PDA

View Full Version : Tips merawat reel



Jabricks
11-04-2007, 00:19
Di trip kemarin ga sengaja liat temen abis mancing nyuci reelnya, spool dicopot trus direndam di air... waduh....

1. Jangan melepas spool dan merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat drag jalan abnormal. waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak masuk ke mekanisme drag. Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti bener2 kering dari apapun. kalo metal washernya lebih dari 3 biasanya pake drag basah, artinya ada oli di washer2nya. nah ini ga boleh salah kaprah... drag kering dikasih oli akan jadi mlorot ga bisa ngerem dragnya, drag basah ga dikasih oli, drag akan mengunci kalo dikerasin dikit aja. nah.. drag2 ini kalo kena air jadi ga karuan jalannya. kalo mau tau ya dicoba aja sendiri.

2. Lubrikasi reel, ada 2 jenis lubricant yaitu grease sama oil, grease itu fat, kental kaya mentega, oil ya oli... bentuknya cair. Bagian2 mana dari reel yang pake oil dan mana yang pake grease? Semua bearing pake oil bukan grease, semua gear pake grease bukan oil. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali2 dikasih grease apalagi berlebihan, roller bearing di tahan oleh per yang kecil2 sekali, kira2 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, kalo per2 ini kena grease, suka macet dan bikin rollernya ga mau main, alhasil oneway roller suka ga bekerja dan reel bisa terputar balik... ini bahaya, saya pernah mengalami jari2 kiri dihantam oleh handel stella waktu strike dan oneway bearing ga bekerja... sampe biru2 tangan saya. Jangan kasih grease terlalu banyak di area pinion gear ato gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi seret ga karuan. Kasih grease secukupnya saja... Kasih perhatian sama line roller, itu mekanisme penggulung kenur di bail arm, suka orang lupa kalo disitu ada bearingnya juga.

3. Setiap beberapa kali trip, selalu buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini sering terkumpul garam, walaupun reel selalu dicuci waktu habis mancing.

4. Tips untuk overhaul reel, bongkar semua bagian reel tanpa terkecuali. Ingat2 posisi semua part dengan mencatatnya atau letakkan di wadah2 plastik untuk masing2 bagian. Jangan lupa posisinya nanti ga bisa balikin lagi repot jadinya. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian2 parts dari reel berikut nomer serinya), gunakan diagram ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40, pake kuas kecil untuk bagian2 yang sulit. Hilangkan semua bekas2 grease yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam. Kalao semua sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru... reel anda pasti jauh lebih halus suaranya.... dijamin!

5. Di stella, kalo rotornya dibuka, ada karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal, ini sebetulnya bukan seal, tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail arm dibuka, coba rasakan, kalo bail arm dibuka rotor pasti jadi seret jalannya, karena ada semacam kait yang akan menempel di lingkaran karet seperti seal ini. Karet ini jangan dicuci pake WD40, bisa melar ga karuan...

6. Untuk ultegra keatas sampe dengan stella, jangan membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di belakang reel... mekanisme ini bisa dicuci bersih pake WD40 dan kuas tanpa harus dibongkar... kalo anda bongkar worm shaftnya... anda akan kesulitan memasangnya kembali... this is really pain in the ass... menyebalkan.

7. Kalo anda ga brani bongkar2 reel sendiri, bawa aja ke dealer ato tukang servis ato kirim ke saya nanti saya servis.. hehehe. Yang jelas reel mau mahal kaya apa tetep aja harus di overhaul sekali waktu untuk memberi lubricant yang baru, Mobil aja tiap 2000-3000km ganti oli kan? Reel yang penampilannya mulus belum tentu jeroannya mulus juga.

8. Kalo ga mau repot2 ngerawat alat pancing ya jangan beli alat pancing. hahaha....

9. Jangan tanya soal Daiwa, saya ga punya satupun reel merek Daiwa. Maaf...

Semoga berguna.

Tom Priok
11-04-2007, 08:19
wah top banget tips nya mas wiwied....
selama ini berarti sy sering salah maintenance reel...

hatuala
11-04-2007, 08:49
postingan yg bermanfaat..

thanks mas jabricks :D

GT Man
11-04-2007, 08:49
Waduh cilaka dua belas.
Kalau gitu aku kemaren salah prosedur, dong.
Bisa bisa jadi ngaco reel ku.

Jabricks
11-04-2007, 09:14
nah itulah... saya juga baru nyadar ternyata banyak temen2 yang selama ini salah kaprah nanganin spool terutama bagian drag. drag kalo kena air jalannya jadi sendat2, pertama diputar seperti ngunci, tapi kalo udah jalan mlorot terus. sedangkan drag yang baik adalah, waktu kenob posisi kendor, dengan seikit tenaga saja spool dengan smooth dapat berputar, ketika kenob dikencengin lagi spool masih smooth walaupun berat, tapi kenob di kencengin full spool bisa locked up sempurna tanpa melorot. kalo dikencengin full masih melorot brarti ada yang salah dengan dragnya. tapi kalo dikencengin dikit aja udah ngunci juga ada yang salah tuh.

jangan lupa pencet2 http://i16.tinypic.com/2gvrhw7 lho.... hehehehe

GT Man
11-04-2007, 09:36
Trus cara mencucinya yg benar setelah drag dikencengin gimana?
Dengan pancuran apa dengan direndam apa dibasuh aja?

