PDA

View Full Version : Waduk Gadjah Mungkur



hampala
20-05-2007, 10:49
Mana nih kok gak ada yg report waduk ini yah..

Ada fotonya nih.. perahu2nya ternyata memadai.. perahu yg paling kanan sangat menggoda tuh.. cocok banget untuk casting berdua... apalagi kalo dipasangin electric motor..
http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Lain-lain/DSCN5514.jpg

Fish Finders
20-05-2007, 15:05
Kalo ngeliat gambarnya, sepertinya waduk tersebut tidak dikelola dengan baik ya. Padahal di gambar itu kelihatan banyak wisatawan. Seperti waduk selorejo yang september tahun lalu saya dan teman-teman pernah mancing bareng, waduk itu juga kondisinya hanya sekedar ada saja. Coba kalo pemda setempat alokasi dananya memang ada dan tepat sasaran.
2 minggu sebelum mancing bareng temen itu, saya dan keluarga nginap di cottagenya yang ada di tepi waduk selorejo itu. Kondisi cottagenya sih masih cukup bagus, mungkin karena ada dana dari wisatawan yang menginap. Tapi kalo ngeliat fasilitas penunjangnya yang lain, misalnya kolam renang dan taman bermainnya, sungguh sangat memperihatinkan. Padahal kolam renang tersebut sudah standart untuk lomba-lomba ukuran nasional Bahkan menurut yang jaga sering juga dipake pelatda dan pelatnas.
Kalo di gajah mungkur gimana?

hampala
21-05-2007, 10:09
Mas Budi, terus terang saya sama sekali belum pernah ke WGM. Kalo masalah fasilitas kan emang dimana2 emang gt, mbangun bisa tp ngrawatnya yg memble. Kalo saya sih pengennya ya ga ada pengunjung aja dan suasana sealami mungkin. Jd deh bs berpetualang layaknya di alam liar. Dl di Wadaslintang ampe dorong2 mobil krn masuk lobang besar d jalan berbatu.

Fish Finders
21-05-2007, 21:06
Iya juga ya, padahal kalo saja tempat seperti waduk-waduk tersebut dibiarkan sealami mungkin, akan semakin banyak lokasi fishy wild, yang bisa kita gunakan untuk alternatif pemancingan jika kondisi laut yang tidak bersahabat seperti saat ini, selain kolam pancing tentunya.
Ah, kalo saja..........

M-BEI
22-05-2007, 09:02
Terima kasih ada yang merhatiin WGM. WGM ini sangat potensial untuk olahrama mancing, paralayang dan olah raga air lainnya. Fasilitas yang ada di WGM cukup memadai, karena di sana ada banyak penginapan yg cukup baik, dan relatif mudah di jangkau. Bahkan Paralayang ini merupakan jurnal tahunan yang scopenya international, dan juga balap sepeda keliling waduk (nasional/tahunan), juga marathon (nasional/tahunan), serta dayung.

Ikan yang tersebar di WGM juga cukup beragam, dan rekor pancing di sini menurut informasi 22kg, yaitu ikan patin. Ikan disini melimpah ruah, rata-rata pemancing di WGM paling banyak target nila. Saat air pasang sangat bagus untuk mancing dan biasanya bulan2 sekarang ini cukup baik, menurut informasi yang saya terima.

Saya pernah mencoba mancing di sini, tapi karena kurang informasi hasilnya belum memungkinkan, padahal 2 bulan sebelumnya temen saya naik nila segede genteng 3 biji. Di WGM juga banyak angler dari lura kota, seperti semarang, salatiga, klaten, yogyakarta dan daerah-daerah lain. Bahkan ada pemancing dari salatiga rombongan 1 bus trip dari hari jum'at sampe minggu.

Perahu-perahu nelayan juga cukup banyak tersedia disini. Nah bagi yang suka mancing di alam tidak ada salah untuk mencoba keberuntungan di WGM. Rencana bulan Juli pengen explore neh waduh, sekalian cari info dari pemancing2 lokal.

salam

widyatmoko
22-05-2007, 11:01
lama banget gak ke WGM .... biasanya kalo lagi cuti gawe buat liburan di solo pasti ada acara wajib " mancing ke WGM ", ikan disana memang sangat beragam spt yang sobat moon bilang :smt023.yang paling banyak ikan nila dan "putihan" (masih keluarga ikan tawes) --> lengkapnya kurangtau nama resminya apa, yang bisa kita pancing di pinggiran (kalo lagi musim, guampang buanget mancingnya) belum lagi ikan sogo supernya yang jadi target bergengsi kawan2 disana .... trus ikan predator ( hampala mungkin ) yang sering terlihat sedang berburu kawanan ikan kecil.Sempat nyesel banget :( gak bawa peralatan tempur yang memadai waktu mancing disana (iseng nyoba spot baru) ternyata tempat hampala berburu ikan-ikan kecil --> waktu itu cuma mancing iseng dipinggiran aja.
lain waktu kesana bakal bawa peralatan selengkap mungkin deh ... !!!!

