIGHTNESS
SIC ring weight is 1/3 that of stainless steel and 1/6 that of tungsten carbide ring.
LOWER FRICTION
SIC rings are diamond polished to eliminate friction and heat build up. Less friction means less line wear and breakage.




Comparision of Rings
See the table below for comparisons:

Results of tests done on different rings in Japan.
Ring Grade Best -----------------Better
Name SiC Ring --------------------Alconite Ring
Material Silicon Carbide-----------Reinforced Aluminium Oxide
Colour Graphite Black-------------Polished Black
Hardness 2200~2400--------------1300~1500
Specific Gravity 3.2 ---------------4.2
Heating Conductivity 0.15---------0.11
Material Strength 55---------------45
Heating Test over 500 times------over 300 times

So over all SIC , lebih keras, lebih tahan gesek , menyalurkan panas lebih baik , lebih ringan , quality control by fuji lebih baik ... Juga LEBIH MAHAL...

IMHO Kalo suara gesekan semua pasti ada mau sic ato alconite , perbedaanya adalah jam pemakaian ( pada pemakaian normal ga da bedanya ) kalo al oxide cuma narik ikan 1 , 2 kg pake pe 2-3 tahunan juga belom kemakan tuh ring tapi kalo nariknya ikan gede 2 yang kaya bajaj.. gesekan ring dan PE akan menimbulkan panas dan material akan mendekati titik leleh jadi lebih lunak .. dan kemakan deh tuh ring ... dengan spek teknis diatas tentu SIC lebih tahan ... begitu yang saya tangkap ...

billy kuo
06-10-2009, 15:53
Mantab info dari Om Eriko! :D

Anton nius
06-10-2009, 16:04
Brarti fuji sic lbh tahan gesek ya...
Apakah ad material yg lbh tahan dri fuji SIC ?

billy kuo
06-10-2009, 16:09
Saya pernah baca diatas SiC masih ada, campuran bahan saya agak lupa.... titanium mungkin ya :confused:, harga diinfokan 2x SiC namun lebih ringan. Jarang ada apalagi di Indo, SiC aja terbatas tipenya..... paling cuma gun smoke aja variannya di Indo.....:(

Biccarix
06-10-2009, 16:12
Titanium itu framenya aja om adhi. Untuk ring guidenya tetap sic. Yang paling mahal itu gold cermet. Harganya super mahal.

billy kuo
06-10-2009, 17:31
@Ronaldo:
top frame memang titanium untuk SiC, untuk bahan ring-nya yang saya lupa..... kebetulan ingat rod shimano speedmaster untuk high speed jigging pakai titanium buatan shimano. Gold cermet ya? :confused:

codot
07-10-2009, 01:23
Thanx a lot,om bily n om eriko.. Kuomplit bgt pencrahanya.. Btw punya referensi rod yg udh fuji SiC,Tp kisaran hrga 1,5jt..?? Kmrn d twrin MM Sm om bily,tp syg budgetny kepake yg lain. Sory bgt om bily.. Nabung lg dh.. He..

billy kuo
07-10-2009, 08:16
Budget 1,5jt dengan guide SiC buat rod apa? Jigging? Popping?

codot
07-10-2009, 08:24
Dua duanya om billy.. Kalo jigging apa,trz kalo popping juga apa? Thanx.. Salam strike

billy kuo
07-10-2009, 08:38
Pakai fasilitas search aja dulu karena udah banyak dibahas, kalau memang tidak ada jawabannya baru buka thread baru......:D

