PDA

View Full Version : Info Reel Baru Wajib Bongkar



kakapmerah
26-10-2009, 06:52
Dari pengalaman ane dalam dunia pemancingan, ane memiliki satu kesimpulan terhadap lubrikasi reel. entah kesimpulan itu sama atau tidak dengan temen-temen atau master seperti bro lodwijck dan bro jabrick.

reel baru, ternyata harus mendapatkan lubrikasi sesegera mungkin. kalau memang mau berpayah2 sedikit, reel baru bisa segera dibongkar begitu tiba ditangan. atau, setidaknya dua kali turun mancing langsung bongkar.

kesimpulan ane itu didapatkan setelah ane membongkar empat 5 reel dari merek yang berbeda. semuanya sama, minim lubrikasi di dalam sistem gear nya.

ane sudah bongkar shimano siena 4000FD, daiwa freams 4500J, daiwa freams exceler 4500J, okuma epixor 65a, relix poseidon 4000 dan juga exori spinfocus. semuanya minim lubrikasi saat masih baru.

akhirnya, ane bersihkan semua grease bawaan pabrik yang ada di sistem gearnya dengan WD40, tanpa melepaskan gearnya. hanya membuka penutup sebelah kiri. setelah bersih, baru diberi dengan grease baru yang lebih kental. bearingnya disemprot pakei chain lube

untuk sistem one way bearing, ane beri chain lube yang akan membuatnya mulus bergerak. ini juga membuat bearing tidak kena intrusi alir laut.

kemudian, untuk bail arm, juga jangan lupa diberi chain lube karena ada rollernya.

nah, kalau sudah diajak tempur, usahakan arsenal dilubrikasi ulang setiap minimal 4 kali pertempuran. Tapi, untuk gearnya bisa lebih lama lagi. yang paling utama setelah tempur adalah membersihkan bail arm dan celah-celah sempit yang memungkinkan dimasukin air laut dan garammnya mengendap. membersihkannya dengan menyemprotkan WD40 lalu diberi chain lube.

demikian kesimpulan ane, kalau salah, mohon koreksi semuanya.

dino97i
26-10-2009, 08:02
Setuju om, karena menurut saya lubrikasi yang cukup sangatlah penting terutama pada gear agar tidak mudah aus. Dalam melakukan perawatan berkala pada reel, saya selalu membongkar untuk menambahkan grease terutama pada gear. Apalagi reel biasa saya gunakan untuk mancing pasiran dimana kemungkinan reel kemasukan pasir besar, sehingga membongkar reel sekedar untuk cleaning sangatlah perlu untuk mejaga performa dan keawetan.

monyet
26-10-2009, 08:30
Bener tuh, untuk topik ini gw pernah bahas scr lebih mendetail, coba di lihat lagi.
Utk gear daleman mending make reel grease...

kakapmerah
26-10-2009, 08:35
makasih atas masukan om ferry. ane sudah search tapi gak ketemu. maka apa yang ada di kepala ya ane tuangkan aja

setiap komponen logam yang bergesekan, apalagi yang masih sangat baru, pasti akan menimbulkan geram atau bubuk besi halus. jika tidak dibuang, maka bisa merusak komponen yang lainnya.

sama dengan kendaraan yang wajib inreyen, reel seharusnya juga begitu. setelah dipakai bebarapa kali, pasti akan ada geram yang harus dibuang dengan membuang grease-nya

pakdebenie
26-10-2009, 08:43
Weh, info penting iki .... kebiasaanku kalo abis mancing reel langsung tak rendam air sumur 1 jam biar unsur garam2an pada larut ... ya udah cuma gitu aja gak ada next step :smt120 joran juga sama langsung tak jamasi pake air sumur tapi gak pake kembang setaman ... agak primitif memang dibanding zaman yg serba laptop seperti ini ... Pakde ingin juga maintenance yg lebih keren, chain lube kayane taulah (sok tau yo ben) oli semprotan rante motor khan ?? tapi WD40 makhluk apaan tuh ... gak kenal aku, belinya di bengkel motor kah ??? ... yang belum berani adalah buka skrup reel, takut ada per yg njepat ... pasti gak bisa masang lagi. Produsernya sepertinya buka handel, terus buka skrup ... tapi aman gak ya kalo sekedar buka skrup ... pengennya setelah itu zzzzhhhhhttt semprot pake chain lube :(

monyet
26-10-2009, 09:19
ane sudah search tapi gak ketemu. maka apa yang ada di kepala ya ane tuangkan aja
>> kakap merah......

