PDA

View Full Version : Drag tune up?



Rudy 007
30-06-2007, 13:17
Mohon pendapat para pakar ........

http://www.japantackle.com/Drag.htm

Siapa tau bisa di coba/praktekkan.

Lodewijk
01-07-2007, 11:57
IMHO, untuk meningkatkan performa drag dapat dilakukan dengan menambah jumlah drag washer-nya seperti yg dibahas dalam link di atas. Dapat juga tanpa menambah jumlah drag washer tapi hanya menggantinya dengan drag washer yg mutunya lebih baik, seperti Carbontex-nya Jack Erskine.

Dalam praktek-nya, mengganti drag washer dng yg lebih baik mutu-nya akan lebih mudah. Karena kita tidak perlu 'adjustment' ruang/rongga dalam spool yg sangat terbatas. Dan untuk mencari drag washer yg punya ketebalan (ketipisan) tertentu agar tetap bisa muat dalam ruang di dalam spool setelah ditambah, tidaklah mudah. Bahkan mungkin hanya untuk mencari Smoooth drag atau C-tex saja sudah susah.... Ada juga cara lain dengan 'mem-bubut' (pakai mesin bubut) spool agar tercipta ruang lebih, sehingga dapat menampung penambahan drag washer baru.

Bagi saya pribadi, tekanan drag yg tinggi saja tidak cukup, tetapi harus juga tetap 'konstan' atau 'smooth' dan tidak tersendat-sendat jalannya/keluarnya kenur. Andaikata dibutuhkan drag 10kg tapi keluarnya tersendat2, bagi saya akan lebih baik di set 7kg saja tapi keluarnya tetap 'mulus' dan konstan.....

Untuk reel2 kelas menengah ke bawah, tekanan drag yg telah di up-grade lebih tinggi dari settingan pabrik juga dapat membahayakan reel itu sendiri. Body / frame (biasanya yg terbuat dari non-metal, seperti graphite frame pada TLD reel) dapat retak/pecah, anti-reverse (dogs atau one-way roller bearing) yg gagal berfungi, shaft bengkok, dsb.

Sportfisherman
01-07-2007, 19:39
Hati hati menambah max. drag , nanti component reel lain nya bisa patah . Kalau Carbontex tidak menambah max. drag tetapi tahan lebih lama dalam penggunaan high drag setting .

Jon .

magnum
01-07-2007, 22:58
Mohon pencerahan,
saya kebetulan ada reel Banax SX 4000. Dragnya sekarang sudah tidak bagus, sering tersendat dan loss.
Ada saran utk bahan penggantinya?
Trims atas masukannya.

Lodewijk
02-07-2007, 15:28
Mohon pencerahan,
saya kebetulan ada reel Banax SX 4000. Dragnya sekarang sudah tidak bagus, sering tersendat dan loss.
Ada saran utk bahan penggantinya?
Trims atas masukannya.

Setahu saya bahan yg bisa dipakai untuk drag washer (bikin/potong sendiri) adalah;

- kulit (ini juga dipergunakan pada SX5000 pada bagian paling bawah, lalu 2 lapisan lagi drag washer diatas-nya memakai bahan seperti 'fine wool')

- packing (gasket), seperti yg di pakai pada mesin2 dan dapat diperoleh di toko onderdil mesin mobil.

- 'cork board', ini adalah bahan yg dipakai untuk drag washer pada reel Blue Heaven. Hanya saya tidak tahu persis grade apa yg dipergunakan. Biasanya dapat diperoleh dalam bentuk lembaran (lihar gambar attachment) dan banyak dipakai untuk papan pengumuman (kertas ditempelkan dng 'push-pin'), lalu untuk tatakan gelas, dsb.

Mungkin bahan2 diatas tidaklah terlalu susah mencarinya, hanya saja mesti menemukan 'ketebalan' yg pas buat drag washer anda.

Mudah2-an membantu...

bonito
02-07-2007, 16:02
Mungkin yg Pak Lod maksud lembaran Hard Board?
Pernah ada yg menyarankan kepada sy utk memakai lembaran tahan panas yg biasa berada di dalam Radio Tape/Head Unit mobil.
Lembaran ini biasanya utk mencegah komponen elektronik di PCb agar tidak short ke body Head Unit tsb.
Ada juga yg menyarankan menggunakan bahan insulator di dalam MCB/sekring listrik PLN, katanya sih tahan panas juga.

magnum
07-07-2007, 13:03
Terima kasih Pak Lod dan para senior, akan sy coba. :smt023