PDA

View Full Version : Inilah foto tombro/kelah yg disembah2 oleh Pak Wong dkk



MRIZQI
04-06-2007, 11:12
Pak Soni & Pak Djupri,
Punya gambar ikan Tombro ga, tolong donk kirimin fotonya. Saya penasaran, mirip gak ama ikan kelah di Malaysia ato ikan Mahseer di India. Thanks.

hampala
28-06-2007, 06:52
Ini Pak Isnur foto2nya....

sementara ini dulu.. nanti ada videonya juga....

candra
28-06-2007, 18:58
Tombro = kelah, berarti sama juga dgn kancra dong ya?? apa serupa tapi tak sama? atau sama tapi beda nama karena ditemukan di daerah yg berbeda?

Ini ada fotonya di fishbase.org, lha kok malah mirip wader?:)
Databasenya salah kali ya?

candra
28-06-2007, 20:16
Ini mungkin lebih akurat

1. tor tambra
2. tor douronensis/kancra

Pak Djupri
29-06-2007, 11:40
Kalau di fotonya persis ya pak dengan ikan yang di pemandian Cibulan (Kuningan - Jawa Barat).
Sudah termasuk langka di perairan /sungai2 di Jawa.

santana
29-06-2007, 13:22
Kalau benar ikan ini adalah yang ada di Pemandian Cibulan Kuningan..
wah familiar banget tuh ... dulu waktu kecil sering banget berenang bareng ikan ini. Ikan nya bisa mencapai panjang 1,5 meter lebih loh. Selain di Cibulan, dapat juga ditemui di Pemandian Cigugur dan Darmaloka/ dekat Waduk Darma, ketiganya di Kab .Kuningan Jabar.
Sayang saya belum pernah merasakan tarikan ikan ini karena ikan ini oleh masyarakat disana di'keramat'kan. Jadi nggak ada yang berani ganggu, makanya ikan ini lestari disana sampai sekarang.
Ikan nya berwarna kebiruan dan ada yang kecoklatan, dengan sisik yang besar-besar. sangat jinak. Temannya bapak saya pernah suatu kali nekad mancing ikan ini, kemudian digorengnya, tapi kemudian dibuang, masalah nya rasanya amis/anyir sekali, nggak tahan dibuatnya.

candra
29-06-2007, 14:52
Ada sementara orang bilang kalau yg di Cibulan/kuningan adalah ikan 'kancra bodas (kancra putih)', entah kenapa dipanggil demikian saya kurang tahu pasti, padahal warna badannya jelas2 tidak bodas/putih.

Padahal setahu saya dari cerita2 para 'sepuh/orang tua' kalau ikan kancra sangat enak dagingnya, jauh sekali dibandingkan dengan ikan mas biasa (common carp) yg kita temukan di pasar2/sungai/danau dan hasil budidaya kolam/japung.

Masih dari cerita 'sesepuh', dulu habitat kancra masih sering ditemukan di alur sungai citarum, tapi sekarang2 ini blm dengar lagi ada yg bisa mendapatkannya di sungai ini.:confused:

hampala
29-06-2007, 18:44
Bagi yg penasaran tombro/kelah seperti apa, bisa liat vcd Pak Wong seri 4 judul XPDC Taman Negara, perlu masuk2 ke dalam hutan sampe berhari2 unt mencapai lokasinya. Ikan tombro sampe dicium2 segala sama Pak Wong. Ada 1 lg VCD yg trip tombro Pak Wong ke Kalimantan tp gagal pdhal jd udah masuk2 ke hutan.

Pak Djupri
29-06-2007, 19:12
Ajak nongkrong di Nglangon mas Soni. Deket sama padepokan PopeRio tuch, ha3.

Pak Djupri
29-06-2007, 19:14
Kalau di Citarum yang masih sering terdengar ikan Tagih ya pak Candra. Apakah ikan tagih sama dengan ikan kancra?


Salam

candra
02-07-2007, 11:24
Kalau di Citarum yang masih sering terdengar ikan Tagih ya pak Candra. Apakah ikan tagih sama dengan ikan kancra?