Coy nih threadnyah : spinning reel (http://www.fishyforum.com/fishysalt/fishytackle/32904-spinning-reel.html#post377551)

Pakde Benie :
WD40 itu sejenis 'minyak semprot' yg bersifat 'penetrant'. biasa untuk melumasi dan membersihkan bagian yg rada macet ato karatan, tapi kurang mumpuni untuk pelumasan jangka panjang, karena sifatnya yg encer. Kalu udah lancar dan bersih, pelumasan kudu pake yg lebih bagus. Untuk gear daleman, sebaiknya pake reel grease. Jangan pake automotive grease, apalagi chassis grease - terlalu pekat, ntaran malah bsia menggangu mekanisme daleman.

Untuk bail arm mending pake minyak mesin SAE40.

JANGAN SEMBARANGAN BONGKAR MEKANISME BAIL ARM RETURN !!!
salah2 onderdil pada muncrat. untuk safenya : jika melumasi kendorin dikit bautnyah lalu semprot pake penetrant, lalu tetesin oli SAE40.

Minturut pengalaman sayah, yg bakalan muncrat ketika bail arm return dibuka adalah Ryobi (Daiwa, Shimano, Penn lebih aman). Kalo dibuka, jangan sekali2 mekanisme buka tutup digerakan, 99% bakal muncrat.

Lalu : WD40 mah mahal, ukuran 200ml sekitar Rp 80.000an.. Penetrant mah pilih yg murah ajah. Merk Golden Eagle ukuran 250ml di Carrefour cuma 24.000.. fungsi sama ajah.

Sok atuh silahkan sharingnyah diteruskan.

samsung
26-10-2009, 09:28
bro kapmer, gmn ya caranya bongkar fream 4500J ?? sy kok ga bisa2 ya
thx b4

Rudy 007
26-10-2009, 09:36
Weh, info penting iki .... kebiasaanku kalo abis mancing reel langsung tak rendam air sumur 1 jam biar unsur garam2an pada larut ... (

Wah kalo di buat begitu, apa yg terjadi dgn drag washer nya? Trus dapat di pastikan sedikit/banyak akan ada air yg masuk ke dalam mekanisme reel. Yg mana lama2 akan merusak pelumasnya (contoh motor kebanjiran, oli menjadi spt kopi susu), dan setelah pelumas rusak ...............:smt087

pakdebenie
26-10-2009, 10:06
Makasih banget @om monyet pencerahannya ... kalo pake chain lube aja recomended gak ya, soale gampang asal ada lobang sedikit aja kita udah bisa nyemprot sampe ke dalem-dalem ...

@Rudy007 selama ini baik2 aja tuh udah 10th, mungkin karena air jamasan 7 sumurnya tawar, hihihi ...

fanistevan
26-10-2009, 10:12
mo nambahin aja .. ada baiknya penggunaan wd-40 hanya untuk membersihkan aja, karena penetrant bukan untuk melumasi, setelah disemprot wd-40 ( bagus banget buat buang sisa air laut ) baru dipake-in pelumas reel. karena tanpa pelumasan ulang, setelah disemprot wd, permukaan akan kering. tapi soal sienna 4000FD awal beli langsung saya buka mo ganti ball bearing-nya ... itu pelumas nya dah surplus ... apa gak semua-nya yah? he he he ... btw nice info pak

stay4goth
26-10-2009, 10:15
weh, sudah dibongkar smua yah? trus kapan tuh Poseidon nyampe Bpp.........wkwkwkwk.......
kabuooorr.......

dino97i
26-10-2009, 11:07
Nambahin dikit, untuk gear pelumasnya aku pakai greas kusus untuk bearing merk caterpilar, greas ini sama sekali gak lengket sehingga gak akan mengganggu kinerja mekanism.

@pakdebenie: betul kata om rudy, kalau reel direndam air pasti akan kemasukan air yang tentu akan mengurangi fungsi pelumas.
Kalau gak berani bongkar sendiri boleh dibawa kesini pakde.

wieby69
26-10-2009, 11:50
wah sip juga nih info nya. sangat membantu ,tapi kalau pemula seperti sy ,jgn2 pas abis di bongkar malah kacau nih.he he he. BTW tq bro

Mas Bambang
26-10-2009, 12:18
Lalu : WD40 mah mahal, ukuran 200ml sekitar Rp 80.000an..
.Edun.......!!!! Mahal buanget euy...... Di tempat aku tinggal paling banter 40rebuan.

muhti
26-10-2009, 12:50
Grease yang bagus buat reel ada type khusus endak? Saya penah mo beli grease di bengkel spd motor, di situ hanya ada satu macem aja, warnanya kuning agak kecoklatan, beda dengan yg biasa digunakan di reel yg warnanya kuning muda. Belinya dimana kalo grease yg bagus digunakan di reel, takut salah urat neeh reel, kalo asal tempel aja.
Jadi ingat bengkel spd pancal kalo masang gotri bearing pake sabun "wings", asal bearing bisa nempel aja.