ALFIANDI
07-10-2009, 09:46
Dua duanya om billy.. Kalo jigging apa,trz kalo popping juga apa? Thanx.. Salam strikeMaksudnya Dua2nya itu 1 Rod buat Jig & pop gitu ?? .. sorry ..td budget 1,5 jt ??
sepertinya mending harus menabung lebih lagi OM..karena belum ada jorang yang bs dimaksimalkan buat 2 keg teknik yg anda maksudkan (itu juga klo maux 1 rod buat jigging & poping) CMIIW (coba cek di thread2 terdahulu ..):-D:-D
Saran selain menabung, lebih menitik beratkan ke kebutuhan sekarang aja dulu...maunya jigging atau popping..nah di fokuskan aja dulu.. nanti klo udah ada rejeki lebih beli buat settingan lainnya..:D:D
sebab Jig & Pop beda sekali action Tacklex.. dsb..dsb.. hehehehehe
Pak Mod sulawesi ..Om Jabriks pernah bilang ke saya..ga perlu juga pake SIC jika intensitas mancing kita ndak terlalu tinggi dan beban tackle menahan tarikan ikan juga kuran.. sy rasa pake Alconite juga cuku..selain bisa hemat juga hasil/performa Rod Lumayan lah.. kan bukan BIG FIhgt toh ??:rolleyes::rolleyes:
usulan petinggi2 FF selalu mensiasati hanya dengan mengganti Tip Topnya aja dng Fuji SIC..krn alasan beban max di ujung rod..seperti kata Om Om senior diatas..hehehehehe..:-D:-D
Rod sy hanya seadanya dan cuma tak ganti ujungnya ajah..toh jarang digunakan & ndak terlalu sering buat tarikan ikan..:D:D yang penting "PERAWATANNYA" ..percuma pake SIC tapi ga dirawat..tetep ajah rusak2 juga OM.. ada tuh Link ttg perawatan Tackle..met mencari ..:cool:

Rudy 007
07-10-2009, 10:09
Pak Mod sulawesi ..Om Jabriks pernah bilang ke saya..ga perlu juga pake SIC jika intensitas mancing kita ndak terlalu tinggi dan beban tackle menahan tarikan ikan juga kurang..

Yah kalo ini saya sependapat, saya memakai joran kelas 15 lbs hrg 200 rb an, dah ga mungkin pakai fuji dsb + reel dgn PE1. Tapi berhubung dapatnya juga cuma ikan2 ukuran 1-2 kg yah tuh cincin aman2 saja sih. Paling kalah nya di karatan kalo teledor membersihkan nya.

Tapi kalo target nya ikan2 besar, setting drag tinggi, nah ini sebaiknya memakai minimum fuji alconite, yah lebih bgs lagi memang fuji SiC.

Tambahan info, saya pernah melihat bbrp joran yg memakai guide "katanya" SiC tapi bukan fuji punya. Nah kalo yg ini ga tau deh bgmn kualitasnya.

Porobibi
07-10-2009, 10:14
pic please, biar bisa bedain mana fuji-fuji itu and ga ketepu waktu beli...

eriko susanto
07-10-2009, 10:33
Brarti fuji sic lbh tahan gesek ya...
Apakah ad material yg lbh tahan dri fuji SIC ?

lebih tahan dari SIC kayanya belum ada tapi lebih light dan tahan karat namanya Gold Cermet produksi Fuji JUga , tapi ini masih terbatas banget ada beberapa rod high end ,terutama malah light tackle memakai gold cermet ring karena untuk heavy tackle saya malah belum pernah dengar ada yang pake Gold Cermet ring ..
kutipan lagi nih..
GOLD CERMET Rings

For the fisherman who demands the ultimate quality in every component, Fuji has designed a guide with a gold Cermet ring in titanium alloy frames. This model offers a super-light, super-strong frame that is totally corrosion resistant under all conditions.

:o The very latest in ceramic technology, Gold Cermet guides and tips continue to be an innovation in the field. This dynamic material provides a non-corrosive, gold ceramic ring that features the hardness of ceramic and the durability of titanium. This combination produces a hardness that rivals Silicon Carbide, while remaining lighter and thinner than SiC or any other ring material. Add Fuji's diamond polishing and the Gold Cermet ring boasts a finish that�s twice as smooth as the SiC ring.

