PDA

View Full Version : Sistem total berat dan sistem total ekor mempengaruhi sangutan ikan GT??



Pole Lover
08-12-2011, 10:17
belakangan ini sy lg suka membanding2kan sangutan ikan GT Patin di Bdg, sy perhatikan kok kolam P*****s di Bdg patinnya rakus2 amat,,, ikannya super garung dah,, makanya bisa nembus angka total 100 ekor dalam 1 sesi. Sy perhatikan dan bandingkan dengan kolam GT patin lain,, ternyata bedanya di P*****s totalnya pake sistem ekor. Nah yang jadi pertanyaan, apakah ada perbedaan karakter sangutan ikan di kolam sistem total berat dan sistem total ekor? Karena begini, di kolam dengan sistem total berat, ikan yang terpancing akan dimasukan dan dikumpulkan dalam tong sedangkan sistem total ekor, ikan yang terpancing hanya akan naik ke darat sebentar aja, utuk dimasukan kembali ke kolam yang luas dan tidak sempit seperti di dalam tong. Nah, mungkin ikan yg masuk ke dalam tong ini akan punya rasa jera yang lebih lama dibandingkan dengan ikan yg langsung dilepas lagi, karena ikan yg masuk tong, setelah merasakan sakit karena terpancing dia juga akan "dikurung" dalam tong yang sempit dan berdesak2an dengan ikan yang lain dalam rentang waktu yg cukup lama, yang menyebabkan ikan akan jera dalam waktu yang lama sehingga dia akan berhenti makan untuk beberapa saat.
Jadi sy mohon pencerahan para suhu dan rekan FFers, apakah benar kolam yg menggunakan sistem total ekor(ikan langsung dilepas) karakter sangutan ikannya akan lebih galak di kolam GT dibandingkan dengan yg menggunakan sistem total berat?

Thanks untuk moderator, sorry kalau repost dan salah kamar,,,

Si Kumpay
08-12-2011, 11:27
hmmmm menurut aku, kalo seperti itu pengaruhnya ke daya tahan ikan itu sendiri,...kalo ikan yang di masukkin ke tong gampang mati,...tapi kalo patin selama ingsangnya gak kesodok tangan daya tahannya kuat kok.

Kalo gak makan ada beberapa faktor :

1. Kondisi air
2. Kondisi dasar kolam
3. Suhu
4. Kadar Oksigen

1. Kondisi Air
Tingkat asam atau basa suatu air akan sangat berpengaruh,....biasanya PH di angka 6 - 7 (cenderung netral) akan membuat ikan makan,.....

2. Kondisi dasar kolam
Kalo dasar kolamnya dah terlalu kotor biasanya akan berpengaruh pada nafsu makan ikan juga,...kotor juga akan mempengaruhi PH air juga,..ya ada kaitannya dengan nomor satu
Arsitektur dasar kolam juga berpengaruh,..pengalaman aku dulu dasar kolam juga harus dirancang dari awal,...
Ketinggian air juga harus dijaga

3. Suhu
Suhu air yang bikin nafsu makan patin adalah 23 derajat celcius

4. Kadar Oksigen
Kadar oksigen di air jangan sampai kurang

Nah penjaga kolam yang baik adalah menjaga kualitas 4 ini dengan baik.....insya allah sangutan bagus,...

Yang paling susah jaga suhu air,....jadi penjaga kolam harus bisa jaga suhu,....kalo drop masukkin air baru sehingga suhu air yang didasar jadi hangat kembali,...
Kondisi Air bisa dijaga dengan cara tradisional,....bisa dengan konsultasi dgn orang perikanan biasanya dikasih obat sekaligus juga dengan penambah nafsu makan ikan,....kalo aku dulu selalu pake tradisional,..dan memang terbukti....

ya seperti itu,....ini mah aku sok tau,....jadi yang lebih tau orang dinas perikanan,..secara keilmuan mereka lebih ahli

Pole Lover
08-12-2011, 12:53
terima kasih atas pencerahannya oom Veru,,,

PemancingAmatir
08-12-2011, 14:24
Setuju dgn Pendapat Om Veru, sekalipun saya gak bisa menjabarkannya tp paling tidak memang begitu'lah yg harus kita ketahui.

Dan Kayanya bener deh Logika yg dijelaskan oleh Om Ken yaitu: Karena begini, di kolam dengan sistem total berat, ikan yang terpancing akan dimasukan dan dikumpulkan dalam tong sedangkan sistem total ekor, ikan yang terpancing hanya akan naik ke darat sebentar aja, utuk dimasukan kembali ke kolam yang luas dan tidak sempit seperti di dalam tong.

Dan mungkin gambaran gampangnya begini.
Ikan yg kena pancing dan dimasukkan ke tong bilang dalam hati: Ahhh Saya gak akan makan makan lagi ahhh, soalnya kalo udah ke angkat langsung dimasukkan ke Tong Aer. (jadi ada rasa Trauma)

Ikan yg diLepas ke kolam bilang: Ahhh makan Lagi ahhh, gausah takut Lha Wong kalo udah kena pasti dilepas ke kolam lagi kok.


Mungkin begitu gambarannya heheheh.Maaf kalo salah, soalnya saya gak tau mengenai daya ingat ikan dan isi hati sang Ikan heheheh.

Pole Lover
08-12-2011, 16:28
@PemancingAmatir : hatur nuhun kang pencerahanna,,,,,,

sigit_susilo
12-12-2011, 22:52
[/I]Dan mungkin gambaran gampangnya begini.
Ikan yg kena pancing dan dimasukkan ke tong bilang dalam hati: Ahhh Saya gak akan makan makan lagi ahhh, soalnya kalo udah ke angkat langsung dimasukkan ke Tong Aer. (jadi ada rasa Trauma)

Ikan yg diLepas ke kolam bilang: Ahhh makan Lagi ahhh, gausah takut Lha Wong kalo udah kena pasti dilepas ke kolam lagi kok.



jadi lagi2 masalah memory..
cuma kalo yg masuk Tong akan lebih parah ketibang yg di release lansung.

Pole Lover
14-12-2011, 12:21
jadi lagi2 masalah memory..
cuma kalo yg masuk Tong akan lebih parah ketibang yg di release lansung.
jadi menurut oom Sigit gmn? apa bener sangutan di kolam dgn sistem total ekor lbh bagus?

sigit_susilo
21-12-2011, 13:50
kalo secara logika mustinya begitu kang Ken...
karena ikan tidak trauma berkepanjangan...