Salam

Pak Djupri, ikan tagih/tageh/baung masih (saya sendiri agak bingung juga karena sebagian orang menganggap kalau baung tidak sama dengan tagih) bisa di dapatkan di sekitar alur Citarum, waduk2 Saguling, cirata dan Jatiluhur.
Kebanyakan di pancing di sekitar sungai2 yg airnya mengalir dan agak keruh.
Model ikannya sepertinya termasuk dalam keluarga 'catfish', ada kumisnya, dan sirip punggungnya tajam dan beracun.
Sedangkan kancra masuk dalam keluarga "carp" atau "mas-masan".

hampala
17-07-2007, 07:53
Kalo baung sudah mulai ada yg jual kiloan hidup tuh. Hasil budidaya di Tasikmalaya.

Pak Djupri
17-07-2007, 08:47
Kalo baung sudah mulai ada yg jual kiloan hidup tuh. Hasil budidaya di Tasikmalaya.


Bikin dong daftar ikan yang hampir punah, siapa tahu ada yang terpanggil untuk melestarikan.

hampala
30-07-2007, 19:52
Rata2 ikan yg hidup di sungai cenderung mengalami gejala kepunahan.
Tombro,mangur,regis,deler,balar,bader dll.

Pak Djupri
30-07-2007, 19:59
Rata2 ikan yg hidup di sungai cenderung mengalami gejala kepunahan.
Tombro,mangur,regis,deler,balar,bader dll.

Ha3, ketahuan sekarang. Jadi kalau orang mau mancing ikan sungai nantinya musti mancing di kolam sampeyan ya? Ojo nesu lho.
Untung ada yang peduli mulai pelihara di kolam seperti mas Soni.
Ayo rekan FF yang terpanggil untuk pelestarian bertindaklah.
Biar anak cucu masih bisa mancing tombro, mangur, regis dll yang belum sempat di sebut.

hampala
13-08-2007, 07:00
Ha3, ketahuan sekarang. Jadi kalau orang mau mancing ikan sungai nantinya musti mancing di kolam sampeyan ya? Ojo nesu lho.
Untung ada yang peduli mulai pelihara di kolam seperti mas Soni.
Ayo rekan FF yang terpanggil untuk pelestarian bertindaklah.
Biar anak cucu masih bisa mancing tombro, mangur, regis dll yang belum sempat di sebut.

Tapi yaitu tadi nyari bibitnya jan uangel tenan.. he3...

iwan rambe
13-08-2007, 09:21
mas soni kalau film XPDC taman negara saya udah nonton . memang ikan ini kalau di aceh agak ke hulu dikit baru ada. saya ingin mencoba mancing ikan ini kalau ada waktu yang pas, tahun2 lalu karena ribut 2 TNI dengan GAM kami disini ngak berani naik ke hulu, tapi kata teman saya yg baru pulang dari tangse kab sigli disana ada warung yg menunya ikan kerling (tor) tiap hari ada, mungking disan masih banyak ikan ini masyarakat disdana menangkapnya dengan jala. dan satu lagi lokasi yg pernah saya pergi yaitu di daerah kerung jeru , jaraknya dari banda aceh kira2 40km , disini ada dam yg besar , ikan2 nya pun banyak tapi ngak mau makan umpan ,umpan yg kami pakai waktu itu ubi kayu diberi kunyit lalu di kukus dan cacing tanah. memang nampak ikan itu besar2 dari atas dam, nanti kami akan mencoba lagi dengan umpan yg baru.

MRIZQI
13-08-2007, 10:50
Semoga tripnya berhasil menangkap ikan yg gede2. Jangan lupa reportnya Pak.

hampala
27-08-2007, 18:24
Wah.. Wah.. 40km ga begitu jauh dong. Kalau ikannya keliatan itu tandanya ada di permukaan. Kenapa ga pake pelampung Pak?

nelayan
21-09-2007, 04:14
Nambahin aja nich,
di aliran sungai Progo, Magelang bbrp thn lalu masih bisa didapat ikan tombro (-lain ama ikan mas budidaya lho-), sekarang dah semakin punah karena sering diracun sewktu musim kemarau berkepanjangan... :(

Saya pernah liat sendiri temen dapetin ikan tombro gede (4 kg-an) pake umpan lumut yang biasa nempel di batu2 sungai Progo.
Cara pakai lumutnya ga spt mancing nila. Lumut sungai (panjang2 n agak ulet) dijapit pangkalnya pake timah daun yang berjarak 7-10 cm dr mata kail, ujung lumut akan terurai sampai ke mata kail. Lokasi mancing biasanya di bantaran arus sungai yang berarus deras n dalam, ga spt untuk mancing nila yang cenderung berlokasi di tempat tak berarus/tenang.
Ikan tawes n bader babon di sungai Elo, Magelang juga sering berhasil didaratkan dengan teknik mancing ini..