The result? A guide so lightweight, it rarely affects the action of the blank. A guide so smooth it outperforms all others on the market. ;)

harganya .. 2 x sic lah kira kira

tips aja ,kalo mau beli rod dengan guide SIC sebaiknya periksa dulu apakah memang Fuji SIC atau ... SIC. kalo fuji di tiap ring pasti tertulis termasuk ukurannya .... musuhnya non fuji adalah karat ... trus pecah deh frame nya ... ring SIC nya bisa buat cincin kenang kenangan ...hehehe
kalo rod kisaran 1,5 yang fuji SIC paling masih ada THUNNUS dari Maguro, rata rata sekitar 1 sd 1,5 pake ring alconite .. ( ongkos produksi Bro :rolleyes:.. kalo pake full fuji SIC ringnya aja 1 set 800-1 jt an )

Rudy 007
07-10-2009, 10:37
pic please, biar bisa bedain mana fuji-fuji itu and ga ketepu waktu beli...

Yg fuji ada tulisannya di grafir di body nya, cuma kudu punya mata yg tajam buat membacanya :-D

codot
07-10-2009, 13:05
Thanx for advice, rencana sih beli 2 joran jigging n popping.. Tp yg duluan kayany mo cari joran jigging.. Monster mesh kali ye.. Cuma susah cari tu barang,pas nemu dana g ad,pas ad dana brg g ada cape deh.. Blum jodoh kali ye..

billy kuo
07-10-2009, 14:01
Tambahan info, saya pernah melihat bbrp joran yg memakai guide "katanya" SiC tapi bukan fuji punya. Nah kalo yg ini ga tau deh bgmn kualitasnya.

Punya saya belum strike aja udah pecah duluan ring-nya bukan framenya.....sekarang dah direbuild Fuji Aluminium Oxide dan tip top SiC.


pic please, biar bisa bedain mana fuji-fuji itu and ga ketepu waktu beli...

Paling gampang cek tulisan FUJI di frame guide biasanya tertulis FUJI XX (size guide misal 30, 20,dst). Untuk jenis paling gampang adalah FUJI hard ceramic/ aluminium oxide biasanya ring warna abu-abu muda adapula yang warna dark grey (lebih lunak saya baca di katalog FUJI) ada embel-embel label bundar FUJI. Alconite yang susah karena sepintas mirip SiC, saya bedakan dari embel-embel label Alconite atau SiC. Hehehehehe.....:-D:-D:-D

Jabricks
08-10-2009, 07:43
in my humble opinion....

alconite, sic, gold cermet itu bagaikan xenia, innova, sama alphart.
Sama2 mobil, dan sama2 MPV, sama2 bisa dipake jalan2 bersama keluarga kemanapun anda suka. Nah sekarang tergantung anda, punya uang? ya beli yang mahalan, ga punya? ya beli yang murah... Soal ketahanan? semua tahan, semua ada bengkel resminya hehehe...

ga percaya?

ring alconite di shino jigger gw udah 5th umurnya, dengan frekwensi mancing yang "jarang2" aja... mpe sekarang ya ga rusak2 tuh...

lebih extrim lagi, joran galatama fenwick yang ringnya hardloy doank, sejak th 2004 juga dipaksa maen di air asin pake braided, gw pake mancing ikan2 sampe ukuran 5kg, sampe sekarang ya ga rusak2 tuh ringnya... kok bisa ya?

perlu diingat, pabrik pancing bikin pancingan utamanya untuk mancing pemancingnya, bukan ikannya...

ga percaya?

coba anda buka pabrik pancing deh.... nanti kan percaya.

fishy
08-10-2009, 08:49
Kalo antara alconite sama SiC tuh beda utama di beratnya aja, dimana SiC jauh lebih ringan. Tapi untuk soal kemampuan menahan gesekan dll, selisihnya tipis sekali.

