PDA

View Full Version : Gilatama ?



jalasutra
19-10-2010, 13:30
Ada sebuah reminder yang ane dapat waktu lihat berita di TV :
“ Diberitakan seorang suami tewas dicekik sang istri gara-gara sang suami menjual tabung gas 12kg untuk memuaskan hobby memancingnya “. Aneh tapi nyata ya.
Jadi ingat juga ada rekan pemancing yang terpaksa merelakan mobil dan motornya “nyemplung” ke kolam, rumah tangga dan usaha yang berantakan serta segudang cerita miris demi sebuah kepuasan, Hobby ternyata bisa mengalahkan segalanya dan melenyapkan akal sehat kita.
GILATAMA kah itu namanya ?
Bagi rekan2 yang punya cerita & tips mohon dishare sebagai bekal mengontrol diri agar hobby yang satu ini bisa ngacir terus dan tidak mengganggu kehidupan kita.
Salam,

roedy full
19-10-2010, 13:47
bener bos, kadang hobby mancing menjerumuskan kita ke dalam kekacauan keuangan dan rumah tangga......
bila kita tdk bisa mengontrol emosi kita dalam mamancing terutama galatama......contoh kasus teman saya sendiri, usaha jual beli mobil bekasnya hancur dan uang modal usaha tersebut ludes dan klimaksnya rumah tangganya berantakan hanya krn dia gilatama di pemancingan galatama taman mini..... tragis memang tp itu nyata, jd saya menghimbau agar kita lebih bisa menahan emosi dalam memancing terutama galatama.... mudah2an ini bisa jadi pembelajaran buat kita sesama pe hobby mancing galatama....

save your kantong...hehehe

buceng
19-10-2010, 13:52
*ngurut-ngurut dada*

jalasutra
19-10-2010, 15:33
Kasihan juga ya klo sampe hancur seperti itu.

reki
19-10-2010, 15:56
wahh...kok sampe gitu yaaa....
tapi kalu inget pesan orang2 tua dulu sesuatu itu kalau terlalu bin over itu gaak baikk,sepertinya betul yaaa....

gentur_blacklotus
19-10-2010, 16:41
begitulah kalo orang sudah memandang mancing itu sebagai mata pencarian hanya dengan modal kecil ingin mendapatkan hasil yang banyak ... yang perlu di catat adalah mancing itu pengen menghilangkan stress,mancing bukan membuat kita stress kalo selalu mengharapkan juara ...

M-BEI
19-10-2010, 17:03
no comment ah!!!

jalasutra
19-10-2010, 17:07
Mohon maaf, ane tidak bermaksud menyinggung "kemampuan" rekan pemancing semua, ini sekedar tips saja :

1. Galatama seperti candu, semakin dinikmati semakin membuat ketagihan. Buat pemancing berkantung tebal mungkin bukan
masalah. Tapi buat pemancing berkantung cekak. Perhitungan kapan mesti turun dan kapan tidak harus diperhitungkan
matang2 agar tidak kebablasan.
2. Apabila ikan sedang tidak makan disession sebelumnya / drop, jangan memaksakan untuk lanjut di session berikutnya.
3. Galatama murah meriah bisa menjadi alternatif sementara.
4. Luangkan waktu bersama keluarga. karena jarang ada pemancing GT yang punya banyak waktu buat keluarga, kebanykan
punya prinsip 3K, Kantor...Kolam....Kasur, termasuk ane sendiri, wkwkwk....
5. Mancing harian / kiloan bisa menjadi pilihan lain

Mr. Benjol
19-10-2010, 17:17
Wah bener banget tuh om..setujuh

Galatama emang racun keras...kalo menurut ane GT Mas racun yg lebih racun lagi kalo diliat dari segi godaan Amplopnya.
Obatnya mungkin ini nih : Mancing di laut..hehe :D

fishy
19-10-2010, 17:32
Ada sebagian orang yang menganggap mancing Galatama itu judi, dan kalau membaca cerita itu,ya memang bau-baunya mengarah kesitu, makanya bisa sampai begitu.