Jabricks
11-04-2007, 09:48
Trus cara mencucinya yg benar setelah drag dikencengin gimana?
Dengan pancuran apa dengan direndam apa dibasuh aja?

jangan direndam boss... disemprot pake air tapi jangan pake tekanan tinggi.
kalo direndam, garam bukannya keluar tapi malah kena tekanan air jadi tambah masuk ke reel...

Tom Priok
11-04-2007, 10:16
Drag di reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 biji dan semua washernya mesti bener2 kering dari apapun. kalo metal washernya lebih dari 3 biasanya pake drag basah, artinya ada oli di washer2nya. nah ini ga boleh salah kaprah... drag kering dikasih oli akan jadi mlorot ga bisa ngerem dragnya, drag basah ga dikasih oli, drag akan mengunci kalo dikerasin dikit aja. nah.. drag2 ini kalo kena air jadi ga karuan jalannya. kalo mau tau ya dicoba aja sendiri.



nah itulah... saya juga baru nyadar ternyata banyak temen2 yang selama ini salah kaprah nanganin spool terutama bagian drag. drag kalo kena air jalannya jadi sendat2, pertama diputar seperti ngunci, tapi kalo udah jalan mlorot terus. sedangkan drag yang baik adalah, waktu kenob posisi kendor, dengan seikit tenaga saja spool dengan smooth dapat berputar, ketika kenob dikencengin lagi spool masih smooth walaupun berat, tapi kenob di kencengin full spool bisa locked up sempurna tanpa melorot. kalo dikencengin full masih melorot brarti ada yang salah dengan dragnya. tapi kalo dikencengin dikit aja udah ngunci juga ada yang salah tuh.

jangan lupa pencet2 http://i16.tinypic.com/2gvrhw7 lho.... hehehehe

nah itu dia mas....sy taunya drag itu sama aja ga tau kl ada yg kering/basah....asal semprot aja...hihihi...
dah sy pencet2 tuh http://www.fishyforum.com/images/buttons/reputation.gif (http://www.fishyforum.com/reputation.php?p=32515)

GT Man
11-04-2007, 10:18
jangan direndam boss... disemprot pake air tapi jangan pake tekanan tinggi.
kalo direndam, garam bukannya keluar tapi malah kena tekanan air jadi tambah masuk ke reel...

Huu huuu..
Makin gak karuan nih.:smt120
nanti aku lihat dulu kondisi reel ku.
Takutnya gimana, gitu.

Rudy 007
11-04-2007, 10:38
Tips yg bagus sekali, cuma pasti banyak yg ga ngerti nama2/part yg anda sebutkan p wied :confused: . So salah kaprah masih bisa terjadi rasanya.:smt120

ben
11-04-2007, 10:50
Wied emg kalo habis mancing harus selalu dikasih grease dan oil?

Jabricks
11-04-2007, 12:09
Tips yg bagus sekali, cuma pasti banyak yg ga ngerti nama2/part yg anda sebutkan p wied :confused: . So salah kaprah masih bisa terjadi rasanya.:smt120

iya memang.. nanti saya usahaken kasih gambarnya deh soalnya ga punya digicam neh...


Wied emg kalo habis mancing harus selalu dikasih grease dan oil?

engga... berkala aja, kalo gw sih biasanya setelah 5-6 trip. masalahnya waktu mancing, reel kita tuh di expose di direct sunlight dalam waktu yang lama, grease nya lumer... trus semua friksi menghasilkan debris... ini yang membuat semua komponen semakin cepet aus kalo ga dibuang.

Lodewijk
11-04-2007, 13:11
iya memang.. nanti saya usahaken kasih gambarnya deh soalnya ga punya digicam neh...


Ide bagus...., seperti step by step-nya reel dismantling oleh Alantani.

Saya punya pertanyaan nih, adakah yg pernah membongkar 2 (dual) drag-nya stella (10k) bagian atas dan bawah ? Kalau bagian atasnya sih gampang sekali, tapi yg bagian bawahnya itu lho yg agak sulit, atau mungkin ada alat khusus untuk membukanya kah ? :confused:

Satu hal lagi, kalau pakai grease jangan pakai grease yg sembarangan, cari informasi grease yg dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Karena salah2 reel bukannya jadi tambah sehat tapi malah sebaliknya.......

Oh ya, yg terakhir nih. Khusus bagi yg punya Saltiga reel, apabila anda merasakan drag jadi 'sticky' atau 'jerky'......tandanya apabila diberikan tekanan yg cukup besar (9-10kg keatas) spool tidak bisa berputar mulus tapi tersendat2, maka itu tandanya sudah terlalu banyak 'deposit' kotoran yg melekat di drag washer-nya.

Sebaiknya dibongkar dan dibersihkan drag washer-nya. Hati2 sewaktu melepas drag washer yg terbuat dari carbon, karena tipis sehingga mudah retak/patah dan terkadang kalau lama tidak dibersihkan/habis kena ikan besar, drag washer akan jadi lengket dengan metal washer-nya. Semprot dulu dng WD-40, diamkan sebentar baru boleh dipisahkan.