Gini aja deh, kalo ada yg beli Hydra sama gw terus guidenya rusak gara-gara kegesek braided (keliatan kayak bekas digergaji gitu), gw ganti baru tuh joran.

Rudy 007
08-10-2009, 09:28
Gini aja deh, kalo ada yg beli Hydra sama gw terus guidenya rusak gara-gara kegesek braided (keliatan kayak bekas digergaji gitu), gw ganti baru tuh joran.

:smt023:smt023:smt038:smt038
sip dah bos.

eriko susanto
08-10-2009, 11:13
in my humble opinion....

alconite, sic, gold cermet itu bagaikan xenia, innova, sama alphart.
Sama2 mobil, dan sama2 MPV, sama2 bisa dipake jalan2 bersama keluarga kemanapun anda suka. Nah sekarang tergantung anda, punya uang? ya beli yang mahalan, ga punya? ya beli yang murah... Soal ketahanan? semua tahan, semua ada bengkel resminya hehehe...

ga percaya?

ring alconite di shino jigger gw udah 5th umurnya, dengan frekwensi mancing yang "jarang2" aja... mpe sekarang ya ga rusak2 tuh...

lebih extrim lagi, joran galatama fenwick yang ringnya hardloy doank, sejak th 2004 juga dipaksa maen di air asin pake braided, gw pake mancing ikan2 sampe ukuran 5kg, sampe sekarang ya ga rusak2 tuh ringnya... kok bisa ya?

perlu diingat, pabrik pancing bikin pancingan utamanya untuk mancing pemancingnya, bukan ikannya...

ga percaya?

coba anda buka pabrik pancing deh.... nanti kan percaya.

sip Bro, good testimony... , tapi kan mancingnya jarang jarang kan ?.. paling sehari 2 kali... minum obat aja sehari 3 x wkwkwkwk ., ogut pernah liat ring guide hardloy termakan cuma beberapa kali malah di joran galatama..itu juga tips nya ja dan pemakainya galatama tiap hari bisa 2-3 set ..


Kalo antara alconite sama SiC tuh beda utama di beratnya aja, dimana SiC jauh lebih ringan. Tapi untuk soal kemampuan menahan gesekan dll, selisihnya tipis sekali.

Gini aja deh, kalo ada yg beli Hydra sama gw terus guidenya rusak gara-gara kegesek braided (keliatan kayak bekas digergaji gitu), gw ganti baru tuh joran.

siip ... ada support dari bos Admin tuh Bro...... ga usah nunggu nunggu mm lagi .. blanknya japan product loh kalo ga salah , field tested .. .. kalo mm blanknya dah produksi thailand....mm ring nya udah fuji sic tapi nsg (kompor mode on)

oh ya sic (... SG ), alco (....AG) , hardloy(...OG) sendiri juga macem macem tipe framenya ada n... sv... gs... tsv ... mn....icmn dan banyak tipe tipe lain ,, kalo buat heavy duty , IMHO, sebaiknya pake MN atau ICMN ( deep pressed type ) .

ALFIANDI
08-10-2009, 11:18
Hiyaahhh Loch..Suhu2nya udah pada Muncul...
Ntu yang sy sundul juga udah kasih Coment..:-D Siap Komandan Wied
Yang Penting Tuch Joran bawa Hoki ( emang ada :rolleyes::rolleyes:??) ..ga musti kelewat High klo Mancingnya juga jarang, target juga kecil2 & , serta "Budget" juga ga gede2 amat.. klo merreview hanya sekedar dapetin ilmu & petuah dr suhu2 di atas:rolleyes: .. nah itu baru bonus dr Bel;ajar memancing dng Tackle..

