PDA

View Full Version : Kolam Galatama mas green apple-puncak, riwayatmu (dahulu, kini, dan nanti...)



Ali
13-03-2012, 23:44
temen2 FF, thread ini saya buat untuk sharing info, sekaligus melepaskan uneg2 saya pribadi dan temen2 "pelanggan tetap" kolam tsb. bukan untuk mendeskreditkan dll....

singkat cerita, kolam ini sudah beroperasi sekitar 4-5 tahun .

dulu pada awalnya cuma maen sistim total ekor(durasi 1,5 jam, tiket 25k, umpan bebas(cendil,pelet,umpan harian non kroto,ikan,belut,roti), start awal ikan cuma 50kg - 100kg, dengan jmlh lapak 42, kolam tidak ada kincir sebagai penambah oksigen.....(AMPUN....) , kemudian ceritanya bertahap tiap hr minggu ditambah cuman 1 kuintal saja ikan rame...lalu kemudian ada kendala yaitu juara total nge-blok ke 2 lapak pojok saja........sudah banyak masukkan dan saran dari pemancing, untuk merubah sistim total ekor menjadi sistim babon/indukan, panitia dan pengontrak tetep aja bersikukuh gak mau mikut aspirasi pemancing.....alhasil dulu sempet krisis dulu (yg mancing 5-6orang), lalu vacuum alias rehat cukup lama, hanya untuk rapat dsb(AMPUN....)..baru kemudian karena mungkin "takut rugi" baru beli ikan induk, itu pun beberapa ekor saja....size nya pun gak tanggung2 2kiloan doang (AMPUN....)

kolam berangsur rame lagi, (durasi 2jam, tiket naek jadi 75k,
lalu sesi terakhir(alias sesi ke-3) tiket jadi 100k(ini gak ngerti kebijakan darimana, padahal sesi tetep reguler alias non-paket)).....kebijakkan baru umpan cuma cendil saja yg diperbolehkan, lapak diperbanyak jadi 52 lapak.....tiap hari peserta rame terus, tapi ikan masih sering ngadat....sering banyak yg mutih, apalagi kalo musim liburan, karena sumber air dari limbah RT, pasar, dsb...maka apabila musim libur/ramai pengunjung villa,limbah RT pasti tambah banyak, tambah lagi karena ikan sedikit,dan air diam tanpa kincir.......jadi dalam seminggu ikan cuma neter maksimal 3 hari, hari berikutnya yah ngadat......(AMPUN....)

banyak masukkan dari pemancing, untuk membuat sumber air baru(sumur bor), lalu pengadaan kincir untuk penambah sirkulasi udara dalam air, dan tentunya penambahan ikan.......respon pengelola cenderung sangat bertolak belakang dan ogah-ogahan sumber air tetap bertahan pada air limbah.....(AMPUN....)
lalu sempet krisis lagi, pemancing sedikit....rehat dulu, libur dulu alias vacuum.......setelah rapat dsb, mungkin "takut rugi", baru kincir diadakan 2 buah kincir second (utk 50 lapak) itupun ditahun berikutnya, dan cuma beroperasi sekitar 2 minggu sebelum akhirnya kebakar(maklum second)....(AMPUN....), respon untk penambahan ikan pun cuma sebulan sekali itu pun tidak lebih dari 1-1,5 kuintal--> alesannya karena pengelola tidak menemukan ikan yg cocok di pasaran, karena mereka cuma mau mengambil ikan induk yg harganya 30rebu/kg....hari gini??? nyari ikan induk dgn harga segitu???? (AMPUN....)

singkat cerita, kolam rame lagi(gak ada kapoknya nich pemancing!!!, yah mau bgmana lagi abis kolam tsb satu2nya kolam gt disini), (tiket naek ke 100k, durasi 3jam), lalu sempat ada protes keras, karena berbulan2 kincir tidak di-service....ikan sempet drop banget alias ngadat lagi, pada ngambang kurang oksigen...sempet juara totalnya cuman 2ekor alias 1,6kg saja..(AMPUN....)..Om Adoer pernah ngerasain khan???!!!..........