Apabila anda tidak mempunyai drag grease yg benar (Shimano drag grease atau Cal's grease), pasanglah kembali drag washernya secara 'kering' saja, jangan melumuri drag washer dengan grease biasa ! Karena hanya akan tambah 'sticky' & 'jerky'..........

kartono
11-04-2007, 13:35
Om Lod & Wied ,
Seberapa penting untuk membongkar reel sampai ke bagian dalamnya dan dibersihkan semua gear serta memberikan gemuk & oli yang baru kalo istilah kendaraan turun mesin , sementara ini saya hanya menyemprotkan gemuk kebagian dalam reel melalui oil port saja tapi lama kelamaan kan didalam penuh dan banyak kotoran . Yang membuat bingung adalah bagian mana yg menggunakan gemuk & bagian mana yg menggunakan oil ( dibeberapa panduan perawatan reel berbeda beda ) . Tolong pencerahannya bagi Om Om sekalian . . .
Thx

Lodewijk
11-04-2007, 13:45
Om Lod & Wied ,
Seberapa penting untuk membongkar reel sampai ke bagian dalamnya dan dibersihkan semua gear serta memberikan gemuk & oli yang baru kalo istilah kendaraan turun mesin , sementara ini saya hanya menyemprotkan gemuk kebagian dalam reel melalui oil port saja tapi lama kelamaan kan didalam penuh dan banyak kotoran . Yang membuat bingung adalah bagian mana yg menggunakan gemuk & bagian mana yg menggunakan oil ( dibeberapa panduan perawatan reel berbeda beda ) . Tolong pencerahannya bagi Om Om sekalian . . .
Thx

Pak, bagi saya selama reel tidak ada masalah, tidak perlu sampai membongkar total sampai bagian dalamnya. Karena itu ada lubrication port untuk menyemprotkan grease (bukan olie) kebagian dalam. Biasanya port ini terletak persis dekat dengan gear2 penting, pinion dan wormshaft. Semprot juga sedikit saja jangan OD (over doze)....

Satu hal lagi, apabila reel (terutama yg hi end) masih dalam garansi, saya kira tidak perlu untuk membongkarnya apabila ada masalah. Hal ini mungkin akan dapat menyebabkan warranty-nya void. Anda tinggal klaim saja ke toko penjualnya, untuk mendapatkan service percuma.....

Jabricks
11-04-2007, 14:35
Ide bagus...., seperti step by step-nya reel dismantling oleh Alantani.

Saya punya pertanyaan nih, adakah yg pernah membongkar 2 (dual) drag-nya stella (10k) bagian atas dan bawah ? Kalau bagian atasnya sih gampang sekali, tapi yg bagian bawahnya itu lho yg agak sulit, atau mungkin ada alat khusus untuk membukanya kah ? :confused:

Satu hal lagi, kalau pakai grease jangan pakai grease yg sembarangan, cari informasi grease yg dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Karena salah2 reel bukannya jadi tambah sehat tapi malah sebaliknya.......

Oh ya, yg terakhir nih. Khusus bagi yg punya Saltiga reel, apabila anda merasakan drag jadi 'sticky' atau 'jerky'......tandanya apabila diberikan tekanan yg cukup besar (9-10kg keatas) spool tidak bisa berputar mulus tapi tersendat2, maka itu tandanya sudah terlalu banyak 'deposit' kotoran yg melekat di drag washer-nya.

Sebaiknya dibongkar dan dibersihkan drag washer-nya. Hati2 sewaktu melepas drag washer yg terbuat dari carbon, karena tipis sehingga mudah retak/patah dan terkadang kalau lama tidak dibersihkan/habis kena ikan besar, drag washer akan jadi lengket dengan metal washer-nya. Semprot dulu dng WD-40, diamkan sebentar baru boleh dipisahkan.

Apabila anda tidak mempunyai drag grease yg benar (Shimano drag grease atau Cal's grease), pasanglah kembali drag washernya secara 'kering' saja, jangan melumuri drag washer dengan grease biasa ! Karena hanya akan tambah 'sticky' & 'jerky'..........

wah... tambahan yang berguna sekali, thanks Lod.

membuka drag stella bagian depan memang perlu alat khusus, perhatikan ada 2 lubang kecil di depan spool persis di tempat dimana kenob drag duduk, nah lubang itu fungsinya buat memutar tutup drag bagian depan. kalo mau alatnya bikin ke tukang bubut aja. soalnya saya ga yakin disini ada yang jual. saya belum pernah buka drag stella dari depan.

Jabricks
11-04-2007, 17:40
Bagi yang tinggal di Jakarta atau kota2 besar yang punya agen untuk merek2 tersebut memang lebih untung dibandingkan yang tinggal di daerah... tinggal kirim ke agen dan biasanya mereka yang beresin, cuma, tidak semua agen punya teknisi handal, dan ada juga agen yang rada2 nakal... bilang sudah diservis ga taunya ga diapa2in, ini pernah terjadi sama temen saya di Jakarta.

Saya selalu bongkar reel setiap 5-6 trip, karena pengalaman mengatakan penumpukan garam di dalam reel adalah sesatu yang mustahil dihindari. Tergantung dari tipe reelnya, reel hi end macam stella dan saltiga punya seal yang bagus untuk body reel dimana di dalamnya terdapat pinion gear dan worm shaft, jarang sekali garam bisa masuk kesitu, tetapi garam bisa menumpuk di oneway roller bearing, dan ini selalu terjadi. Trip bira minggu lalu, salah satu stella saya ngadat stoppernya, terpaksa saya buka di kapal di mana teman2 lain masih popping, dan ternyata di situ sudah menumpuk garam yang bikin stopper macet... saya udah 2 kali ngalami bongkar stella di kapal. Stella yang ngadat ini baru dikirim ke Makassar beberapa saat yang lalu, saya ga tau di Jakarta dipakai berapa trip dan diservis apa tidak sama sodara saya disana.