Cara mancing ini ga asing lagi bagi pemancing senior di daerah Magelang / Jogja.
Mungkin P. Soni bisa menambahkan, sudah punahkah ikan TOMBRO di sungai Progo???? :smt023

hampala
05-10-2007, 19:59
Jiang, kamu kenal ama Om yg tinggal di Kawatan yg ahli mancing tombro? Aku pengen scan koleksi foto2nya tuh. Tombro di Progo sdh mendekati kepunahan.

Marlin Jablai
24-10-2007, 23:17
Oom-Oom semua, kalo di jawa, terutama di Yogya jangan salah mengartikan bahwa ikan Kelah a.l. jurung a.l.Sapan a.l. mahseer a.l. laen-laen ( ada yang mo nambahin bahasa daerah laennya ?? ) itu bukan seperti ikan Tombro yang difahami di masyarakat Yogya ( saya pernah tinggal disana ) walaupun satu family juga ( Tor Tombroides ). Ikan ini di Sumut sudah di budi dayakan & harganya mahal ( didaerah Bahorok, yg tempo hari kena banjir en ikannya banyak yang hanyut ). karena disini ikan ini mempunyai nilai yang tinggi terutama untuk suku Batak, karena berhubungan dengan Adat. Kalo mo lebih jelas ini ada dari halaman tetangga. klik aja. untitled (http://www.ketengah.gov.my/kenyir/ikan/kelah.htm)

candra
25-10-2007, 11:49
Betul pak Dedeq, ada sebagian penggemar mancing kolam yg menyebut ikan mas biasa dgn sebutan tombro, padahal sebenarnya bukan tombro yg dimaksud, hanya salah kaprah saja.
Sedangkan "tombro" (ikan tombro asli dari perairan jawa) yg kita maksudkan adalah jenis ikan carp dari species "tor". CMIIW

Dogtooth39
27-10-2007, 11:02
Ini mungkin lebih akurat

1. tor tambra
2. tor douronensis/kancra

Hi pak Candra, yg merah itu adalah Tor tambroides. tor douronensis bisa dapat di Borneo.

candra
29-10-2007, 13:24
Hi pak Candra, yg merah itu adalah Tor tambroides. tor douronensis bisa dapat di Borneo.
Hi juga Pak Darren, trims untuk informasinya, betul pak, hanya sayang blm ada pendataan yg lengkap dan terinci di negara kami.

Di pulau jawa juga ada species "tor" kemungkinan besar "tor tambraides" yg sering disebut "kancra" oleh penduduk jawa barat dan Tombro/tambra" oleh penduduk jawa tengah.

Ada ikan "tor" di display aquarium kebun binatang/zoo park Bandung, Parahnya lagi petugas kebun binatang/Zoo park Bandung keliru memberi nama species grasscarp padahal jelas2 ikannya adalah dari species "tor"

Dogtooth39
29-10-2007, 17:37
dalam info saya, tor tambroides ada di Sumatra, kebanyakan tor species di malay penisular dan Sumatra adalah sama, sebab Sumatra adalah pulau yg terakhir berpisah dengan asia main land (malay penisular ), dan Borneo dan Jawa adalah lebih awal berpisah dari main land, so adanya species tor yg berubah.

hitaci
27-11-2007, 13:04
di daerah saya karanganyar purbalingga ada sungai yg namanya sungai tombro,kata orang2 sekitar lingkungan situ sungai itu di namakan sungai tombro karena ada banyak ikan tombronya.tapi saya ga tau yg di maksud warga sekitar situ ikan tombro yg bagamana,soalnya saya sendiripun belum pernah mencoba untuk memancing ikan tersebut.setelah bergabung dgn ff saya jadi penasaran pengen nyoba mancing ikan tombro.sebelum saya nyoba mancing ikan tombro,saya mau nanya ama rekan2 semua yg ada di ff nih!umpan apa yg paling cocok buat mancing ikan tombro di kali?