lalu kolam rehat dan libur lagi.......baru kemudian buka lagi, setelah kincir ON lagi, dan ikan ditambah 5kuintal........(AMPUN....), (perasaan nih kolam banyak liburnya daripada buka nya, dan ikan banyak sekali ngadatnya.
daripada bagusnya.....

nah di era sekarang nich, ikan dalam keadaan bagus2nya , dan konsisten.....gak bertahan lama, datang lagi trouble...
yaitu dari aspek peraturan yg pandang bulu.....sudah tertera peraturan bahwasannya tidak boleh memancing dengan sistem maen atas/ maen apung/menaikkan ikan ke permukaan air, menggunakan potongan sendal jepit, timah bodong,dlll dan juga digantung didek.....tapi pelanggar2 yg mempunyai status /berpangkat/disegani/berduit seolah2 di biarkan saja (catatan: pembiaran terjadi berbulan2, juara didominasi 90% oleh pelaku curang, ikan arisan grass carp(yg cenderung selalu berenang diatas permukaan air) berkali2 naek oleh pelaku dan panitia tidak bertindak apa2...)

ane n temen2 sempat nekad , kite lawan aje...emangnya ane kagak bisa apa maen atas bgtuan doang, tp sangat beda sikap dan tindakan panitia....kalo ke kita2 yg notabene nya warga negara kelas menengah kebawah, tegas nya bukan kepalang menggalakan peraturan.... hebat banget kan????, akibat tidak adilnya peraturan, kembali panitia menuai protes bertubi2, jawaban yg muncul ternyata malah : "silahkan aja kalian ikut curang, untuk melawan mereka ",

sungguh jawaban yg tidak bermoral menurut saya.....akibatnya antar pemancing sempat ada kericuhan...pertandingan galatama dikolam ini lebih seperti mancing di setu, jadi segala cara aja yg penting dpt ikan.....dan akibatnya ketegangan terjadi antar pemancing di kolam, sampe harus mendatangkan KAPOLSEK setempat (AMPUN....)

nah kemarin2, situasi sempat cukup lumayan kondusif....tapi gak selang lama mendadak ikan mati sebanyak lebih-kurang 7 kuintal........setelah itu kolam kembali tutup untuk menunggu hasil lab., ternyata ikan yg mati adalah ikan2 yang naik/terpancing pada sehari sebelumnya saja, bukan semua ikan, singkat cerita zat racun bukan di air yg mengandung limbah,tapi berasal dari air antiseptik/PK pada tong,yg kadaluarsa/terkontaminasi, dimana ikan yg terpancing pasti selalu dicelupkan kesitu utk beberapa saat sebelum di release lagi ke kolam...salah dan kecerobohan siapa coba temen2 pikir??????

sampe sekarang ikan cuman ditambah 2,5 kuintal, padahal ikan udah butut banget alias super ngadat....lomba hari minggu aja rata2 dapet 3-8 ekor per 3 jam dan tadi siang (dengan peserta cuman 5 orang) rincian 2 orang peserta mutih, 1 orang dapet 1 ekor, dan yang 2 orang lagi dapet masing2 3 dan 4 ekor........(AMPUN....), hari ini 13 maret 2012 libur lagi entah sampai kapan.....

tadi sore ane sempet ngasih pendapat ke panitianya, untuk merespon cepat keadaan seperti ini......ternyata yg bersangkutan malah bernada tinggi, merasa tidak terima karena sering diprotes pemancing, ane bilang dimana2 konsumen berhak bersuara....perusahaan raksasa aja mau denger suara konsumen, masa ente kagak..... lalu ybs cenderung menyalahkan atasannya atas ketidaknyamanan tsb, dll....intinya beliau ini malah berkata: " Mau mancing silahkan, kalo gak berkenan yah gak kesini lagi juga gpp.... ",dan malah sempet ngomong : " kalo mau tuntutan anda2 didengar bos saya, silahkan aja boikot nich kolam sebulan kalo mau.."......

