PDA

View Full Version : (ask) meyingkirkan si ikan hama sakarmu )sapu2,pembersih kaca)



boyyz_mercy
21-09-2010, 22:35
dear, para master2 suhu, newbie mau tanya nih.....
kemarin saya mancing, di kolam didaerah pinggiran surabaya barat ( masuk wilayah gresik), alasan aku milih tempat ini karena banyak teman2 yg cerita ditempat ini ikan nya banyak yg jumbo2, karena terkenal sulit dipancing, dan memang kolam ini sudah ada hampir 10 tahunan.

dengan modal rasa penasaran newbie memacu kuda besi ke tempat tsb, sampai disana sekitar pukul 16 wib. setelah beli tiket dan masuk, sembari jalan2 mencaari lapak yg sesuai felling ( kolam luas bgt) ada seorang pemancing yg strike ikan mas yg menurut newbie sangat besar, pangkal buntut ekornya saja sebesar genggaman orang dewasa. karena baru dateng saja sudah disuguhi adegan pertarungan dengan monster begitu, semakin membuat newbie optimis bahwa hari ini, akan dapet ikan mas babon juga ( maklum selama ini hanya ikan rame aja, itu pun dikit). mulailah newbie meramu umpan, dengan racikan essen tenggiri, tuna, melon, choya, vanilla, strawberry , pelet merah merk exel ubi dan kroto tak lebih kuat ke amis, dengan teknik satu kali, dan pelampung super mini. berjalan mancing 1/2 jam, newbie dibikin streess, why??? karena ulah si ikan hama sakarmut aka sapu2 aka pembersih kaca, singat saya dapet lebih dari 10 dalam tempo 1 jam, yg bikin newbie +heran nih ikan cara makan nya mirip banget dengan ikan mas, bahkan saking halus dan lembutnya, saya sempat terkecoh karena saya pikir ikan mas babon, karena biasanya mas babon halus banget cara makannya, beranjak malam, ramuan saya ubah ke arah gurih dan wangin buah2an, lupa apa aja yg dicampur. bukan cerita indah yg newbie dapet, namun sebaliknya si ikan hama makin sadis dan ganas menghabiskan umpan. tak habis akal, newbie racik lagi kali ini murni pelet merah (merk exel) dan ubi, pelet merahnya dikit banget lebih banyak ke ubinya krn tuh pelet standarnya aja udah aroma harum gurih, jadi takut mengundang si ikan hama. tapi apa nyata tetap saja siikan hama tersebut yg menyerbu umpan newbie, sampai hari ini saya masih tak habis pikir:smt120 bagaimana mengakali si ikan tsb, newbie sudah pakai tipuan bom, dengan membuang 2 titik bom bandul yg berjarak 2 meteran kesamping kiri ke kanan, juga masih saja tuh ikan sakarmut mengganggu:confused:. mohon kepada para suhu2 master2 maupun pecinta fishyforum yg bisa memberi pencerahan pada newbie tentang cara mengatasi serbuan si ikan hama ini. salam strike selalu

sigit_susilo
22-09-2010, 14:29
ikan sapu2 (pleco) biasanya memang sengaja di tanam di kolam (oleh pemilik) dengan maksud... agar menghabiskan sisa makan yg jatuh di dasar kolam.
sayangnya bila perkembang-biakan ikan terlalu pesan ini malah menjadi masalah... mengganngu pemancing.
Sepertinya si pemilik kolam tidak pernah menguras atau membersihkan kolam.
Kolam2 yg jarang di bersihkan/dikuras tentunya akan berakibat sulitnya ikan2 didalam kolam itu untuk dipancing.
alasannya ikan akan lebih menyukai makanan yg terdapat di dasar kolam.
apalagi ada istilah kalo ikan udah makan lumut (tanah) kolam... maka sudah dipastikan akan sulit di pancing.

Saya tidak tahu apakah kolam ini besar sekali sehingga pemilik tidak membersihkannya...!!
namun kalo hal demikian coba pake umpan yg biasa dipakai untuk mancing di embung/danau/telaga/setu/waduk..
coba pake nasi lengket.. di gumpalkan di kail, pake kucur (awas bau banget), usus busuk...!!! atau coba pake sayuran: bisa pake kubis, seledri, daun tela dll.
Atau coba pake keluarga cacing dan ulat... ulat daun pisang, ulat uter, ulat hongkong, ulat bambu.
Semoga berhasil.