poets
22-05-2007, 11:15
wah topil asik nih....mo ikut info
menuju waduk gajah mungkur bisa melalui
1. Solo.menggunakan bis sedyamulya jurusan solo - praci.
2.wonogiri.menggunakan angkutan kota atau wonogiri - wuryantoro - praci - manyaran.
biasanya para pemancing casting di bawah jembatan (kretek gede).kalau perahu2 yg bersandar biasanya digunakan oleh wisatawan untuk memutari waduk atau ke keramba di tengah waduk.
saya pernah mencoba mancing di belakang kampung dekat SMA gajah mungkur,tapi tanpa hasil mulai jam 3 siang hingga jam 5 sore.ternyata pagi sebelumnya sudah di jaring oleh penduduk setempat.dan mungkin juga salah umpan:D soalnya hanya menggunakan cacing,je..
Dan berdasarkan info penduduk setempat,tempat yang banyak ikannya berada di dekat pasar wuryantoro.dari arah wonogiri pertigaan belok kiri.katanya di bekas rumah2 yang dulu digusur akibat pembangunan waduk..
tapi kalo musim ikannya saya juga kurang jelas,,..;)

tapi kalo mau dapet ikan tanpa harus mancing,ada tempat pelelangan ikan.

mohon maaf,kalo postingannya kurang enak di pandang

M-BEI
22-05-2007, 11:36
wah sogo emang jadi primadona disini, tidak hanya pemancing, nelayan pun memberi nilai lebih apda ikan ini. Sepertinya memang ada banyak hampala disana, tapi harus cari spotnya duluw dan musim mancingnya. Kalo ikan lain sih kalo pas air pasang lebih mudah.

Untuk mencapai lokasi WGM sangat mudah dan jalan cukup mulus, dari jogja bisa lewat wonosari, praci atau jogja, klaten, manyaran, wuryantoro dari solo seperti rekan sebelumnya sampaikan dan cuman 1 jam dari solo, deket kan!

Atau mau rame-rame kesana neh, yuk!

candra
27-05-2007, 19:55
Mas Bei, ikan sogo ikan apaan sih? Gabus?

Liburan Agustus nanti mudah2an ga ada halangan aku ada rencana mo jajal ke WGM barengan teman dari Bandung (doi spesialis mancing nila).

Rudy 007
27-05-2007, 21:33
P Candra,
Sogo sejenis mirip patin atau jambal. Mengenai ikan ini sebenarnya musim nya saat musim hujan. Memang kadang keluar yg size lumayan >5 kg. Sekedar info, u sogo jarang yg mancing langsung di WGM, tp di sungai2 kecil di sekitarnya. Umpan biasanya memakai ulat putih atau ulat bumbung kata org solo. Saat musim hujan pasti harganya naik ber lipat2 krn byk di cari pemancing. Saya sering di ajak teman mancing sogo tp saya malas. Karena byk susahnya drpd hepinya. Umumnya, di tunggu hujan yg lebat shg kalinya banjir/bandang. Sesaat setelah air dan kotoran lewat br mancing. Jg biasanya malam tanpa lampu tdk pernah siang hr. Di luar kondisi ini jarang berhasil. Itu sebabnya saya ogah, kudu hujan2an dulu, tunggu kalinya banjir. Jika ternyata hujannya krg deras dan tdk banjir yah ga jd mancing.
Utk ikan lainnya terbanyak yah nila hitam, nila merah dgn umpan lumut. Ada sedikit perbedaan dgn WKO yg tdk kenal musim, umumnya WGM jg lbh ramai pemancing saat musim hujan. Krn saat itu permukaan air naik sampai menggenangi sawah atau belukar. Biasanya ikan agak minggir dkt dgn pohon2/semak yg tergenang. Umumnya mancingnya dgn teknik ngoyor alias nyebur berendam seperut atau dada. Memakai joran tegeg yg di modif (seperti yg pernah saya posting gambarnya). Dulu daerah favorit saya di eromoko, dawe, selorejo atau cincin.

candra
27-05-2007, 23:46
trims Pa Rudy u infonya.

Ikan sogo mungkin sama dgn ikan tagih/tageh/baung kali ya? Barangkali ada yg punya gambar/fotonya?