sungguh sikap yg kurang pantas menurut saya...sangat disayangkan,padahal income yg didapat pengelola relatif selalu tinggi, karena pemancing dari tuan rumah sendiri, belum lagi pemancing dari wilayah cisarua-bogor, lalu cianjur,ciranjang-rajamandala, kemudian sukabumi, hampir selalu maen disini....(dengan jarak tempuh puluhan KM).

saya pribadi dan mayoritas memang hampir sempat tdk ada pilihan pada awalnya karena "kesakawan" kami, karena faktor kolam galatama yg tersedia di daerah kami, dan apabila sekalipun ingin keluar, faktor jarak yg cukup jauh untuk ke daerah lain seperti bogor, bandung , dll....

Demikian uneg2 saya...barangkali tanggapan dari temen2...
semoga menjadi pembelajaran bagi para pengelola.....

taqy
14-03-2012, 05:49
kacau bgt nih kolam, panitianya udah kacau mungkin di doktrin sama bos nya yg penting ngomset kurang peduli dengan fasilitas yg diberikan dan kenyamanan pemancing kalo ane mancing disitu udh gak bakalan turun disitu lagi sampai keadaan kondusif & nyaman utk pemancing,semoga owner kolam GA dapat mendengar review & complain atas fasilitas dan kecurangan yang berjalan di kolam dari kang ali :)

anto
14-03-2012, 07:30
mending kabuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.....hehehe
kan mo mancing pengennya heppy,,meski nggak narik tapi kalo kondisi kolam enak dan nyaman...stress ilang kang....

innoth
14-03-2012, 07:55
Duh, sayang banget yah kolam pancing kyk gitu..

Tp Thinking positif aja kang.. disatu sisi pengelola jg mungkin dapet tekanan dari sana-sini tp di sisi lain dia jg pengen kolam nya ramai alias laku.. anggap aja semua tindakan2 yg dilakukan karena itu..

adnagush
14-03-2012, 08:23
Villa saudara saya persis ada di depan kolam ini. Saya lihat untuk perkembangan fasilitas sudah cukup bagus. Sudah ada blower, dipasang shelter. Kalau masalah urusan panitia, kita juga tidak bisa berbuat banyak. Nanti kalau ditinggalkan pemancing, mereka juga akan sadar sendiri.
Sabar aja bro.

Ki Dauz
14-03-2012, 09:00
salam

Bro Ali, seiring perjalanan waktu kolam yang sangat tidak profesional spt itu akan gulung tikar...bro ali mulai skg kudu cari alternatif kolam lain terdekat..ga usah kasih masukan ke panitianya..buang2 energi aja kang..tinggalin aja tuh kolam 4-ever...

Si Kumpay
14-03-2012, 09:02
Mari Kita Berhitung :

1. Tiket 100 k : masuk ke kolam 30% = Rp. 30.000,-
2. Jumlah Lapak : 52 Lapak : asumsi terisi hanya 75% = 39 Lapak
3. Tiga Sesi : asumsi tidak setiap sesi jumlah pemancing nya sampe 39 lapak, kita ambil rata rata 1,5 sesi
4. Hari Kerja : 30 Hari Kerja : asumsi terisi hanya : 23 hari
5. Maka Pendapatan Kolam Rp.30.000,- x 39 x 1,5 x 23 = Rp. 40.365.000,- per bulan
6. Gaji Karyawan : asumsi karyawan ada 6 orang : Rp. 6.000.000,-
7. Listrik 2200 watt : 30 hari kerja : Rp. 1.500.000,-
8. Biaya Lain Lain : Rp. 500.000
9. Pendapatan - Biaya = Rp. 32.365.000,-
10. Investasi dsb siapa yang tahu....hehehehehehehehe
11. Beli Ikan Rp.30.000 : 4 kwintal x 30.000 = 12.000.000,-
12. Pendapatan - beli ikan = Rp. 32.365.000 - 12.000.000,- = Rp. 20.365.000,-

so.......

burhanuddin
14-03-2012, 13:38
behhhhhhh turut berduka yah Kang Ali atas kolam langganannya .. sangat di sayangkan emang kalau pemilik hanya mementingkan 1 belah pihak aja..
semoga kedepannya dapat berubah lebih baik.. jadi ga usah jauh jauh kalau nyalurin hoby mancingnya..