Kalau reel2 yang masih ada tuas untuk on off oneway bearing, dipastikan air laut bisa masuk kedalam body dimana pinion gear dan wormshaft berada.

Untuk mas Kartono, panduan bagian mana dari reel yang harus diberi grease dan mana yang oil biasanya terdapat dalam buku manual. Kalau tidak ada dalam buku manual, ambil langkah seperti saya, semua bearing pake oil, semua gear pake grease, ini pengalaman bukan hanya pada barang2 seperti reel pancing, tapi alat2 mekanik juga begitu adanya.

Lodewijk
11-04-2007, 18:03
Bagi yang tinggal di Jakarta atau kota2 besar yang punya agen untuk merek2 tersebut memang lebih untung dibandingkan yang tinggal di daerah... tinggal kirim ke agen dan biasanya mereka yang beresin, cuma, tidak semua agen punya teknisi handal, dan ada juga agen yang rada2 nakal... bilang sudah diservis ga taunya ga diapa2in, ini pernah terjadi sama temen saya di Jakarta.

Saya selalu bongkar reel setiap 5-6 trip, karena pengalaman mengatakan penumpukan garam di dalam reel adalah sesatu yang mustahil dihindari. Tergantung dari tipe reelnya, reel hi end macam stella dan saltiga punya seal yang bagus untuk body reel dimana di dalamnya terdapat pinion gear dan worm shaft, jarang sekali garam bisa masuk kesitu, tetapi garam bisa menumpuk di oneway roller bearing, dan ini selalu terjadi. Trip bira minggu lalu, salah satu stella saya ngadat stoppernya, terpaksa saya buka di kapal di mana teman2 lain masih popping, dan ternyata di situ sudah menumpuk garam yang bikin stopper macet... saya udah 2 kali ngalami bongkar stella di kapal. Stella yang ngadat ini baru dikirim ke Makassar beberapa saat yang lalu, saya ga tau di Jakarta dipakai berapa trip dan diservis apa tidak sama sodara saya disana.

Kalau reel2 yang masih ada tuas untuk on off oneway bearing, dipastikan air laut bisa masuk kedalam body dimana pinion gear dan wormshaft berada.

Untuk mas Kartono, panduan bagian mana dari reel yang harus diberi grease dan mana yang oil biasanya terdapat dalam buku manual. Kalau tidak ada dalam buku manual, ambil langkah seperti saya, semua bearing pake oil, semua gear pake grease, ini pengalaman bukan hanya pada barang2 seperti reel pancing, tapi alat2 mekanik juga begitu adanya.

Betul, saya sependapat kalau tidak semua tempat service reel di negara kita bagus. Biasanya kita dapat berpatokan pada agen2 / distributor resmi reel ybs. Kalau mereka masih juga tidak beres yah jangan beli lagi reel produk itu atau laporkan pada komunitas2 mancing seperti forum kita ini.....

Mengenai penggunaan pelumas pada ball bearing, kalau saya lebih suka pakai grease daripada oil. Alasannya kalau pakai oli, bearing cepat 'kering' kembali dan kalau air laut masuk, garam bisa menumpuk disitu sehingga bearing cepat karatan, meski sudah ARB (Anti Rust Bearing).

Penggunaan grease bisa meminimalisasi hal ini, meski saat2 pertama setelah diberi grease reel agak 'berat' sedikit memutarnya, tapi setelah beberapa saat akan 'normal' kembali dan bearing akan aman terlindung dengan grease.

Untuk bearing yg sdh terlanjur karatan tetapi ada pelindungnya (bola2 didalam bearing tidak terlihat), anda bisa mencukit/mencungkil pelindungnya dan membersihkannya lalu memberikan grease secukupnya/sampai semua bola terlindung grease. Penutup bearing yg telah lepas tidak bisa dipakai lagi, harus dibuang.

Hanya saja, sekali lagi harus mempergunakan grease yg benar untuk bearing2 ini, Shimano saja ada mengeluarkan 4 atau 5 macam grease untuk keperluan reel-nya.......

kartono
11-04-2007, 20:13
Saya sudah menggunakan oli & grease spray keluaran shimano dari buku petunjuknya memang jelas ada panduannya tapi beda dengan panduan yang ada si web shimano australia yang hanya mengunakan bantam oil utk seluruh gear / bearingnya jadi ya saya harus percaya yang mana . . . . ? He he he
Thanks Atas Pencerahannya dari Om Om sekalian . . . .

Lodewijk
11-04-2007, 20:48
Saya sudah menggunakan oli & grease spray keluaran shimano dari buku petunjuknya memang jelas ada panduannya tapi beda dengan panduan yang ada si web shimano australia yang hanya mengunakan bantam oil utk seluruh gear / bearingnya jadi ya saya harus percaya yang mana . . . . ? He he he
Thanks Atas Pencerahannya dari Om Om sekalian . . . .

IMO, penggunaan oil untuk semua bagian bagus juga, minimal dari pada tidak diberi sama sekali ? Hanya saja kelebihan grease adalah tidak mudah 'menghilang' secepat oil, sehingga kita tidak perlu untuk sering2 membongkar reel untuk di service. Penggunaan oil adalah yg paling sempurna untuk semua bagian, baik gear maupun bearing apabila semuanya terendam didalam oil seperti pada mesin motor.......

