PDA

View Full Version : Teknik mancing di Sendang Biru



mobie
20-07-2005, 13:38
Salam kenal buat Pakar2 Mancing disini, saya bima :-D,Gwe org baru di forum ini dan masih amatiran di dunia mancing :oops: , gwe punya rencana mancing di sendang biru mungkin tgl 30 Juli malam tapi rencananya cuman di dermaga dekat TPI , mungkin diantara rekan2 punya masukan untuk gwe, yaitu:
1.Umpan alami yang cocok untuk mancing di sana apa yaa, apa mesti harus pake popper/jig?
2. teknik yang bagus untuk mancing di sana pake top water ato mancing dasar?, abisnya target ikannya apa aja :D tergantung musim ikannya di sana
3.Moon Phase nya pada tgl tersebut bagus ngga yaa, cocok ngga buat mancing, katanya kalo bulan penuh ikannya pada sembunyi. :cry:
4.Ada ngga rekan2 pada hari tersebut juga punya rencana mancing disana, janjian ketemu yuk,... sekalian biar gwe bisa belajar teknik mancing dari anda..

thanks a lot yaa
Bima

Lodewijk
20-07-2005, 15:32
Salam kenal juga,...

Mancingnya di sana LB atau pakai kapal ?

1. Umpan alami yg cocok disana tinggal cari di TPI saja. Kalau lagi banyak yg jualan 'teri sisik' ya pakai itu, demikian juga dengan ikan2 umpan lainnya, kembung, banyar, tongkol, dll. Kalau untuk umpan tiruan (jig/popper) saya masih belum pernah dapat ikan .... :oops:

2. Mancing dasar. Pakai umpan alami... Ikan tergantung musim.

3. Paling bagus (biasanya) memang bulan gelap total. Untuk tgl 30 July, bulannya sabit (1/4 bagian), pasang tertinggi pk 03.00-04.00 pagi dan surut terendah pk 11.00 pagi (sumber: Tidecomp). Hati2 pada waktu2 tersebut, biasanya ikan waktunya makan..... :-)

4. Saya tunggu laporan CR anda........ 8)

widyatmo
20-07-2005, 18:41
Saya juga beberapa kali nyoba popping dr dermaga semalaman tapi kosong. Padahal saat iu ikan kuwe sedang aktif. Mungkin saya pake poppernya terlalu besar. Tidak ada salahnya dicoba dengan popper kecil, minnow atau jig kecil. Cerita2 yaa hasilnya. Kalau ada kesempatan saya pengin popping di daerah balekambang. Mestinya banyak sirip birunya. Nanti kalau saya ke Malang kita coba popping yuk. Karena secara teoritis struktur karangnya sangat mendukung, gak beda dengan UK dan Krakatau. Gimana Lodewijk????

Lodewijk
20-07-2005, 19:52
:D Iya betul...... sepertinya prospek tuh. Tapi kalau dekat2 Sendang Biru-nya saya sih kurang yakin. Yang saya pingin coba tuh daerah Wedi Awu sana, popping YFT. Cuma masalahnya harus pakai boat yg bisa lari, supaya bisa cepat ngejar gerombolan YFT-nya.

Ada yg sudah pernah coba popping di Bandi Alit (Nusa Barong) ? Saya mendengar kalau banyak GT-nya disana. Bahkan beberapa waktu lalu angler dari Surabaya ada yg mendapat sampai 50 Kg........ :shock:

mobie
21-07-2005, 09:48
waduh makasih banget, cepat sekali tanggapannya :)
1. Pernah dengar ngga umpan alami yang namanya klelet/kreta kata nelayan di daerah kenjeran surabaya, bentuknya kayak lintah,panjang +-15-30cm,warnanya merah. saya mau coba di sendang biru pake itu, kira2 ok ngga yaa? :roll: ,soalnya pengalaman mancing di daerah surabaya dan sekitarnya, umpan itu oke bangeet,ikan pasti ngga nolak deh apalagi yang namanya ikan bang-bangan,,itu target utamanya :-D
2.Mancingnya di dermaga aja kok pak, start mungkin jam 10 malam, apa kira2 di TPInya udah ada yang jualan ikan untuk umpan pak, saya kuatir kalo cuman njagain beli disana trus belom ada yang jual kan bisa jadi mancet nihh :(
3.Dermaga TPI itu ok..banget ikannya kok, saya pertama kali kesana pernah lihat orang dapet GT sebesar kursi lho..sempat shock banget sih :shock: ,GT nya warnanya perak,kepalnya agak nonong kayak lohan,(sayang ngga tau nama ikannya :oops: ), angler nya cuman pake peralatan tradisional pake pipa PVC yang dim-nya gede trus pake umpan alami, wihh seru banget deh, abisnya anglernya naruh tiga pancing semuanya di hook up ama GT, satu pipa lepass kebawa ama GTnya dua berhasil di tangkap dengan perjuangan selama 1/4 jam. ayo pak Lod ama pak Wid nyoba di sana..pasti ketagihan deh :D
4. Kalo di Bale kambang, mancing blom pernah, tapi kayak asyik kok medannya,pak wid pernah dengar ngga pantai gondang merak, daerah sekitar bale kambang, kayaknya lebih menjanjikan deh..soalnya masih jarang angler kesana saya sendiri sih blom pernah, cuman info dari teman Gt nya banyak..kalo pak wid mau coba ..ayo deh , saya juga penggen kesana sekalian belajar sama anda :)

