PDA

View Full Version : Pencongan - Pekalongan



yellowfin
02-06-2005, 17:07
Spot yang perlu dicoba kalau anda kebetulan ke jawa tengah, letaknya di jembatan Pencongan Pekalongan :-D

Minggu lalu musim kakap merah :shock: (sungai ini deket banget ama laut) ... bukan tidak mungkin dengan vegetasi ilalang rapat di pinggirannya terdapat juga Kakap putih (lates calcalifer)...
orang lokal biasa mancing malem atau subuh, umpan udang api-api.

Monggo didatangi

Regards - Tony

orangpriok
03-06-2005, 16:03
Maaf mas Toni kalo boleh tanya, apakah sungai ini kita lewati jika melalui jalur pantura ?

yellowfin
03-06-2005, 17:02
8) Yup ... jembatan Pencongan itu terletak di jalur Pantura, kalo gak salah jembatan terakhir di jalur pekalongan dari arah jakarta, lokasi yang di foto itu berada di sebelah kiri jalan (dari jakarta) sedang ancer2 mudahnya; di sebelah kanan jembatan pencongan ada billboard djarum super, di sebelah kiri sebelum jembatan ada beberapa billboard batik.
parkir mobil di sisi kiri setelah jembatan (bisa dititip di warung lokal; warung ini jualan bambu :wink: juga; kalo gak ada bambu2 siap jual di sebelah warungnya brarti anda salah warung :twisted: :twisted: ... ya wis nongkrong aja dan maem di situ ..haha :-D ).
udang api-api bisa dibeli di pasar lokal (pagi).

Happy Exploring - Tony

dwihartanto
03-06-2005, 17:15
Liburan sekolah yang akan datang ini rencana mo lewat pantura juga, coba nanti saya cek kondisi lokasi Jembatan Pencongan tersebut.
Jalan2 lewat pantura sambil bawa lure, siapa tahu ada ikan yg kepincut

waslo
07-09-2005, 10:49
Iya memang dulu daerah situ terkenal kakap yang segedhe orang, panjang lebih dari 1 meter. banyak pemancing yang dapet. kebetulan aku sering liat disitu.
tapi akhir2 ini gak tahu masih ada ikannya apa gak, airnya banyak tercemar limbah batik & textil, kadang warnanya sampai merah kehitaman. cuma bisa ngelus dada kalo pas lihat sambil ngomel sendiri.

BTW, om Tony sering kesitu? emang rumahnya dimana?
siapa yang mau mancing disana? aku temeni deh minggu depan.

mobie
07-09-2005, 13:06
mas tony, udan api api itu yang bagaimana to? :oops: kalo punya pic-nya juga, habis sekarang lagi demen sama fishing wild :) ,aku punya lokasi cukup bagus di daerah muara di sidoarjo, kayaknya kondisinya sama seperti di pencongan malah lebih wild (sekitarnya hutan masih bakau), cuman target kakap belom pernah didapat padahal udah makai umpan udang hidup,ikan kecil dll, malah yang nyamber kebanyakan ikan dukang sebangsa sembilang aja..mungkin teman2 ada ide..info dong :-D

waslo
07-09-2005, 13:54
Udang api-api itu maksudnya sejenis udang warnanya kehijauan ukuran satu jari org dewasa. Udang ini tahan hidup asal tidak kena air tawar. Biasanya para pancingers memakai ember bekas cat dikasih air payau dan kasih aerator. Kalo dulu mereka nyimpannya di besek (kotak makanan dari bambu), dijejer/dibaris dan dikasih rumput teki, dijejer lagi, kasih rumput lagi, jadi kayak aprtemen bertingkat, ha ha haa. Biasanya tahan hidup sampai seharian.
Orang nyebut udang api-api karena belinya di daerah Api-Api, Wiradesa, Pekalongan. Sedangkan orang sana sendiri nyebutnya udang menjangan.

AngleRboY
07-09-2005, 19:31
Mas/Om Bima.. udh pernah coba pakai lure blm? coba donk..
klo bisa, foto tempatnya jg donk.. :twisted:

mobie
08-09-2005, 11:09
wah..panggil aja bima deh.., :-D, eh..mas waslo udang api-api itu yang ada capitnya ya..,kayak lobster tapi ukurannya kecil,mungkin ada alternatif umpan lain..apaan ya :roll: , habisnya itu susah sekali nyarinya di daerah sidoarjo, andaikan ada pasti udah dijual mati :( . Untuk mas arynya, saya coba deh ambil pic-nya entar hari minggu besok, tapi kalo dapet pinjeman kamera hi hi hi :lol: , yup..saya mau coba nanti pakai lure/minow cuman kira2 efektif ngga yaa, abis air muaranya keruh sih,sometime ada ranjau sampah lewat..itulah kebanyakan kondisi muara kita :( :(

waslo
08-09-2005, 11:24
udang api-api gak ada capitnya Om,
biasanya beli langsung ke petani tambak pagi2 sekali sblm mereka bawa ke pasar.
petani tambak kan biasanya kalo sore hari masang berubu/perngakap dari bambu di depan pintu air tambak atau di kali. Nah biasanya yg masuk itu udang api2 tsb, meskipun juga kadang udang putih. beda keduanya adalah udang api2 lebih gesit, seukuran jari biasanya dan agak kasar jika dibanding udang putih. kalo udang putih lebih licin, besarnya jg bervariasi nyampe 2-3 jari, gampang mati kalo gak dikasih air payau/asin.