Jadi Inget Arsenal empangnya Om Wied dipake buat melaut... :rolleyes::rolleyes:
Baru dilempar Como2 hidup (kotrek) udah disamber... cuma Beliau ga teriak STRIKEEEEE ... tapi Woi..woi..woi... tali..tali..abis dah..abis dah..(** tuss) tuh kan.. Sompret tun nelayan, pancing gw di putus ama baling2nya.. hahahahaha:p:p
:smt064

eriko susanto
08-10-2009, 11:40
pic please, biar bisa bedain mana fuji-fuji itu and ga ketepu waktu beli...

moga moga bisa membantu picsnya

Jabricks
08-10-2009, 16:21
@andi
hahaha... iya tuh semprul tuh orang... dah jelas2 deketnya ada orang ngoncer malah dilewatin... gembel dah.

Porobibi
08-10-2009, 20:02
Kalo antara alconite sama SiC tuh beda utama di beratnya aja, dimana SiC jauh lebih ringan. Tapi untuk soal kemampuan menahan gesekan dll, selisihnya tipis sekali.

Gini aja deh, kalo ada yg beli Hydra sama gw terus guidenya rusak gara-gara kegesek braided (keliatan kayak bekas digergaji gitu), gw ganti baru tuh joran.

Aku mau satu pak, mau yang ganti barunya hehehehe


@andi
hahaha... iya tuh semprul tuh orang... dah jelas2 deketnya ada orang ngoncer malah dilewatin... gembel dah.

Um kok propeler di pancing sih?

codot
09-10-2009, 07:21
Gini aja deh, kalo ada yg beli Hydra sama gw terus guidenya rusak gara-gara kegesek braided (keliatan kayak bekas digergaji gitu), gw ganti baru tuh joran.[/QUOTE]

muantab ni bos, nabung dl nh..

om rudy
09-10-2009, 07:50
tuh kan mantebs tow? garansi seumur yang kasih garansi....

ong_edward
18-10-2009, 23:17
btw nebeng nanya...
ada yang tau dimana bisa beli fuji SIC tip top yang stainless ukuran 8 tipe apa saja.

thx

yamamoto
19-10-2009, 10:36
btw nebeng nanya...
ada yang tau dimana bisa beli fuji SIC tip top yang stainless ukuran 8 tipe apa saja.

thx

Di Dupala ga ada ya Bro?


ARINGATOO GOZAIMAS.

ong_edward
19-10-2009, 18:22
dupala mana tuh?

beberapa waktu lalu adanya yang bukan stainless (di semarang).
jadi masih belum dipasang sampai sekarang takutnya ntar malah berkarat dan akhirnya kecewa.

kalau ada info tolong yaaa....

billy kuo
19-10-2009, 19:35
Tidak perlu yang stainless frame juga tidak apa-apa, pakai yang tipe gun smoke frame udah tidak berkarat.

ong_edward
20-10-2009, 18:22
yang warna titanium itu boss?

kmaren sih saya beli yang itu... ntar dikos saya upload fotonya. betul yg dimaksud bukan...

billy kuo
21-10-2009, 06:13
@Edward:
Yang warnanya agak "kecoklatan" doff..... :D

ong_edward
22-10-2009, 18:52
yang begini ini tahan nga bro???

billy kuo
22-10-2009, 23:09
Betul itu, udah tahan karat kok dan resiko cat ngelupas juga tidak, hehehehe..... stainless frame susah banget disini....

ong_edward
27-10-2009, 18:51
ok dee bro... thx sarannya...

yamamoto
30-10-2009, 12:29
dupala mana tuh?

beberapa waktu lalu adanya yang bukan stainless (di semarang).
jadi masih belum dipasang sampai sekarang takutnya ntar malah berkarat dan akhirnya kecewa.

kalau ada info tolong yaaa....

Dupala = Dunia Pancing Latumenten.
Kl menurut saya, asal qta rajin mencuci & merawat arsenal stlh trip kayaknya ga ush takut mslh karat. Saya ada joran rakitan sendiri, ringnya cuma pk ring ikat Boseg (ga sampe goceng perbijinya). Sdh 2 taon lebih blm ada karatnya tuh, cuma mengelupas aja cat'nya. Memang sech ga rutin dipake, paling seminggu sekali lach.
Sekalian mau tanya nech Bro Ong_Edward, kl mo cari2 ring yg lengkap di Semarang dimana ya?.



