PDA

View Full Version : Timbang-timbang kepuasan antar-kolam



perchiper
06-07-2011, 19:06
Salam. Saya masih newbie. Baru beberapa kali mancing di kolam harian dan kiloan. Kalau mau bicara budget, saya cenderung harian. Kalau kesiangan, saya ke kolam kiloan.

Saya agak bingung nih. Soalnya pernah ditertawakan teman waktu bilang 'ane mancing di kolam kiloan'. 'Sama aja beli ikan,' katanya. Apa benar ya,kalau mau pintar mending ke kolam harian? Mohon pencerahan-nya,

takumisugi
06-07-2011, 20:20
Tergantung dari niatan om mancing..kalo niat untuk beli ikan cuman caranya dipancing ya memang kiloan yg cocok..karna jumlah ikan yg di dapat itu yg dibayar..kalo mancing harian memang ada beberapa hal yg dibilang orang2 itu adalah seni..

contohnya sebagai berikut :
1. seni membuat umpan yg disukai oleh ikan dikolam yg anda pancing..sebab umpan yg bagus di satu kolam belum tentu cocok untuk kolam lainnya..Itulah mengapa umpan ikan mas harian di fishybait menjadi beraneka ragam..itu juga gak selalu cocok..jd pintar2nya kita memodif umpan untuk kolam yg kita pancing.Kl buat sy sih suatu kebanggaan tersendiri jika umpan buatan kita sendiri bs neter.:D
2. Teknik dalam mancing harian pun banyak macam dan lingkup seperti pemilihan piranti(line,hook,pelampung),cara membaca pelampung ketika ikan makan,mengakali ikan susah makan,mengenal spot2 potensial ikan,cara mancing nitik dll.

Sebetulnya msh banyak yg lain..kalo dijelaskan bs abis brp halaman yach..xi.xi..xi..!Tapi asli om,mancing harian memang membtuhkan kesabaran dan keuletan tp ya disitulah seninya.Intinya sih makin banyak jam terbang pasti anda makin lihai.
Salam kenal dr sesama pemancing harian ya om:cool:
ehh....btw ini targetnya ikan mas bukan ya..????

Bowgank
07-07-2011, 10:15
Ikutan nimbrung ya om...
Bagi saya yang masih newbie, kolam kiloan-lah yang pertama saya datangi karena bagi orang yang baru belajar mancing, ga gentak sama sekali pasti ngeselin & bikin bete (ujung2nya malah jadi males mancing). Kolam kiloan ga selalu bikin bangkrut kok, asal kita bisa mengendalikan diri. Tempat favorit saya untuk kolam kiloan adalah pemancingan Tirta Wangi di Bogor. Saya suka tempat ini karena ukuran kolamnya yang luas dan ikan tidak rata penyebarannya. Jadi meskipun kiloan, tidak jaminan kita pulang bawa ikan banyak :D Di tempat itu saya bebas belajar ngelempar umpan (ga takut mengganggu lapak orang lain) & bisa ngetes umpan juga. Kalo lagi ngetes umpan, saya pilih lapak yang jarang ikannya. Kalo umpan yang saya buat bagus, ikan pasti datang & ga bakalan boncos.

Bang_Marga
07-07-2011, 11:08
waduh...pade upleg ngebahas mancing ikan dikulem....aye jadi pengen ngasi pendapet(tapi jangan dimasupin di ati, maklum aye juge baru aje bise nyemplungin kenur..eehh ame mate kail nyang dibungkus mpan tentunye), miturut aye mancing di arian keq dikiloan keq same aje asal ade tujuannye, misalnye kite pengen ngejajal mpan atawe kite pengen nyari/beli ikan atawe kite pengen unjuk kebolean ngeja mpan semuenye muarenye nyari seneng...tul kagak.....!!!!!
pan kalu kite mancing dikulem kite kudu bayar....nahhhh...nyang kite bayar ntu kesenengannye...mau dapet keq kagak keq...ati kudu seneng(pan ude bayar).
misal kate kite mancing dikulem arian kite bayar deh umpamenye serebu lime ratus, kite searian mancing..nyampe jadi aji kecit(abis ngiterin empang ude tuju kali) kite kagak dapet ikan..ye..kite kudu tetep seneng...ngape....., sebabnye kite jadi tau penyebabnye ampe kite kagak dapet ikan, ntu artinye waktu kite mancing kite nikmatin ame kite per ati in segale susuatunye...eiiitt....sale sesuatunye maksutnye....ya...jadi panjang deh...ude an dulu ahh...selempang di mara in.

sigit_susilo
07-07-2011, 19:11
@Engkong Marga: ... tumben omongannye lempeng .... kekekekekkkkkkkk.....

@Dimas perchiper:
baik kolam harian dan kiloan sama-sama bayar... cuman yg bedain kalo kiloan bayar perkilo, kalo harian bayar tiket.
nah kalo mau ngga bayar mancing di setu/danau ajah.....!!! :-D

маленький Андй
07-07-2011, 19:58
Apa benar ya,kalau mau pintar mending ke kolam harian? Mohon pencerahan-nya,

kata guru mancing saya justru klo mau pintar mancingnya di kolam kiloan... Pintar casting maksudnya hehehe becandasambilseriusmode : ON

susanto1838
07-07-2011, 20:32
Kalau menurut saya, semua tergantung kolamnya dulu. Kolam harian kalo gak ada ikannya hasilnya gondok doang. Kolam kiloan kalo terlalu banyak ikannya, setiap 5 menit dapat ikan, gak enak juga karena terlalu mudah dapat ikannya.

Nah, idealnya sih kalo kolam kiloan tapi jangan yg terlalu mudah dapat ikannya, yg frekuensinya kira kira 1/2 jam seekor bolehlah..
Kalo kolamnya harian asalkan memang ada ikannya dan bisa strike paling tidak sejam dua jam seekor yah lumayanlah...

Dulu saya juga suka mancing kiloan, tapi sekarang lebih suka harian. Mengapa ? Kalau kolam harian, ketika umpan di strike, kita lebih deg-degan dan amat berusaha agar ikannya tidak lepas, itu amat memicu adrenalin, dan kalo ikannya naik kita seakan akan berasa mendapat hadiah. Senang sekali rasanya (apalagi kalo ikannya gede). Kalo ikan kiloan ketika strike kita nariknya biasa aja, naik ya sukur (dan harus bayar), gak naik ya biar aja...

Jadi kalo saya sih feelingnya itu lo yg membuat saya merasa kolam harian lebih enak, plus harus jago ramu umpan, skill narik ikan dsb.

Tapi kembali ke pernyataan yg pertama, semua itu tergantung kolamnya. Kolam harian kalo gak ada ikannya ya hasilnya gondok aja... percuma aja umpan sejitu apapun...