PDA

View Full Version : teknik jeblug dan ngoncer



SEIHOMARU
26-07-2005, 23:27
teman2 fishyforum pasti ngerti teknik ngoncer dan jeblug, saya mau tanya apakah teknik ngoncer diperlukan pemberat atau tanpa pemberat. dan satu lagi tolong jelaskan teknik rangkaian untuk mancing jeblug. thnx :-D

fishy
27-07-2005, 09:25
Pak,

Ngoncer umumnya tanpa pemberat, tapi kadang kalau ikan makannya dibawah suka diberi pemberat juga. Kadang juga diberi pelampung, agar bait tidak menyelam.

Rangkaian mancing dasar umumnya timah di bawah dan diberi 1-2 buat kumis. Ada juga yang mengunakan timah di tengah.

SEIHOMARU
27-07-2005, 09:28
thnx pak adrianus atas penjelasannya, nama saya freddy, jangan di panggil pak karena masih 25 :-D

fishy
27-07-2005, 09:32
OK, Freddy, tolong namanya ditulis di signature dong. Bisa diset dari profile.

Lodewijk
27-07-2005, 10:39
...............lain lubuk lain pula ikannya.
IMHO, cara terbaik untuk belajar teknik ini adalah dari nelayan setempat, baru kalau masih belum berhasil bisa improvisasi dan try & error....... 8)

SEIHOMARU
27-07-2005, 12:02
thnx pak lodewijkt :D

buntal_boy
27-07-2005, 12:35
maaf saya ikutan nih........saya masih agak binggung juga, informasi yang saya dapat dari toko kartini, jarak antara kumis 1 dan kumis 2 50 cm dan panjang kumis 1 jengkal, pertanyaan saya jarak dari swivel ke kumis pertama dan jarak kumis kedua ke pemberat berapa dan apakah pemberat diikat langsung atau memakai kancing lagi, timah no berapa?? dan ukuran kenur untuk merangkainya, kail yang dipergunakan no berapa??...............terima kasih atas masukannya :wink:

yellowfin
27-07-2005, 14:47
Ngoncer; target ikan apa? kalo ikan pelagis (yg mainnya di atas dan tengah air) biasanya gak pake pemberat, krn aksi baitnya jadi gak natural dan terseok-seok. Kalo targetnya ikan demersal (dasar) pake timah bolong shg kenur bisa terulur ketika ikan umpan berenang-renang, krn kenur bisa terulur maka aksi ikan umpan akan natural shg ikan target gak takut dan bisa hook up sempurna krn ada drop back dan strike delay. Kedua hal ini lebih afdol kalau mancingnya pakai reel yg sudah mengakomodasi baitrunner system ie; shimano baitrunner, shimano thunnus, okuma epixor eb series dll.

Panjang kumis dan jarak ke timah pada mancing dasar gak ada aturan jelasnya deh; disesuaikan kecepatan arus aja; setahu saya, arus lemah kumis pendek 2 atau lebih, arus kuat kumis panjang satu aja... biar gak kusut dan belibet.

Size mata pancing disesuaikan ikan target, gampangnya dikira-kira besar mulut ikan target dan umpan yg dipakai. kalo ikan mau direlease kembali pake circle hook, kalo gak mending pake hook panjang/long shank/ aberdeen style atau yg standar nelayan aja. Keuntungan pake hook panjang/long shank/aberdeen spt mustad atau cap kunci.. kalo kebetulan disamber ikan yg bergigi tajam dan kebetulan gak pake lider kawat ...masih bisa bertahan krn gigi ikan mentok di body kail bukan di kenurnya.

pemberat; kalo dasarnya kasar dan sekiranya sering nyangkut; pake kenur sambungan di timah yg kekuatannya lebih kecil dari mainline dan kumisnya, dg tujuan kalo nyangkut maka akan putus di kenur sambungan ke timahnya bukan di lider dan kumisnya, di beberapa tempat di jogja malah pake busi atau batu diiket plastik :D .. Kalo dasar pasir pake timah yg kerucut atau yg wired/ ada kawat pengait agar bisa mencengkeram pasir lebih kuat.

itu saran loh...

regards - Tony

mobie
27-07-2005, 16:35
boleh nih masukan sedikit :) mas freddy, kalo aku biasanya kalo mancing jeblug pake pemberat, dan jarak antar kumisnya sih +-30cm itu sih tergantung ama arus dan kedalamnya air dan kalo antar kumis dengan pemberatnya/timah sih tergantung kedalaman air, semakin dalam dasar airnya semakin lebar jaraknya, tapi rata2 aku pake jarak 30cm..kira2 begitu :). eh.mas fredy ini asli surabaya ya..sama dong, :D surabayanya mana, mungkin kita bisa kopi darat atau acara mancing bersama biar sama2 bagi resep mancing :-D

SEIHOMARU
27-07-2005, 18:07
thnx buat pakar2 mancing fishyforum buat masukannya,rencana besok saya mau ke paiton(28/7) nyari lokasi sewa perahunya n kalau lancar hari minggu ini(tgl 31/7) mau fishing hehe :-D . rada nervous karena ngak pernah mancing ditengah n ditarik ikan > 1kg hahahaha.maklum dulu mancingnya di kolam bandeng kenjeran or pelabuhan tanjung perak.

pak Bima, anda DJ radio wijaya ya? hehehe. saya tinggal di perak.kalau anda?

fishy
28-07-2005, 09:59
Sedikit tambahan.