ARINGATOO GOZAIMAS.

ong_edward
30-10-2009, 17:53
sepertinya lengkap sih nga ada. tapi ada beberapa pilihan nomor saja. coba di toko pancing yang ada di telaga mas - tanah mas. tempatnya dulu banyak jual makanan2, sekarang jadi ruko tuh. hanya ada 1 toko itu.
atau bisa coba ke jl layur.

Mangokiwi
30-10-2009, 21:04
Precision mechanic adalah pekerjaan saya. Jadi punya pengalaman sedikit dalam pemakaian berbagai bahan baku.
Memang benar semua bahan yang disebutkan bisa tahan abrasi oleh braided line.
Tapi finishingnya yang menentukan kwalitasnya. Karena bahannya keras CNC-cutting toolnya harus dari polycrystalline diamond yang harganya cukup mahal dan NC-Machine musti ber RPM sangat tinggi. Mesin seperti ini hampir semua datang dari Jepang.
Kemudian harus di polish sampai berkilap sampai berstruktur nano baru tidak bisa tergesek. Finishing seperti ini mahal karena makan waktu banyak.
Ada pabrik yang menghemat ongkos produksi dengan melalaikan proses-proses tertentu, makanya harganya beda-beda. begitu juga kwalitasnya.
Juga cara memasukkan cincin ke guidenya harus dipetimbangkan baik-baik, kalau nggak cincinnya pecah atau lepas.
Nah kenapa kok terus bikin bahan baru?
Alasannya sih gampang: Kalau ada bahan yang lebih kuat, ringan atau gampang dikerjain, jelas menghemat ongkos produksi dan meningkatkan argumentasi penjualan.

Contohnya Alconite
"Since the introduction of Alconite Ring Concept Guides, rod builders and anglers alike have been amazed at their performance
characteristics. When combined with the lightweight New Guide Concept frame the results are unparalleled.... 35% lighter and up to 50%
stronger than ordinary guides. These Alconite Concept Guides incorporate Fuji’s Corrosion Resistant S-4 Stainless Steel for easier
maintenance.

Fuji’s Engineers thought long and hard on how to make a guide lighter and stronger yet keep the cost down. After years of research they
came up with Alconite, a special type of ceramic that offers strength, lightness, and durability. In fact Alconite offers 80% greater
compression strength and is 20% lighter than aluminum oxide. Also through Fuji’s Diamond Polishing, Alconite boasts a finish that is
smoother than that of Hardloy®. Fuji engineers were also able to make Alconite the thinnest and lightest ceramic ring available today; even
7% lighter than standard SiC Rings! Alconite is one more reason why Fuji is the undisputed leader in rod components." Source: acidrod.com

ong_edward
04-11-2009, 13:47
wah infonya mantab...

thx pak bos....

eriko susanto
04-11-2009, 14:49
Polishing[/B], Alconite boasts a finish that is
smoother than that of Hardloy®. Fuji engineers were also able to make Alconite the thinnest and lightest ceramic ring available today; even
7% lighter than standard SiC Rings! Alconite is one more reason why Fuji is the undisputed leader in rod components." [/I]Source: acidrod.com[/QUOTE]

sorry bro no offensive, just discussing ,tapi dari fujitackle.com.au .
specific gravity nya sic 3.2 dan alco 4.2. kalo yang saya tangkep berarti dengan jenis model ring yang sama seharusnya sic lebih ringan kan...
kalo hardnessnya sic 2200~2400 dan alco 1300~1500 hardnesnya hampir 2 kali lipat ..
satu lagi heating test disitu disebut over 500x u sic guide dan over 300x untuk alco ( apa ini yang dimaksud dengan polishing nya ...kalo heating test buat apa yah .mungkin bisa kasi masukan )

ada satu lagi ring keluaran fuji , ruby guides tapi mesti indent dan harganya ga kira kira ,ta attach sekalian fotonya..hehehe

marleys
04-11-2009, 18:14
Copy paste dr Katalog Sh*m*no.
Mudahan bisa ikut membantu.