-muhti.

pakdebenie
26-10-2009, 13:05
@Lek Dino : untuk urusan ngerendam reel mohon dont try it at home, biar aku aja yg melakukan karena sudah terbukti efektif melawan korosi akibat air laut dan selama ini fine2 aja dengan asumsi pelumas gak akan bisa menyatu dengan air, jadi tak anggap aman2 aja :) ... (mungkin sangking bagusnya kualitas reelku merek B***x ada tulisannya made in korea di handelnya) ... rencana kedepan pengen buka tutup body reel dikit aja terus semprot dalemnya pake chain lube ... kalo ternyata gak bisa mengembalikan seperti semula ya kepepete tak bawa ke Lek Dino, beres .... :smt023

monyet
26-10-2009, 13:13
Ini bukan promosi yaaah, minturut pengalaman sayah grease reel merk PENN yg ngetop. tubenya kayak odol. Lalu merk Daiwa ama Relix juga ok.
Kalo gak ada grease buat reel, bisa pake 'bearing grease' ; yg buat di bearing / laher mobil / motor atawa grease yg buat daleman gardan lalu diaduk sama oli mesin SAE40 supaya tidak terlalu pekat.
Tapi ini buat darurat kalo gak ada reel grease.

stay4goth
26-10-2009, 13:21
Kalo gak ada grease buat reel, bisa pake 'bearing grease' ; yg buat di bearing / laher mobil / motor atawa grease yg buat daleman gardan lalu diaduk sama oli mesin SAE40 supaya tidak terlalu pekat.
Tapi ini buat darurat kalo gak ada reel grease.

wah, info mantap nih, thanks om...:smt023 soalnya reel ane ane kasih bearing grease murni aja, jadinya malah berat muternya, trus suaranya jd kasar....

klo bole tau, perbandingan campurannya gimana om??

Porobibi
26-10-2009, 14:25
Bearing grease dah cukup dah... asal ngolesnya jangan se kaleng dicekokin semua jelas kayak mentega diaduk, dirasa-rasa saja dah cukup belum untuk lubrikan rell... rell saya aman-aman sampai saat ini belum sempet jebol karena ulah manusia, tapi atu jebol karena ulah GT hehehe
Itu kalau saya... entah suhu-suhu yang laen... perawatan seh jangan terlalu sering dibongkar bisa-bisa doll semua.. kalo kerasa si rell ga berendam diaer laut ya sah-sah aja sekedar cuci dengan aer tawar.. kalo sempet nyilem nah ini laen cerita... itu kalo saya loh... ada yang laen?

kakapmerah
26-10-2009, 15:50
bro kapmer, gmn ya caranya bongkar fream 4500J ?? sy kok ga bisa2 ya
thx b4


gampang kok ternyata. asal jangan bongkar total. malah gak bisa mbalikin nanti. suatu saat akan aku post cara melumasi reel. soalnya kemarin pas bongkar reel gak didokumenkan

kakapmerah
26-10-2009, 15:57
kalo kerasa si rell ga berendam diaer laut ya sah-sah aja sekedar cuci dengan aer tawar.. kalo sempet nyilem nah ini laen cerita... itu kalo saya loh... ada yang laen?[/QUOTE]

sepakat bro. kalau mancing biasa saja dan kecipratan air laut, mandikan aja reel. baru beberapa bulan sekali dibuka dan diberi grease. penggantian grease hukumnya wajib karena grease juga akan berubah sifatnya setelah lama dalam kondisi lapangan yang ekstrem.

kalau reek kecelup air laut, wajib bongkar dan lumasi ulang

silumba_lumba
26-10-2009, 20:08
@om monyet....mo nanya kalau pakai grease BURGARI 400EP Hi temp grease
lithium grease no.3 semi synthetic
kalau menurut om monyet gimana??? sy nggk ngerti masalah grease...
thanks