Untuk kumis yang paling bawah usahakan lebih pendek dari timah, jadi timah selalu berada dibawah umpan.

Makin panjang kumis, action umpan makin alami, makin bagus, tapi makin tidak sensitif, kemungkinan dimakan ikan tidak terasa.

Makin pendek kumis makin sensitif, tapi action kurang.

mobie
28-07-2005, 11:02
wah.. jadi pinggin ikut nanya nih, menurut pengalaman saya teknik jeblug itu cuman pasif aja, setelah di release linenya, kita kan cuman nunggu dengan diem aja, dengan posisi line yang kenceng baru kalo ada strike baru kita tarik, rata2 ikan yang makan cuman kecil2. Menurut teman2 apa memang teknik ini hanya di sukai ikan kecil2 aja? :roll: karena kalo Gt mesti kita buat seakan2 akan lure kita hidup. saya mau coba try'n eror nih, kira2 asyik ngga yaa kalo misal rig kita pakai rig jeblug/koncer tapi pemberatnya pake jig, tapi tekniknya pake jiging,lure pake yang mati aja,. :) . eh mas fredy, saya bukan dj nih..wah jadi malu nama pasaran :oops: . saya ada rencana mancing sabtu (30/7) malam di sendangbiru, gimana kalo kita acara mancing bareng aja? :D .kontak deh di 081553981124. thanks

Sportfisherman
28-07-2005, 11:02
:-D

" Kumis " nya pakai fluorocarbon leader ! :twisted:

Jon . 8)

fishy
28-07-2005, 12:44
Mancing dasar hanya disukai ikan kecil? Rasanya tidak. Ikan belasan hingga puluhan kg bisa tertangkap dengan cara mancing dasar. Di Muarabinuangeun umumnya hasil tangkapan ukuran 5-10 kg. Bahkan ada yg pernah menangkap kerapu 170 (seatus tujuh puluh) kg.

Jig dipakaikan umpan, waktu saya mancing escolar di Makassar, teknik ini yg digunakan. Umpan ikan utuh disangkutkan pada Jig glow in the dark tapi tekniknya mancing dasar. Teorinya ikan akan datang karena melihat glownya.

Umpan alami yang 'dimainkan'. Kalau anda tahu alat pancing nelayan yg namanya ranggung, biasanya ini dimainkan/digerak-gerakkan dengan umpan alami. Saya sendiri pernah mancing di Kep. Seribu, mancing tenggiri dengan tembang hidup. Di sebelah kapal saya ada nelayan yg pakai tembang mati yg dimainkan dan lebih sering strike dari kami yg pakai umpan hidup!

buntal_boy
28-07-2005, 12:53
saya pernah baca, mancing tenggiri para nelayan pakai umpan ikan mati dengan pemberat, apa bisa, saya baca di majalah mancing mania, dan saya tertarik untuk buat, belum diuji coba..........kalau mancing ikan cendro bagaimana ya.............???

Lodewijk
28-07-2005, 12:57
Mau mancing di Sendang Biru ? Kenapa gak di Paiton aja ? Talang-nya lagi makan tuh ! Tengiri-nya juga kadang ada ..... kalau dapat 'jackpot' malah bisa merasakan kehebatannya marlin.... :-D

Btw, mancingnya di Sendang Biru cara apa ? Kalau menurut saya yg masih bagus di sana itu 'nebing'.... (rock fishing). :?

mobie
28-07-2005, 13:46
thank, pak lod infonya :) , sayang deh saya ngga tau medannya di paiton,mungkin kalo ada teman yang ngajak, saya pasti berangkat, abis tangan ini udah gatal pinggin mancing :lol: . di sendang biru saya biasa mancing dasar, tapi nanti mau coba jiging..campur 2 :-) tapi kalo rock fishing..wih blum pernah nyoba tuh..

