PDA

View Full Version : Kotes alias gabus kerdil di sawah-sawah pegunungan (kenangan waktu kecil)



hampala
17-06-2007, 08:18
Kotes alias gabus kerdil di sawah-sawah pegunungan (kenangan waktu kecil)

Kemaren dulu pake micro strike gabus ini. Sayang lepas jadi terkenang2 lagi dan kepengen miaranya juga.
Dulu waktu kecil mancing kotes adalah sangat gampangnya. Tinggal nyari cacing di belakang rumah jadi deh bisa berangkat mancing.
Kotes kebanyakan hidup di perairan dangkal seperti sawah2 dan kali2 kecil.
Sawah seperti foto di bawah ini adalah habitat kotes.

http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Gabus%20kerdil%20alias%20kotes/sawah.jpg

Di antara lobang dan air agak dalam di pinggir pematang sawah biasanya bersembunyi ikan ini.

Bahkan lubang kaki bekas Pak Tani pun (seperti gambar di bawah) sering bersembunyi juga kotes ini gabung dengan ikan cetul dan wader.

http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Gabus%20kerdil%20alias%20kotes/lubangkakiPakTani.jpg

Tapi sekarang jangan harap. liat gak ada makhluk hidup air seekor`pun di air itu. hik..hik...

Tinggal dicemplungin aja kail ama cacingnya pasti deh langsung disambar kotes ini, ikan yg sangat rakus dan seneng bener memancingnya karena sangat gampang (red.: dulu). umpan cacing pasti deh langsung masuk ke tenggorokan karena mulutnya yg lebar itu.

Biar tidak bertanya2 terus seperti apakah kotes itu. Ini ada foto2nya.
http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Gabus%20kerdil%20alias%20kotes/kumpulankotesdiairkering.jpg
http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Gabus%20kerdil%20alias%20kotes/kumpulankotesdiair.jpg

Kotes mencapai usia dewasa hanya dalam ukuran 2 jari saja. Ukuran seperti itu udah keliatan mengasuh anak. Berbeda dengan saudara si gabus rawa yg bisa berukuran jumbo itu, badan si kotes di pinggir siripnya dihiasa relief indah yg berwarna kemerah-merahan. Kalau gabus rawa kan polos gak ada warna merah2nya. Nah liat sebenarnya cantik bukan si kotes itu.
http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Gabus%20kerdil%20alias%20kotes/Inilahkotes.jpg

Dulu kalau gak dapet2 juga mancingnya sering nyari aja kubangan kecil di tepi sawah. Istilahnya `nawu (bahasa jawa)` yaitu dikuras saja kubangan itu, pasti ada deh satu keluarga kotes disitu. ada ibu-bapak dan anak2nya yg layak digoreng kadang ada juga lele lokalnya. tp seringnya yg ada ya itu si kotes. ada teman2 saya yg lebih berani dengan teknik `ngrogoh (bhs. jawa)` yaitu memasukkan tangannya ke lubang2 di pematang itu buat nyari si kotes, resiko adalah kalo nyasar lubang ular atau paling apes yg digigit si yuyu (kepiting sungai).

Walau jumlahnya sudah jauh menurun ternyata si kotes mau banget di pop. cuman sayang kemaren lepas pas mau di foto. Jadi deh saya langsung pesan aja beli itu kotes2 di pasar ikan. lumayan seekor cuman dihargai 1000 rupiah untuk 1 ekor dewasa.
Ukuran kotes dewasa adalah seperti ini
http://i140.photobucket.com/albums/r18/PopeRio/Gabus%20kerdil%20alias%20kotes/kotesdewasa.jpg

nb. bisa sharing dong kalo di daerah lain kotes itu dinamakan apa ?? Bung Candra di Jabar ada istilahnya ??? di Kalimantan ?? Sumatra ??