Saya sendiri sempat suka mancing Galatama, terutama kalau lagi gak bisa ke laut karena faktor cuaca, dll. Kenapa? sebab hanya dengan mancing Galatama kita bisa dapat ikan lumayan besar, dengan frekuensi strike yang cukup sering, dan gak perlu bawa ikan ke rumah (di rumah gak ada yang doyan ikan air tawar, ikan laut jg milih2). Biasanya kalau saya mancing Galatama ya milih yg standard aja, waktu itu tiketnya 50ribu-100 ribu, dan gak ikut C. Jadi tujuan saya memang cuma mau mancing, strike dan fight ikan2 yang lumayan. Hadiah gak diharapkan sama sekali, kalau menang ya itu bonus. Kalau lomba yang tiketnya sampai juta-jutaan ya saya gak pernah ikut, karena saya memang cuma niat mancing, jadi cari yang murah2 aja. Toh bayar 50 ribu maupun 5 juta ikannya itu-itu juga, hehe. kecuali kalau bayar 5 juta ikannya patin 50kg-an mungkin lain ceritanya, hehe.

sigit_susilo
19-10-2010, 18:00
kayaknya belum pernah dengar... orang bisa kaya karena galatama...
yg udah-udah kalo tidak bijak... dompet bisa bolong...!

yusiadi
19-10-2010, 18:03
topik ini lagi.. memang masih menarik untuk diobrolkan walaupun sudah dibahas berkali-kali..
saya kebetulan belum pernah ikut galatama, jadi tidak tahu rasanya.

kalaupun ada rekan kita yg kecanduan.. bolehlah kita sebagai temanna ikut mengingatkan
mungkin dengan diajak mancing di tempat lain, ke salt water (di pinggir or tengah laut) atau wild fishing dll, bisa melupakan kecanduannya itu

evon212
19-10-2010, 18:05
Galatama = Liga Sepak Bola Utama kan.. Alias Liga Indonesia...?

mbah jambronx
19-10-2010, 18:15
akur om..
sy bersyukur kl sy msh ada yg kontrol, my wife.
beliaulah yg akan ingetin (baca: ngomelin) sy kl udah keseringan.
lha... balik lg ke kitanya, mo manut ato mabur... he3x, kayaknya sih banyakan yg tetep mabur yak

giriwil
19-10-2010, 18:29
just share ...

Dulu buat GT-an (mancing umumnya), saya jual seluruh koleksi kamera SLR NI*ON+ lensa + asesoris (kecuali yg leica + hassel)

Saya gak menyesal menjual seluruh tsb, krn drpd gak pernah dipake n jamuran... mending buat mancing :)

Skr senengnya mancing gabus + tenggirian aja

Kalo ada GT Casting Gabus mungkin mau berpartisipasi lagi ... :)

giriwil
19-10-2010, 19:35
Maaf mau nambahin... tadi keburu hang ...

Ikut GT bukan krn hadiahnya, ... hanya ingin narik ikan yg ukurannya relatif besar ... lha bikin umpan aja asal2an aja hehehe

Yang penting kontrol diri saja ...

kompeni
19-10-2010, 20:53
Baca thread ini jadi inget temen yg baru doyan mancing, Pertama mancing seh dikolam harian/lomba, sempet beberapa kali ikutan lomba tuh anak jarang banget dapet ikan a.k.a boncoz dan dan kalopun dapat ikan cuma beberapa ekor saja (ikan Rame), sementara dia pengen banget ngerasain tarikan ikan Babon.
Karna empang GALATAMA gak jauh (mungkin dah pada tau kan Galatama MBAU), nah tuh anak iseng nonton ke empang GALATAMA sessi pertama dan kebetulan tuh anak nongkrong dgn pe-GALATAMA yg sering banget strike ikan ( makin netes aja dah tuh liur ngeliat ikan yg gede2 di GT-an ).

Disana dia obrol2 sama kedi yg dia kenal masalah umpan, ticket dsb......dan Tanpa basa-basi dia mendaftar untuk ikutan GALATAMA sesi ke-2 dgn bantuan kedi yg dikenalnya. Langsung deh pas sesi ke 2 dimulai, lapak di undi dan dia dapat lapak 20 waktu (sementara gw sendiri dapat lapak 23).....Lucu nya tuh anak tiap strike ikan yg dia rasa besar, selalu minta kedi untuk ditimbang (padahal tuh ikan beratnya palingan 3-4kg), jiakkakakkakkakkk.