Mangokiwi
04-11-2009, 19:18
sorry bro no offensive, just discussing
No problem at all.

tapi dari fujitackle.com.au .
specific gravity nya sic 3.2 dan alco 4.2. kalo yang saya tangkep berarti dengan jenis model ring yang sama seharusnya sic lebih ringan kan...
kalo hardnessnya sic 2200~2400 dan alco 1300~1500 hardnesnya hampir 2 kali lipat ..
satu lagi heating test disitu disebut over 500x u sic guide dan over 300x untuk alco ( apa ini yang dimaksud dengan polishing nya ...kalo heating test buat apa yah .mungkin bisa kasi masukan )

Iya jelas harganya juga lebih mahal. Keras (ultimate strenght + high density) tidak selalu menguntungkan - contohnya karena susah dikerjain, cepat pecah, dll.
Dengan bahan yang punya elastic modulus lebih besar kadang menghemat ongkos produksi, kekerasannya dikompensasi dengan kelicinan atau hard coating.
Bagaimana cara polishingnya (chemical or mechanical) saya nggak tahu.
Saya sendiri tidak pernah ngerjain bahan-bahan begitu.
Tapi kalau lihat harganya SIC itu susah dikerjain. Bayangkan harga batu rubin kan jauh lebih mahal dari silikonkarbid (pasir + arang).

eriko susanto
06-11-2009, 10:08
Tapi kalau lihat harganya SIC itu susah dikerjain. Bayangkan harga batu rubin kan jauh lebih mahal dari silikonkarbid (pasir + arang).

kalo sic itu pasir dan arang.. berarti mornya sekitar 6-7 donk dan kalo alco / hardloy basicnya metal berarti mor 4-5 .. kalo ruby 9.. artificial ruby diatas 8 ( hehe kalo hitungan gemstone ..)
mungkin cara produksinya ga jauh jauh dari artificial gemstone yah.. harder /higher mor .. berbanding lurus dengan higher temperature & pressure... berbanding lurus juga dengan cost yang ditimbulkan......
makanya ruby lebih mahal dari sic dan sic lebih mahal dari alco...
kembali ke ring guide..
IMHO ,salah satu pertimbangan sic lebih baik dr alco ... transfer heatnya lebih baik..so lebih aman buat line kita saat ditarik submarine... kalo alco lebih baik buat kantong kita kita ini .....

Mangokiwi
07-11-2009, 04:07
IMHO ,salah satu pertimbangan sic lebih baik dr alco ... transfer heatnya lebih baik..so lebih aman buat line kita saat ditarik submarine... kalo alco lebih baik buat kantong kita kita ini .....

Exactly, semuanya dibuat untuk setiap ukuran dompet;) -tapi ada juga SIC guides (non Fuji) yang murahan, ini kwalitasnya diragukan.

Jabricks
09-11-2009, 13:20
untung kita ga ngerti bahasa ikan ya? kalo ngerti mungkin ikan2 itu pada ngetawain kita lho...

billy kuo
09-11-2009, 13:28
Exactly, semuanya dibuat untuk setiap ukuran dompet;) -tapi ada juga SIC guides (non Fuji) yang murahan, ini kwalitasnya diragukan.