Ok guys biar lebih puas silakan disimak aja video kotes di bawah.

santana
17-06-2007, 13:21
wah wah jadi teringat juga masa kecil.... Emang bener Bang Soni ,gabus kecil ini yang merajai sungai2 kecil di pesawahan. Tapi dulu ditempat saya kalo dapet ikan ini malah dapet ejekan. karena target utama adalah wader/beunteur,nilem atau lele. jadi kalo dapet "kotes" dianggap sial dan mengganggu gituh.Padahal untuk saya sendiri cukup mengasyikan juga dapet gabus jenis ini selain rasanya enak, mancingnya juga gampang.Yang nyebelin dari ikan ini suka nelan pancing sampe perut karena kadang2 kalo udah makan umpan suka diem aja.
Ditempat saya (Jabar bagian timur) dinamakan BOGO atau si Hejo Gado /si Dagu biru/hijau , kalo masih kecil disebut Cingok.:smt023

reta
17-06-2007, 14:08
jadi mengenang masa kecil nih.... klo di jawa timur (surabaya) namanya kotok, dulu setelah hujan reda ikan ini sering muncul ke permukaan. jadi setelah hujan banyak anak mancing di kali/sungai hanya untuk memburu ikan ini. klo di sini (red:surabaya) bisa lebih besar lagi ukurannya. ukuran kepala aja bisa sampai sepaha org dewasa. tarikannya juga mantep, tapi mancingnya di waduk daerah gunungsari, klo di sungai2 kecil paling gede kepala seukuran kepalan/genggaman org dewasa. skarang juga udah jarang dijumpai nih ikan, bukan karena habis di pancing melainkan di setrum. menurut dokter ikan ini bagus untuk memulihkan cedera, kesleo, dan yg jelas cepat memulihkan jaringan2 otot yg luka akibat kecelakaan atau cedera krn olahraga.

gelbschwanzmackerele
17-06-2007, 14:49
Om Soni,
waktu kecil dulu ikan begituan sering saya dapat kalo mancing di empang atau sungai. Di Bandung Utara kami menyebutnya ikan BOGO

Lodewijk
17-06-2007, 18:26
Hahaha..., ada-ada saja mas Hampala ini. Saya juga punya kenangan manis tentang 'Kotes' ini. Kebetulan saya pernah sekolah di daerah Ambarawa saat masih SD dulu. Dan sehari2 mancing di belakang sekolah, daerah persawahan....persis seperti yg ada di photo. Nama di sana juga 'Kotes'. (ya iyalah wong dari Magelang cuma 30mnt... hehehe).

Oh, jadi Kotes ini berbeda dengan 'Kuthuk' yah ? Karena bekas 'anak laut', maka waktu sekolah di Ambarawa yg terletak di gunung, saya juga membawa peralatan pancing saya dan sampai2 'jaring tebar' kesayangan saya bawa juga ! Kalau hari minggu anak2 asrama diperbolehkan keluar 1/2 hari, nah saat itulah biasa digunakan untuk men-jaring di daerah Rawa Pening. Pernah dapat 'Kuthuk' sebesar lengan disana...... Hehehe, makanya saya bilang punya kenangan manis ! Itu sekitar 30th-an yang lalu.... :D

candra
17-06-2007, 22:44
Aku taunya gabus ya gabus aja Mas, baru tau juga kl ada model gabus mini.
Tapi kalau gabus abg/kecil di sini disebut BOGO.

zongko
18-06-2007, 09:37
Benar saja Mas Soni . . .
Kenangan masa kecil saya di Wonogiri, sering mancing di sungai kecil samping rumah saya dan dapat "kotes' atau disebut "Dengil" (nama lokal di Wonogiri) untuk ikan ini.
Memang bentuknya sama dengan "Kutuk" atau Gabus, tapi Kotes/Dengil tidak bisa sebesar Kutuk/Gabus . . .
Kenangan waktu kecil . . . sekarang mungkin susah didapat . . .

salam,
zongko

sigit_y
18-06-2007, 10:00
KUTUK BENGUK Om.

dulu sebelum kali dekat rumah dibuat talud sering buat "siwakan" untuk nyari ikan.. Nah ikan ini yang paling sering masuk siwakan.
Biar nggak penasaran dengan siwakan yang saya maksud, siwakan adalah sarang buatan yang dibuat dipinggir kali dengan membuat lobang tepi kali (semacam kolam ukuran mini l/k 0.5 x0.5 m) terus dibuat saluran masuk/pintu ke kali. lubang ini dikasih akar bambu atau yang lain dibuat sealami mungkin. lalu lubang bagian atas ditutup dedaunan.