Seneng banget dia dah mancing di GALATAMA-an dan sering strike ikan, sampe pegel2 tangannya.......Nah sejak pertama kali GALATAMA-an, langsung deh racun dan candu hinggap di tubuhnya dan mulai aktif digalatama dan gak pernah mancing pelampungan lagi.
Karna lagi demen-demennya galatama dia bisa 3-4 kali seminggu (termasuk weekend) GT-an sehabis jam kerja (pulang kantor).....Sebagai temen deket rumah, gw sempet ngingetin supaya bisa ngontrol ber-GT-an ria tapi gak mempan karna Racun dan Candu sudah hinggap ditubuh dan otaknya. Dia pun sempat beberapa kali jadi juara di GT-an.
Karna dah pernah nge-rasain juara di ticket yg biasa, dia sempet juga ikuta GT-an yg ticket nya 1,5jt..... ( gw aja lom pernah dan masih mikir, eh dia yg baru anak kencur di GT-an dah nyobain GT-an yg ticketnya 1,5jt ). Dia ngikut yg ticket 1,5jt karna terimingi pada Hadiahnya. Tapi sayang di ticket yg 1,5jt dia pun gak begitu banyak strike ikan.

Nah disini miris-nya.
- Sempet cuma beberapa bulan (gak sampe setaon) aktif di Galatama, tabungan dia ludes (padahal waktu itu tuh uang tabungan buat melahirkan anaknya).
- Uang kakaknya yg dia pinjem beberapa juta gak bisa terbayar.
- Dia sempet juga tilep uang kantor sebanyak 25jt dan akhir ketahuan dan Uang kantor musti dikembalikan tapi apa daya uang sudah tiada bin ludes dan sebagai ganti uang kantor yg dia tilep, Sepeda motor dia (kreditan) di ambil sama perusahaan dimana dia bekerja dan dia pun di berhentikan dari kerjanya alias di rumahkan.
- Dan yg terakhir......................Sekarang dia cuma (kerja) jadi pengantar AQUA ISI ULANG ( itupun dia kerja sama keluarganya ).

Nah sejak jadi PENGANTAR AQUA ISI ULANG sbg gawean-nya, dia dah gak pernah lagi megang JORAN alias Berenti mancing TOTAL bin gak ada modal lagi..........hiks...hiks...hiks.

So, buat Pegalatama baru yg lagi doyan2 nya, berhati-hati lah dan harap bisa mengontrol hoby GT-an nya, Jangan sampai tinggal BAJU dan CELANA yg ada di badan gara-gara GT-an...jiakkakkakakkak.

Kalo buat Gentur, SS, Kakang, Fredih mah gak jadi masalah tuk terjun GT-an, mereka pan duit nya gak abis-abis.......he he he.

Saran seh : Mending Aktif mancing di Pelampungan, tanya kenapa? Mancing harian / lomba tidak tiap hari ada ( buka ), sedangkan GT-an tiap hari buka dan selalu lomba.

Salam
- MANCING TERUS SAMPE MISKIN -

Haneef
19-10-2010, 22:20
Wiiih, kok ngeri2 semua yah ceritanya??
Ini jelas salah orangnya (pemancing) nih, bukan salah penyelenggaranya apalagi kolam atau ikannya.. ^^
Mending casting di pinggir laut atau muara, gratis, otak seger gara2 pemandangan indah..
Sorry, No Offense.

gentur_blacklotus
19-10-2010, 22:38
ane mah galatama palingan juga yang tiket murmer .. noh di puspita itupun kalo ikannya lagi makanin baru dech berangkat kalo ikannya stroke mendingan di rumah aja kalo gak ke kolam kiloan bawal buat mancing casting ... he3x ...

x yandi x
19-10-2010, 23:19
Dulu, sebelom ane kenal galatama, ane menggila sm yg namanya mancing gaplean.. Setelah di ajak sm temen mancing galatama, makin menjadi-jadi gila mancingnya, karena memang galatama lbh mantap tarikannya.. Sebelom racun menjalar, untung ada temen yg ngingetin.. Dan akhirnya setelah itu makin jarang2 ke kolam galatama.. Kesimpulannya, semua tergantung dr diri kita masing2, bagaimana kita bs menahan ego dan hawa nafsu.. Mancing just for refreshing..

kakang
20-10-2010, 00:23
3. Galatama murah meriah bisa menjadi alternatif sementara.

