PDA

View Full Version : balanced tackle with my opinion for light record..



inton
20-04-2007, 11:46
dear all mod,
:D
saya mau bertanya tentang opini saya yg muncul begitu saja ketika berkendara..
apakah memungkinkan disebut balanced tackle, jika saya punya jigging rod dg rate pe-8 trus dipasangkan dg jig 300gr tetapi dg line pe-3 dan saya menggunakan ril shimano rate 20000 dg setting drag 7 kilo-an.. dengan maksud menggunakan line cukup kecil tapi ingin mendapatkan ikan besar di arus yg deras dg jig seberat yg tersebut diatas, dan action rod yg mengimbangi berat jig-nya??..

terima kasih atas semua tanggapan-nya sebelum dan sesudah-nya..

salam.. :-D

fishy
21-04-2007, 05:49
Reelnya yang sesuai dengan PE-3 pak, jangan dengan PE-8. Untuk yod pilih yg forgiving jangan yg terlalu fast karena dikhawatirkan terlalu keras untuk PE-3.

Diluar itu sih OK-OK saja.

Anyway, saya bukan penganut paham balanced tackle ;)

Lodewijk
21-04-2007, 09:49
PE-8 jigging rod dengan 20k reel memang pasangannya. Lalu kalau memakai kenur PE-3 tentu itu pilihan anda dan memang sering juga dipakai kok...... Karena untuk jigging jarang kita pakai PE-8 keatas, kebanyakan PE-5. Kalaupun PE-8 keatas biasanya pakai yg 'Ultra' (diameter lebih kecil tapi Lbs besar), tujuannya agar lebih mudah 'membelah' air (arus) tapi untuk target 'monster'.

Settingan drag 7kg untuk PE-3 juga tidak masalah apabila drag reel anda cukup 'smooth'...... Kalau tidak, coba set drag lebih rendah dulu (innitial drag), lalu dinaikkan menjadi 7kg setelah drag bekerja. Hanya saja anda harus paham betul mengenai pengoperasian penambahan drag pada reel-nya, karena kalau asal putar saja drag mungkin tidak jadi 7kg tapi bisa 15kg......:grin:

inton
23-04-2007, 12:00
thx pak adri dan pak lod, :-D

maksud saya menggunakan reel yg besar sekelas 20k adalah kapasitas pe-3 yg bisa sampai 500m lebih.. :-D hehe.. tapi kalo dipikir-pikir siyy.. emang ngga imbang juga siyy..

"sebenernya thread ini bener ngga siyy tempatnya pak adri??.. tentang pertanyaan saya?.. maaf kalo salah kamar.. tolong di move aja deh pak mod!! kalo emang salah.. :-D"

nahhh..
lalu bagaimana dengan angler pemecah record yg menggunakan line 4lbs utk trolling big marlin yg berat-nya sampai ratusan kilo lebih..
bukannya mereka menggunakan reel besar supaya si main line 4lbs bisa masuk sampai kapasitas diatas 800 meter.. dengan maksud supaya kalo dilarikan ikan, si main line masih punya banyak spare dengan drag reel yg sesuai dengan kekuatan main line-nya?..
apakah mereka juga menggunakan rod yg forgiving seperti pak adri bilang?? (kalo saya liat di foto-nya rod trolling-nya besar2 juga, meskipun cuma utk line yg 4 lbs.. -red.)
dan jelas utk setting drag-nya ngga boleh melebihi kekuatan main line itu sendiri bukan?..

thx to all..

fishy
23-04-2007, 12:08
Kl gitu sih yang mancing kapal pak :) Pemancing cuma kebagian gulung reel doang. Begitu strike kapal mundur sekencang-kencangnya. Dulu sih Shimano TLD sangap populer untuk aplikasi seperti ini.