Ali
14-03-2012, 18:53
kacau bgt nih kolam, panitianya udah kacau mungkin di doktrin sama bos nya yg penting ngomset kurang peduli dengan fasilitas yg diberikan dan kenyamanan pemancing kalo ane mancing disitu udh gak bakalan turun disitu lagi sampai keadaan kondusif & nyaman utk pemancing,semoga owner kolam GA dapat mendengar review & complain atas fasilitas dan kecurangan yang berjalan di kolam dari kang ali :)

pengennya sih begitu...tapi tau sendiri penyakit sakaw...hehehe


mending kabuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.....hehehe
kan mo mancing pengennya heppy,,meski nggak narik tapi kalo kondisi kolam enak dan nyaman...stress ilang kang....

setuju banget pak anto, bener kalo kiri-kanan udah maen pake yg aneh2, udah gitu mending kalo gak keliatan, ini sudah keliatan enjoy aja lagi, merasa gak berdosa cengar-cengir....panitia diem kaya pura2 gak liat....hufffffff


Duh, sayang banget yah kolam pancing kyk gitu..

Tp Thinking positif aja kang.. disatu sisi pengelola jg mungkin dapet tekanan dari sana-sini tp di sisi lain dia jg pengen kolam nya ramai alias laku.. anggap aja semua tindakan2 yg dilakukan karena itu..

mungkin kang, tapi ada istilah "mau mancing silahkan, kalo gak ya gpp..." , menurut saya kata2 demikian susah dibw positif hehehehe....mudah2an cepat kondusif, biar ane gak keluyuran jauh2...


Villa saudara saya persis ada di depan kolam ini. Saya lihat untuk perkembangan fasilitas sudah cukup bagus. Sudah ada blower, dipasang shelter. Kalau masalah urusan panitia, kita juga tidak bisa berbuat banyak. Nanti kalau ditinggalkan pemancing, mereka juga akan sadar sendiri.
Sabar aja bro.

oh begitu ya, kita pasti udah pernah ketemu....hehhehe
thx bro atas tanggapannya, tapi memang kolam ini cuman nyaman dipandang, coba aja test mancing, pasti berkerut dahi mu bro....hahahahhahahaha


salam

Bro Ali, seiring perjalanan waktu kolam yang sangat tidak profesional spt itu akan gulung tikar...bro ali mulai skg kudu cari alternatif kolam lain terdekat..ga usah kasih masukan ke panitianya..buang2 energi aja kang..tinggalin aja tuh kolam 4-ever...

ya kang, kepala batu betul2.......

Ali
14-03-2012, 18:58
Mari Kita Berhitung :

1. Tiket 100 k : masuk ke kolam 30% = Rp. 30.000,-
2. Jumlah Lapak : 52 Lapak : asumsi terisi hanya 75% = 39 Lapak
3. Tiga Sesi : asumsi tidak setiap sesi jumlah pemancing nya sampe 39 lapak, kita ambil rata rata 1,5 sesi
4. Hari Kerja : 30 Hari Kerja : asumsi terisi hanya : 23 hari
5. Maka Pendapatan Kolam Rp.30.000,- x 39 x 1,5 x 23 = Rp. 40.365.000,- per bulan
6. Gaji Karyawan : asumsi karyawan ada 6 orang : Rp. 6.000.000,-
7. Listrik 2200 watt : 30 hari kerja : Rp. 1.500.000,-
8. Biaya Lain Lain : Rp. 500.000
9. Pendapatan - Biaya = Rp. 32.365.000,-
10. Investasi dsb siapa yang tahu....hehehehehehehehe
11. Beli Ikan Rp.30.000 : 4 kwintal x 30.000 = 12.000.000,-
12. Pendapatan - beli ikan = Rp. 32.365.000 - 12.000.000,- = Rp. 20.365.000,-

so.......