Betul... betul...
Saya juga suka galatama bawal yang per sesinya 10 rebu



Dulu buat GT-an (mancing umumnya), saya jual seluruh koleksi kamera SLR NI*ON+ lensa + asesoris (kecuali yg leica + hassel)

TERLAALUUUU........
Wakkkkakkk... kakkk....



Kalo buat Gentur, SS, Fredih mah gak jadi masalah tuk terjun GT-an, mereka pan duit nya gak abis-abis.......he he he.

Aya aya wae si akang...
:smt082:smt082:smt044:smt044:smt044



Dulu, sebelom ane kenal galatama, ane menggila sm yg namanya mancing gaplean.. Setelah di ajak sm temen mancing galatama, makin menjadi-jadi gila mancingnya, karena memang galatama lbh mantap tarikannya.. Sebelom racun menjalar, untung ada temen yg ngingetin.. Dan akhirnya setelah itu makin jarang2 ke kolam galatama.. Kesimpulannya, semua tergantung dr diri kita masing2, bagaimana kita bs menahan ego dan hawa nafsu.. Mancing just for refreshing..

Jaga diri, jaga emosi bro...
Yang penting selalu dekat ama Fishy Forum, dijamin GalaTAWA

Diluar Fishy Forum GMC engga jamin
Wakkkkkakkkkk... kakkk....

jalasutra
20-10-2010, 08:52
Om Kompeni,
Ceritanya miris banget ya kayak sinetron, ane ampe prihatin dngernya.


Jaga diri, jaga emosi bro...
Yang penting selalu dekat ama Fishy Forum, dijamin GalaTAWA

Diluar Fishy Forum GMC engga jamin
Wakkkkkakkkkk... kakkk....

Om Kakang,
Klo ada GALATAWA di FF, ane ikutan ya......., enak gak nguras kantong.

M-BEI
20-10-2010, 09:43
Tidak membosankan, inilah FF, dengan motto Friend, Fun & Fish. Berulang-ulang thread ini di buat dan selalu rame menggairahkan. Kalo saya lihat manfaatnya adalah, kita sesama member selalu di ingatkan oleh teman, karena teman kita cinta akan kita bersodara, jadi pengalaman atau cerita yg membuat sengsara disharing untuk jaga-jaga. good bah.

Saya juga cerita bah. Saya pecinta mancing, jadi mancing apa saja, teknik apa saja mo di kali, waduk, empang, kiloan, galatama, laut, dsb pernah saya jalani. Dari sekian teknik mancing yang ada sampai saat ini saya masih paling cinta mancing ikan mas dengan teknik pelampungan. pernah mancing galatama mas, pernah mancing galatama patin dan pernah mancing galatama bawal, dan semuanya pernah juara dan juga pernah boncos (mutih), kecuali ikan mas belum pernah mutih.

Jadi, saya na'udzubileh bah jangan sampe seperti cerita2 di atas. mit amit bah. Alhamdulillah pelampungan seminggu sekali lumayan, kalo ada yg ngajak mancing dengan ikan banyak ya mikut, kalo gak ada ya mancing murmer 20k. penting liat ndut ndutan udah moy! kalo om gentur mah dah nyohor, mancing kudu ikane ber tong tong, saya mah nari 5 ekor dah seneng banget.

Penting reminder seperti ini, tetapi kembali ke orangnya bah. kalo masih mo diinetin ya slamet, tapi kalo seperti doel bilang ya no comment bah. kalo gak punya puun duit ya gak usah coba-coba, mending mancing belut! kalo griwil jual camera mah emang niatnya daripada di buang, ya gak rugi doi bisa beli essen mekcoy, peace!