SEIHOMARU
28-07-2005, 19:28
mas Bima,saya turun ke paiton sabtu malam(30/7) untuk mancing minggu subuh,kalau sendang biru blom berani,ngeri naek perahu kecil kena ombak besar hahaha.

mobie
29-07-2005, 09:10
boleh juga tuh. mas fredy aku boleh ngikut nggak :) ke paiton,abis cuman berdua ke sendang biru ama temenku jadi kurang seru :?, entar info biayanya,berangkat jam berapa,ketemu dimana, info bales deh di Fishing Trip atau kalau boleh tau no. tlp rumahnya (abis hpku lagi ngga kebawa, abis lagi pulsanya) :oops: entar hari ini langsung saya telp. soalnya sekarang lagi di kantor..

thanks yaa

SEIHOMARU
30-07-2005, 09:33
mau tanya nih,kalau mancing teknik ngoncer pakai reel spinning apa harus di ulur trus supaya ikan bisa renang,atau cukup dicasting lalu tidak di ulur lagi.thnx

AngleRboY
01-08-2005, 00:04
bisa coba dua2nya.. (klo saya lho yah)

tp yah jgn monoton di situ2 aja.. ulur pelan2 jg lumayan efektif tuh.. apalagi klo arus bawahnya jg lg main.. mantep deh.. :D

SEIHOMARU
01-08-2005, 09:33
thnx Ary,ngoncer cara di ulur trus ternyata susah kalau mancing orang banyak,ikannya nakal suka kusut di kenur lain hahaha.

AngleRboY
01-08-2005, 10:14
no probz bro, kita kan sama2 bljr :D

biar ga kusut, ya makanya jgn terlalu panjang di ulurnya atuh hehee

tp paling enak mah klo pas nge-cast langsung ke gerombolan ikannya.. pasti langsung dimakan punya tuh.. ga usah ulur2 deh :lol:

misalkan umpan ngga ada yg makan dlm waktu 15 menitan gt, ya gulung lg & ganti umpan baru aja.. kudu aktif gt deh :wink: (menurut saya lho yah)

SEIHOMARU
01-08-2005, 16:43
kenur untuk bikin kenur yang kuat tapi ngak seberapa mahal pakai bahan apa ya? kalau menurut pak jon pakai flourocarbon.tapi kan mahal polll.saya ada nyoba pakai PE5 tapi terlalu lemas jadi suka kusut.

candra
01-08-2005, 22:02
kenur untuk bikin kenur yang kuat tapi ngak seberapa mahal pakai bahan apa ya? kalau menurut pak jon pakai flourocarbon.tapi kan mahal polll.saya ada nyoba pakai PE5 tapi terlalu lemas jadi suka kusut.

Halo Fred,

Saya sih pernah coba dengan air panas campur pencelup warna untuk tekstil. Atau yang lebih gampang sih "direbus pake air teh" :-D
Suer pernah saya coba dan hasilnya cukup lumayan bagus, kenurnya jadi lebih liat tidak mudah putus kalo kena friksi.
Dari yang pernah saya coba ketahanan kenurnya bisa menngkat +\- 30-40% dari spesifikasi asalnya.
Yang saya coba dari kenur yang nilon lho! PE5 belum pernah nyoba.

:-D

PE5 kenurnya lumayan mahal juga kan Fred ???:-D

SEIHOMARU
01-08-2005, 23:12
PE5 memang mahal hehe,saya pakai varivas avani jigging buat kenur,makanya sayang kalau di potong trus untuk bikin leader.lama2 tambah pendek n akhirnya afkir.kalau beli flourocarbon kan sayang,mahal sekale n dipakai dikit2 hehehe.

goldfish
07-06-2006, 00:49
saya pernah baca, mancing tenggiri para nelayan pakai umpan ikan mati dengan pemberat, apa bisa, saya baca di majalah mancing mania, dan saya tertarik untuk buat, belum diuji coba..........kalau mancing ikan cendro bagaimana ya.............???
tembang mati ya pak ??
pernah diajarin nelayan juga...

bikin 3 rangkai pake neklin jarak agak deket2 aja

koncer 2 biji tembang mati.. kail paling atasnya kasih ikan apa aja yg idup.. tanda2 misalkan

jadi kalo mo dimakan ikan tenggiri,dll....
ikan tanda2nya agak kerasa lari2 gitu.. dan umpan mati keliatan hidup..

daripada pake selar idup gak dimakan2 juga :lol:
pernah mancing model gini cuma strike sekali n putus..

lagian gak focus sih.. disambi mancing dasar juga

hope it work

goldfish
07-06-2006, 01:03
saya pernah liat tuh ada nelayan pake umpan mati juga digoyang2in aja ada yg cuma pake kain malah... tapi spot kapalnya memang bagus bgt..

(lebih dimajuin drpd kapal2 yg lain.. lbh deket ke tempat tenggiri loncat2)

tapi biasanya pasti dimarahin sama nelayan lain dan memang agak krg ajar..
mirip bajak laut :twisted:

semoga paham deh maksudnya hehe :-D