PDA

View Full Version : Leader Connections



Demsy
10-05-2007, 10:17
Disini dan diforum2 lain banyak sekali dibahas mengenai cara2 penyambungan mono leader ke PE line. Bahkan akhir2 ini banyak sekali cara baru/modern untuk menyambung kedua line ini.
Saya ingin bertanya, mengapa sedikit sekali disinggung mengenai pemakaian wind-on leader? Untuk jelasnya, pada sisi mono leader, memakai hollow PE line ke mono leader dengan "finger grip" dimana mono dimasukkan kedalam hollow PE line tsb. Disisi PE line yg dari spool dibuat loop dengan misalnya bimini twist, lalu dengan "cat's paw" disambung dengan bagian loop dsisi mono leadernya. Bukankah simpul2 yg kita buat itu, misalnya pada bimini twist, cukup kecil utk bisa melewati ring guides dirod?
Saya mencoba2 utk menjawab sendiri, apakah karena repot membuat wind-on leadernya, ataukah karena leader sering putus sehingga harus menyediakan banyak sekali wind-on leadernya utk 1 trip, atau jangan2 menurut pengalaman masih kurang mulus untuk melewati guides nya? Mungkin rekan2 bisa menambahkan dengan masukan2 berdasarkan pengalaman2, apalagi yang sudah kawakan sekali dalam praktek popping khususnya. Terima kasih

fishy
10-05-2007, 10:21
Ribet pak. Pakai mid-knot kekuatannya sangat bagus (tidak pernah fail kl pembuatannya benar) dan pembuatannya cepat. Ini kan practically wind on juga, dalam arti leader masuk ke guide.

Demsy
10-05-2007, 11:16
Jadi repot ya. Mid knot ini kalau mengikatnya kira2 berapa lama pak? Saya belum pernah pakai, karena selalu pakai cara yang saya sebut sebelum ini. Kalau memang praktis, mau belajar juga cara2 lainnya.

fishy
10-05-2007, 11:29
Kalau sudah ahli <5 menit rasanya sudah selesai

Demsy
10-05-2007, 11:35
Satu lagi, jadi kalau sudah ahli bisa <5 menit, kalau diatas kapal dan berombak apakah tidak terlalu masalah, hehehe. Tapi ini serius pertanyaannya lo, apa mendingan ganti spool aja yg masih ada leadernya. Terima kasih sebelumnya

fishy
10-05-2007, 11:42
Hahaha, ya kalo dibanding ganti spool yg ada leadernya ya pasti lebih cepat ganti spool lah. Itu sebabnya gw punya 3 spool buat Navi gw.

Diatas kapal berombak mestinya gak jadi masalah, sejauh ombaknya masih OK ya? bukan laut choppy sampe semeter gitu. Kl udah gitu sih duduk aja kebanting-banting boro-boro bikin simpul kali yaa.

Demsy
10-05-2007, 12:06
Kalau ikut Murphy's law kan gitu, pada saat ombak besar itulah leader kita putus, hahaha. Kayaknya boleh juga sebagai alternatif dari wind-on leader, mungkin perlu juga ditengok cara2 baru lainnya. Maklumlah kalau udah kebiasaan dengan satu cara suka malas belajar lagi. Thanks boss!