Seperti juga penggunaan oli pada spool reel agar tidak mudah berkarat, lapisan tipis saputan oli sebelum spool diisi kenur akan membuat spool lebih awet. Dan penggunaan grease akan memberikan efek yg sama, bahkan akan tetap bertahan lebih lama di spool dibandingkan oil......

Harjonos
11-04-2007, 22:05
IMO, penggunaan oil untuk semua bagian bagus juga, minimal dari pada tidak diberi sama sekali ? Hanya saja kelebihan grease adalah tidak mudah 'menghilang' secepat oil, sehingga kita tidak perlu untuk sering2 membongkar reel untuk di service. Penggunaan oil adalah yg paling sempurna untuk semua bagian, baik gear maupun bearing apabila semuanya terendam didalam oil seperti pada mesin motor.......

Seperti juga penggunaan oli pada spool reel agar tidak mudah berkarat, lapisan tipis saputan oli sebelum spool diisi kenur akan membuat spool lebih awet. Dan penggunaan grease akan memberikan efek yg sama, bahkan akan tetap bertahan lebih lama di spool dibandingkan oil......

Sebetulnya bearing dikasih grease nggak apa - apa, asal jangan kebanyakan & greasenya yg baik mutunya, jangan asal sembarang grease. Salah satu yg biasa saya pakai : SKF Heavy Duty Bearing Grease, ini juga biasa saya pakai untuk melumasi gear.

The Old Man and the Sea
11-04-2007, 22:30
Di trip kemarin ga sengaja liat temen abis mancing nyuci reelnya, spool dicopot trus direndam di air... waduh....

1. Jangan melepas spool dan merendamnya di air, karena air akan masuk ke mekanisme drag dan akan membuat drag jalan abnormal. waktu mencuci reel justru kencangkan drag agar air tidak masuk ke mekanisme drag.

9. Jangan tanya soal Daiwa, saya ga punya satupun reel merek Daiwa. Maaf...

Semoga berguna.

1. Wah untung saya enggak pernah melakukan itu, bukan karena sudah tahu tapi karena memang enggak ngerti cara buka spoolnya, untung lagi! terima kasih Wied!

2. Ngomong ngomong kenapa enggak punya Daiwa nih? Boleh tahu?

Jabricks
11-04-2007, 22:38
1. Wah untung saya enggak pernah melakukan itu, bukan karena sudah tahu tapi karena memang enggak ngerti cara buka spoolnya, untung lagi! terima kasih Wied!

2. Ngomong ngomong kenapa enggak punya Daiwa nih? Boleh tahu?

sama2 oom Ruky, dulu waktu suka beli2 reel, daiwa belon selengkap sekarang, sumber mulia kan ngageni daiwa baru 1th lebih aja... trus untuk kelas menengah bawah kebetulan saya dapet full support dari Okuma jadi ya pake Okuma.
Blakangan baru Daiwa masuk reel yang bagus2 nya di kelas menengah, tapi reel saya udah kebanyakan.
Kalo untuk kelas atasnya emang saya lebih cinta Shimano, bukan karena alasan teknisnya tapi lebih dari segi kosmetiknya aja. Stella kelihatan lebih classic dibanding Saltiga yang futuristic.

JackSparrow
12-04-2007, 16:18
Tips yg bagus sekali, cuma pasti banyak yg ga ngerti nama2/part yg anda sebutkan p wied :confused: . So salah kaprah masih bisa terjadi rasanya.:smt120

Kalo beli reel shimano, coba buka bukunya (manual), ada petunjuk bagian mana yang harus dikasih oil dan bagian mana yang harus dikasih greese:D :D Kalo beli shimano yang untuk pasar jepang, memang pake huruf kanji, tapi ada simbol2 yang menggambarkan mana yang harus dikasih oil dan mana yang harus diberi greese:D :D kalo reel lain, ogut kurang tau...:D :D


JACK

isnaeni
12-04-2007, 16:29
Seperti juga penggunaan oli pada spool reel agar tidak mudah berkarat, lapisan tipis saputan oli sebelum spool diisi kenur akan membuat spool lebih awet. Dan penggunaan grease akan memberikan efek yg sama, bahkan akan tetap bertahan lebih lama di spool dibandingkan oil......

Kl yg akan diisikan di spool adalah kenur braided/PE, apakah saputan oil/grease di spool td gak punya efek negatif Om ... misalnya braided jd rantas gitu, soalnya kan nyerap :confused:

Ilmu baru nih .... sepertinya saya akan ikuti tips ini :smt055

Thanx om Lod :smt023

Lodewijk
12-04-2007, 19:33
Kl yg akan diisikan di spool adalah kenur braided/PE, apakah saputan oil/grease di spool td gak punya efek negatif Om ... misalnya braided jd rantas gitu, soalnya kan nyerap :confused:


Saya yakin tidak akan rantas pak Is. Bahkan PE akan jadi lebih baik lagi performance-nya terhadap rantas kalau kena sedikit pelumas (bisa oil, grease, lilin/wax atau spray khusus untuk braided), karena braid akan lebih 'licin' sehingga abrasi saat PE lewat ring guide dpt diminimalis.