Erwin Hadiwidjaya
26-10-2009, 22:24
Edun.......!!!! Mahal buanget euy...... Di tempat aku tinggal paling banter 40rebuan. comment yg ini bener pak harganya cuma 40000 an klu simonyet mah jualnya kemahalan hue..........@om monyet....mo nanya kalau pakai

kalau yg ini:
grease BURGARI 400EP Hi temp grease
lithium grease no.3 semi synthetic
kalau menurut om monyet gimana??? sy nggk ngerti masalah grease...
thanks
comment : jgn nanyanya yg susah2 si monyet jg ngak ngerti he..........

bongkar reel baru bisa bener klu greesnya bener pke merk pen, relix, juga boleh yg ini ngomongan monyet betul.........
klau wd40 saya rasa salah besar klu di gunakan ut reel karena semua grese yg sudah menempel di gear2 dan bearing akan rontok semua.......( klau bisa jgn semprot wd 40 ke bearing, Bikin rusak ( ini menurut pengalaman saya)
karena sifatnya utk menghilang karat bukan ut melumas,,,,,andai kata buat melumas wd40 cepat kering pak ( jawaban om monyet betul).
greese motor kelewatt kental...bikin reel jd berat bukan enteng.
paling betul kata Om2 yg laen greese utk bearing yg digunakan untul BB....
( jd binggung sendiri betul atau engak? yg penting rawat reel deh......)
selamat mencoba ......lagi, jgn lupa dipasang lagi reelnya.he.......

26-10-2009, 22:38
gampang kok ternyata. asal jangan bongkar total. malah gak bisa mbalikin nanti. suatu saat akan aku post cara melumasi reel. soalnya kemarin pas bongkar reel gak didokumenkan

tambahan dikit cataloque disimak baik2 pada saat di buka
salah dikit atau terbalik/tertukar bisa jadinya bongkar simpan.

gratia
26-10-2009, 23:26
Critical Points :
1. Gear dalem dan mekanisme internal (daleman) : tambahin gemuk reel
2. Bail arm (kiri kanan) : kasih minyak mesin (sae40), waktu nyopot ati2 bail return mechanism jangan sampe muncrat..... waktu bongkar bail arm jangan digerakkan : (99% bakal muncrat onderdilnyah....
3. Bearing leher : minyak mesin sae 40
4. Bearing sayap : gemuk reel
5. Line roller : pake sae40 dulu, lantas tambah gemuk reel.
6. Drag mechanism : bongkar dan kasih gemuk reel dikit ajah

ini post nya pak fer aka monyet yang dl...
bisa di bantu gak pak? soalnya buta banget dari point 1 ampe 6... gak tau yang mana yang di sebut kan...

minyak mesin sae 40 maksdnya? soalnya kalo di moteor ada yang 10/40 ada yang 20/40 jadi bingung... hehehe

terima kasih sebelumnya...

dod
27-10-2009, 00:14
Pernah denger pemakaian minyak mesin jahit Singer, apakah minyak ini bermanfaat, soalnya.... murah....

Mangokiwi
27-10-2009, 03:27
klau wd40 saya rasa salah besar klu di gunakan ut reel karena semua grese yg sudah menempel di gear2 dan bearing akan rontok semua.......( klau bisa jgn semprot wd 40 ke bearing, Bikin rusak ( ini menurut pengalaman saya)
karena sifatnya utk menghilang karat bukan ut melumas,,,,,andai kata buat melumas wd40 cepat kering pak ( jawaban om monyet betul).


Betul.
Lihat saja di Shimano maintenance instructions (http://fish.shimano-eu.com/publish/content/global_fish/en/us/index/customer_service0/reel_maintenance_instructions.html)

Porobibi
27-10-2009, 06:36
Pernah denger pemakaian minyak mesin jahit Singer, apakah minyak ini bermanfaat, soalnya.... murah....

Setuju om dod.. itu barang juga ane pake untuk lumasin yang diluar-luar, aman tenteram terkendali... kalo yang ini bisa sering dilakukan, soalnya tackel yang kontak langsung dengan aer laut kan yang diluaran ini.. cukup minyak mesin jaet Singer...:smt023

fishy_sam
27-10-2009, 07:45
@om monyet....mo nanya kalau pakai grease BURGARI 400EP Hi temp grease
lithium grease no.3 semi synthetic
kalau menurut om monyet gimana??? sy nggk ngerti masalah grease...
thanks
bro jgn pake grease yg HI temp. gw udah pengalaman, reelnya jadi berat. mending kalo buat reel pake greese yg encer saja, ato pake olie yg kental. udah cukup.

monyet
27-10-2009, 12:23
kalau pakai grease BURGARI 400EP Hi temp grease, lithium grease no.3 semi synthetic>> Hans

Lithium itu bahan dasar untuk bearing grease otomotif. Sifatnya : untuk hi speed, low to medium tensile. Paling banyak dipake buat bearing roda mobil, sesuai dng sifatnya : anti friction dan tahan panas.
Kalo buat reel bisa juga, tapi terlalu pekat. Campur dulu sama oli mesin, kira2 1:1. Tapi ini buat darurat kalo gak ada reel grease.