Didi Afandy
28-09-2010, 10:25
Atau coba pake keluarga cacing dan ulat... ulat daun pisang, ulat uter, ulat hongkong, ulat bambu.
Semoga berhasil.

atau pm atau kontek si pakar umpan mas bamqeder,dijamin puas dah resep umpannya.........jiakakkakakakakakakakkaakkakakaka kaakakka

Rudy 007
28-09-2010, 10:39
Ada yg pernah meng konsumsi ikan ini? :smt003:smt003:smt003

Didi Afandy
28-09-2010, 10:48
Ada yg pernah meng konsumsi ikan ini? :smt003:smt003:smt003

saya seh belum tapi teman2 saya dirumah pernah,katanya lumayan enak dagingnya,cara olahnya,ikan diseduh air panas,lalu dikuliti..nah tinggal dagingnya trus digoreng deh..
ada juga katanya yg dijadikan bahan baku siomay...

thank's

AgusIki
28-09-2010, 11:23
noh, umpan dari om Sigit rasanya maknyuuzzz..
anjriiit.. guwa ajah sampe encess... xixixi
dicoba ajah om Mercy.. kalo doi ga mau.. bakal gw ajah!

sigit_susilo
28-09-2010, 16:28
noh, umpan dari om Sigit rasanya maknyuuzzz..
anjriiit.. guwa ajah sampe encess... xixixi
dicoba ajah om Mercy.. kalo doi ga mau.. bakal gw ajah!

Kang agus masa doyan cacing...!!! hehehehe.... peace ya kang...!!!

sigit_susilo
28-09-2010, 16:37
Ada yg pernah meng konsumsi ikan ini? :smt003:smt003:smt003

saya seh belum tapi teman2 saya dirumah pernah,katanya lumayan enak dagingnya,cara olahnya,ikan diseduh air panas,lalu dikuliti..nah tinggal dagingnya trus digoreng deh..
ada juga katanya yg dijadikan bahan baku siomay...

thank's

... kayaknya pernah dibahas.... coba baca links ini: http://www.fishyforum.com/fishysalt/fishytalk/33455-mengapa-pleco-di-benci.html
hehehehe... sapa tahu kita pernah makan cuma ngga nyadar..... :-D

x yandi x
28-09-2010, 17:27
Klo menurut saya coba deh om, pake umpan kuning ato umpan putih.. Klo yg pernah saya coba seh begitu, klo pake pelet emang ganas dia makannya. Tapi klo pake umpan itu jarang" ada sapu" yang mau..

david_junior
28-09-2010, 20:57
saran saya kalo dikolam itu ada ikan pleco aka sapu2, baiknya kalo mancing jangan ngebom deh..... jamin bakalan kaya pasar senggol tuh dasar kolam, penuh sesak sama ikan sapu2. karna saya dirumah pelihara ikan koi dan ikan hias, juga ada ikan masnya. pernah saya memasukan kurang lebih 10 ikan sapu2 ke dalam kolam, karena waktu itu saya mau keluar kota, jadi takut kolam nya kotor, kan kalo ada ikan sapu2 lumayan bisa mengurangi kotoran2 di dalam kolam pikir saya, sampai saya pulang tugas dari luar kota. and ketika itu saya berikan pakan ikan yg tenggelam ( karena waktu saya kasih pakan apung si ikan sakarmutnya ga bisa makan, kasihan kalo mati tuh ikan).. ..busyet tuh sapu2 kaya satuan pembersih ranjau, ikan ikan lainya ga berani mendekati pakan ikan yg saya sengaja taruh di satu titik, meski jumlah mereka lebih sedikit dari jenis ikan lain dalam kolam saya. dan pengamatan saya bahwa ikan koi,ikan hias bahwa ikan mas pun hampir pasti selalu berenang menjauh dari ikan sapu2 itu. semoga membantu. oh ya menurut saya tuh ikan sapu2 tak pandang bulu dalam makanan, jadi umpan putih or kuning pun saya yakin tuh ikan sakarmut pasti woookehhh woookeh saja, apalagi kalo ada kroto2 or bau2 harum2 gitu, lha kotoran ikan lain saja di sikat bersih koq, hehehehe. betul2 ikan yg dibenci pemancing.

cak_wo
28-09-2010, 23:06
boleh dicoba nih,
coba di bikin bom tapi dengan bentuk bulatan yang keras, jadi jangan bom tabur. trus buang di pinggir kolam, nah kita mancingnya di titik yang lain dari bom yang kita bikin tadi.. mudah2an bisa mengurangi gangguan ikan tersebut..

b3j0
29-09-2010, 13:20
Dah dicoba pake rangkaian kail gantung Bro???

anto
29-09-2010, 15:05
penyakit lama neh...sapu-sapu..di sapu aja kaleeee