setelah selesai dibuat dibiarkan 3-4 jam atau semalam lalu "didhudhah" alias dipanen. Caranya: saluran masuk/pintu ditutup terus lubang dibuka lalu "ditawu" atau dikuras airnya.

waktu masih SD sih sehabis pulang sekolah buat siwakan trus tinggal main bola atau tawonan sebentar langsung didhudhah, habis nggak sabar hua...ha :D. Dapetnya ya belut, lele lokal, atau mujair dan paling sering ya kutuk benguk alias kotes dan sepat.

M-BEI
18-06-2007, 14:02
di tempat saya namanya juga kotes bung soni! ikan ini pake spoon mestinya bisa juga. nanti pul-kam aku mo nyoba ah!

pitoeng
18-06-2007, 14:41
di tempat saya namanya juga kotes bung soni! ikan ini pake spoon mestinya bisa juga. nanti pul-kam aku mo nyoba ah!

itu kalo ga salah, namanye kalo di kampung ane "gabus bego", ampe karang ini sering dapet, itu kalo empang itu aernye jalan, bukan blower.

ane juga paling demen kalo dapet ikan itu, ikannye empuk, lembut, hampir sama ikan patin cuma agak lembut.

ane mau tuh kalo ade yang mau rame2 mancing di rawa atau sawah cari ikan tawes,Sepat Siem ame Gabus Bego......

kalo ade nyang mau PM2 an aje dulu.....kite sambil inget masa lalu.......kite buktikan.....:cool:

isnaeni
18-06-2007, 18:56
Wah ini ikan yg udah nyaris punah jg kayak wader dan uceng .... bikin teringat kenangan masa lalu nih :smt055

GT Man
19-06-2007, 10:10
Wah ini ikan yg udah nyaris punah jg kayak wader dan uceng .... bikin teringat kenangan masa lalu nih :smt055

Benar. Semakin banyak ikan ikan lokal yang diambang kepunahan karena eksploitasi habitat, penangkapan tak bertanggung jawab dan terdesak oleh ikan ikan pendatang (mis: red devil).

hendrosahadagi
19-06-2007, 10:25
itu kalo ga salah, namanye kalo di kampung ane "gabus bego", ampe karang ini sering dapet, itu kalo empang itu aernye jalan, bukan blower.

ane juga paling demen kalo dapet ikan itu, ikannye empuk, lembut, hampir sama ikan patin cuma agak lembut.

ane mau tuh kalo ade yang mau rame2 mancing di rawa atau sawah cari ikan tawes,Sepat Siem ame Gabus Bego......

kalo ade nyang mau PM2 an aje dulu.....kite sambil inget masa lalu.......kite buktikan.....:cool:
Halo mas Pitoeng, lam kenal.... :)
Oya kalo Gabus Bego setahu saya agak jauh berbeda dgn "Kotes" mas...
Gabus bego warna nya pun lain, dia Loreng2x besar warna coklat muda kombinasi coklat tua...., sirip dive nya lebar2x..., kepalanya tdk sperti ular lebih ke arah kerapu malah ...menurut saya sih :)
Kalo kotes ini kaya'nya " hasil perSlingkuhan" antara Toman Bunga sama Haruan :p ya mas.. Son'..??,....hikihikhikkk...

Mas Soni'...btw daging ikan ini enak gak mas...??? apa cuma diburu doang buat dipiara tok'?? Warna nya emang Unik N cantik..... gak bisa gede lagi.. jadi cocok buat piaraan di Aquarium...

roel
19-06-2007, 10:41
mas son, kalo di tempat saya namanya boncel, lebih kecil dari itu namanya biasa si sebut kikincling (daerah bogor). memang bener mancing nya di pesawahan pake umpan cacing. daging ikan ini enak banget. jadi inget masa lalu nih mas. kadang" kalo malem minggu suka ngobor bawa patromax ma pentungan. tapi ya sekarang ini agak susah nyari sawah nya udah banyak yg di gusur jadi perumahan :confused:.