Betul, belum dipakai trip rod saya dengan spek SiC abal-abal punya saya pecah duluan.... padahal udah preventif pakai kain pelindung dan case tabung rod. :smt087

codot
09-11-2009, 15:59
Nice sharing om.. Jadi tambah ilmu nih..

codot
09-11-2009, 16:02
Nice sharing om.. Jadi tambah ilmu nih.. Thanx to all..

eriko susanto
10-11-2009, 14:16
untung kita ga ngerti bahasa ikan ya? kalo ngerti mungkin ikan2 itu pada ngetawain kita lho...

wakaakakkkk... nyari duit boss... ga da kerjaan tapi ga boleh cuti ,, masuk juga mesti ceklok absen pulang juga....jadi yah browsing ....browsing..... broswsing ..... , baca sana baca sini ....
enakan kaya ente Boss, mancing teruss.... eh ngemeng ngemeng off topic ... filmnya bole juga tuh.. sama sama ong .. dari ... ong .... jadi lekong trus jadi tekong ..wkwkwkwk.... lagi ngrayu GM neeh ...

Jabricks
10-11-2009, 15:52
hehehehe.... sialan lu... :p, perlu gw ijinin ga? sini kasih no hp boss lo... hehehe...

kembali soal sic, jadi sic abal2 itu ya ga berguna juga dunks ya, kalo gampang pecah trus buat apa dia bikin sic2an, mending yang biasa2 aja malah.

ong_edward
12-11-2009, 16:39
sepertinya alasannya marketing dan sales bos.

untuk buyer yang nga kelas fuji sic kan bakal nyari sic non fuji... berarti ada pasarnya... makanya pabrik bikin. gitu...

eriko susanto
13-11-2009, 10:47
Ampun Bosss,,,, btw ,ya kaya ente bilang Boss Wied , mancing pembelinya.. ada labelnya SIC dimirip miripin ma fuji kalo perlu, kemaren ditawarin toko pancing rod merk x.... doi order ..udah fuji katanya mau ga ?? setelah dateng ada tulisannya emang FUJI tapi ditempel di ring guidenya .. bagus printing abu abu gambar bulet bulet ( kaya ring guide ) .. kalo di baca lebih deket FUJI REEL SEAT ..wah kalo kaga ati ati ketipu bisa bisa .. must teliti satu persatu..

Mangokiwi
15-11-2009, 03:16
Baru baca-baca berita science ketemu tentang artikel bahan baru:wurtzite boron nitride (w-BN) (http://www.physorg.com/news153658987.html). Ini lebih keras dari diamond. BN yang lainya sudah biasa dipakai untuk cutting tools. Harganya nggak mahal.

Tunggu aja gimana ini bahan diakalin sama orang Jepang sampai bisa jadi ring guides.

eriko susanto
16-11-2009, 09:59
Baru baca-baca berita science ketemu tentang artikel bahan baru:wurtzite boron nitride (w-BN) (http://www.physorg.com/news153658987.html). Ini lebih keras dari diamond. BN yang lainya sudah biasa dipakai untuk cutting tools. Harganya nggak mahal.

Tunggu aja gimana ini bahan diakalin sama orang Jepang sampai bisa jadi ring guides.

good posting bro... sekilas cerita .. kemaren waktu jalan kebinu sempet ngobrol ma pa Harry.. beliau kalo ga salah Product Manager salah satu merek produsen alat alat begituan dengan label N*RT*N, yang diindo kebagian produksi abrasive papper ,,, kata beliau memang sebagian abrasive pake diamond u high gradenya ... bahkan ada beberapa type abrasive tapi katanya ada bahan yang harus diimport dari Rusia dan lebih keras dari diamond biasa cuma saya lupa namanya ... nanti kalo pas ketemu dia saya tanyakan nama bahannya ....
..IPendapat pribadi saya ...andai kalo saya jadi orang jepang produsen ring guide ... ga bakalan langsung lompat ke yang paling keras apalagi harga murah... ga da nilai jualnya bro..kalo bisa mahalll..baru untung donk..hehehe.. tapi kita pemancing dan orang tehnik ya pasti berharap segera diproduksi ...sip dehhh