PDA

View Full Version : Daiwa Opus plus 6000



vhendra_78
25-06-2007, 09:03
dear all,
kemarin waktu lelang reel saya kebetulan dapat yang seri daiwa opus plus 6000.
tongkrongan dan pegangannya sih buat saya cukup. nah pertanyaannya :
1. apakah seri di atas sudah bisa dipakai buat benang PE, soalnya di specnya tidak tertulis buat PE, pernah ada satu thread dan kalo ngak salah pak jon atau pak lod yg bilang stella aja ngak ada spec PE tp bisa dipakai. nah seri daiwa di atas apa iya bisa dipakai juga, dan kalo bisa berapa PE maks yg bisa dipakai?
2. seri daiwa diatas ada bonus extra spool, cuma yg di dapat adalah yg plastik sedangkan yg terpasang terbuat dari bahan metal. apa memang demikian lalu kekuatannya gimana ?
3. agak melenceng dari reel. apakah joran yg tidak ada spec benang PE bisa kita pakai benang PE ? ada rekan yg bilang tidak bisa tapi ada yg bilang bisa selama spec Lbs dari joran sesuai dengan PE yg akan kitas pasang... mana yg benul ya ?

gitu aja dulu deh. makasih sebelumnya ....

M-BEI
25-06-2007, 09:30
Bung Hen,
Salam kenal! Untuk pertanyaan no.3 menurut pribadi saya, kalau joran untuk PE harus khusus, karena apa? kenur PE itu sangat tajam dan tidak mulur, jadi yang kalah terutama pada ring-guidenya. Kenur PE ini ibarat benang gelasan di adu sama senar biasa dalam pertandingan layangan, pasti yg kalah senar biasa, jadi cukup tajam, jangan coba-coba ngangkat ikat pake tangan dengan kenur pe.

Kalau untuk reel, yang sangat pengaruh dengan kenur PE tentu saya roller bearingnya karena berhubungan langsung dengan kenur pada saat terulur atau gulung. Kalau spool tidak begitu pengaruh asal dragnya mampu.

Untuk yang lain biar para pakar yang mengulas.

salam :smt055

vhendra_78
02-07-2007, 17:21
rekan2, please dong tolong...;)

candra
02-07-2007, 19:00
Bung hendra,

1. Ini hanya sekadar pendapat pribadi, karena saya ga pernah narget ikan gede2 amat, jadi ga masalah buat saya reel itu pake benang PE, selama mekanisme line rollernya bekerja dgn baik.

2. namanya juga bonus, hehehe

3. sama juga dgn jawaban no.1, asal tidak strike ikan jumbo dan ikannya tipe perenang cepat dan kuat spt Tuna, layaran, marlin dll, saya pikir tak masalah.
Lagian dgn spec reel ini rasanya ga akan mungkin untuk membidik target ikan2 tsb.

Pernah lihat di salah satu VCD majalah sirip, Pak Wong sdg fight dgn ikan super gede yang lari terus walau dgn setting drag maks, akhirnya bibir ring joran teriris benang PE.

Jadi pendapat pribadi saya lebih kepada target ikannya.