PDA

View Full Version : WD-40 dan sejenisnya



Demsy
26-06-2007, 11:53
"Thank you for contacting the WD-40 Company and we appreciate your interest in our product.

WD-40 is safe to use on all metals and will not attack or dissolve any metals

Thank you again for contacting the WD-40 Company. Please let me know if I may be of further assistance.

Best regards,
Eva Zabowski
WD-40 Customer Service"

Diatas itu adalah jawaban atas pertanyaan saya kepada mereka. Yang saya tanyakan apakah betul WD-40 mempunyai efek negatif terhadap beberapa macam metal seperti aluminium, magnesium dan alloy aluminium/magnesium.

Jadi ini bertolak belakang dari pernyataan rekan kita yang mengatakan bahwa WD-40 ber-efek negatif terhadap alumunium dan magnesium, yang ternyata pun berdasarkan pendapat orang lain dari forum diAmerika.

Pengalaman saya dengan WD-40 sudah berpuluh tahun dan sejauh ini tidak pernah mengalami efek2 negatif dari bahan ini, sejauh kita tahu cara aplikasinya yang betul. Karena WD-40 ini mengandung solven yang bisa melarutkan grease/vet/gemuk, namun aman bagi mono dan PE line. Bahkan ada diartikel majalah Inggris, yang sedang saya cari2, dimana didaerah tertentu mereka selalu menyemprotkan WD-40 ke lure mereka, karena dianggap bisa menarik ikan untuk makan??? Untungnya siWD-40 ini aman untuk lingkungan kita, bahasa bagusnya bio-degradeable.

Demikian juga untuk Corrosion-X, walaupun mereka belum menjawab email yang saya kirimkan kepada mereka, saya yakin juga tidak akan berefek negatif terhadap segala jenis metal. Saya berani mengatakan ini karena ada pabrikan reel ternama yang menyertakan Corrosion-X sebagai pelumas dan dari pengalaman saya menggunakan Corrosion-X selama sekitar 10 tahunan.

Yang beda antara keduanya adalah yang disebut dengan VOC, Volatile Organic Content, pada Corrosion-X hanya 8% sedangkan pada WD-40 jauh lebih tinggi. Makanya WD-40 lebih encer dan daya lumasnya tidak seperti Corrosion-X. Yang sama kedua2nya sama ampuh untuk melepas misalnya baut2 yg berkarat dan sama2 bersifat mengusir air dan melumas.

Maksud saya dengan thread ini adalah,
1. Jangan sampai karena informasi yang tidak benar kita menjauhi barang2 yang bisa sangat bermanfaat bagi peralatan kita yang selalu berdekatan dengan air, asin maupun tawar.
2. Sama sekali tanpa niat untuk mendiskreditkan siapapun juga, mudah2an tidak ada yang salah mengerti.

Demsy
26-06-2007, 11:55
Salah kamar ngga ya, kalau salah tolong bung moderator koreksi ya, terima kasih!

Sportfisherman
26-06-2007, 12:34
DD ,

I get my information from anglers participating in fishing forum in USA , I would like to think they have good reasons to state that there are better products than WD40 for the internal components of the reels , hence there are CorrosionX and ReelX , etc. .

Every manufacturer will state their product to be the No. 1 , locally we have the saying Tidak ada kecap no 2 but in the end , it's the customers who will decide what to use .

As for WD40 having higher VOC , ofcourse they do because without this VOC , how can they be in spray , the same with CorrosionX . Now the ReelX is just oil because it does not come in spray form . Just ask the manufacturer of Baygon how they achieve the spraying characteristic of their insect repellants if not using VOC too . By the way , VOC can soften rubber and most plastic .

Go ahead and use WD40 for all I care , I definitely only use them elsewhere but not in my reel .

Jon .

Demsy
26-06-2007, 13:19
Inilah yang saya katakan, WD-40 bisa bermanfaat sekali, asalkan kita tahu dimana dan kapan mempergunakan. Kalau diteliti pada panduan yang diberikan Shimano, agar tidak mempergunakan minyak2 yang mengandung solvent kebagian dalam reel. Maksudnya agar grease/vet/gemuk yang ada didalam reel itu larut atau menjadi encer, sehingga bagian2 bergerak didalam reel itu kurang pelumasnya.
Namun yang pernah saya tanyakan kepada anda apakah pernyataan bahwa ada zat didalam WD-40 atau sejenisnya itu yang melarutkan aluminium dan magnesium berdasarkan penelitian ilmiah atau empiris yang akurat, yang belum terjawab. Benar bahwa produsen akan mengatakan bahwa produk mereka adalah yang terbaik, tetapi bukan artinya bahwa yang mereka katakan semuanya tidak benar, bukan? Jadi pernyataan dari mereka bahwa produk mereka tidak mempunyai efek negatif terhadap semua metal, rasanya juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Justru kepastian dari orang yang mengatakan bahwa produk2 semacam dengan WD-40 itu mengandung oxidizing agent yang melarutkan metal tertentu itu yang ingin saya dengar dasar pernyataan mereka. Ini agar kita yakin bahwa justru bukan pernyataan sementara orang ini yang sekedar kecap no.1.
Begitulah kira2 pendapat saya, supaya kita jangan jadi salah kaprah karena statement yang belum jelas dasarnya.