PE line akan cepat rantas kalau terkena air laut. Karena air laut yg terserap di seratnya kalau mengering akan 'mengkristal' jadi garam. Nah, kristal garam ini yg dapat merusak PE, selain juga membuat spool berkarat. Karena itu sangat dianjurkan setiap selesai trip harus melepas PE dari spool. Spool dibersihkan dan PE direndam air tawar/air hangat.

Jabricks
12-04-2007, 19:40
wah... jangankan braided, saya kalo isi kenur di reel trolling walaupun monofilamen tetep saya lumuri grease dulu kok spoolnya....

j2000
14-04-2007, 05:12
walaaahhh....
Saya kalo abis mancing...langsung tak lempar itu pancing ke dlm bak/ember besar yg ada airnya...tanpa melihat Dragnya udah dikencengin belum....
Soalnya takut ada garamnya....hik...

anyways..thanks...

db1
14-04-2007, 10:34
Saya yakin tidak akan rantas pak Is. Bahkan PE akan jadi lebih baik lagi performance-nya terhadap rantas kalau kena sedikit pelumas (bisa oil, grease, lilin/wax atau spray khusus untuk braided), karena braid akan lebih 'licin' sehingga abrasi saat PE lewat ring guide dpt diminimalis.

PE line akan cepat rantas kalau terkena air laut. Karena air laut yg terserap di seratnya kalau mengering akan 'mengkristal' jadi garam. Nah, kristal garam ini yg dapat merusak PE, selain juga membuat spool berkarat. Karena itu sangat dianjurkan setiap selesai trip harus melepas PE dari spool. Spool dibersihkan dan PE direndam air tawar/air hangat.

Setahu saya, pak Lod, spool yg terbuat dari bahan graphite, ato aluminium tidak bisa berkarat, kalo korosi dalam arti kata terkikis ya saya setuju. Bahan graphite adalah sejenis dengan plastik yang notabene bukan logam, dan dipastikan tidak bisa berkarat. dan juga PE line juga sama terdiri dari bahan sintesis. jadi kesimpulan saya spool dari bahan graphite, aluminium dan kuningan ngga bakalan berkarat, cuman bisa terkikis karena panas gesekan dari kenur baik mono maupun PE, terlebih2 PE adalah bahan yg punya tambahan resin atau coating dan tidak elastis. benar kata pak Lod terjadi kristalisasi garam disela2 kenur PE.
Saran saya sih, untuk bersih2 baik joran, reel, kenur, diusahakan hindari dari air PAM karena mengandung zat mineral, dan juga kadar Chlorinenya tinggi, air yg bagus adalah AQUADEST (air suling), bukan air mineral Aqua atau Ades, tapi murni air suling, bisa dibeli dari toko kimia umum. CMIIW

Salam,
Toli

Jabricks
14-04-2007, 10:53
Saya rasa maksudnya Lod "berkarat" adalah korosi. Graphite ga bisa korosi, kalo aluminium pasti korosi, contohnya ya spool Ultegra saya itu, brantakan korosi kena air garam.
Sebetulnya berkarat itu kan proses oksidasi, sama aja dengan korosi. Cuma istilah "berkarat" udah menjadi idiom untuk besi, selain besi istilahnya jadi korosi. Ya sami mawon sebetulnya.

db1
14-04-2007, 11:49
Pak Wied, itu spoolnya ancur ampe gimana? ada fotonya ngga? penasaran neh, kebetulan saya bergerak di bidang Electroplating, pengen tau ancurnya ampe tahap apa. ada hubungannya dengan bisnis neh. thanks

Jabricks
14-04-2007, 12:37
wah... kalo spool saya mau buat experimen boleh lho pak.... coba di gold plated gitu? hahahaha...

db1
14-04-2007, 13:31
Wah, Thanks banget nih Boss Wied,:smt023 itu spool kayanya sih ngga parah2 amat yah, korosinya kira2 ada berapa micron? dan itu udah lama ya, kira2 berapa lama dari barunya sampe korosi gitu? and benar dugaan saya, itu korosi karena gesekan aja, buktinya di bodynya ngga apapa, oh ya, kenurnya pake PE ato mono? BTW, udah ngerepotin boss Wied, gold plate masih belom bisa di saya, maklum, kimianya selangit mahalnya, kl nickel Chrome ada, kl mau mau kirim aja ke saya, ntar tak nickelin deh.

mayok
14-04-2007, 13:41
thanks brt atas infonya berarti sy juga salah kaprah selama ini pantesan reel sy byk yg mancet pas dipakainya krn setelah habis mancing reel dilepas dr joran trs lgs direndam kedalam bak ha.. ha.ha

Jabricks
14-04-2007, 14:17
thanks brt atas infonya berarti sy juga salah kaprah selama ini pantesan reel sy byk yg mancet pas dipakainya krn setelah habis mancing reel dilepas dr joran trs lgs direndam kedalam bak ha.. ha.ha

you can thanks me by pressing this http://i16.tinypic.com/2gvrhw7 button hahahaha.....:D

@db1

jadi gini, itu reel saya pake mancing ke laut, lalu sampe rumah biasa saya cuci, trus minggu depan saya mau pergi mancing lagi, saya liat di spool banyak banget tumpukan garam keluar dari braidednya, saya kagetlah, trus kubukalah braidednya ... begitulah adanya spoolnya, itu udah ku amplasin tadinya parah banget.

db1
14-04-2007, 14:42
you can thanks me by pressing this http://i16.tinypic.com/2gvrhw7 button hahahaha.....:D

@db1

jadi gini, itu reel saya pake mancing ke laut, lalu sampe rumah biasa saya cuci, trus minggu depan saya mau pergi mancing lagi, saya liat di spool banyak banget tumpukan garam keluar dari braidednya, saya kagetlah, trus kubukalah braidednya ... begitulah adanya spoolnya, itu udah ku amplasin tadinya parah banget.