Kalo soal oli mesin sae40 (single grade) ato 10/40. 20/50, dsb dsb (multi grade) itu menyangkut tingkat kekentalan yg bisa dilayani. Yang mana aja bisa pake, yang penting oli mesin - bukan oli gardan ato transmisi (yang sae 90 atow sae 140).

kakapmerah
27-10-2009, 15:34
substansi membuka reel baru atau yang sudah sekian kali diajak ngetrip, adalah memberikan pelumasan yang lebih baik dan membuang geram. setiap logam yang bergesekan pasti ada geramnya. jika tidak dibuang, justru akan merusak seluruh komponen. membuang geram tampa bongkarr total sistem gigi dengan menyemprotkan wd40. setelah terbuang, barulah ditambahkan grease baru.

Mangokiwi
27-10-2009, 16:54
substansi membuka reel baru atau yang sudah sekian kali diajak ngetrip, adalah memberikan pelumasan yang lebih baik dan membuang geram. setiap logam yang bergesekan pasti ada geramnya. jika tidak dibuang, justru akan merusak seluruh komponen. membuang geram tampa bongkarr total sistem gigi dengan menyemprotkan wd40. setelah terbuang, barulah ditambahkan grease baru.

Iya, kalau overhaul boleh pakai WD40 atau brake cleaner. Tapi kemudian harus benar-benar dibersihkan, sebaiknya dengan isopropanol. Karena WD40 meninggalkan thin film.
Bearingnya sebaiknya sekalian diperiksa, apa sudah aus.

silumba_lumba
27-10-2009, 19:45
comment : jgn nanyanya yg susah2 si monyet jg ngak ngerti he..........



he...he....tuh dijawab ama mr monyet......


kalau pakai grease BURGARI 400EP Hi temp grease, lithium grease no.3 semi synthetic>> Hans

Lithium itu bahan dasar untuk bearing grease otomotif. Sifatnya : untuk hi speed, low to medium tensile. Paling banyak dipake buat bearing roda mobil, sesuai dng sifatnya : anti friction dan tahan panas.
Kalo buat reel bisa juga, tapi terlalu pekat. Campur dulu sama oli mesin, kira2 1:1. Tapi ini buat darurat kalo gak ada reel grease.

Kalo soal oli mesin sae40 (single grade) ato 10/40. 20/50, dsb dsb (multi grade) itu menyangkut tingkat kekentalan yg bisa dilayani. Yang mana aja bisa pake, yang penting oli mesin - bukan oli gardan ato transmisi (yang sae 90 atow sae 140).

makasih ya om.......

deluckys
29-10-2009, 12:58
Mo yg Murmer,pake pelumas mesin jait aja kali yah,lumayan ampuh kok,
@kakap merah: di balikpapan ya, boleh donk minta No hpnya siapa tau bisa ngetrip bareng kapan-kapan :)

kakapmerah
29-10-2009, 17:39
Mo yg Murmer,pake pelumas mesin jait aja kali yah,lumayan ampuh kok,
@kakap merah: di balikpapan ya, boleh donk minta No hpnya siapa tau bisa ngetrip bareng kapan-kapan :)

lagi tugas di sengata mas. gak tahu kapan baliknya. maklum buruh, he he he

Mas Bambang
30-10-2009, 21:41
Iya, kalau overhaul boleh pakai WD40 atau brake cleaner. Tapi kemudian harus benar-benar dibersihkan, sebaiknya dengan isopropanol. Karena WD40 meninggalkan thin film.
Bearingnya sebaiknya sekalian diperiksa, apa sudah aus.Pake isopropanol yah...... Thanks banget boss........
Ane suka pening nih kalo abis bongkar reel, ngilangin WD40 nya itu lho, sulit banget.

kakapmerah
10-11-2009, 17:21
pakai alkohol juga bisa mas untuk ngilangin bekasnya WD40