AngleRboY
21-07-2005, 18:15
mobie: maaf saya tidak pernah dan tidak tahu lokasi di Sendang Biru. mudah2an klo saya ada waktu utk tour ke jawa, bisa mencoba kesana. jgn lupa CR nya yah :D

AngleRboY
21-07-2005, 18:17
Om Lod:

waktu saya ke Jember, saya sempat mancing di pantai selatan Jember(lupa namanya),dr sana bisa melihat pulau Nusa Barong. memang dari info yg saya dapat dari saudara saya, disana banyak GT nya tp kalau sedang musim saja. para anglers disana memakai umpan tembang mati.
di muaranya(kalau lg musim), banyak juga terdapat kakap putih/barramundi.
waktu itu saya mau ke p.nusa barong tp cuaca ngga mengijinkan, dan lg parahu nelayan sana tuh kecil2.. jd ngeri juga :roll: padahal kalau bottom fishing/ mancing dasar di daerah P.Nusa Barong tuh gak mungkin ga dapet ikan, alias bakal narik ikan terus2an :twisted:

AngleRboY
21-07-2005, 18:29
Oh iya Om Lod,
saya baru ingat nama tempatnya tuh Puger, tidak seberapa jauh dari bandi alit.
waktu saudara saya mancing kesana(bandi alit) dia ngga dapet ikan besar tuh, cuma ikan kecil saja. tempatnya memang masi sangat alami. yg mengejutkan, dia sempat melihat manusia kerdil seperti monyet di hutan bandi alit :shock:

widyatmo
21-07-2005, 20:05
Maksud saya, kita pake perahu dan poppingnya ke sepanjang pinggiran pantai balekambang. Kalau pas banyak GT di dermaga, ada baiknya coba beberapa umpan palsu dengan berbagai ukuran. Menurut saya ini lebih efektif dari pada umpan biasa. Kecuali anda pakai umpan hidup.

Lod, kalau gw pas mudik kita popping bareng yaa. . . selama ini aku ama sodara2 n tetangga2. Jadi hasil kurang maksimal karena masih pada belajar ngelempar.

Sunu

Lodewijk
21-07-2005, 21:28
:-D
Ary, ya memang betul namanya Puger,... yang terkenal dengan 'plawangan'-nya. Tadi siang saya dikhabari teman juga untuk berangkat bareng ke sana kalau cuaca memungkinkan (sekarang lagi ombak). Katanya nelayan di sana tidak ada yg kuat naikkan GT-nya. Mereka bilang ukuran GT-nya sebesar pintu rumah ! (bukan lagi sebesar 'kursi'.....) :-D :shock:

AngleRboY
23-07-2005, 10:25
:-D emang tuh tempatnya GT Om Lod.. para anglers disana masih memakai mono line yg sangat tebal di reel mereka.. jd ngeri jg tuh ngeliatnya.. :?

ngomong2.. "Plawangan" tuh apa Om Lod? :?

oh iya, nelayan sana jg sering kok dapet hiu2 ukuran kecil-sedang, dan itu sih udah biasa bagi mereka :shock:

kalau naik perahu itu yg agak bahaya.. karena ombaknya itu ngga tanggung2. lumayan sering jg lho perahu nelayan sana karam di hajar ombak. yahh.. namanya juga laut selatan :roll:

Lodewijk
24-07-2005, 20:36
:-D
Emh,... jangan panggil saya Oom ! Memang anak saya yg besar sudah SMP,.... tapi sepertinya kok saya merasa belum 'se-tua' itu.... :D Panggil saya Lod aja, seperti yg lainnya, ok ?

'Plawangan' itu istilah local untuk jalan keluar-masuk, khususnya untuk perahu dari/menuju laut lepas. Hal ini disebabkan disamping kanan/kiri dari 'plawangan' tsb. dangkal, jadi mau tidak mau semua perahu hrs melewati 'plawangan' kalau tidak mau kandas..... !

Celakanya ombak di 'plawangan-nya' Puger itu tidak cuma satu arah saja, kadang bisa lebih dan ombaknya besar...... Jadi betul, banyak perahu yg karam dihajar ombak ......... :cry: :roll:

AngleRboY
26-07-2005, 08:40
ooh.. iya deh "Lod".. aduh kok manggilnya nama sih yah.. Ary jd ngerasa ngga enak gt :( so, panggilnya om Lod aja deh yah.. :D