Nah, itu tai korosinya berwarna apa? he...he...he... nanya mulu nih:smt087, jd malu ?

Jabricks
14-04-2007, 15:18
Nah, itu tai korosinya berwarna apa? he...he...he... nanya mulu nih:smt087, jd malu ?

ya abu2 ada putih2nya gitu....

db1
14-04-2007, 16:39
OK boss, udah tau neh, mudah2an bisa cepat dapat solusinya untuk reel agar tahan lama, thanks ya boss.

Lodewijk
15-04-2007, 20:44
OK boss, udah tau neh, mudah2an bisa cepat dapat solusinya untuk reel agar tahan lama, thanks ya boss.

Kalau sudah tahu solusinya mohon bagi2 di forum yah ? :D Saya juga ada beberapa reel yg karatan (korosi), bahkan ada lobang2 yg sdh gak micron lagi tuh lobangnya, tapi milimeter...... :(

j2000
15-04-2007, 21:22
you can thanks me by pressing this http://i16.tinypic.com/2gvrhw7 button hahahaha.....:D


Hahaha...udah om jabs...

Btw,sekalian nanya,tuh Graphite yg merk Shimano paling2 murah bisa dpt brp yg barunya....

db1
16-04-2007, 00:24
Kalau sudah tahu solusinya mohon bagi2 di forum yah ? :D Saya juga ada beberapa reel yg karatan (korosi), bahkan ada lobang2 yg sdh gak micron lagi tuh lobangnya, tapi milimeter...... :(

So Pasti pak Lod, BTW reel pak Lod yg korosi itu bahannya apa? kalo dari kuningan ato dari aluminium, di las aja pak, ntar saya bantu untuk ngrapikan lagi dan di chrome ulang.

Lodewijk
16-04-2007, 07:46
Dari aluminium atau mungkin juga aluminium aloy saya ga tahu persis..... Thanks atas sarannya. Tadinya saya pikir akan saya 'tambal' dengan 'resin' yg biasa dipakai untuk rod building. Biar saja untuk sementara, karena toh juga reel2 itu jarang sekali dipakai. Reel2 tsb adalah reel kelas menengah kebawah (budget reel) dan ukurannya kecil2 buat light tackle. Karena jarang2 dipakai itulah yg membuat malah jadi terlupakan untuk dirawat dan jadi karatan spool-nya...... :(

db1
16-04-2007, 08:04
Ok pak Lod, ngga perlu sungkan kalo perlu bantuan saya, kita kan sesama pemancing.

Ichang
18-04-2007, 10:18
nah itulah... saya juga baru nyadar ternyata banyak temen2 yang selama ini salah kaprah nanganin spool terutama bagian drag. drag kalo kena air jalannya jadi sendat2, pertama diputar seperti ngunci, tapi kalo udah jalan mlorot terus. ....................jangan lupa pencet2 http://i16.tinypic.com/2gvrhw7 lho.... hehehehe

Oom Wied,

Busyet dech......ente maniak bener sama gambar "timbangan" entuh oom, he..he..he..... Kagak usah dipencet2 juga, everyone know who you are lah....... Kan udeh masuk kelas "sesepuh" & master bareng sama oom Adri, pak Jon, oom Lod, dll......... he..he..he..... tapi gue pijit juga ding...... hi..hi..hi..... :smt023

Salam pencet,

db1
24-04-2007, 21:04
Oom Wied,

Busyet dech......ente maniak bener sama gambar "timbangan" entuh oom, he..he..he..... Kagak usah dipencet2 juga, everyone know who you are lah....... Kan udeh masuk kelas "sesepuh" & master bareng sama oom Adri, pak Jon, oom Lod, dll......... he..he..he..... tapi gue pijit juga ding...... hi..hi..hi..... :smt023

Salam pencet,
timbangan gw ngga ente pencet, chang he...he...he...:smt023

Jabricks
25-04-2007, 13:18
Oom Wied,

Busyet dech......ente maniak bener sama gambar "timbangan" entuh oom, he..he..he..... Kagak usah dipencet2 juga, everyone know who you are lah....... Kan udeh masuk kelas "sesepuh" & master bareng sama oom Adri, pak Jon, oom Lod, dll......... he..he..he..... tapi gue pijit juga ding...... hi..hi..hi..... :smt023

Salam pencet,

wakakaka... masalahnya kalo pulang mancing badan pegel2 enak neh dipijit2 hahaha....

@db1
shimano graphite yang mana ya yang dimaksud?

yang gw rada2 heran ya, malahan reel2 bikinan china kok spoolnya tahan garam.... ada globe sama tica 3 th braidednya ga pernah gw kluar2in kok ga ada korosinya.. aneh, padahal bahannya bukan graphite.

db1
26-04-2007, 00:28
wakakaka... masalahnya kalo pulang mancing badan pegel2 enak neh dipijit2 hahaha....