Sportfisherman
26-06-2007, 13:29
DD ,

OK , just leave it here between us , OK ?

Biar yang lain menentukan apa mereka mau menggunakan WD40 atau CorrisonX/ReelX ataupun merk lain nya , masing masing punya keyakinan sendiri untuk memilih produk mana yang akan digunakan .

Jon .

Demsy
26-06-2007, 13:45
Tentu bapak, sesuai dengan keyakinan masing2 toch!

chris
26-06-2007, 14:17
bapak2 sekalian...

bagaimana dgn bahan karet atau plastik, apa bs hancur dibuat WD40?

OKUMA
26-06-2007, 14:55
Ehm....
Menurut saya apapun yang dikatakan Om Jon ataupun Om DeDe masukan yang bagus kita semua...
Apapun yang akan digunakan baik Reel X, Corrotion X ataupun WD40, sesuai keyakinan kita masing2x aja.....


-omar-

Demsy
27-06-2007, 07:33
bapak2 sekalian...

bagaimana dgn bahan karet atau plastik, apa bs hancur dibuat WD40?
Bila pemakaiannya hanya disemprotkan dan dibiarkan mengering saja, karet dan plastik tidak rusak. Namun bila direndam ada kemungkinan rusak, tetapi juga hanya kemungkinan. Karena solven walaupun ada, bukanlah solven yang agresif seperti thinner, MEK dkk. Saya pribadi belum pernah mengalami kerusakkan pada karet dan plastik sejauh ini. Lihat saja diwebsitenya untuk aplikasi2nya

sh33v4
29-06-2007, 08:33
Pak Dede maaf OOT, kalo yang merek PN55 pak Dede pernah pakai tidak?
menurut toko sih untuk anti karat, bukan menghilangkan karat

Demsy
29-06-2007, 20:43
Bung sh33v4 (susah menyebut namanya, hehe), saya tidak kenal dengan produk PN55. Sulit untuk mendefinisikan arti dari anti karat dan penghilang karat, karena produk2 yang disebut2 disini masuk dalam kategori Rust Penetrant. Lebih untuk membantu melepaskan benda2 yang saling terikat oleh karat, seperti baut dan mur yang karena berkarat sulit untuk dilepaskan/diputar. Maaf kalau bahasanya ngawur. Dan karena bersifat mengisi pori2 pada metal dengan pelumas/minyak, seakan2 membuat metal tersebut anti karat (selama bahan tersebut belum habis menguap).

sh33v4
30-06-2007, 07:53
Bung sh33v4 (susah menyebut namanya, hehe), saya tidak kenal dengan produk PN55. Sulit untuk mendefinisikan arti dari anti karat dan penghilang karat, karena produk2 yang disebut2 disini masuk dalam kategori Rust Penetrant. Lebih untuk membantu melepaskan benda2 yang saling terikat oleh karat, seperti baut dan mur yang karena berkarat sulit untuk dilepaskan/diputar. Maaf kalau bahasanya ngawur. Dan karena bersifat mengisi pori2 pada metal dengan pelumas/minyak, seakan2 membuat metal tersebut anti karat (selama bahan tersebut belum habis menguap).

hehehe saya andri om daniel maap lupa mengenalkan diri hehe,
oh begitu, tapi kalau yang PN55 di tabungnya tertulis lubricating, penetrating, rust preventing om
di bagian compositionnya: lanolin, rust preventive agent, isoparaffin oil, ptfe
hehehe mungkin sama kali dengan yang lain
terima kasih om daniel informasinya, timbangannya sudah saya pencet :D

Demsy
30-06-2007, 10:29
Wah, malah jangan2 PN55 ini malah lebih canggih lagi, mengandung teflon (PTFE) yang juga bagus untuk pelumasan. Karena teflon dalam keadaan kering sebagai pelicin/pelumas bagus sekali. Lain dari itu fungsinya sama saja dengan WD-40, juga memang banyak sekali merek2 lain yang mungkin tidak kalah baiknya.

sh33v4
30-06-2007, 18:57
iya om, mungkin karena beda negara kali yah jadi lebih terkenal wd40
pn55 buatan jepang kalo wd40 kan usa :D