PDA

View Full Version : tanya lure sungai arus deras



maztrie
25-06-2007, 10:49
mohon pencerahanya...
saya biasa mancing dasar disungai2 palembang( pengen belajar pake artificial lure ), rata2 sungai didaerah sumsel dalam( 5 sampai 20m ),keruh ( coklat )dan berarus deras sehingga harus menggunakan timah yang lumayan besar untuk bisa mencapai dasar sungai dengan sukses ( rata2 timah segede jempol kaki ),satu lagi banyak sangkutan.
selama ini saya menggunakan umpan buatan ato livebait,pertanyaan saya bisakah artificial lure dipakai di sungai2 semacam ini dengan pengertian targetnya adalah ikan dasar seperti baung,patin,lais etc, klo bisa lure jenis apa ? (tlg klo ada kasih picnya)
makasih banyak...salam

candra
25-06-2007, 20:04
Bung Maztrie,

Sekadar sharing, karena pengalaman mancing di sungai masih minim.
Di Citarum saya pernah lihat ada pemancing tradisional yg mahir mamancing menggunakan 'artificial lure' berupa potongan kaleng biskuit dibentuk spt spoon persis sebesar sendok teh, diberi kail engkel dan timah pada kenurnya.

Orangnya sudah cukup tua, sekitar 50 tahun mungkin umurnya, si Abah ini sangat cakap memancing ikan sebarau/hampala sungai Citarum, hanya dengan perlengkapan seadanya.

Problemnya 'lure' ciptaanya sering juga nyangkut ke batuan di dasar sungai, dia harus sering turun ke air sebatas dada untuk melepaskan lure antiknya.
Ketekunnannya sering kali berbuahkan hasil beberapa ekor hampala dari seukuran beberapa jari sampai 1 kiloan.

Saya juga coba pernah mencoba pake 'spoon', tapi retrievenya ga pernah sampai dasar air karena takut nyangkut:D, walhasil setengah hari casting badan gosong, tak ada ikan yang naik:p


semoga terinspirasi;)

hampala
25-06-2007, 21:00
Yap keterangan Mas Candra sudah menjawab.
Cuman ada 1 tip lagi semakin deras dan semakin dalam, pilih'lah spoon yg tebal. Semakin tebal semakin baik.
Spoon tebal emang sukar flutter'nya tp karena arus deras pasti cukup atractive jg presentasinya.
Yg utama spoon tebal lebih gampang nyampe dasar drpd yg tipis krn jauh lbh berat kan?

maztrie
26-06-2007, 08:19
jadi spoon yang tebal ato spoon ditambah pemberat lagi ya...mas candra klo make tambahan pemberat dimana naruhnya..apakah diatas spoon ( semacam running sinker )? karena lure nya berat apakah berarti joran dan talinya juga harus disesuaikan lagi ?( selama ini saya make 12-15 lbs mono )

teri_nasi
26-06-2007, 14:02
Ikan di air deras biasa makan ikan-ikan kecil atau kodok juga serangga yang masuk ke sungai. Kalau mau pake lure ikan-ikanan yang persis seperti ikan betulan ga pake lidah dan jointed cari buatan shimano. referensi cari buku bass shimano th 2006 hal belakang pasti ada. Kalau ikan baung, patin seperi yng disebutkan pake buah sawit di padang pada kail. atau pake umpan bau

candra
26-06-2007, 14:40
jadi spoon yang tebal ato spoon ditambah pemberat lagi ya...mas candra klo make tambahan pemberat dimana naruhnya..apakah diatas spoon ( semacam running sinker )? karena lure nya berat apakah berarti joran dan talinya juga harus disesuaikan lagi ?( selama ini saya make 12-15 lbs mono )

Yg menggunakan timah pemberat si Abah yg mancingnya, karena lure ciptaannya hanya terbuat dari potongan kaleng yg enteng, timah bolong (running sinker) dipasang dikenur sebelum kenurnya di ikat ke kail dan kalengnya.
saya tdk pake timah karena spoonnya sudah cukup berat.