@db1
shimano graphite yang mana ya yang dimaksud?

yang gw rada2 heran ya, malahan reel2 bikinan china kok spoolnya tahan garam.... ada globe sama tica 3 th braidednya ga pernah gw kluar2in kok ga ada korosinya.. aneh, padahal bahannya bukan graphite.

spool boss Wied, bukan shimano. and kl ngga salah sih spool dari china itudilapisi pake laquer ato semacam pernis gitu, bisa di coba kok pake thinner ato coustic soda ( soda api ) cair, pasti ngelupas.

Jabricks
26-04-2007, 08:16
spool boss Wied, bukan shimano. and kl ngga salah sih spool dari china itudilapisi pake laquer ato semacam pernis gitu, bisa di coba kok pake thinner ato coustic soda ( soda api ) cair, pasti ngelupas.

weleh.. this will be and expensive experiment donk...

dakocan
26-04-2007, 08:48
kebetulan 6 bulan yg lalu beli exori ukuran 4000 trus saya iseng langsung saya bongkar trus disebelah kiri dan kanan aku ganti bearing dan yg tengahnya juga tak kasih bearing......(sbl buka bering cuma plat)...lalu tak kasih gemuk motor. Al hasil sempet narik ikan kuro 5 kilo fight sekitar 5 menit (rasanya enteng) di Kapal tengelam Marunda cuma gagal naik karena ABK tidak punya ganco dan serokan...???

Sekarang lagi akalin reel overhear okuma CL 452 L karena spoolnya itu oglek2 atau goyang...dampaknya geer cepet aus, lalu penahan plat sebelah kiri aku ganti dengan paku payung yg pakunya dipotong....alhasil spool tidak goyang lagi...mantep trus sesuai saran temen2 levelwindnya juga aku lepas....??? cuma kira2 dengan rell Low Level seperti ini kira2 bisa angkat ikan berapa kilo ya....???

salam hariyanto......

Rudy 007
26-04-2007, 10:17
weleh.. this will be and expensive experiment donk...

Saya rasa ini ide bagus malah. Spool di kasih semacam pelapis tipis. Tapi ada efek ga yah buat jangka panjangnya? :confused:

db1
26-04-2007, 10:29
weleh.. this will be and expensive experiment donk...

emang boss, tapi ya jangan reel yang masih bagus dong, sayang amat, mending hibain buat ane, he...he...he....

db1
26-04-2007, 10:33
Saya rasa ini ide bagus malah. Spool di kasih semacam pelapis tipis. Tapi ada efek ga yah buat jangka panjangnya? :confused:

waduh, ingat loh pake laquer bukan coustic soda.

dakocan
26-04-2007, 14:23
Ya abis gimana ya pak toli....beli murah tapi bering mau 10 biji yan udah ganti aja semua ring kuningannya...1 biji cm 6000 kok di AR. Exori lumayan bagus kok bila strike drag tidak ada jedanya.....pengereman dragnya dia pake semacam roll bar baja ada 6 / 7 buah biasanya kalao rell murah cm pakai pengait aja jadi kalo strike bunyi pletak......

Lagi pula bagi yg budget terbatas spt saya ya gitu beli trus bongkar cari mana yg bisa diganti....

salam hariyanto

db1
26-04-2007, 15:21
Ya abis gimana ya pak toli....beli murah tapi bering mau 10 biji yan udah ganti aja semua ring kuningannya...1 biji cm 6000 kok di AR. Exori lumayan bagus kok bila strike drag tidak ada jedanya.....pengereman dragnya dia pake semacam roll bar baja ada 6 / 7 buah biasanya kalao rell murah cm pakai pengait aja jadi kalo strike bunyi pletak......

Lagi pula bagi yg budget terbatas spt saya ya gitu beli trus bongkar cari mana yg bisa diganti....

salam hariyanto


Boss Har, he...he...he... Waka II kok ngrendah amat, jadi ngga enak badan hi....hi...hi....,:smt082 :smt082 :smt082 ikuti prinsip IFC donk,
BIAR MISKIN YANG PENTING SOMBONG
:smt040 :smt040 :smt040 :smt040 :smt040
hUA....ha...ha...., penggemar Exory juga ya boss? kok idem ya, IFC emang kompak kalo gitu.

samsung
26-05-2007, 17:56
masi seputar merawat reel,
apa betul stlh mancing, drag reel hrs di loose sampai habis
katanya biar awet :)
mohon pencerahan hehe

bonito
27-05-2007, 01:26
masi seputar merawat reel,
apa betul stlh mancing, drag reel hrs di loose sampai habis
katanya biar awet :)
mohon pencerahan hehe

IMO itu betul Pak, untuk menghindari drag lengket/menyatu dgn drag washernya (ring utk drag) apabila terlalu lama disimpan karena utk drag bertipe wet drag biasanya grease akan mengeras dan akan meyebabkan drag macet atau tdk smooth lagi/tersendat-sendat.
Reel yg menggunakan wet drag umumnya spinning reel dan beberapa multiplier reel spt Penn Reel, dll.
Pak Lod, Om Jon, Admin & para pakar yg lainnya please CMIIW.:p

fishy
27-05-2007, 07:22
Bukan cuma masalah drag lengket sih, kan ada juga per untuk menekandrag, yang tentu saja lebih baik kalau tidak diberi tekanan. Setiap per kalau diberi tekanan terus pasti akan kendur