PDA

View Full Version : kapal pencari kepiting "Dealiest Catch"



mancingers
23-05-2010, 22:04
maaf newbie cuma pengen sekedar tahu aja nih,
Kdg nonton dichannel discovery "Dealiest Catch"
Penasaran, kenapa kapal tersebut tidak oleng atau tenggelam meski diguyur ombak gede gt yah..
sample bisa dilihat di:
YouTube - Deadliest Catch - Monster Waves (http://www.youtube.com/watch?v=CRO6H8puHF8&feature=channel)

apa mungkin spesifikasi kapalnya berbeda atau gmn.?


Salam

BLOWfish
24-05-2010, 06:34
Mau nyoba jelasin, kalau salah maaf ....... kapal2 tsb sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjelajah di lautan bebas, seperti Baltic, kenapa kapal tsb tidak mudah terbalik, karena lambung kapal tsb penuh dgn muatan, misal : air laut utk tangkapan king Crab nya, dan kapal tsb bahannya metal semua, jadi berat, ditambah daya kuda dari mesin kapal tsb yang sangat besar, mereka nangkap kepiting (atau lagi narik keranjang tangkapan) dengan mesin hidup, kalau mesinnya gak hidup, pasti bisa terbalik ........ mohon suhu2 yang lain bisa kasih pencerahan lagi ......

monyet
24-05-2010, 09:14
Nih yah tambahan inponyah, tp bukan gw ngerti perihal perkapalan, tapi krm gw perlihat program pembikinan kapal juga :

- ruang mesin mrk rada2 kedap air, sehingga kalow kena ombak gede, mesin tetap nyala
- pintu palka juga kedap air, kalo kegulung ombak, air ga masuk ruangan kapal.
- rancangan kapal sangat memperhitungkan faktor design ; salah satu faktor kunci ; self stabilizing
wokeeehhhhh..........

silver_sanma
25-05-2010, 11:48
Sekedar ikutan sharing aja...

Dalam setiap kapal, ada bagian yang dinamakan KEEL. Bagian ini berfungsi membantu menjaga keseimbangan kapal, mirip dengan cadik, tapi ini posisinya menempel di body kapal dan masuk di dalam air. Bisa di tengah, bisa disamping kanan kiri, bisa di tengah badan kapal, bisa di belakang dekat dengan baling-baling, semua tergantung fungsi dan peruntukannya, sesuai dengan jenis kapal / perahu / boat.

Untuk yang tunggal, bisa berbentuk seperti sirip punggung ikan tapi terbalik (dibawah) kalau yang lebih dari satu, bentuknya hampir menyerupai "sayap" atau sirip ikan, tapi bisa sepanjang badan kapal, bisa hanya sebagian.. bisa hanya 1 sirip tapi juga bisa 2-3 sirip.

Kembali ke kapal-kapal yang memang didisain untuk mengarungi samudera dengan ombak raksasa, semua dilengkapi dengan keel yang besar dan berat, walaupun memang tidak sekedar berat dan besar tapi disesuaikan dengan besar kapal dan keperluan kapal. Selain itu bodi kapal juga biasanya sangat berat, yang titik beratnya jatuh pada bagian tengah kapal untuk menjaga keseimbangan. Dengan berat yang semakin besar, kapal akan semakin masuk ke dalam air, tapi sebaliknya akan semakin sulit terbalik (hukum archimedes). Ditambah dengan adanya "KEEL" itu, semakin membuat kapal stabil dalam kondisi gelombang besar sekalipun.. walau tentu saja, kalau berhadapan dengan gelombang yang tidak seimbang dengan besarnya kapal, akan tetap saja ada resiko terbalik.....

Mungkin akan lebih mengherankan lagi kalau lihat crane vessel yang biasa untuk ngangkat/masang rig pengeboran minyak, container mother vessel dsb-dsb....

monyet
25-05-2010, 14:07
Nambahin yah, kalow faktor "KEEL" itu lebih dominan di perahu layar tiang tinggi (tall ships), nah kalow di kapal tipe konvensional (seperti kapal crab itu), keseimbangan kayaknya lebih ditekankan pada faktor 'ballast' sama design kapal. Kapal2 penangkap lobster dan king crab itu juga semuanya type full displacement yg emang berat dan stabil di aer yg bergelora yah.
Sayah juga pernah nonton di acara deadliest catch itu nyang kapalnya mogok, lalu keseret ombak sampe nyangsang di bebatuan - KEEL nyah gak segede KEEL punyanya kapal layar.