Line 12 lbs sudah cukup saya kira untuk fight di air tawar, ane juga pake braided 12 lbs plus leader fluoro 16 lbs sekitar 2 mtran.
Yang penting bisa ngatur drag sekitar 1/3 sd 1/4 kekuatan kenur utama untuk mencegah kenur putus waktu ikan ngelawan, terutama kalau menggunakan PE/braided yg tingkat 'stretch'/keregangannya rendah.

Semoga cepat strike........!

hendrosahadagi
26-06-2007, 14:47
Soft Plastic lure mungkin juga bisa membantu.... ,bung Maztrie
ada banyak bentuk mulai yg sperti cacing, salamander kecil, double tail, Ikan2xan... dgn berbagai macam warna pula. Kalo mau attach extra Sinker/pemberat bisa di taro di bagian atas nya....

Sy pernah saya coba ini... walau bukan diSungai ya mas..., di pinggir bebatuan karang di Pasir Putih/Jatim tepat nya, "Action / Renangan" ikan plastik nya tdk berubah...tetep cakep N megal megol...., n hasil nya dpt.in atu Kerong2x plus anak Krapu beserta kakak nya.. :p
Waktu itu Soft Plastic sy pake yg 5 cm.an, dari "jenama" STORM

utk. hal ini agar lebih sip, mohon kang SONI memberi pencerahan..juga deh... SP plus xtra Sinker...

candra
26-06-2007, 15:07
Nah betul juga bung Fabo, biasanya SP (yang menggunakan jighead atau mata kail khusus) kan pake kail engkel dan kailnya madep ke arah atas, diharapkan ga gampang nyangkut di dasar air.

Sip :smt023, ga sempat kepikiran sama saya:D

hendrosahadagi
26-06-2007, 15:27
Oya..ya... benar mas Candra, Kail SP selalu nya hadap keatas biasa nya bung Maztrie ..!! Jadi Sedikit banyak membantu dlm permasalahan "sangkut menyangkut"..., kalo u/yg jenis cacing panjang / worm, bisa disembunyikan malah kail nya..alias ditanam ke dalam badan Soft Plastic..jadi lebih mulus lagi sehingga jauh dari sangkut menyangkut didasar.... apa lagi jenis worm lure memang Qta main kan didasar... :)

maztrie
27-06-2007, 08:44
kayaknya sp lebih aman karena pancing bisa ditanam, jadi penggunaanya sama denga kita pake umpam alami ya ? makasih semuanya, next trip mudah2an tangan tidak kotor dan bau lagi....salam

hendrosahadagi
27-06-2007, 10:24
Kurang lebih sama... mas, dengan deras nya arus sungai..malah tambah "cantik" action dari SP lure, ekor nya bisa nari2x alias megal megol....
Kang Soni Hampala mungkin bisa lebih kasih detail..bagaimana memainkan SP yg baik & Benar :)
Kalo saya..ya standart mas, lempar... biarkan tenggelam... kl krasa ampe dasar... sentak sekali..trus di gulung pelan pelan....trus biarkan tenggelam lagi..., trus.. Jerking lagi skali... dst.nya... ini u/ tipe ikan ya mas...
Irama "permainan" soft plastic... bervariasi sih mas... jadi kembangkan diri aza dlm membuat SP lbh Hidup ha ha... (star m**d kaliii...bikin hidup lbh hidup)

Ok semoga berhasil.... Trip nya nanti... :)
it's Nice 2 share with You... anyway

hendrosahadagi
27-06-2007, 16:51
mas..kurang lebih biar jelas.. SP lure nya demikian....
semoga berhasil di Trip selanjut nya :)

hampala
08-07-2007, 13:30
Mungkin unt SP agak boros jg yah unt ikan2 bergigi kayak bawal,gurami dan gabus. Kecenderungannya akan sekali pake.
Mungkin unt patin dan baung layak dicoba unt air deras ini selain spoon.
Tp yah hati2 kans unt nyangkut tinggi sekali. Maka itu gunanya lure retriever he3.

maztrie
09-07-2007, 08:11
lure retriever ya...harus punya juga nich, apalagi yg klo mo beli lure harus jauh2 kaya saya..

hendrosahadagi
10-07-2007, 11:03
Tuuuhhh... kang MAs.... , ada yg butuh Lure Retriver :P he he