PDA

View Full Version : ada Yang Tau Gak RESEP JITU Upil Ngacir + Essen ???



cavalleras
07-02-2011, 04:03
Dah beberapa minggu ini saya lagi keranjingan Galatama Bawal Air Tawar. Sampe sekarang pun saya masih meraba-raba umpan yang pas buat bawal. Nah, tetangga saya yang kebetulan satu empang ama saya tuh kalo lagi mancing selalu di kasih amplop. Selidik punya selidik, ternyata umpan andalan dia "cuma" UPIL MEDE aja. Ampe sekarang pun saya tidak pernah di kasih tau resep fenomenalnya. karena setia session pasti di kasih amplop tuh orang.

Buat juragan, mbah atau oom yang punya RESEP JITU dalam membuat olahan UPIL MEDE (bahan2 mentahnya n cara pembuatannya) mohon di turunin dong ilmunya ke saya. Karena saya juga pengen bgt netter seperti tetangga saya.

Satu hal lagi, Essen apa yah yang pas buat UPIL NGACIR tersebut ?

Sekian dan terima kasih

willy
16-02-2011, 18:09
Lam kenal oom ...
Sekedar sharing aja smoga bisa membantu, kebetulan selama ini saya biasanya pake umpan mede.

bahan-bahan :
- Kacang mede 1 kg
( gunakan kacang mede KW2 aja, biasanya lebih murah ... sebelum lebaran harganya 18 ribu, sekarang udah naik jadi 28 ribu )
- Minyak Wijen ( biasa pake merek ABC )
- Essen bubuk D13, atau biang susu bubuk ... Jika pakai D13 pakai 4-6 bungkus ( a Rp. 5.000 )

Cara Pembuatan :
Kacang Mede digiling ( digiling di pasar aja di tempat tukang giling bumbu, bumbu gado-gado ... paling mahal 5.000,- dari repot repot diulek. Minta gilingan yang paling alus, semakin alus semakin baik )
Kemudian diberi minyak wijen sambil diaduk aduk dengan sendok nasi sampai adonan menjadi cukup lembut, hati hati jangan sampai kebanyakan minyak wijen karena gampang lepas sewaktu dilempar dan lepas sewaktu kenur ditarik.
Setelah kekerasan adonan pas, barulah ditambahkan essence D13/biang susu sambil diaduk sampai rata.

Saya sudah lihat juga umpan UPIL NGACIR, hasil jadi umpan ini sama dengan umpan tadi. Selamat mencoba ... selama saya pakai umpan ini memang lebih sering juara prestasi karena kebanyakan ikan rame yang memakan umpan ini. Kadang ada juga induk yg nyasar ...
Semoga sukses

cavalleras
17-02-2011, 01:35
Mohon pencerahan lagi oom ... essen D13 tuh apa yah ? aroma Tenggiri, beef atau ..??? Maklum ...^_^
Trus cara mendapatkan biang susu bubuk tuh dimana ? apa di pasar di jual bebas yah ? Minyak wijen itu = minyak goreng kan ?

willy
17-02-2011, 09:12
D13 ada yang bilang vanilla powder, ada juga yang bilang biang susu ..... bentuknya bubuk dan baunya wangi manis
Kalau biasanya saya beli di warung makanan burung deket kantor harganya Rp. 5.000 / bungkus cuma yg keluaran sekarang nggak sewangi yang dulu tapi masih cukup efektif. Kalau nggak coba cari di AROMA PANCING di Roxy Square Lt 1 blok B7 no 15-17 ( ada webnya ) cuma kemasannya botol kecil harga 10.000 u lokal dan 15.000 yg bagus ( import ?).
Minyak wijen memang u masak, di AL***RT / IN****RT juga ada kisaran harga 24.000 / botol.

cavalleras
17-02-2011, 16:08
Oh gitu yah ... makasih yah oom untuk share nya ... moga2 ilmunya bisa ke pake ama yang lain .... ok akan saya praktekan ... kalo berhasil akan sya umumkan ... hehe