Didi Afandy
20-10-2010, 10:06
no command ah......jiakakakkakakakakakakakakakak

roel
20-10-2010, 10:12
saya kalo ada kesempetan atau lagi sempet pasti mampir ke galatama di bumi perkemahan cibubur, sambil nenteng tas joran clingak-clinguk liatin org pada narik ikan" babon...mantaf, sambil mikirin gimana cara nya ngakalin mujaer dan gabus di kolam galatama ini ya hehehehheehe, klamaan mikir dan gak mungkin akhir nya ke kolam liar di sebelah nya mancingin gabus ama lele...

indira_nw
20-10-2010, 10:45
hanya bisa berkata : Yaaaaaaah...sudahlah.

buceng
20-10-2010, 10:53
Bagi saya mancing itu wisata, setiap pergi mancing selalu bawa pasukan, baik harian, galatama, pinggiran laut, muara, danau.. dll
komplit bawa bekal makan dan minum...hehe...

jadi ya mancing enjoy dan enjoy mancing.

Latka68
20-10-2010, 10:57
Kalau saya.. anggaran galatama tiap bulan jelas... jadi lebih dari itu terpaksa gak mancing. Nah... yang seneng ialah kalau dapat amplop... uang amplop tersebut dipake utk tambahan dana / frekuensi turun atau untuk beli arsenal. Biasanya sih dihemat2 sampai ada amplop berikutnya. Sampai sekarang masih sisa tu amplop.. Bukan berarti untung lho.. karena tetep ada anggaran untuk mancing, amplop hanya sebagai tambahan ... kalau lagi lama gak dapat amplop ya terpaksa frekuensi mancing sesuai anggaran saja..... yg penting penguasaan diri... kata orang2 bijak penguasaan diri adalah tanda kedewasaan.
Salammm

Rudy 007
20-10-2010, 11:05
@kompeni
Nice share, semoga ga menular ke yg lainnya.

Untungnya gw ga suka galatama, bukan soal ada unsur judi atau tidak, mirip dgn prinsip bos fishy lah. Tapi hawanya sdg ga enak dulu rasanya, di sini mancing mau merasakan fight dgn ikan dgn tackles yg seimbang antara angler vs ikan, maksudnya ada kemungkinan line putus misalnya. Jadi tackles nya cenderung kecil shg set drag juga rendah, fight nya lama, adrenalin bisa keluar.
Tapi kalo set spt ini di pakai di GT bisa ngomel2 tuh tetangga yg merasa terganggu.

kimpul
20-10-2010, 11:18
waduh serem ..., jadi ngeri deh, sebab akunya baru mulai kenal sama galatama... smoga ga jadi gilatama....... amiiinnnnnnn!

jalasutra
20-10-2010, 11:49
Guys,

Syukurlah, ternyta banyak temen2 yang udah protect jauh2 hari, seperti :
Om Latka : sudah ada jatah buat nge-GT, bisa nambah klo dapat suntikan amplop, emang harus bgitu kali ya om, supaya terkontrol terus
Om Roel : ke kolam GT cuma buat mikirin gimana bisa casting mujaer ma gabus nya doang, hehehe......, bener om mujaer di kolam GT bejibun dan gueede2 banget
Om Buceng : Mancing bawa pasukan, biar ada yang kontrol juga ya om ?

en tips2 lain dari temen2 yang pada intinya saling mengingatkan. Indahnya punya forum & brotherhoods seperti ini.

Kadang2 ane juga bingung, klo buat nge-GT an, dana tuh ada aj, entah darimana, pokoknya digampaning banget. tapi klo pas buat yang lain kayaknya susah banget dicari.
Emang udah kerjaannya setan kali ye, biar kita bisa nge GT trus dan makin keracunan.

Malikenzo
20-10-2010, 12:07
Untungnye ane gak suka Galatama (emang nggak pernah GT-an), alesannye sepele :


Nggak punya anggaran buat GT-an, anggaran khusus Pelampungan sebulan 2x aj.
Klo kate temen ane, GT-an nggak asik alias nggak ada tantangannye karena ikan pasti ada dan guuuede2 lagi, lain pelampungan, fishywild, harian, kiloan, etc.
Kagak demen klo gi mancing pake di batesin waktunye, tapi klo sholat, laper, aus n ke toilet mah wajib di tunaikan.
Kagak ada nyang ngajakin biar mancing gratisan....

Mohon maaf klo ada nyang tersungging...:smt055:smt055:smt055