Mangokiwi
10-11-2009, 22:48
pakai alkohol juga bisa mas untuk ngilangin bekasnya WD40
Maksudnya alkohol yang mana? Etanol atau metanol?
Isopropanol juga alkohol (alkohol sekunder), bedanya dengan alkohol lain, bisa dibuat dengan konsentrasi 99,9%, jadi cuma 0,1% air. Makanya dipakai untuk industri. Etanol (yang bisa diminum) hampir dimana-mana terkena pajak sehingga jauh lebih mahal. Kebanyakan yang dijual di apotek cuma punya konsentrasi 70%, selebihnya air. Nah tinggal metanol yang murah. Cuma metanol (spiritus, sangat beracun) dan juga seperti etanol mengandung banyak air.
Kelebihan lain dari isopropanol adalah tidak merusak bahan polymer (istilah umum plastik).

marleys
11-11-2009, 17:37
Isopropanol bisa dibeli dimana tuh pak?
mahal tidak yah.

bonito
11-11-2009, 22:40
Maksudnya alkohol yang mana? Etanol atau metanol?
Isopropanol juga alkohol (alkohol sekunder), bedanya dengan alkohol lain, bisa dibuat dengan konsentrasi 99,9%, jadi cuma 0,1% air. Makanya dipakai untuk industri. Etanol (yang bisa diminum) hampir dimana-mana terkena pajak sehingga jauh lebih mahal. Kebanyakan yang dijual di apotek cuma punya konsentrasi 70%, selebihnya air. Nah tinggal metanol yang murah. Cuma metanol (spiritus, sangat beracun) dan juga seperti etanol mengandung banyak air.
Kelebihan lain dari isopropanol adalah tidak merusak bahan polymer (istilah umum plastik).

Pak, apakah isopropanol = washbenzine?
Kalau bukan apakah isopropanol ada nama lainnya?
Kalau ada nama lainnya akan memudahkan membelinya di toko kimia.
Thx

Mangokiwi
12-11-2009, 02:00
Pak, apakah isopropanol = washbenzine?
Kalau bukan apakah isopropanol ada nama lainnya?
Kalau ada nama lainnya akan memudahkan membelinya di toko kimia.
Thx

Bukan, Waschbenzin disebut (eng: stodddard solvent or white spirit) adalah derivat parafin.
Nama lain Isopropanonol: isopropyl alkohol, 2-propanol atau C3H7OH.
Betul sebaiknya dibeli di toko bahan kimia. Yang dijual di apotek kalau nggak salah cuma berkosentrasi 70% untuk digunakan mengdesinfeksi luka.

monyet
12-11-2009, 08:40
Pak Bonny,
Kalo 'white lithium grease' yang spray itu, untuk anti frictionnya bagus nggak??
Secara umum, bagus mana sama reel grease seperti Penn, Relix, ato Daiwa?.. Sayah kurang paham kapasitas 'anti friction' keduanya.. Padahal faktor 'anti friction' ini sangat penting demi keawetan gear internal reel.
Nuhun, arigato. danke, kamsiah

Mangokiwi
12-11-2009, 13:50
Banyak gemuk (grease) mengandung bahan padat seperti grafit atau lithium.
Gemuk yang begini biasanya dipakai untuk menghindari abrasi (keausan) kalau dua metal bergesek dengan tekanan tinggi, seperti thrust bearing, bushing, atau plain bearing (bahasa Indonesianya apa ya?), dimana dengan gesekan temperatur naik sehingga gemuk biasa kehilangan sifat lubrikasinya.
Beberapa tipe lithium grease juga dipakai untuk peralatan di bawah air, seperti di kapal selam, karena sifatnya seperti lilin, menahan air.
Kalau dipakai untuk ball atau roller (needle) bearing biasa tidak merusak tapi juga tidak berguna. Malah bearingnya jadi seret. Lagi pula lithium grease kan harganya lebih mahal.
Saya sendiri juga punya, tapi hanya dipakai untuk ball differential di R/C Cars saya.
Semoga menolong sedikit.

bonito
20-11-2009, 20:35
Bukan, Waschbenzin disebut (eng: stodddard solvent or white spirit) adalah derivat parafin.
Nama lain Isopropanonol: isopropyl alkohol, 2-propanol atau C3H7OH.
Betul sebaiknya dibeli di toko bahan kimia. Yang dijual di apotek kalau nggak salah cuma berkosentrasi 70% untuk digunakan mengdesinfeksi luka.

Thx Pak atas pencerahannya.