PDA

View Full Version : Perubahan nafsu makan Patin



Latka68
01-06-2010, 10:39
Friends, kadang2 saya ikut GT 2 sesi berturut-turut, nah.. misalnya di sessi 1, beberapa lapak yg narik banyak rata2 perolehan diatas 40 an ekor. Tingkat tarikan dari awal sampai akhir sessi konstan. Waktu sessi 2 bisa tiba2 terjadi perubahan nafsu makan ikan secara menyeluruh (berlaku di semua lapak). Bahkan total terbanyak gak nyampe 30 ekor. Demikian sebaliknya, kadang sessi 1 jelek, sessi 2 bagus. Diperhatikan tidak ada perubahan cuaca / suhu udara. Apakah hal ini terjadi krn posisi pemancing diacak2 lagi sehingga terjadi perubahan aroma umpan di setiap lapak sehingga patin ngambeg gak mau makan atau gimana ya... mohon pencerahan.

jalasutra
01-06-2010, 12:57
Boss, just reminder saja :
1. Faktor cuaca & suhu ; udah jelas sangat berpengaruh pada pola makan ikan
2. Faktor quantitas ikan di kolam tersebut ; klo ikan nya dah banyak yang keangkat disessi awal maka sesi berikutnya pasti bengong atau sebaliknya,
ikan sudah kenyang atau masih ngrasa sakit kena kail.
3. Faktor lapak ; posisi lapak sangat menentukan, ada lapak neter, lapak babon, lapak bengong
4. Faktor umpan ; dah pastilah ikan juga tahu mana yang enak mana yang tidak
4. Quantitas peserta ; biasanya semakin banyak peserta maka quatitas strike-nya juga berkurang
5. Faktor air ; air habis diganti atau ditambah
6. Sirkulasi oxigen kurang ; biasanya setelah kincir mati, habis mati listrik
7. Habis tambah ikan ; Kadang2 penambahan ikan baru bisa mempengaruhi pola makan ikan lama.
8. etc,

Mohon maaf klo salah, maklum saya juga masih butuh banyak pencerahan

Latka68
01-06-2010, 17:28
Thanks ah bang Jalasutra, kesimpulannya : suka2 ikannya ya... mo makan kek... mo puasa kek... toh yang bayar si pemancing. Saya suka teori faktor lapak, bener itu... di kolam saya biasa mancing saya sdh amati dan hapalkan... memang ada lapak babon, lapak neter dan lapak jahanam. Masalahnya kan diundi... nah kalau sdh dapetnya lapak jahanam biasanya kursi agak saya mundurin, trus pesen makanan, lempar umpan sambil main facebook.... dimakan sukur gak dimakan .. emangnya gw pikirin.

Batman
02-06-2010, 09:45
Maaf OOT...Kang Latka...ane tgl 16-18 juni mo ke bandung, GT patin nyang ente maen ada dimana lokasinya? Mohon pencerahan.
Kalo bs kita mancing bareng dah. nomor kontak gw ada di signature. Thanks bos.

Latka68
02-06-2010, 21:20
Kang Ricky tempat saya biasa mancing di kolam Praktis Buah Batu. kolamnya kecil cuman 16 lapak, tapi kalau hoby neter gak ada yg seenak di situ. Minggu kemarin yang juara sessi 1 narik 62 ekor. keluar tol buah batu belok kanan. minggu besok pas saya mancing saya catat koordinatnya, ntar saya sms in, tinggal inputin ke gps beres.