PDA

View Full Version : Metal jig seperti apa yg "wajib" utk dimiliki ?



Sonny
03-06-2007, 22:12
Dear friends,
Karena termasuk baru dibidang jigging, saya baru punya 2 buah jig dan milihnya jg cuma pake feeling doang. Pertanyaan saya, untuk menghadapi segala macam kemungkinan di tengah laut (paling jauh ke Binu), jig apa saja yg "wajib" dimiliki? Ada yg bilang jig lumo wajib buat malam, yg agak flashy buat siang, dan di Binu warna pink yg paling laku. Karena jigging rod saya bisa handle max 300g, ada yg bilang wajib punya 250-300g buat arus kuat, 150-200g buat arus sedang, dan 100g kalau arus pelan. Saya ingin melengkapi arsenal jig saya tapi pusing dengan segala macam info apalagi begitu tahu ternyata pilihan warna, bentuk, dan ukuran jig ternyata sgt banyak. Oh... iya trnyata ada juga jig yg kurang dari 100g, ini kapan dan bagaimana cara pakainya ya ? Tolong kasih rekomendasi dari anda2 yg lebih berpengalaman dong.
Salam sejahtera untuk semua.:D

martinez
04-06-2007, 13:48
nih my oppinion yach kalau menurut gw sih beli jig yang seukuran sama yang di ROD jadi kalau di ROD ditulis cuma max 100grm jangan lebih dari itu kalau bisa
untuk warna relatif dan yang lainnya bisa ditambahkan ke KEPALA RT / RW maupun LURAH FF setempat trima kasih

afif
04-06-2007, 14:29
Salam Kenal Mas Sonny,
Pengalaman saya jigging, tidak perlu mahal, saya biasanya pake shino atau tomman, dan semuanya harus pake sinar mau siang atau malam, biaya saya jigging malam, krn siang rada kurang ikan gedenya, shg semua ukuran kita harus punya, karena tergantung arus, dari 75 gr s/d 350 gr, (sekalian koleksi), kalau bisa bentuknya agak gemuk, kalau di Binu malam yang baik jigging pake Jig yang banyak sinar hijau dan harus ada warna merah menyala, tetapi pada saat narik keatas agak cepat, tetapi kalau si Sea Mount reef, kalau bisa sinarnya harus banyak, warna terserah (warna apa saja disikat) dan enaknya tidak perlu narik cepat-2, pelan aja sudah di sambar ikan yang gede-2.
Selamat mencoba,

Salam Afif.

Biccarix
04-06-2007, 17:13
Wah kalo sy di sktr kaimana, lautnya gak seberapa dalam jd sy sk pake jig surecatch yg warna biru dan merah muda dgn berat 60gr. Mengenai berat memang tergantung arus. Sy pernah pake jig 20gr, dimakan jg tuh ama talang. Kalo yg 60 dah makan korban kuwe, jenaha, baracuda, terakhir dipinjam ama baracuda sampe sekarang blum dibalikin.

Sonny
09-06-2007, 08:26
Waduh... terima kasih atas input2nya. Memang kita sebagai pemancing harus siap menghadapi segala kemungkinan di medan pertempuran dari arus yg berbeda, kedalaman yg berbeda, mood ikan untuk warna tertentu, dll. Tidak ada pilihan lain. Kalimat "sekalian koleksi" dari Mas Afif bisa buat orang rumah saya sakit kepala karena mereka suka komplain soal joran saya yg sudah cukup untuk dijadikan pagar rumah. Mas Ronaldo, semoga nanti saya bisa ketemu dgn baracuda yg sama sehingga jignya bisa saya minta balik...hee... he...

samsung
09-06-2007, 11:20
Wah kalo sy di sktr kaimana, lautnya gak seberapa dalam jd sy sk pake jig surecatch yg warna biru dan merah muda dgn berat 60gr. Mengenai berat memang tergantung arus. Sy pernah pake jig 20gr, dimakan jg tuh ama talang. Kalo yg 60 dah makan korban kuwe, jenaha, baracuda, terakhir dipinjam ama baracuda sampe sekarang blum dibalikin.


rons,
kl pake jig kecil spt 60g, biasa pasang hook dimana?
krn kl lgsg beli dr toko, biasanya jig segitu hooknya cm 1
treble hook yg dipasang di bawah
kl ente gmn? thx

candra
09-06-2007, 11:25
Lebih aman treble hook dan split ring ganti saja dgn yg lebih besaran dikit, mau lebih sip lagi ganti pake assist hook:smt023

Tuna-Fighter
09-06-2007, 23:53
Kalau saya sich treble-hooknya saya ganti dengan assist-hook / mata kail biasa dan dipasangkan ke jig dengan menggunakan benang kevlar.

Untuk mengurangi kemungkinan untuk nyangkut.


Hansen.

Biccarix
11-06-2007, 07:52
Gua pernah ngalami tuh pake treble di buntut, akibatnya yozuri metalic sardine ilang akibat nyangkut di karang. Pdhl penggunaan perdana, hiks.
Imo penggunaan treble mutlak bila mau dipake buat horisontal jigging atau dasar lautnya cm pasir karena dapat meningkatkan peluang strike. Tp hrs di ganti dgn assist hook apabila jig di karang kecuali om punya banyak stok jig dan gak syg uang hehehe. Sy biasanya pake assist hook yg lbh panjang drpd badan jig jadi dicasting juga oke tanpa harus menggunakan treble.