Tks

M-BEI
30-05-2007, 14:15
ini ada link WGM (kampung halaman), biar ada gambaran biar pun penuh rumah tapi masih suci waduknya, belum ada pencemaran!

Wikimapia - Let's describe the whole world! (http://wikimapia.org/#y=-7908654&x=110865907&z=18&l=0&m=a&v=2)

hampala
07-06-2007, 07:37
trims Pa Rudy u infonya.

Ikan sogo mungkin sama dgn ikan tagih/tageh/baung kali ya? Barangkali ada yg punya gambar/fotonya?

Tks

Yap ikan sogo=baung kalo di daerah banyumas (sungai klawing dan serayu) namanya bayeman...


ini ada link WGM (kampung halaman), biar ada gambaran biar pun penuh rumah tapi masih suci waduknya, belum ada pencemaran!

Wikimapia - Let's describe the whole world! (http://wikimapia.org/#y=-7908654&x=110865907&z=18&l=0&m=a&v=2)

wah thanks berat lokasinya... kalo wadaslintang ada nggak ??

dwihartanto
07-06-2007, 09:13
Jaman saya masih SMA dulu (thn 80an), saya sering trip sama temen2 ke WGM sampai berhari2, biasa kami lakukan kalo pas liburan sekolah diluar hari minggu.
Sering dapet ikan Sogo yang segedhe betis orang dewasa. Lokasi yang sering kami kunjungi adalah Wuryantoro di bawah jembatan besar kalau air lagi tinggi dan di bekas jembatan lama kalau air lagi surut.
Peralatan mancing masih sederhana hanya beberapa reel dan joran murah meriah serta beberapa kelosan (handline).
Sekarang menurut info temen yang masih sering ke sana, kondisi sudah jauh berbeda dengan dulu, ikan semakin susah dipancing. Kalo dulu semalem aja bisa dapet sekorang ikan2 tawes segedhe telapak tangan, tapi sekarang ukuran ikan sudah mengalami penurunan drastis.
Salam,

Dwi

M-BEI
07-06-2007, 11:25
Wadaslintang ono map-pe cuman 1km, yo gak detil bung soni! Kalo ngikutin WGM di map, terus ke bawah ada waduk colo, waduk ini untuk irigasi terletak di antara kab.wonogiri dan sukoharjo, di waduk ini juga cukup potensial, katanya sering ke pancing ikan di atas 10kg.

Di WGM ini banyak perahu2 kecil, nah bisa pinjem sama nelayan yg udah pulang untuk mancing. Di TPI wuryantoro (ada tandanya), banyak bersandar perahu2 kecil, mungkin kalo yg pake mesin ya kasih berapa getu!

Rudy 007
07-06-2007, 11:30
Sekarang menurut info temen yang masih sering ke sana, kondisi sudah jauh berbeda dengan dulu, ikan semakin susah dipancing. Kalo dulu semalem aja bisa dapet sekorang ikan2 tawes segedhe telapak tangan, tapi sekarang ukuran ikan sudah mengalami penurunan drastis.
Salam,

Dwi
Yah begitulah pak, kalo dgr cerita2 "dulu" :rolleyes: di mana ikan masih berlimpah ga di waduk aja demikian juga di laut.
Kalo di laut walau mungkin persentase nya masih kecil tapi sdh mulai menerapkan CnR, tapi u/ air tawar kayaknya belum ada tuh. Citul, wader pari aja masuk korang.

dwihartanto
07-06-2007, 13:15
Yah begitulah pak, kalo dgr cerita2 "dulu" :rolleyes: di mana ikan masih berlimpah ga di waduk aja demikian juga di laut.
Kalo di laut walau mungkin persentase nya masih kecil tapi sdh mulai menerapkan CnR, tapi u/ air tawar kayaknya belum ada tuh. Citul, wader pari aja masuk korang.

Betul pak, harus ada yang memulai sebagai panutan.
Sebenarnya kalo di sungai, biarpun dijalain, dibubu (wuwu) apalagi cuman dipancing tidak akan mengganggu keseimbangan ekosistem. Tapi kalo dah mulai disetrum, di "endrin" (racun), potas dsb, ditanggung pasti rusak berat, jangankan anak cucu kita, kita sendiri aja sekarang dah jarang menjumpai wader pari yang enak bin gurih itu.
Sekarang tinggal kenangan aja, dulu kalo malem ada laron pasti saya kumpulin beberapa buat umpan mancing wader pari kadang malah dapet gabus, dan mancingnya ngga jauh2 cuma 50 meter dari rumah, sekarang dah ngga ada tuh wader parinya, punah kali kebanyakan obat2an termasuk yang dari sawah.:smt120