- nich kang karyawan cuman 3 orang = 2 tukang timbang, 1 Mc.
- kontrakan 1 tahun cm 15jeti...(kerja 1 bulan aja = lunas)
- ikan kalo kemaren kagak mampus, kagak ditambah2 udah hampir 1 tahun...
bisa di cek ke TKP kalo ane bo'ong hehehhehehehe...

bukannya saya sinis, atau dendam pribadi dsb, ....cuman mereka koq tidak ada pembelajaran, atau minimal studi banding lah ke kolam gt lain....kalo baru buka 6 bulan sih wajar, ini udah bertahun2, koq malah cenderung mundur....

coba menurut penilaian akang, kolam 52 lapak : isi ikan 3 ton, mati 7kuintal, ditambah lagi (karena protes peserta) cuman 2,5 kuintal....bagaimana??? heehhehhehhehehe

Ali
14-03-2012, 19:01
behhhhhhh turut berduka yah Kang Ali atas kolam langganannya .. sangat di sayangkan emang kalau pemilik hanya mementingkan 1 belah pihak aja..
semoga kedepannya dapat berubah lebih baik.. jadi ga usah jauh jauh kalau nyalurin hoby mancingnya..

makasih kang,saya juga masih suasana berkabung nih...hahahhahaha, ya apa mau dikata, ane cuman lagi berdoa aja biar kolam baru punyaan temen ane cepet jadi, secara gitu temen ane mancing lagi bikin kolam gt ikan mas 60lapak (lokasi deket taman bunga nusantara), sekarang progress udah 60%......kita tunggu

Ali
14-03-2012, 19:28
ada lagi nich akang2...cerita lucu dan menariknya, saya lupa ceritakan diatas.....beberapa bulan lalu, saung kolam ini kan pernah porak-poranda oleh angin, makanya kolam sempet ditutup.....saking "royal" nya pengelola, nih kolam sempet rehat 1 bulan 1/2.
karena utk membersihkan sisa2 reruntuhan saung (bambu,dan asbes), bukan dilakukan oleh pekerja yg dibayar dan ditarget, melainkan oleh temen2 caddy atas dasar sukarela....
tapi alhamdulilah cuman 2 hari udah bersih, atas kedermawanan para caddy.

dan yang menyedihkannya justru, pembangunan saung baru (masih dari bambu dan asbes), yang cuma mempekerjakan 3 orang saja, untuk membangun saung untuk 52 lapak....alasannya biar irit.........

coba temen2 telaah, hahahahahhahha.....lebih menguntungkan mana, mengirit jumlah pekerja yg berakibat kolam rehat 1 1/2 bulan atau menambah pekerja agar kolam cepat beroperasi????

syamsudin ismail
14-03-2012, 20:28
entu kolam,, namanya kolam ampun-ampunan.....
ampunnnnndah.....

lucky10
14-03-2012, 21:40
jiah ni kolam kalau ane kaga salah info , salah satu panitia nya lagi jadi DPO karena bawa kabur uang orang ...alasannya minjem buat nambahin beli ikan tapi malah kabur

anto
15-03-2012, 08:21
Cukup kang!!!...CUKUP!!!!...Cukup PARAH!!!! hahahahahahaha

roedy full
15-03-2012, 12:14
sudah sudah jangan teruskan....nggak kuat baca nya.....wkwkwkwkkw, kalo ane banyak duit ane take over neh kolam.....sewa 20 juta juga masih berani.....asal di kelola dgn baik pasti untung besaaarrrrrr.......pasti yg punya bukan pemancing neh......:p:p

Ali
16-03-2012, 14:06
sudah sudah jangan teruskan....nggak kuat baca nya.....wkwkwkwkkw, kalo ane banyak duit ane take over neh kolam.....sewa 20 juta juga masih berani.....asal di kelola dgn baik pasti untung besaaarrrrrr.......pasti yg punya bukan pemancing neh......:p:p

betul, daripada pusing debat ama orang kolam, mending ane nguji resep lagi di MBAU, mumpung dikasih bekal wejangan Suhu Kelana dan Suhu Roedy Full........masa kemaren sesi ke-2 cuman dapet 8 ekor hiks...hikss

paus
16-03-2012, 18:42
ini kolam bukannya ngilangin stres malah nambahin. tinggalin aja kang.

