PDA

View Full Version : Another Amateur Boatbuilding = Garvey Flex 14'



cencen_kecil
16-06-2010, 21:43
Bravo BoatBuilding!!!!!! :p
Untuk memberi semangat dan ide2 segar bagi para boatbuilder amatiran di FF saya post hasil karya teman kita rekan FF juga yang baru mulai boatbuilding (beliau masih meminta saya untuk tidak disebutkan namanya).
Boat yang dibangun adalah boat dengan jenis garvey flex. (Contoh gambar jadi di: Wooden Boat Plans & Designs for Small Boat Building Projects (http://www.boatplans.dk/) ). Jenis boatnya sangat unik dimana bentuk haluan/bow seperti terpotong.;) Menurut designernya seaworthy boat ini sangat bagus. Seluruh plan didapat sang builder dari denmark.
Specification
LOA: 14 ft (4.26 m)
Beam: 1.6 m
Frame melintang : 7 buah (termasuk bow dan transom)\
Longitudinal Frame: 2 interlocking dengan frame melintang.
Material: plywood 9 mm untuk hull dan 12 mm untuk frame, transom dan bow.

Ayo siapa lagi amateur boatbuilder di FF tunjukkan hasil karyanya dong.. :D

Mangokiwi
16-06-2010, 22:20
Bravo!
Kalau ada yang minat bangun boat sendiri di sini (http://www.yachtdesign.info/Boat_Plans/Free_Boat_Plans/) ada boat plans gratis.

cencen_kecil
16-06-2010, 22:35
mau dong om.. kirimin ke [email protected] hehe thank youuuu :)

Mangokiwi
16-06-2010, 23:02
Itu di atas ada URLnya.
Di sini ada bebrapak lagi Klick (http://www.yachtdesign.info/Boat_Plans/)

mancingers
17-06-2010, 10:52
Fotonya kecil bgt boss..
Lebih bagus lagi kl di postingin rincian detail termasuk biayanya he he

inug
17-06-2010, 21:34
ikut nimbrung,
iya ne fotonya terlalu kecil, klo perahu sudah jadi, fotonya mgkin bisa sekalian di upload. ato bisa dibuat mirip tutorial gitu, mulai dari proses awal(desain) sampai tahap akhir(finishing) juga ujicoba di air. walopun sebenernya sudah pernah lihat dalam bentuk pdf(download situs luar) dan juga video dari youtube, namun klo yang jelasin prosesnya dalam bahasa indonesia mungkin bisa lebih mudah dimengerti. dan mungkin bisa jadi acuan bagi para pemula yang ingin menggarap perahu sendiri, seperti saya yang dalam benak sangat ingin bisa buat, walopun tidak sekarang. maklum belum mapan.
kemudian klo bisa selain perkiraan biaya, bisa ditambahkan juga perkiraan berat setelah jadi, dan perkiraan penggunaan mesin. kan bisa saja seandainya perahu cukup ringan untuk diangkat dua orang, bisa dengan mudah dipindah2 seperti kano(khusus fresh water). selain itu juga mungkin bisa diaplikasikan dengan dayung saja(tanpa mesin) terutama bagi yang berkantong cekak.

Mangokiwi
18-06-2010, 01:02
Kalau menurut pengalaman saya, sebaiknya di gambar ulang, Ukuran semuanya harus diterjemahkan ke metrik (cm). Sewaktu menggambar ulang kita jadi betul-betul tahu semua bagian diperlukan, dan bagaimana sebaiknya dibikin.

venturamalang
18-06-2010, 10:44
salaaam para builder..., saya blom berani builder, masih amateur planner, ama watcher saja..., soal propulsion and propeler mau ngasih link, disini (http://www.propellerpages.com/downloads.php),semoga bermanfaat
salaaam