PDA

View Full Version : Ask Berapa liter resin yang diperlukan untuk boat fiberglas



isnovier
23-03-2010, 21:29
Hi All,

Boleh tau berapa banyak resin, katalis dan mat serta gelcoat yang diperlukan untuk membuat fiber boat bagian hullnya saja. Ukuran boatnya lebarnya 2m dan panjangnya 6m.

Mohon pencerahaanya bagi sesepuh... Lg mo nyoba nih...

Surya P
24-03-2010, 02:58
Formula yang gampang adalah :

Fiberglass cloth seperti roving, akan pakai resin 50-60% dari berat roving itu sendiri.
Fiberglass mat, bisa pakai resin sampai 1.5x sampai 2x dari berat mat nya sendiri.
Berat semua kain fiberglass bicara meter per segi berapa gram ( density ), jadi tinggal hitung kebutuhan resin.

Ketebalan lambung you cari tau berapa lapis mau nya atau layaknya. Nanti bisa di hitung berapa lapis jenis kain fiberglass dan tipe yang mana.
Mat biasanya untuk finishing dan TIDAK ADA KEKUATANAN, apalagi yang chopped matt.
Roving ada beberapa macam, bi-axial atau yang biasa. Ini yang berikan kekuatan. Orientasi peletakan roving dan dimana overlap sambungan menentukan kekuatan lambung.
Google ajah buku soal fiberglass boat building, nanya yang kayak gini jawaban terlalu panjang.

Ingat satu hal. Resin itu bagaikan semen. Roving bagaikan besi beton. Kedua nya diperlukan. Kebanyakan resin pun kapal berat tapi tidak kuat.
Yang bagus adalah 50/50 ratio antara fibeglass cloth dan resin tapi ini kudu pake vacuum bagging baru bisa, umumnya 60% resin lah.

Resin ada dua macam, satu adalah resin yang tidak akan kering, ini laminating resin. Satu lagi resin yang untuk final layer luar atau dalam, ini nama nya finishing resin.
yang benar adalah resin laminating di sandwich sama finishing resin dan semua ini di lakukan dalam satu kali kerja dan hasilnya adalah primary bonding.

Jika resin finishing di pakai dan keburu kering saat ketebalan belum tercapai, lalu pakai acara amplas dulu dan baru di resin kan lagi, ini nama nya secondary bonding dan tidak sekuat primary bonding.

Lebih dari ini saya tidak paham... sorry. Semoga menbantu sedikit.

GOOD LUCK