anto
17-03-2012, 07:23
betul, daripada pusing debat ama orang kolam, mending ane nguji resep lagi di MBAU, mumpung dikasih bekal wejangan Suhu Kelana dan Suhu Roedy Full........masa kemaren sesi ke-2 cuman dapet 8 ekor hiks...hikss
wow...kolaborasi dari pasar Master dan Suhu,,hasilnya pasti AJIB bin Sangar....Sukses Bro...

sameerjit
18-03-2012, 23:07
udah om ali mending puasa aja dolo sekalian nyari t4 yg baru daripada ngak enjoy waktu mancing malah tambah stress jadi na. moga" kolam temen na udah jd biar ngak sakaw terus

Ali
19-03-2012, 00:10
udah om ali mending puasa aja dolo sekalian nyari t4 yg baru daripada ngak enjoy waktu mancing malah tambah stress jadi na. moga" kolam temen na udah jd biar ngak sakaw terus

betul, insya allah tinggal menghitung bulan sudah akan grand opening kolam baru 60 lapak.

YvaN_ReGaR
19-03-2012, 08:31
hahaha...... kirain ga ada kolam kacau seperti itu di daerah yang sudah maju,
didaerah saya sudah banyak kolam pemancingan yang gulung tikar karena kejadian mirip-mirip yang bang ali rasakan......
karena dengan modal nekat dan manajemen yang amburadul.......salah satu penyebabnya

roedy full
19-03-2012, 09:39
betul, insya allah tinggal menghitung bulan sudah akan grand opening kolam baru 60 lapak.

kang ali kasih tau dong alamat itu kolam baru nya......tapi jgn alamat palsu yah...krn ntar di ayu tingting bingung lagi.....hahahahaha

Ali
21-03-2012, 00:58
hahaha...... kirain ga ada kolam kacau seperti itu di daerah yang sudah maju,
didaerah saya sudah banyak kolam pemancingan yang gulung tikar karena kejadian mirip-mirip yang bang ali rasakan......
karena dengan modal nekat dan manajemen yang amburadul.......salah satu penyebabnya

saya kira bukan karena daerah maju atau tidak pak, melainkan daripada keberadaan kolam "pesaing" yang belum terlalu banyak yg membuat pengelola kolam tsb jadi bersifat semaunya.

Ali
21-03-2012, 01:03
kang ali kasih tau dong alamat itu kolam baru nya......tapi jgn alamat palsu yah...krn ntar di ayu tingting bingung lagi.....hahahahaha

hahhahhahaa....jadi daerah simpang-mariwati. letaknya di perumahan villa permata. untuk menuju kesana jalan yg dilalui masih jalan mariwati(di jalur yg sama dengan perumahan green apple), lurus ke arah taman bunga nusantara, masih lewat lagi sampai ketemu perumahan villa permata (sebelah kanan jalan). nanti kalo udah grand opening saya masukkan ke thread sticky "INFO KOLAM GALATAMA"

viky74max
21-03-2012, 16:55
Mas mas ... numpang nanya ane dari Kosambi Bandung yg baru alamatnya pasnya di mana?? kirim aja lewat paket ya ama oplosan kalo gak ngojek aja deh... nanti kalo yg 60 dibuka ane diundang yak... jangan lupa ....
Makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ...........

Ali
22-03-2012, 22:08
Mas mas ... numpang nanya ane dari Kosambi Bandung yg baru alamatnya pasnya di mana?? kirim aja lewat paket ya ama oplosan kalo gak ngojek aja deh... nanti kalo yg 60 dibuka ane diundang yak... jangan lupa ....
Makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ...........

ngomong apa sih si mas nich, belaga pilon ehehhehehee, tiap hari ketemu saya juga, pake posting segala hahahahahahhahaha