Oka_1010
27-11-2007, 13:12
di daerah saya karanganyar purbalingga ada sungai yg namanya sungai tombro,kata orang2 sekitar lingkungan situ sungai itu di namakan sungai tombro karena ada banyak ikan tombronya.tapi saya ga tau yg di maksud warga sekitar situ ikan tombro yg bagamana,soalnya saya sendiripun belum pernah mencoba untuk memancing ikan tersebut.setelah bergabung dgn ff saya jadi penasaran pengen nyoba mancing ikan tombro.sebelum saya nyoba mancing ikan tombro,saya mau nanya ama rekan2 semua yg ada di ff nih!umpan apa yg paling cocok buat mancing ikan tombro di kali?
pak kalo orang di malay pake umpat buah sawit

hitaci
28-11-2007, 11:22
kelapa sawit maksudnya?:confused:
gimana mau mancing pake kelapa sawit,di daerah situ ga ada kelapa sawit,apa ikanya mau makan umpan kelapa sawit pak dusa?:smt120:rolleyes::confused:

hampala
28-11-2007, 11:30
Kalo bening pake lumut, kalo keruh pake yuyu kembur.

Marlin Jablai
28-11-2007, 18:31
kelapa sawit maksudnya?:confused:
gimana mau mancing pake kelapa sawit,di daerah situ ga ada kelapa sawit,apa ikanya mau makan umpan kelapa sawit pak dusa?:smt120:rolleyes::confused:


Memang secara umum kalo di Sumatera dan Kalimantan umpannya pakai kelapa sawit yang udah mateng ( merah/kuning ) dan harum baunya. Tapi dia mau juga dengan buah - buahan lainnya, terutama yang tumbuh di sepanjang aliran sungai tersebut, coba aja perhatikan buah - buahan yang sering jatuh di aliran sungai tersebut, cukup ampuh juga kok. kalo mo gampang juga bisa, potong kelapa dengan bentuk segitiga sebesar jempol dan dibakar ampe keluar bau harumnya ( jgn ampe gosong ). Yang paling penting disitu emang ada ikannya dan mau makan.

Oka_1010
28-11-2007, 19:00
kelapa sawit maksudnya?:confused:
gimana mau mancing pake kelapa sawit,di daerah situ ga ada kelapa sawit,apa ikanya mau makan umpan kelapa sawit pak dusa?:smt120:rolleyes::confused:

jangan panggil pak hehehe, kalo orang malay biasa pake buah sawit yang udah masak, buahnya di isi trus cantolin di mata kail. aroma&minyaknya itu yang mebuat ikan jadi bergairah untuk stikeee:smt023

smartangler
04-12-2007, 13:25
Mas Soni salam kenal, aku mau cari lure hand made-nya mas soni nih...punya yang model apa aja and bisa cari dimana?

Yoyok Bogor
12-12-2007, 07:50
Kalau di Bogor ada ngak tor tombro di cisadane atau di ciliwung ??
Ada yang tahu infonya....
Aku lihat sekilas di hulu ciliwung dan cisadane banyak keramba penduduk.. yang pelihara ikan kalau di obat atau di setrum bisa ngamuk nyang punya keramba..
Logikanya harusnya banyak ikan benner ngak...tuch

hampala
26-12-2007, 15:46
Kalau di Bogor ada ngak tor tombro di cisadane atau di ciliwung ??
Ada yang tahu infonya....
Aku lihat sekilas di hulu ciliwung dan cisadane banyak keramba penduduk.. yang pelihara ikan kalau di obat atau di setrum bisa ngamuk nyang punya keramba..
Logikanya harusnya banyak ikan benner ngak...tuch

Sebaiknya cek sendiri aja Mas..

Oya Anda sebaiknya ngisi perkenalan dulu.. biar nanti teman2 jadi kenal dan pasti dengan senang hati ngasih penjelasan...